Belanja modal: Pengertian, Jenis, Contoh serta Rumusnya

belanja modal

Belanja modal atau disebut juga Capital Sending, mengacu pada uang yang dihabiskan untuk membeli aset tetap seperti properti, pabrik, dan peralatan. Aset-aset tersebut memiliki umur yang panjang dan berkontribusi untuk meningkatkan kapasitas produktifitas bisnis. Belanja modal adalah investasi dalam aset yang memungkinkan bisnis meningkatkan produksi. 

Selain itu belanja modal merupakan suatu pengeluaran yang dapat dikatakan sebagai pengeluaran rutin dalam rangka pembentukkan modal yang ada. Dalam hal ini pembelanjaan modal yang dimaksud dapat berupa tanah, peralatan dan mesin, gedung dan bangunan, jaringan , maupun dalam bentuk fisik lainnya, seperti buku,binatang dan lain sebagainya.

Pengertian Belanja Modal adalah :

Bisa dikatakan belanja modal apabila pengeluaran yang dilakukan dalam rangka pembentukan modal yang sifatnya menambah aset tetap / inventaris yang memberikan manfaat lebih dari satu periode akuntansi, termasuk di dalamnya adalah pengeluaran untuk biaya pemeliharaan yang sifatnya mempertahankan atau menambah masa manfaat, serta meningkatkan kapasitas dan kualitas aset.

Pengeluaran tersebut melebihi batasan minimum kapitalisasi aset tetap atau aset lainnya yang telah ditetapkan. Perolehan aset tetap tersebut diniatkan bukan untuk dijual. Namun sering sekali pada kenyataanya sering tidak sesuai, karena karena kondisi tertentu, terpaksa dijual.

Benarkah belanja modal mempengaruhi perekonomian?

Belanja modal meningkatkan pasokan modal fisik dalam perekonomian. Ini memungkinkan perekonomian tersebut menjadi lebih produktif, efisien, dan kompetitif.

Kita harus ingat bahwa potensi PDB suatu negara akan meningkat hanya jika belanja modal lebih besar dari pada depresiasi. Pengeluaran modal aktual dikurangi penyusutan mengacu pada investasi bersih. Dengan kata lain, potensi PDB akan meningkat hanya jika investasi bersih adalah positif.

Kategori Belanja Modal

Belanja dikategorikan sebagai belanja modal apabila :

Seperti sudah dibahas diatas, istilah belanja modal adalah pengeluaran anggaran untuk perolehan aset tetap dan aset lainnya yang memberi manfaat lebih dari satu periode akuntansi. Untuk mengetahui apakah suatu belanja dapat dimasukkan sebagai Belanja Modal atau tidak, maka perlu diketahui definisi aset tetap atau aset lainnya dan kriteria kapitalisasi aset tetap.

belanja modal adalah

Jenis Belanja Modal

Dalam SAP, belanja modal terdiri dari beberapa jenis belanja modal 5 (lima) yang di kategori utama, diantaranya adalah :

Belanja modal tanah adalah pengeluaran/biaya yang digunakan untuk pengadaan / pembelian / pembebasan, penyelesaian, balik nama dan sewa tanah, pengosongan, pengurugan, perataan, pematangan tanah, pembuatan sertifikat, dan pengeluaran lainnya sehubungan dengan perolehan hak atas tanah dan sampai tanah dimaksud dalam kondisi siap pakai.

1. Belanja Modal Peralatan dan Mesin

Belanja modal peralatan dan mesin adalah pengeluaran / biaya yang digunakan untuk pengadaan / penambahan/penggantian, dan peningkatan kapasitas peralatan dan mesin, serta inventaris kantor yang memberikan manfaat lebih dari 12 (dua belas) bulan, dan sampai peralatan dan mesin dimaksud dalam kondisi siap pakai.

2. Belanja Modal Gedung dan Bangunan

Belanja modal gedung dan bangunan adalah pengeluaran / biaya yang digunakan untuk pengadaan / penambahan / penggantian, dan termasuk pengeluaran untuk perencanaan, pengawasan dan pengelolaan pembangunan gedung dan bangunan yang menambah kapasitas sampai gedung dan bangunan dimaksud dalam kondisi siap pakai.

3. Belanja Modal Jalan, Irigasi dan Jaringan

Belanja modal jalan, irigasi dan jaringan adalah pengeluaran / biaya yang digunakan untuk pengadaan / penambahan / penggantian / peningkatan pembangunan / pembuatan serta perawatan, dan termasuk pengeluaran untuk perencanaan, pengawasan dan pengelolaan jalan irigasi dan jaringan yang menambah kapasitas sampai jalan irigasi dan jaringan dimaksud dalam kondisi siap pakai.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

4. Belanja Modal Fisik Lainnya

Belanja modal fisik lainnya adalah pengeluaran / biaya yang digunakan untuk pengadaan / penambahan / penggantian / peningkatan pembangunan / pembuatan serta perawatan terhadap fisik lainnya yang tidak dapat dikategorikan ke dalam kriteria belanja modal tanah, peralatan dan mesin, gedung dan bangunan, dan jalan irigasi dan jaringan.

