Barang Substitusi; Pengertian dan Contohnya

Untuk memenuhi kebutuhan hidup, kita pasti memerlukan beragam jenis barang yang hendak digunakan. Selain barang komplementer, ternyata ada jenis lain yang tidak kalah penting, lho! Jenis tersebut dinamakan barang Substitusi.

Barang substitusi merupakan barang yang dijadikan barang pengganti jika barang asli tidak ada. Di mana barang ini harus memiliki nilai guna yang sama dengan barang yang menjadi pengganti. Sehingga barang untuk substitusi tersebut tidak kehilangan nilai atau kegunaan yang dimiliki. Dengan kata lain bahwa barang tersebut memiliki kegunaan yang sama.

Berikut ini ita bahas satu persatu mengenai pengertian, alasan mengapa kita memerlukannya, hingga contoh dan cara memilihnya.

Pengertian Barang Substitusi

Barang substitusi merupakan barang pengganti yang nantinya akan dijadikan sebagai barang pengganti dengan barang lainnya namun tidak menghilangkan nilai kegunaan dengan barang yang diganti. Contohnya Anda bisa memilih pengganti barang dengan barang yang memiliki merek yang berbeda namun fungsi barang tetap sama.

Dalam hal ini barang atau benda substitusi ini memiliki peran penting di pasar. Karena barang ini dianggap memiliki manfaat bagi konsumen untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Dengan kata lain bahwa barang ini dapat dijadikan sebagai sebuah pilihan kepada konsumen.

Barang subtitusi ini bisa dijadikan sebagai pilihan apabila tidak tersedia barang asli atau merupakan barang pertama yang dipilih oleh konsumen akan tetapi tidak tersedia atau dengan alasan lain sehingga diganti dengan barang pilihan tersebut.

Seperti yang telah diulas sebelumnya, barang yang kita gunakan untuk memenuhi kebutuhan, terbagi atas beberapa jenis. Salah satunya adalah barang yang dibagi berdasarkan hubungannya dengan barang lain yang terdiri dari barang komplementer dan substitusi.

Barang komplementer merupakan jenis barang yang kegunaannya untuk melengkapi barang lainnya. Sedankgan barang subtitusi merupakan barang pemuas kebutuhan manusia yang saling menggantikan fungsinya dengan sempurna.

Dengan kata lain apabila tidak ada barang yang satu, maka dapat digantikan dengan barang lainnya. Jadi bisa saja ada dua barang atau lebih yang memiliki bentuk berbeda namun dapat digunakan untuk kebutuhan yang sama.

Alasan Kita Memerlukan Barang Substitusi

Melihat definisinya, barang substitusi ini bisa muncul karena adanya kebutuhan manusia. Jenis barang ini akan muncul karena manusia membutuhkan suatu barang. Akan tetapi, dibatas oleh namun keadaan yang tidak mendukung untuk bisa mendapatkan barang tersebut. Keadaan ini bisa saja terjadi karena berbagai faktor seperti faktor ekonomi, sumber daya, waktu, lokasi, dan lain sebagainya.

Karena tidak bisa mendapatkan barang yang dicari sedangkan kebutuhan tetap ada, maka manusia pun mencari barang lain yang bisa menggantikan barang itu. Hal tersebut disebabkan oleh tujuan utamanya, yakni untuk memenuhi kebutuhan.

Maka, yang hendak kita cari (demand) adalah barang yang memiliki fungsi dan kegunaan sama. Atau kalau tidak bisa benar-benar sama, setidaknya barang tersebut memiliki kemiripan dalam memberikan apa yang dibutuhkan.

Selain karena faktor kebutuhan, barang substitusi juga muncul sebagai bentuk dari perluasan produksi dan pemanfaatan sumber daya. Perluasan produksi ini dilakukan untuk menghasilkan keuntungan secara ekonomi dan meningkatkan kreativitas dalam menciptakan barang. Hal ini juga tentu berdampak positif karena manusia dapat mengelola sumber daya yang ada menjadi lebih bernilai dan bermanfaat.

Contoh Barang Substitusi

Setelah mengetahui penegertiannya, ada beberapa contoh untuk barang jenis substitusi ini yang memiliki nilai guna yang sama untuk memenuhi kebutuhan. Berikut ini merupakan paparan mengenai contoh dari barang substitusi dalam memenuhi kebutuhan masyarakat.

