Barang Sehari-hari yang Sangat Penting untuk dibawa Selama Pandemi

barang sehari-hari

Semua orang tentu merasakan dampak dari pandemi Covid19 ini, yang tadinya hidup normal dengan segala fasilitas yang mudah didapatkan. Kini harus banyak berdiam diri di rumah. Walaupun keluar rumah hanya sebentar, barang sehari-hari harus selalu dibawa, agar tidak bercampur pakai dengan orang lain. Khawatir tertular virus Covid19 yang sangat mudah berinkubasi. 

Menerapkan protokol kesehatan dimasa Pandemi Covid19, memang susah-susah gampang, kalau tidak ada kesadaran dari diri sendiri. Saat ini banyak perusahaan yang telah mengharuskan karyawannya untuk kembali bekerja di kantor. Namun ada pula yang memberlakukan sistem kerja shift serta yang menerapkan work from home (WFH).

Untuk Anda yang harus kerja di kantor, dan wajib membawa sendiri keperluan sehari-hari, agar tidak bercampur dengan orang lain. Perlu memperhatikan dan menyiapkan apa saja barang sehari-hari yang harus dibawa.

Nah, dalam artikel berikut ini kita akan bahas, apa saja keperluan pribadi atau barang-barang sehari-hari yang wajib dibawa dimasa Pandemi ini, saat bekerja atau beraktifitas diluar rumah.

Barang Sehari-hari itu Apa saja ?

Tidak hanya dirumah yang harus menyiapkan semua keperluan pribadi dan barang sehari-hari, namun saat diluar rumahpun Anda perlu membawanya. Hal itu untuk mencegah penularan virus melalui barang-barang yang dipakai secara umum.

Barang keperluan sehari-hari yang perlu ada dalam setiap kegiatan Anda, baik itu dikantor atau di tempat umum, adalah semua barang keperluan pribadi yang rentan menjadi media penularan virus Covid19. Misalnya saja alat makan, masker, peralatan sholat dll.

Selain barang keperluan pribadi yang harus dipakai sendiri, barang-barang pribadi tersebut adalah salah satu cara untuk memproteksi diri dari penularan virus.

barang sehari-hari

Barang Sehari-hari yang wajib Dibawa

Jika Anda harus keluar rumah, baik itu untuk belanja atau pergi ke kantor, bawa barang sehari-hari yang berfungsi untuk melindungi diri Anda selama pandemi. Berikut ini adalah daftarnya :

1. Barang sehari-hari dalam Tas New Normal

Barang sehari-hari yang perlu dibawa, adalah tas. Sebenarnya Anda tidak perlu membeli tas baru. Asal bentuk tas Anda seperti tas new normal. Penggunaan tas ini bertujuan agar pengguna mudah mengambil dan menyimpan barang esensial untuk mencegah COVID-19. Sehingga ia tak perlu mengaduk-aduk isi tas ketika ingin mengambil cairan pencuci tangan.

Tas new normal atau tas siaga COVID-19 bisa berbentuk tas jinjing (tote bag) dan tas punggung (backpack). Untuk tas punggung, paling tidak tas memiliki tiga kompartemen di depan serta satu kompartemen masing-masing di samping kanan dan kiri.

Untuk tas jinjing lebih banyak kompartemen pada bagian depan. Kompartemen sebagai wadah tisu kering, dua tempat untuk botol kecil (cairan cuci tangan dan semprotan disinfektan), serta tiga kompartemen untuk benda lainnya.

barang sehari-hari

2. Membawa Masker 

Lembaga kesehatan seperti Centers for Disease Control and Prevention (CDC) Amerika Serikat dan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia sudah sering mengingatkan agar masyarakat menggunakan masker ketika di luar rumah. Karena masker dapat melindungi pemakai dan orang lain dari percikan air dari mulut dan hidung.

Jadi barang sehari-hari yang wajib dibawa selama pandemi adalah masker. Usahakan selalu membawa satu atau dua masker cadangan yang disimpan di kantong masker, lalu letakkan di kompartemen depan. Selain itu bawa juga kantong untuk masker kotor.

3. Cairan Pembersih Tangan

Selama pandemi, masyarakat disarankan untuk sering mencuci tangan dengan sabun dan di bawah air mengalir. Jika di sekitar Anda tak ada sabun dan air, pakailah cairan pencuci tangan. Jadi barang sehari-hari yang tak boleh ditinggalkan adalah cairan pembersih tangan.