Termasuk dalam belanja ini adalah belanja modal kontrak sewa beli, pembelian barang-barang kesenian, barang purbakala dan barang untuk museum, hewan ternak dan tanaman, buku buku,  dan jurnal ilmiah.

belanja modal adalah

Aset tetap mempunyai karakteristik sebagai berikut :

  1. Berwujud, akan menambah aset pemerintah, mempunyai masa manfaat lebih dari 1 tahun, nilainya relatif material.
  2. Tidak berwujud, akan menambah aset pemerintah, mempunyai masa manfaat lebih dari 1 tahun, nilainya relatif material.

Contoh belanja modal untuk aset tetap sebagai berikut:

  1. Bangunan
  2. Pabrik
  3. Peralatan produksi
  4. Mesin
  5. Kendaraan bermotor
  6. Mebel
  7. Peralatan Kantor
  8. Komputer
  9. Menghitung pengeluaran modal

Ketika membuat laporan keuangan, anggaran yang dihabiskan muncul pada laporan arus kas tetapi tidak muncul dalam laporan laba rugi. Karenanya, uang tunai berkurang. Sebagai kebalikan dari akun terkait, aktiva tetap bersih meningkat. Biaya penyusutan akan muncul kemudian saat kita mendepresiasi aset selama masa manfaatnya.

Rumus menghitung belanja modal sebagai berikut :

  1. Belanja modal = Kenaikan bersih dalam aset tetap + Beban penyusutan
  2. Kenaikan bersih aset tetap = Aset tetap pada akhir tahun – Aset tetap pada awal tahun

Kita harus mencatat bahwa belanja modal adalah komponen dalam perhitungan PDB. Dengan demikian, penurunan belanja modal berkontribusi terhadap perlambatan ekonomi.

Selain itu pada tahap awal pemulihan ekonomi, pesanan untuk aset tetap mulai meningkat. Meskipun tingkat pemanfaatan kapasitas rendah, bisnis melihat peluang untuk meningkatkan pendapatan. Jadi, mereka mempertimbangkan peningkatan pengeluaran, khususnya untuk perbaikan dan penggantian.

Kemudian, setelah ekonomi berekspansi, kapasitas yang ada tidak dapat memenuhi permintaan konsumen. Jadi, bisnis akan menambah aset tetap. Selama periode ini, pesanan bisnis berfokus pada modal baru seperti peralatan berat dan kompleks, gudang, dan pabrik.

belanja modal adalah

Belanja modal adalah suatu pengeluaran yang dilakukan untuk menambah aset tetap atau investasi yang ada sehingga akan memberikan manfaatnya tersendiri pada periode tertentu. Dalam hal tersebut masuk ke dalam pembukuan akuntansi dengan kata lain belanja modal akan mempengaruhi posisi keuangan.

Adapun ciri-ciri dari belanja modal meliputi:

  1. Berwujud
  2. Sifatnya menambah
  3. Memiliki manfaat yang lebih dari satu periode
  4. Nilainya relatif material

Selain itu dalam melakukan belanja modal ada juga aset-aset dari hasil belanja modal yang tidak berwujud, akan tetapi masih memiliki ciri yang sama dengan hasil dari belanja modal lainnya.

Belanja modal memiliki kriteria tertentu, kriteria tersebut meliputi :

  1. Belanja modal bersifat tetap, menambah aset, menambah masa umur, dan masih dalam kapasitas yang relatif tinggi
  2. Pengeluaran tersebut melebihi batas minimum kapitalisasi atas aset tetap suatu pemerintahan
  3. Niat dari pembelanjaan tersebut tidak untuk dibagikan.

Anggaran belanja lebih terdata dengan metode digital

Masalah belanja modal akan terpantau dengan baik jika memiliki sistem pendataan yang rapi dan akurat. Namun semuanya jika dilakukan dengan cara manual akan merepotkan, karena penyimpanan data dalam jangka panjang serta ada nominal jumlah uang yang ikut didata.

Untuk itu Anda memerlukan software terbaik dan terintegrasi dengan platform pengeluaran keuangan perusahaan. Software tersebut adalah aplikasi JojoExpense. Aplikasi JojoExpense dikeluarkan oleh Jojonomic, sebuah Platform bisnis all-in-one untuk permudah kelola perusahaan.
Suite aplikasi yang unik dan canggih untuk menjalankan seluruh bisnis & membantu tiap tim memberikan hasil kerja terbaik

Aplikasi JojoExpense solusi pengeluaran keuangan perusahaan

Solusi Manajemen Pengeluaran Perusahaan yang Fleksibel, JojoExpense memudahkan staf keuangan untuk memantau disbursement perusahaan secara real-time dan akurat. Hemat waktu hingga 77% dengan proses pelaporan pengeluaran otomatis.

belanja modal adalah

Fitur populer dalam aplikasi JojoExpense

  1. Monitor disbursement uang panjar kerja di manapun kapan pun
  2. Proses pelaporan dan pengarsipan reimbursement otomatis dan dapat disesuaikan
  3. Peraturan budget yang disesuaikan untuk reimbursement dan Cash Advance

Silahkan klik link berikut untuk mencoba secara gratis Coba Gratis Sekarang