Beras Dengan Jagung atau Singkong

Contoh pertama adalah barang pokok berupa beras yang akan digantikan dengan jagung. Selain jagung, beras juga bisa digantikan dengan buah singkong. Di mana beras ini merupakan bahan pokok makanan untuk orang Indonesia. Karena beras ini dijadikan sebagai nasi yang memiliki kandungan karbohidrat dan bisa membuat orang kenyang. Bukan hanya itu, beras ini memiliki nilai jual berdasarkan dari jenisnya.

Namun Anda bisa menggantikan peran beras tersebut dengan jagung maupun singkong. Melihat masyarakat dahulu yang hanya menjadi rebusan singkong sebagai makanan pokok namun setara dengan nasi. Sehingga singkong ini merupakan barang yang memiliki nilai guna sama dengan beras. Begitu pula dengan jagung atau sagu yang menjadi panganan pokok bagi beberapa daerah di Indonesia.

Pulpen dan Pensil

Alat tulis juga dapat dijadikan sebagai barang substitusi dan bisa digantikan dengan barang yang memiliki fungsi yang sama. Salah satunya adalah pulpen yang dijadikan sebagai barang untuk menulis pada kertas. Pulpen ini bisa digunakan untuk menulis, namun pulpen juga bisa digantikan dengan pensil. Di kedua barang tersebut memiliki fungsi atau kegunaan yang sama.

Pensil banyak digunakan untuk menggambar di kertas gambar meskipun bisa juga difungsikan untuk menulis di kertas lainnya.

Nasi dan Mie Instan

Barang selanjutnya adalah nasi yang bisa digantikan dengan mie instan. Karena sudah diketahui bersama bahwa mie instan ini juga memiliki kandungan nutrisi yang hampir sama dengan nasi. Sehingga bisa dijadikan sebagai barang pengganti jika tidak ada nasi.

Di mana nasi ini merupakan makanan pokok yang dimakan jika lapar namun membutuhkan waktu yang lama pada saat dimasak dan membutuhkan makanan pendamping untuk lauk dan sayur.

Maka dari itu untuk pengganti nasi, banyak orang memilih mie instan untuk pertimbangan tertentu. Selain itu, mie instan ini juga bila dimasak tidak membutuhkan banyak waktu sehingga bisa langsung dimakan. Makanan pengganti nasi ini merupakan barang yang sangat dibutuhkan oleh anak kost.

Laptop dan Komputer

Laptop dan komputer merupakan kedua jenis barang yang memiliki kegunaan yang sama dan bentuk yang tidak jauh berbeda. Berbeda dengan komputer, laptop sangat memudahkan pengguna karena bisa dibawa ke mana-mana. Selain itu, kapasitas dari laptop ini tidak terlalu berat dan memiliki ukuran yang lebih efisien

Fungsi dari kedua barang ini adalah digunakan khusus untuk memudahkan seseorang mengetik di lembar kerja Microsoft excel atau word. Tidak ada yang jauh berbeda dari kedua barang ini, bahkan saat ini kinerja laptop sudah bisa disamaratakan dengan komputer personal seperti untuk pengeditan gambar atau video yang membutuhkan performa tinggi.

Kursi dan Tikar

Selanjutnya adalah kursi dan juga tikar. Kursi merupakan barang yang digunakan sebagai tempat duduk dan terbuat dari bahan kayu. Selain berbahan dasar kayu, ada juga kursi yang terbuat dari plastik. Namun melihat dari bahan tersebut yang membedakan tahan lama tidaknya kursi tersebut. Akan tetapi jika tidak ada kursi di suatu ruangan, maka bisa digantikan dengan barang yang memiliki fungsi serupa, seperti tikat.

Tikar bisa dijadikan sebagai alas di lantai untuk tempat duduk selain kursi. Tikar juga terbuat dari bahan plastik dan juga kain. Sehingga tikar ini dijadikan barang pengganti dari kursi tersebut karena memiliki fungsi yang sama. Maka dari itu tikar ini bisa dijadikan tempat duduk untuk tamu yang datang ke rumah karena tidak ada kursi.

