Bahaya Deep Web : Memahami Betapa Berbahayanya Deep Web

Istilah Bahaya Deep Web tentu sudah tidak asing lagi bagi para pegiat IT. Banyak orang mengatakan bahwa Deep web itu merupakan situs sarang penjahat yang kerap kali digunakan untuk transaksi barang-barang ilegal dan tindakan kriminal. Namun, tahukah Anda jika asumsi tersebut pada kenyataannya kurang tepat atau tidak benar?

Deep web atau yang biasa disebut sebagai invisible web, hidden web, maupun DeepNet sebenarnya adalah bagian dari protokol world wide web (www), hanya saja keberadaannya tidak termasuk ke dalam index publik, dan tidak dapat diakses secara leluasa oleh pengguna jaringan Internet pada umumnya.

Istilah penamaan di atas diberikan bukan tanpa alasan, hal tersebut diambil berdasarkan fakta bahwa Deep web memuat banyak sekali konten informasi terpendam yang sulit atau bahkan tidak bisa diakses (invisible) oleh orang biasa.

Berbagai situs yang ada di dalam Deep web juga tidak bisa ditemukan dengan mudah layaknya melakukan aktivitas browsing menggunakan mesin pencari seperti biasa.

Mengenal Deep Web

Hasil gambar untuk unsplash deep web

Saat kita berselancar dengan bebas di Internet, hampir semua konten (termasuk video, foto hingga dokumen) dapat ditemukan dan diakses dengan bebas. Karena dengan menggunakan internet, kita bisa dengan leluasa berbagi file dan data apapun. Padahal, kita sering mendengar dan memahami Deep Web. Apa itu web dalam? Bahaya apa yang akan terjadi jika Anda mengunjungi jaringan dalam?

Namun perlu diingat bahwa tidak semua yang ada di Internet dapat diakses dengan bebas. Faktanya, menurut fakta yang sangat baik, 4% hingga 10% dari semua konten web di Internet dapat dicari melalui mesin pencari biasa. Artinya, cakupan konten di Internet bahkan bisa melebihi imajinasi kita. Sisanya ada di web dalam. Berikut penjelasan tentang deep network dan bahaya yang muncul saat kita mengakses deep network.

Seperti kita ketahui bersama, Internet juga memiliki hierarki atau hierarki, yang menunjukkan apakah kita aman untuk mengunjungi suatu situs web. Berdasarkan sekelompok level Iceberg seperti yang ditunjukkan pada gambar, Internet yang kami gunakan saat ini masih di level Surface Web. Surface Web sendiri merupakan konten web yang dapat kita telusuri secara bebas di situs mesin pencari (seperti Google dan Yahoo). Namun, hanya menggunakan Google atau Yahoo tidak dapat mengakses web dalam.

Pengertian Deep Web

Baik dan buruk, kebalikan dari Surface Web adalah Deep Web dan Dark Web. Seperti namanya, Dark and Deep Web adalah situs web yang tidak dapat dijelajahi dan diakses melalui browser Web (browser Web) dan tidak dapat dicari melalui mesin pencari biasa. Oleh karena itu, keberadaan kedua hal ini masih menjadi misteri, dan tidak semua orang di Internet dapat mengakses konten di sana.

Meskipun mereka berada di sisi gelap Internet, bahkan jika mereka tidak dapat dijelajahi melalui browser web biasa, Dark Web dan Deep Web masih merupakan dua entitas yang berbeda. Jadi, apa itu Deep Web? Deep Web sendiri merupakan jaringan yang tidak dapat dideteksi oleh mesin pencari biasa, dan kita harus mengetahui alamat jaringan untuk melakukan browsing. Tetapi Deep Web sendiri biasanya terdiri dari situs web biasa, dan halaman situs web ini “disembunyikan” oleh beberapa pengguna.

Sebagian besar konten di Deep Web lebih cenderung berisi dokumen rahasia yang dipegang oleh pemerintah suatu negara atau lembaga lain. Karena sifat rahasia dari dokumen tersebut, tidak semua orang dapat mengaksesnya.

Beda Lagi Dark Web

Kegelapan dan web yang dalam adalah sisi gelap dari Internet yang luas. Selain web dalam, itu juga web gelap. Dark Web adalah versi lebih gelap dari Deep Web itu sendiri. Walaupun web gelap tidak mudah untuk diakses, namun dari segi konten, web gelap berisi konten yang lebih ekstrim daripada konten yang disajikan di web dalam itu sendiri. Saat mengunjungi Dark Web, kami mencari segala macam hal yang berkaitan dengan pasar obat-obatan terlarang, mulai dari kekerasan ekstrem hingga pornografi dan topik yang tidak berarti.

Selain itu, saat mengakses Web Gelap (sebenarnya versi Deep Web yang lebih gelap), kita akan menghadapi lebih banyak perilaku ilegal. Tentu saja web browser biasa tidak bisa mendeteksi konten di sana, dan kita juga harus memiliki software khusus, yang bisa digunakan sebagai web browser khusus untuk mengakses halaman di Deep Web atau Dark Web.

