Basis Investasi Syariah Unik Dan Menguntungkan

Konsep investasi syariah ini semakin digemari oleh berbagai pemodal di Indonesia. Sebenarnya penanaman modal sejenis ini hampir sama dengan cara konvensional. Hanya saja konsep dasarnya adalah penggunaan syariah. Dimana berbagai bentuk riba akan ditiadakan. Riba sendiri dapat dipahami sebagai kerugian yang akan ditanggung sebuah pihak.

Ketika menjalani sebuah kesepakatan. Riba ini bisa berbentuk bunga ataupun kelebihan dari nilai awal modal yang telah diambil oleh pihak peminjam. Jadi sudah jelas jika dilihat secara ekonomi bahwa penanaman modal seperti ini akan menguntungkan kedua belah pihak. Dimana yang menerima modal juga tidak akan kesulitan ketika harus mengembalikannya.

Sistem keuntungan yang akan didapatkan pemodal juga berkisar kepada bagi hasil. investasi syariah ini memang memakai hukum syaria islam sebagai dasar operasionalnya. Uniknya bank yang menggunakan konsep syariah ini dapat bertahan ketika terjadinya krisis moneter. Mungkin karena konsepnya tidak menekan beberapa pihak didalam kesepakatan.

Akad Dalam Investasi Syariah

investasi syariahSatu hal yang sangat membedakan investasi syariah adalah adanya akad. Bentuk akad dalam kesepakatan penanaman modal ini juga sangat beragam. Dikenal ada 3 jenis akad yang biasanya disepakati yaitu musyarakah atau kerjasama, ijarah sewa menyewa dan mudharabah bagi hasil. Jadi kejelasan penanaman modal semakin terang benerang.

Apabila anda pelajari lebih dalam maka akan segera pengusaha sadari bahwa fokus dari penanaman modal sejenis ini cukup unik. Tidak terlalu mengedepankan return atau pengembalian modal yang setinggi-tingginya. Melainkan lebih berfokus untuk memberikan kemaslahatan untuk penggunaannya. Bahkan tidak jarang penanam modal yang hanya menargetkan keuntungan bagi penggunaannya saja.

Beberapa negara besar juga sudah mulai menggunakan investasi syariah sebagai salah satu opsi untuk mengembangkan berbagai enterpereneur mereka. Pilihan penanaman modal seperti ini mungkin mulai dilirik karena keleluasaan pihak penerima untuk menjalankan bisnisnya. Tapi terpaku dan takut ketika mengalami kerugian.

Sampai sini anda pasti penasaran sebenarnya apa saja produk dari penanaman modal secara syaria ini?. Berikut akan kami berikan beberapa produk yang sudah menjadi keunggulan. Jadi jika anda berminat bisa langsung memanfaatkannya untuk mendapatkan keuntungan. Tapi perlu diingat bahwa tetap saja anda sebagai pemodal harus waspada ketika hendak menanamkan modal.

Reksadana Berlandasakan Syaria

Reksadana atau forex seringkali menjadi sebuah pilihan yang begitu mengundang minat para pemodal. Jika anda sudah bosan dengan konsep reksadana konvensional. Maka memilih reksadana secara syaria ini bisa menjadi sebuah opsi yang cerdas. Bukan saja konsep yang begitu aman bagi pemodal tapi juga akan menguntungkan kedua belah pihak secara real.

Mungkin investasi syariah berupa reksadana ini masih kurang dipahami oleh pemodal. Karena informasinya sendiri masih sangat sedikit. Padahal pengguna jasa reksadana syaria sudah sangat banyak. Pengelolaannya juga langsung dihandle oleh dewan syaria nasional. Perusahaan yang telah memenuhi kriteria dewan barulah bisa mengajukan permodalan.

Dana yang telah terhimpun secara berkala akan digunakan oleh pengelola untuk menunjang berbagai perusahaan. Tentu saja dengan berdasarkan kepada tiga akad yang sudah termuat di awal artikel ini. Jadi anda sebagai pemodal tidak perlu kelabakan dan ketakutan modal yang telah ditanamkan akan hangus.

Deposit

Produk investasi syariah yang satu ini biasanya akan langsung disediakan oleh beberapa bank. Tapi bank yang akan menyediakannya tentu saja berlandaskan syaria. Nasabah yang telah memiliki sejumlah nilai deposit tidak akan bisa mengambil uangnya dalam beberapa jangka waktu. Sampai setelah dana tersebut benar-benar dikembalikan oleh peminjam.