Perbedaan Barang Substitusi dengan Barang Komplementer

Barang substitusi merupakan barang yang dijadikan sebagai barang pengganti dengan barang lainnya yang memiliki nilai guna yang sama. Namun untuk barang komplementer merupakan barang yang memiliki fungsi dan memiliki keterkaitan antara kedua barang tersebut. Untuk lebih jelasnya mengenai perbedaan kedua barang ini, simak pembahasan berikut ini.

Menurut Fungsinya

Perbedaan dari kedua barang ini adalah melihat dari segi fungsi. Di mana fungsi untuk barang substitusi ini adalah barang asli yang bisa dijadikan sebagai barang pengganti. Sedangkan fungsi dari barang komplementer merupakan sepasang barang yang memiliki fungsi saling terkait. Dengan kata lain bahwa barang asli harus memiliki barang pendukung.

Ketersediaan Barang Pokok

Selanjutnya adalah perbedaan dari ketersediaan barang pokok. Dengan kata lain bahwa barang pokok untuk komplementer memiliki ketersediaan barang yang lebih berisiko. Karena barang tersebut tidak bisa digantikan dengan barang lain. Sedangkan barang substitusi ketersediaan barang pokoknya masih bisa digantikan dengan barang yang memiliki fungsi sama.

Berbagai paparan tersebut merupakan informasi mengenai barang substitusi yang juga memiliki perbedaan dengan barang komplementer. Di mana dapat dilihat dari segi fungsi dan juga dari segi ketersediaan barang pokok. Selain itu, ada juga beberapa contoh yang dijadikan sebagai barang pengganti untuk barang aslinya.

Merujuk pada alasan kita membutuhkan barang substitusi, kita bisa menuliskan beberapa contoh yang termasuk dalam barang substitusi. Meskipun pada dasarnya tidak ada standar baku yang menentukan apakah suatu barang merupakan barang substitusi atau bukan. Karena semua tergantung pada fungsi dan penggunaannya.

Oleh sebab itu dalam menentukan apa saja yang termasuk barang substitusi, yang pertama harus diperhatikan adalah fungsinya. Sesuatu itu dapat dikategorikan sebagai barang substitusi dari selama memiliki fungsi yang sama atau setidaknya serupa.

Berikut ini akan kami paparkan beberapa contohnya yang sering ditemukan dalam kehidupan sehari-hari.

Nasi dengan Roti atau Kentang

Contoh pertama yang bisa diambil terkait barang substitusi adalah nasi dengan roti atau kentang. Nasi di sini, memiliki fungsi sebagai makanan pokok yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Jika tidak ada nasi, kamu bisa mengganti makanan pokokmu dengan roti ataupun kentang. Hal tersebut bisa dilakukan karena roti atau kentang memiliki fungsi yang sama dengan nasi, yakni sebagai makanan pokok.

Kemeja dengan Kaos

Contoh selanjutnya bisa kamu temui dari segi fungsi berpakaian. Kamu bisa menggunakan kemeja ataupun kaos untuk memenuhi kebutuhan sandangmu. Misalnya, kamu hendak pergi berbelanja ke mall, ternyata kemeja yang hendak digunakan belum dicuci. Maka, kamu bisa mengenakan kaos sebagai pengganti kemeja tersebut. Keduanya bisa saling menggantikan karena memiliki fungsi yang sama.

Pensil dengan Pulpen

Kamu tentu pernah merasakan ketika kita sedang menulis tugas, dan tinta pulpen yang kamu gunakan habis, bukan? Nah, di sinilah barang substitusi ini berfungsi! Kamu bisa menggunakan pensil untuk menggantikan pulpen yang sedang kamu gunakan untuk menyelesaikan tugas.

Meskipun hasil yang didapat berbeda, namun keduanya tetap bisa dikatakan sebagai barang substitusi. Hal tersebut dikarenakan keduanya memiliki fungsi yang sama, yaitu sebagai alat untuk menulis.

Gelas dengan Cangkir

Kami bisa menjamin, contoh berikut ini kerap kali kamu temukan di kehidupan sehari-hari! Penggunaan gelas dan cangkir, kerap kali saling menggantikan karena keduanya memiliki fungsi yang sama, yakni untuk minum.