Salah satu alat yang dibutuhkan untuk dapat mengakses Deep Web atau Dark Web adalah dengan menggunakan browser TOR, yang digunakan untuk mengakses konten Web di Dark Web dan Deep Web. Format domain dan situs di Dark Web dan Deep Web juga berbeda dengan domain dan situs yang kami gunakan di situs biasa, dan formatnya terdiri dari huruf dan angka asli.

Contoh Deep Web

Hasil gambar untuk deep web

Contoh situs Deep web sendiri beberapa diantaranya meliputi server lokal kampus, layanan apikasi pesan instan yang tidak terindeks mesin pencari, serta aplikasi online yang hanya bisa diakses oleh karyawan atau pekerja tertentu.

Ibarat kata, kalau kita ilustrasikan dunia internet sebagai sebuah bongkahan es maka berbagai situs website yang bisa kita telusuri menggunakan Google, Bing, atau Yahoo itu merupakan bagian permukaan yang bisa dilihat dengan mata atau istilahnya surface web. Sedangkan bongkahan es di bagian bawah permukaan air laut adalah gambaran dari tumpukan konten yang ada di dalam Deep Web.

Fenomena Deep Web yang booming belakangan sukses membuka mata banyak orang tentang internet. Ya, siapa sangka jika internet yang dipakai tiap hari ini ternyata memiliki sesuatu yang lain dan sebelumnya tak pernah diduga keberadaannya. Sayangnya, Deep Web tidak berisi sesuatu yang bagus sehingga alih-alih banyak yang memasukinya, orang-orang pun memilih untuk jauh-jauh dari si-sisi lain internet ini.

Meskipun identik dengan hal-hal ngeri, Deep Web sendiri memunculkan rasa penasaran yang besar. Sejak pemberitaannya booming, satu per satu orang-orang mulai memasuki Deep Web dan mencari tahu kebenarannya. Memasuki Deep Web sendiri adalah hal yang sebenarnya tak disarankan karena risikonya begitu besar. Apalagi para pemula yang akan membuat mereka seperti domba lugu di hutan penuh serigala.

Cara Masuk Deep Web

Karena Deep web merupakan tulang punggung informasi dari konten yang bisa di akses melalui halaman mesin pencari, maka sudah seharusnya jika Deep web bersifat kaku dan tidak terbuka untuk umum.

Sementara itu, untuk Dark web/Dark net sendiri sifatnya lebih fleksibel karena konsepnya lebih ke arah perlindungan privasi dimana terkadang masih bisa dibuka dan dimanfaatkan oleh para hacker untuk mengeksploitasi celah demi kepentingan pribadi.

Layaknya ketika kita ingin menyelam ke dasar laut paling dalam, cara masuk ke dalam DarkNet juga begitu rumit dan tidak bisa dilakukan dengan cara asal-asalan. Untuk bisa masuk kedalam Dark net Anda butuh tools khusus yang terdiri dari VPN, browser bernama TOR, serta identitas palsu untuk jaga-jaga jika dibutuhkan.

Dari segi keamanan, mengunjungi situs web di Dark Web atau Deep Web lebih berbahaya daripada mengunjungi situs web di Web yang biasa kita temui. Akan tetapi, dikatakan bahwa membuka Deep Web dan Dark website tidaklah ilegal, namun jika kita berinteraksi di dalamnya maka akan ilegal, apalagi jika kita tidak memiliki keamanan Internet yang memadai, maka kita mungkin akan mendapat masalah.

Perbedaan Bahaya Deep Web dan Dark Net

Seperti yang sudah dijelaskan pada pengertian di atas, Deep web sejatinya merupakan keseluruhan data (konten) yang ada di Internet namun tidak bisa di akses secara umum oleh pengguna.

Sementara DarkNet lebih condong ke arah sistem yang dibangun untuk melindungi privasi dan terkadang masih bisa diakses untuk keperluan eksploitasi barang-barang ilegal. Jadi, keduanya relatif berbeda dan tidak bisa disamakan, meski dari segi penamaan agak sedikit nyerempet.

Bahaya Deep Web Bisa Memberimu Virus yang Tak Bisa Disembuhkan

Internet adalah salah satu media yang sangat efektif bagi penyebaran virus komputer. Kamu pasti pernah dengar kan soal ini? Ya, hal tersebut adalah fakta dan seratus persen benar. Virus memang bisa dikemas sedemikian rupa sehingga bisa menyebar lewat jaringan maya. Dan hal yang sama seperti ini juga terjadi di Deep Web, tapi levelnya jauh lebih ngeri.

Deep Web ibaratnya adalah sarang virus di mana ketika kita nggak melakukan proteksi maka virus-virus itu akan menyerang seketika. Yang ngeri lagi adalah virus-virus Deep Web itu biasanya selalu lebih hebat dan kelas berat. Artinya sungguh sangat susah untuk dihilangkan dan juga memberikan kerusakan besar. Jika nggak siap dengan risiko ini, maka berhentilah mencoba memasuki Deep Web.

