Belajar Online Tapi Tetap Bersosialisasi dengan Teman Sekelas

ice breaking

Kemajuan teknologi sekarang memungkinkan siswa untuk belajar sepenuhnya secara online sambil tetap bersosialisasi dengan teman sekelas, menonton kuliah, dan berpartisipasi dalam diskusi khusus subjek.

Sementara beberapa menganggap belajar online membutuhkan tingkat motivasi diri yang lebih tinggi, institusi mengakui bahwa dukungan pendidikan sama pentingnya dengan umpan balik tutor, dan sangat berhati-hati untuk memastikan bahwa siswa mereka menerima tingkat dukungan yang sama dengan yang akan mereka terima di kampus.

Belajar online adalah masa depan pendidikan, temukan cara kerjanya dan mengapa ini bisa menjadi pilihan belajar di luar negeri yang sempurna untukmu!

Fakta dan Angka Tentang Belajar online

  • Lebih dari 6 juta siswa saat ini mengikuti kursus online sebagai bagian dari program pendidikan tinggi mereka
  • Hampir setengah dari semua siswa mendaftar di kursus online dididik  secara eksklusif  melalui pendidikan jarak jauh
  • 85% siswa berpikir bahwa belajar online itu sama atau lebih baik daripada pengalaman kelas tradisional

Sumber Daya untuk Belajar online

Secara umum, saat mengambil program gelar online, kamu mungkin menemukan sumber daya seperti:

  • EBook
  • Jurnal
  • Video
  • Ceramah yang direkam;
  • Kuis
  • Forum Diskusi
  • Sesi tanya jawab langsung; dan
  • Wawancara.

Sumber daya yang ditawarkan kepada kamu untuk belajar online akan bergantung pada institusi tempat kamu mengambil program onlinemu. Beberapa program belajar online mungkin mengharuskan kamu untuk memesan buku teks fisik terlebih dahulu melalui pos, tetapi ini biasanya dihapus secara bertahap untuk mendukung eBook dan metode pengiriman hanya online.

Untuk institusi yang telah melakukan transisi untuk menggunakan 100% sumber daya online, siswa dapat berharap untuk belajar menggunakan kombinasi sumber daya teknologi mutakhir tanpa perlu bepergian untuk menghadiri kuliah, ujian, atau sesi diskusi langsung!

Mengambil program belajar online, kamu akan menjadi siswa yang terdaftar secara resmi di institusi kamu dan memiliki akses ke sumber daya yang sama dengan siswa di kampus, seperti perpustakaan digital institusimu, sistem manajemen pembelajaran (seperti Blackboard), keanggotaan serikat siswa, dan lainnya ! Gelar online mirip dengan mengambil program gelar di kampus, tetapi kamu memiliki kebebasan untuk mengatur jadwal belajar kamu sendiri.

Sekolah kamu dan instruktur kursus kamu akan menentukan format untuk setiap kursus dan akan memilih metode penyampaian yang paling sesuai dengan kursus atau programmu. Apa yang dibutuhkan jurusan Biologi untuk berhasil belajar online akan berbeda dari apa yang dibutuhkan jurusan Sejarah Seni!

Belajar online mungkin merupakan pengalaman yang sama sekali baru bagimu. Jika kamu berasal dari latar belakang pembelajaran yang lebih tradisional, baca terus untuk menemukan cara memanfaatkan sumber daya yang mungkin kamu temui dalam perjalanan belajar onlinemu! 

eBook, buku teks & jurnal

Materi tertulis ini adalah sumber daya penting di hampir setiap kursus yang akan kamu ambil saat belajar online.

Menggunakan daftar bacaan untuk setiap kursus, atau atas saran instruktur kursusmu, kamu harus mendedikasikan jumlah waktu yang kamu butuhkan untuk membaca dan memahami topik dalam literatur. Keuntungan utama menggunakan media ini (terutama eBook) adalah kenyataan bahwa mereka sepenuhnya portabel, memungkinkan kamu untuk belajar saat bepergian dari komputer, ponsel, atau tabletmu.

Kiat pro:

Saat kamu meneliti kursus atau program, ingatlah untuk memeriksa apakah buku teks kamu termasuk dalam biaya sekolahmu! kamu mungkin harus membayar ekstra untuk buku teksmu, atau mungkin tersedia sebagai eBook dari perpustakaan institusimu.

Perekaman Vidio saat Kuliah

Cara penting untuk menyerap sejumlah besar informasi dalam waktu yang relatif singkat, perkuliahan adalah bahan pokok belajar online dan berbasis kampus. Dengan belajar online, kamu dapat menghadiri kuliah dari kamar tidurmu!

Kiat pro:

Jika kamu bisa, buatlah catatan selama kuliah kamu ini akan mempermudah peninjauan ujian, dan tugas apa pun yang harus kamu selesaikan selama kursus.

Sesi interaktif

Tantangan terbesar yang dihadapi penyedia pendidikan online adalah bagaimana meniru interaksi tatap muka. Dan diskusi langsung yang dapat dengan mudah disediakan oleh lembaga di kampus.

