Bank Sampah : Pengertian, Tujuan, dan Manfaatnya

bank sampah

Mentalitas masyarakat tentang pemanfaatan sampah masih sangat rendah dan perlu ditingkatkan. Bukti menunjukkan masih banyak barang yang rusak, barang tidak terpakai, kemasan produk dan berbagai sisa makanan yang terbuang. Sebagian besar sampah ini menumpuk di tempat sampah dan akhirnya mengapung di sungai atau lautan.

Ini bukan hanya pemandangan yang tidak menyenangkan atau bau yang tidak sedap. Tetapi ini juga akan merusak ekosistem darat dan laut serta merusak kelestarian lingkungan. Oleh karena itu, untuk mengatasi masalah sampah tidak bisa hanya mengandalkan pembersih.

Semua lapisan masyarakat juga harus bekerja keras untuk mengatasi masalah sampah. Salah satu yang bisa kita lakukan adalah dengan berpartisipasi dalam acara “bank sampah”. Konsep bank sampah merupakan konsep mengumpulkan sampah kering, memilahnya, dan mengelolanya seperti bank, tetapi tidak menghemat uang tetapi sampah.

Penghuni tabungan (juga dikenal sebagai pelanggan) memiliki buku tabungan dan dapat meminjam uang, yang akan dikembalikan dengan sampah, tetapi biaya untuk meminjam uang lebih tinggi. Sampah yang sudah disimpan ditimbang dan diberi harga tertentu, lalu dijual di pabrik koperasi.

Pada saat yang sama, ibu-ibu PKK setempat membeli kemasan plastik dan mendaur ulangnya untuk dijadikan kerajinan tangan. Mungkin itu sedikit konsep atau gambaran tentang bank sampah. Lantas apa itu Bank sampah? Berikut penjelasannya.

Pengertian Bank Sampah

bank sampah

Bank sampah adalah bank yang digunakan untuk mengumpulkan sampah yang telah dipilah. Hasil pemilahan sampah akan disimpan di tempat atau pemulung yang sampahnya dijadikan kerajinan tangan. Tempat penyimpanan sampah dikelola dengan sistem seperti perbankan yang dilakukan oleh relawan.

Penyetor adalah penduduk yang tinggal di dekat bank dan menerima buku tabungan seperti tabungan bank. Pendirian tempat penampungan sampah ini dikarenakan kepedulian masyarakat terhadap lingkungan, dengan semakin banyaknya sampah organik dan anorganik.

Meningkatnya jumlah sampah pasti akan menimbulkan banyak masalah, sehingga perlu penanganannya, seperti mengolah sampah menjadi bahan yang bermanfaat. Pengelolaan sampah dengan bantuan sistem perpustakaan sampah diharapkan dapat membantu pemerintah dalam menangani sampah dan meningkatkan perekonomian masyarakat.

Tujuan bank sampah

bank sampah

Tujuan membangun tempat penyimpanan sampah sebenarnya bukan tempat penyimpanan sampah itu sendiri. Bank sampah merupakan salah satu strategi untuk meningkatkan kesadaran masyarakat agar “bersahabat” dengan sampah, sehingga memperoleh manfaat ekonomi langsung dari sampah.

Oleh karena itu, timbunan sampah tidak bisa sendirian, melainkan harus diintegrasikan dengan gerakan 4R, agar manfaatnya bisa langsung dirasakan, tidak hanya secara ekonomi, tetapi juga pembangunan lingkungan yang bersih, hijau dan sehat.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Depo sampah juga bisa dijadikan solusi untuk menyediakan akomodasi yang bersih dan nyaman bagi warganya. Melalui model ini, warga tidak hanya harus terkendala dengan pengelolaan sampah, tetapi juga bisa mendapatkan tambahan pendapatan dari sampah yang terkumpul.

Nampaknya ide ini juga ditangkap oleh Kementerian Lingkungan Hidup. Pada September tahun lalu, badan pemerintah ini menargetkan pembangunan depo sampah di 250 kota di seluruh Indonesia. Menteri Negara dan Lingkungan Hidup, Balthasar Kambuaya mengatakan sampah menjadi ancaman serius jika tidak dikelola dengan baik. Dalam beberapa tahun ke depan, akan ada sekitar 250 juta penduduk Indonesia yang hidup di tumpukan sampah di lingkungan, yang bukan tidak mungkin.

Manfaat Bank sampah

bank sampah

Penyimpanan sampah memiliki banyak manfaat bagi manusia dan lingkungan, seperti menjadikan lingkungan lebih bersih, menyadarkan masyarakat akan pentingnya kebersihan dan menjadikan sampah sebagai produk ekonomi.

Manfaat bank sampah bagi masyarakat adalah dapat meningkatkan pendapatan masyarakat karena dengan menukarkan sampah akan mendapatkan imbalan berupa uang yang terkumpul di rekeningnya. Ketika orang menumpuk banyak tabungan, mereka dapat menarik uang dari tabungan mereka kapan saja.