Anda bisa membawa satu atau dua buah cairan pembersih tangan dengan komposisi alkohol minimal 70 persen. Namun jika kulit tangan sensitif, pilih cairan yang mengandung alkohol sekaligus pelembab.

4. Semprotan Disinfektan

Untuk perlindungan ekstra, selalu bawa semprotan disinfektan. Anda bisa menggunakannya untuk menyemprot meja, kursi, alat tulis, dan benda di sekitarnya. Sekarang sudah banyak semprotan disinfektan yang khusus kain, jadi bisa disemprotkan pada sepatu, tas, dan jaket. Sehingga tekstur dan warna kain tetap awet.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

5. Tisu Kering dan Basah

Tidak kalah pentingnya adalah dua barang sehari-hari ini jangan sampai terlewatkan. Tisu basah bisa untuk mengeringkan tangan setelah cuci tangan, mendorong pintu, memegang gagang kulkas, lalu langsung buang ke tempat sampah. Sedangkan tisu basah, sebaiknya pilih yang mengandung antiseptik.

6. Obat dan Multivitamin

Biasanya setiap kantor selalu menyediakan obat-obat dan multivitamin bagi karyawannya. Namun selama pandemi, lebih baik jika Anda membawanya dari rumah. Obat-obatan sebagai pertolongan pertama seperti obat luar dan plester luka, obat diare, serta minuman herbal untuk masuk angin. Jangan lupa bawa juga multivitamin untuk memperkuat daya tahan tubuh.

barang sehari-hari
Woman using antibacterial hand sanitizer, closeup

7. Barang sehari-hari dan makanan

Masukkan makanan dan minuman ke dalam daftar benda sehari-hari. Selama pandemi, sebaiknya bawa makanan dan minuman dari rumah. Sehingga Anda juga bisa menghemat, menghindari kerumunan di kantin, sekaligus membawa peralatan makan pribadi yang tahu kondisi kebersihannya.

Jika kantor Anda memberikan fasilitas katering, cukup bawa sendok dan garpu. Setidaknya bawa botol minuman dan wadah makan. Ketika harus membeli makanan di kantin, gunakan wadah makan, dan makan di kantor. Namun sebelum makan, bersihkan dulu permukaan wadah dengan tisu basah.

8. Barang sehari-hari untuk Ibadah

Selama pandemi Covid19, jangan coba-coba meminjam atau meminjamkan peralatan ibadah Anda ke orang lain. Karena Anda tidak pernah tahu kondisi kesehatan serta perilakunya setiap hari.

Mulai sekarang selalu bawa peralatan ibadah sendiri, simpan dan pakai peralatan ibadah Anda hanya untuk Anda sendiri.

Mengelola pengeluaran keuangan di masa Pandemi

Kondisi ekonomi saat pandemi seperti sekarang ini, pasti ikut mempengaruhi perekonomian lokal maupun global. Untuk itu banyak sekali pelaku usaha yang hati-hati dalam mengelola keuangan perusahaan.

Agar kinerja perusahaan tetap stabil dan keuangan juga tetap terkontrol dengan baik, sangat dianjurkan untuk memakai software keuangan yang terintegrasi pada laporan keuangan Anda. Sehingga proses pembayaran gaji karyawanpun bisa berjalan dengan lancar dan sesuai dengan laporan keuangan yang dibuat.

barang sehari-hari

Software dari Jojonomic ini sangat simpel dan mampu Solusi Penggajian Perusahaan. Aplikasi JojoPayroll bebas masalah, Kelola dengan Sentuhan Jari Anda, Kapan Saja Dimana Saja. Solusi Payroll yang Berbasis Cloud mendukung bisnis Anda dan terintegrasi dengan sistem akuntansi Anda serta transfer bank yang real-time.

Aplikasi JojoPayroll memiliki fitur populer

  1. Sistem payroll yang terkalkulasi dengan otomatis dengan slip gaji yang dikeluarkan secara otomatis.
  2. Sistem Penggajian Terhitung Otomatis dengan slip gaji yang dihasilkan secara otomatis.
  3. Integrasi yang mudah ke sistem HRIS saat ini, Basis Data Komprehensif untuk Analisis.

Silahkan Anda klik tautan ini Coba Gratis Sekarang untuk mencoba kinerja aplikasi JojoPayroll.