Solusinya? Program online sering kali menggunakan kombinasi forum diskusi dan sesi tanya jawab interakti. Untuk memberi kamu interaksi dengan siswa dan instruktur lain yang kamu butuhkan.

Kiat Pro:

Sebelum memulai forum diskusi online atau sesi interaktif, pastikan kamu membaca aturan dan persyaratan; beberapa institusi mungkin meminta kamu untuk membuat posting yang memiliki jumlah kata minimum.

Bagaimana Belajar online Dinilai?

Siswa yang mengambil program gelar atau kursus online individu masih akan diuji secara berkala selama masa studi mereka untuk menilai pemahaman mereka tentang materi kursus.

Bagi mereka yang baru mengenal pendidikan online, proses ini bisa jadi menakutkan. Tapi tidak perlu khawatir! Institusi online adalah para profesional yang berpengalaman, mereka akan memastikan bahwa penilaian kamu adil, nyaman, dan dirancang untuk membantu kamu memaksimalkan pengalaman belajarmu.

Temukan jenis penilaian yang mungkin kamu temui saat mengambil program gelar atau kursus online:

Tugas Individu

Ini mungkin metode penilaian yang paling banyak dialami oleh siswa. Untuk setiap tugas, kamu akan menerima topik, tenggat waktu, dan jumlah katamu. kamu akan diminta untuk menghasilkan argumen terstruktur dan beralasan dalam batasan yang ditetapkan oleh instruktur kursusmu.

Kegiatan diskusi

Diskusi tatap muka antara teman dan kolega adalah sesuatu yang kita semua lakukan setiap hari. Namun, diskusi akademis online membutuhkan serangkaian keterampilan yang berbeda, dan mungkin tidak datang secara alami saat pertama kali kamu memulai perjalanan belajar onlinemu. Tidak perlu khawatir, kamu akan menguasainya!

Kegiatan ini akan berbeda tergantung pada institusi, tetapi instruktur kursus kamu biasanya akan memulai setiap diskusi dengan pertanyaan atau topik untuk debat. Siswa kemudian perlu meneliti topik dan memposting tanggapan mereka terhadap tugas yang menunjukkan pengetahuan dan pemahaman mereka sendiri. Seringkali, kamu akan berakhir dalam debat dengan ide dan pandangan yang diposting oleh sesama siswa.

Kegiatan jurnal

Seperti papan diskusi, aktivitas jurnal cenderung spesifik untuk kursus online. Entri jurnal adalah pembaruan berkelanjutan yang memberi kamu kesempatan untuk merenungkan kembali apa yang telah kamu pelajari selama periode peninjauan, dan bagaimana kamu akan menerapkan apa yang telah kamu pelajari di masa depan. Belajar online tidak dilakukan di ruang kelas, dan entri jurnal adalah cara langsung bagi instruktur kursus untuk memahami bagaimana kamu maju melalui kursus dan apakah kamu memperoleh pengetahuan di bidang yang tepat.

Tidak seperti tugas lain, dapat diterima untuk menggunakan gaya penulisan yang subjektif dan pribadi dalam entri jurnal dan merujuk diri kamu sebagai orang pertama. Pikirkan, “Selama seminggu terakhir, saya telah belajar bagaimana …” Entri jurnal sering kali diperlukan, tetapi tidak dinilai – jadilah asli!

Ujian

Meskipun bisa menegangkan, ujian adalah cara utama untuk menguji pembelajaranmu.

Institusi dapat memilih untuk mengizinkan siswa menyelesaikan ujian mereka di komputer pribadi mereka, di lokasi yang mereka pilih. Karena tutor tidak memiliki cara untuk mengawasi ujian atau tes virtual, mereka biasanya open-book dan open-note. Sebagai alternatif yang layak, banyak institusi akan menawarkan pilihan untuk menyelesaikan ujian ‘dibawa pulang’ dalam bentuk esai atau tugas akhir. Beberapa institusi mungkin menggunakan perangkat lunak ujian seperti pengawas virtual, atau alat untuk memantau jika kamu mengunjungi halaman web baru.

Jojo Payroll agar manfaat tunjangan harian cepat dibayarkan

Agar kamu tidak khawatir pembayaran gajimu telat atau tidak akurat, kamu perlu menggunakan software yang mampu mengakumulasi gajimu secara akurat. JojoPayroll adalah jawabannya. Dengan JojoPayroll, kamu dapat dengan mudah mencetak slip gaji, melakukan penghitungan gaji secara otomatis, bahkan menerima detail gaji secara rinci.

JojoPayroll memungkinkan perusahaan melakukan transparansi gaji dan mencegah kesalahan hitung. Selain itu, JojoPayroll juga mencegah perusahaan telat dalam menggaji karyawannya. Dengan berbagai kemudahan yang didapat melalui JojoPayroll, pekerjaanmu akan semakin ringan dan mood-mu akan menjadi lebih baik.