Kipas Angin dengan Air Conditioner (AC)

Sebuah air conditioner atau biasa kita kenal dengan AC ini, ternyata memiliki barang dengan fungsi sejenis, lho! Kipas angin merupakan barang substitusi dari AC ini, karena keduanya memiliki fungsi yang sama, yakni untuk mendinginkan ruangan.

Itulah beberapa contoh barang dengan subtitusinya. Masih banyak lagi contoh lainnya yang bisa kamu temukan dalam kehidupan sehari-hari. Pada intinya, suatu barang bisa dikatakan saling bersubstitusi ketika keduanya memiliki fungsi yang sama.

Namun, jika masih bingung bagaimana cara memilihnya, kamu harus terus scroll artikel ini! Karena kami akan memberikan beberapa tips yang bisa kamu gunakan untuk memilihnya.

Tips Memilih Barang Substitusi

Kita mungkin saja mengalami keadaan dimana tidak bisa mendapatkan sesuatu yang dicari sehingga mengharuskan untuk menggunakan barang substitusi.

Meskipun dalam konsep sederhananya tidak sulit menentukan barang substitusi, namun tetap ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Apa saja sih kira-kira? Kamu bisa melihatnya pada poin penjelasan berikut ini:

Mengetahui Kebutuhan

Hal pertama dan paling mendasar dalam menentukan serta memilih barang substitusi adalah mengetahui kebutuhan apa yang hendak kita penuhi. Dengan mengetahui kebutuhan akan membantu dalam menentukan barang apa saja yang fungsinya sesuai.

Misalnya, ketika kita membutuhkan sesuatu yang dapat digunakan sebagai alas kaki, kamu juga perlu memikirkan barang apa yang memiliki fungsi tersebut.

Membuat List Barang

Setelah mengetahui kebutuhan apa dan fungsi barang yang dapat memenuhinya, selanjutnya kamu bisa membuat list barang. Tentunya list barang ini dibuat dengan kriteria utama yaitu fungsi yang sama atau serupa. Kita dapat membuat list dengan urutan yang menunjukkan prioritas sesuai dengan keadaan yang dihadapi atau bahkan keinginan pribadi.

Misalnya dalam memenuhi kebutuhan akan alas kaki, list barang yang pertama adalah sepatu. Baru di-list selanjutnya ada sepatu sandal dan sandal, yang digunakan kalau list pertama tidak bisa didapatkan.

Memperhatikan Harga Barang

barang substutusi

Meskipun barang substitusi dibutuhkan untuk menggantikan sesuatu yang tidak bisa didapatkan, namun jangan sampai kita mengabaikan soal harga. Jangan sampai karena berpikiran asalkan kebutuhan dapat terpenuhi segera, kita jadi asal memberi barang dengan harga selangit. Hal ini akan secara otomatis memberatkanmu, dan bisa membuat kebutuhan yang lain terbengkalai.

Menggunakan Barang dari Bahan Bekas

Sebelum memutuskan untuk membeli barang substitusi, ada baiknya kita mengecek kembali barang bekas yang dimiliki. Bisa saja dari bahan-bahan bekas tersebut, kita dapat membuat barang substitusi yang dibutuhkan tanpa harus mengeluarkan biaya besar.

Akan lebih bagus lagi kalau kita kemudian dapat menjual barang tersebut dan menjalankan bisnis yang menguntungkan dari pengelolaan bahan bekas.

Itulah beberapa penjelasan terkait barang substitusi yang bisa kami berikan. Kami harap dengan adanya artikel ini bisa memberikan solusi untuk memenuhi kebutuhan Anda ya!

barang substitusi

Selain mengerti tentang barang substitusi, kamu juga bisa menggunakan aplikasi dari Jojonomic untuk membantu meningkatkan kinerja dan juga efisiensi perusahaan tempatmu bekerja. Ada JojoExpense yang akan membantumu untuk mengelola keuangan perusahaan dan bisa mengajukan reimbursement secara online.

Ada juga JojoTimes yang memiliki fitur untuk memantau kehadiran karyawan kapanpun dan di manapun. Serta ada juga JojoPayroll untuk solusi payroll otomatis, dengan kelola penggajian kapan saja dan di mana saja. Kamu bisa mencoba demonya, dan rasakan sendiri manfaat yang akan didapatkan.