Berserta dengan kesepakatan akad yang telah disetujui oleh peminjam. Ketika jumlah depostinya sudah bisa aktif untuk ditarik. Maka nasabah akan sekaligus mendapatkan profit dari kerjasamanya tersebut. Biasanya bank yang telah berkonsep syaria akan juga diawasi oleh MUI dan dewan syaria Indonesia.

Jadi flow cashnya tidak akan rancu dan terkonsep dengan baik. Sebagai penanam modal yang menggunakan produk investasi syariah jenis ini sudah sangat banyak yang mengantungi profit besar. Hanya saja jangka waktu yang ditetapkan oleh bank tersebut biasanya sedikit lama. Sebab tujuannya sendiri untuk pemberdayaan kalangan umum dan beberapa pengusaha.

Saham

Tentu saja konsep investasi syariah ini telah memasuki bursa efek. Setelah adanya reksadana maka otomatis saham juga bisa terjangkau. Nilai yang didapatkan oleh pembeli saham tentu saja akan sama nilainya. Dengan saham pada umumnya, dengan catatan bahwa saham ini tidak boleh menyalahi konsep syaria islam itu sendiri.

Mungkin perbedaan yang sangat jelas dari saham dengan konsep ini adalah penurunannya. Jika pada umumnya saham bisa anjlok begitu saja. Tapi dalam konsep saham syaria maka pembeli bisa sedikit bernafas lega karena fluktuatif seperti itu tidak akan pernah terjadi.

Manfaatkan Berbagai Produk Syaria

investasi syariahSetelah mengetahui berbagai bentuk produk investasi syariah maka saatnya anda untuk menggunakannya dengan baik. Tidak perlu kelimpungan jika belum menetapkan jenis produk apa yang akan dipilih. Anda bisa mulai dengan mengetahui profit apa saja yang akan diberikan masing-masing produk tersebut.

Barulah setelah mendapatkan keuntungan yang lebih jelas anda bisa langsung mencobanya. Penanaman modal ini apapun basisnya bukanlah sebuah hal yang main-main karena anda mempertaruhkan sejumlah uang. Jika salah pilih maka tetap saja anda bisa menerima kerugian. Maka informasi sekecil apapun mengenai produk ini sangat penting untuk anda pahami.

Rubah Konsep Kerja Dengan Aplikasi

Dengan beragamnya produk investasi syariah tentu saja konsep pekerjaan yang dilakukan dalam perusahaan anda juga harus ikut berubah. Jika tidak maka anda malah akan terperangkap. Langkah utama yang bisa diambil adalah dengan menggunakan perangkat lunak untuk menunjang perkembangan perusahaan.

Salah satu perangkat lunak yang cukup revolusioner adalah JojoTimes. Berkat perangkat lunak ini juga anda bisa merubah konsep absensi yang monoton menjadi cepat tanggap. Apa saja keuntungan aplikasi ini?. Langsung saja simak beberapa keuntungannya

JojoTimes Berikan Keringanan

Sebagai salah satu software canggih yang dapat membantu pengabsenan maka JojoTimes sangat bisa diandalakan. Terutama dalam hal absen harian, setiap pegawai didalam perusahaan tidak perlu lagi untuk melakukan absen yang memakan waktu. Cukup melakukan absensi melalui aplikasi ini saja. Maka absensi hariannya bisa terpenuhi.

Satu hal yang cukup membantu adalah dengan tersedianya fasilitas pembuatan laporan absensi bulanan. Dengan begini perusahaan tidak perlu kerepotan jika harus membuatnya. JojoTimes memang sangat membantu, sampai-sampai pekerjaan rumit saja bisa dipersingkat dan dikerjakan secara otomatis.

Tidak akan ada lagi pemberkasan yang memakan tempat dan biaya. Sebab seluruh data absensi akan ditaruh dalam penyimpanan cloud. Masih menolak untuk memakai Jojotimes?. Ini berati anda harus mencoba demo dari aplikasinya.

Dapatkan trialnya secara gratis dengan mendownload di Jojonomic sekarang juga. Anda akan otomatis tersadar betapa beruntungnnya telah mengenal perangkat lunak ini.