Imbalan yang diberikan kepada penabung tidak hanya berupa uang, tetapi juga berupa sembako seperti gula pasir, sabun, minyak dan beras. Bagi siswa dengan status keuangan yang buruk, penyimpanan sampah juga bermanfaat, beberapa sekolah telah menggunakan sampah untuk biaya sekolah.

Cara Mengelola Bank Sampah

hasil kerajinan

Gudang sampah merupakan tempat pengumpulan sampah yang telah dipilah, dan hasil pengumpulannya akan disimpan di tempat pengumpul sampah atau tempat pembuatan kerajinan untuk didaur ulang. Namun, sebelum mengirimkan barang ke gudang sampah, Anda perlu melakukan hal berikut:

Decluttering

Decluttering merupakan salah satu kegiatan untuk memilah dan mengurangi sampah dengan cara memilah (mengumpulkan) barang-barang yang sudah tidak diperlukan lagi. Barang-barang tersebut dapat berupa peralatan rumah tangga, pakaian, elektronik, kemasan produk, atau bahkan sisa makanan yang tidak dapat dimakan lagi. Pembenahan merupakan salah satu cara untuk mengurangi jumlah sampah yang terkumpul di TPA. Ada banyak manfaat dari memilah sampah ini:

  • Maksimalkan fungsi produk yang Anda miliki.
  • Minimalkan gaya hidup konsumsi.
  • Jadikan ruang tamu lebih rapi, lebih nyaman dan mudah dibersihkan.
  • Sederhanakan aktivitas tempat penyimpanan sampah.

Pada proses finishing, silahkan mulai dari ruangan terdalam dulu. Misalnya kamar tidur, kamar mandi, dapur. Terakhir dilanjutkan ke area, seperti ruang tamu, ruang keluarga, teras atau halaman. Kumpulkan semua barang di setiap ruangan yang mungkin baru saja berubah menjadi tong sampah atau tidak lagi digunakan.

Produk dikelompokkan berdasarkan jenis

Setelah mengumpulkan barang-barang yang ingin Anda serahkan ke tempat penyimpanan sampah, langkah selanjutnya adalah mengelompokkannya sesuai dengan jenisnya. Mengapa kita harus memilah sampah? Alasannya adalah sebagai berikut:

  • Jadi sampah kering dan sampah basah tidak akan bercampur. Karena jika tercampur akan menjadi sarang bakteri dan menimbulkan bau yang tidak sedap.
  • Hindari mencampurkan zat berbahaya (seperti limbah elektronik, bahan kosmetik atau bahan kimia beracun lainnya).
  • Jadikan penyimpanan sampah lebih mudah untuk menangani dan mendaur ulang sampah.
  • Mengurangi limbah di TPA akhir (tempat pembuangan akhir).

Langkah-langkah pemilahan sampah:

  1. Sampah organik yang dipisahkan dari sampah anorganik merupakan jenis sampah yang dapat dimanfaatkan kembali melalui pengolahan yang tepat, seperti pengomposan atau pakan ternak. Contoh sampah organik antara lain sisa pengolahan makanan, sisa pengolahan tanaman / sayuran, daun, ranting, dll. Padahal sampah anorganik merupakan sampah yang dihasilkan dari berbagai proses dan membutuhkan waktu yang lama untuk terurai. Misalnya aneka plastik, kaleng, kaca, besi, dll.
  2. Pisahkan sampah organik basah, sampah organik kering, sampah anorganik basah dan sampah anorganik kering. Tujuannya agar tidak mencampur sampah kering dan sampah basah.
  3. Sebelum menyerahkan sampah ke tempat sampah, mohon diusahakan untuk dibersihkan, terutama sampah anorganik seperti botol anggur dan kaleng.

Kesimpulan

Ini adalah alternatif untuk menyelesaikan masalah sampah dan berpartisipasi dalam perlindungan lingkungan. Itu bagus untuk bumi pada akhirnya. Sekecil apapun pada bumi yang kita buat, niscaya akan berdampak besar bagi kelangsungan hidup bumi itu sendiri. Tentu dengan adanya bank sampah ini, perlu adanya pembuatan transaksi keuangan terhadap kegiatan perbankan “sampah” ini yang melibatkan uang real tentunya.

JojoPayroll hadir dalam menangani transaksi keuangan bank sampah ini. Gaji bulanan perusahaan bank sampah ini dapat dikelola dengan mudah menggunakan aplikasi otomatisasi JojoPayroll. Semua perhitungan telah disesuaikan dengan kebijakan ketenagakerjaan Indonesia, dan database karyawan perusahaan dapat diintegrasikan dengan pajak pribadi, asuransi, tunjangan dan reimbursement.

Gunakan dasbor JojoPayroll terlampir untuk membawa pulang pembayaran, potongan, tunjangan, dan semua detail lain dari file pribadi Anda untuk mendapatkan gaji Anda dengan cepat.

Tunggu apalagi, segara daftarkan perusahaan bank sampah anda demi kemajuan bank sampah anda dan nikmati uji coba JojoPayroll secara gratis!