Siap-Siap Dibegal Hacker

Deep Web ini kalau diibaratkan mirip seperti sarang penyamun di mana isinya adalah orang-orang jahat. Pada kenyataannya memang seperti itu, bisa dilihat dari web-web di sana yang isinya selalu tentang kriminal dan ilegal. Termasuk hacker, mereka juga merupakan penghuni setia Deep Web.

Hacker adalah risiko ngeri berikutnya ketika kita memasuki Deep Web. Biasanya mereka akan melakukan upaya-upaya pencurian terhadap data kita apa pun itu. Mulai dari informasi pribadi sampai akun-akun bank kita. Tanpa persiapan matang ketika memasuki Deep Web sama artinya kita dibegal oleh mereka. Sama seperti bunuh diri lah, tapi yang ini bisa dibilang lebih kejam.

manfaat organisasi

Risiko Sakit Mental karena Konten Deep Web

Keinginan mengunjungi Deep Web sebenarnya jadi hal sangat patut untuk dipertanyakan. Ya, apa sih tujuan mengunjungi tempat ini? Wong isinya sudah jelas-jelas nggak baik dan penuh dengan hal-hal buruk. Rata-rata orang-orang awam mengunjungi Deep Web bukan untuk tujuan tertentu tapi lebih ke arah memuaskan rasa penasaran. Dan di sinilah letak kesalahan fatalnya.

Bagi orang awam yang baru pertama kali menginjakkan kakinya di Deep Web, hal tersebut bakal jadi pengalaman terburuknya. Alasannya apalagi kalau bukan karena isinya benar-benar ekstrem. Mulai dari pembunuhan secara live, prostitusi, sampai penyiksaan-penyiksaan. Gambar atau video yang ada di sana rata-rata tidak layak ditonton dan sangat mungkin membuat seseorang mengalami gangguan kejiwaan.

Deep Web Kemungkinan Bisa Membuatmu Dipenjara

Mengunjungi Deep Web sebenarnya bukanlah hal yang benar-benar legal. Kalau untuk umum, kenapa butuh banyak trik untuk memasukinya? Makanya, Deep Web bisa dikatakan sebagai aktivitas yang masuk ranah cyber crime. Artinya, secara nggak langsung seseorang bisa dipenjara karena melakukan hal tersebut.

Alasan kenapa Deep Web masuk ranah kriminal juga dilihat dari sisi fungsionalitasnya sendiri. Seperti yang kamu tahu, Deep Web ibaratnya adalah seperti tempatnya orang-orang jahat berkumpul. Makanya, ketika masuk ke dalam sana kemudian mengakses kontennya, seseorang bisa dikatakan terlibat dalam hal-hal kriminal tersebut. Kesimpulannya, dengan memasuki Deep Web, maka seseorang sangat mungkin untuk dihukum pidana.

Kesimpulan

Bagaimana? Dari penjelasan singkat tentang apa itu Deep web di atas tentunya Anda sudah jauh lebih paham dong terkait perbedaan cara kerja Deep web dan DarkNet. Jika selama ini Anda masih memiliki anggapan bahwa Deep web itu berbahaya, maka segeralah bertobat dan kembali kejalan yang benar.

Deep web itu sama sekali tidak berbahaya. Karena hanya berisi konten tersembunyi yang tidak bisa diakses oleh pengguna biasa menggunakan mesin pencari. Namun, Kejahatan dunia maya memiliki banyak bahaya yang terkait dengan Deep Web dan Dark Web. Beberapa di antaranya adalah narkoba online dan perdagangan obat terlarang serta praktik perdagangan manusia.

Oleh karena itu, meskipun Anda tidak ingin terjebak di ranah kriminal Deep Web dan Dark Web untuk tujuan hiburan, berhati-hatilah. Jika Anda tidak memiliki keamanan Internet yang kuat dan pola pikir yang kuat. bersiaplah untuk menerima bahaya dan konsekuensi dari mengunjungi Deep Web dan Dark Web.

Bahaya Deep Web

Bagaimana anda sudah paham dengan pengertian dan bahaya dari Deep Web? Semoga informasi tadi cukup membantu anda yang sedang bingung akan dari Deep Weeb tersebut. Jika anda saat ini ingin sedang mengembangkan sebuah perusahaan. Kami Jojonomic memiliki produk yang dapat anda coba secara gratis , untuk perkembangan perusahaan anda.

Jojo Expense merupakan sebuah aplikasi yang didesain khusus untuk memudahkan kinerja Anda dalam manajemen keuangan dan pengeluaran. Aplikasi ini efektif dalam meningkatkan efisiensi pekerjaan hingga 76 persen.

Jojo Expense

Selain itu, fitur pendukungnya pun cukup lengkap. Mulai dari Budget Controlling, Cash Advance, Reimbursement Online hingga Transfer Antar Bank secara Real Time. Tak hanya itu, Jojo Expense juga dilengkapi dengan teknologi mutakhir berupa Intelligence OCR dan Realtime Geotagging yang memungkinkan Anda dapat terhindar dari risiko fraud financial. Menarik, bukan?

So, tunggu apa lagi? Yuk, gunakan Jojo Expense dan permudah cara Anda dalam mengelola keuangan perusahaan sekarang juga!