Berita Acara Serah Terima Pekerjaan Dalam Sebuah Lembaga

berita acara serah terima pekerjaan

Berita acara serah terima pekerjaan tentu sudah biasa dilakukan di sebuah institusi atau lembaga perusahaan. Acara serah terima pekerjaan dari pegawai atau karyawan yang lama ke pegawai atau karyawan yang baru memang sudah bukan hal asing lagi di seluruh tempat kerja. Memang setiap karyawan tidak akan bekerja sampai selamanya di suatu perusahaan. Pada suatu waktu tentu karyawan yang lama akan digantikan oleh karyawan baru. Namun proses pergantian jabatan tentu tidak dilakukan dengan seenaknya sendiri.

Pergantian jabatan atau posisi haruslah dilakukan dengan adanya dokumentasi yang kemudian bisa diarsipkan. Salah satu dokumentasi yang bisa dibuat dalam rangka pelaksanaan pergantian jabatan atau posisi tersebut adalah berupa berita acara. Dalam hal ini bisa dibuat berita acara yang berisi mengenai serah terima pekerjaan dari karyawan lama ke karyawan baru.

Dengan adanya berita acara tersebut maka bisa dibuktikan bahwa penyerahan pekerjaan sudah terlaksana dengan baik. Terlaksananya peristiwa serah terima itu juga tentu saja tidak dapat dibantah. Sebab acara serah terima juga disertai dengana dnaya berita acara yang akan dijadikan sebagai arsip atau dokumen bagi perusahaan terkait.

Fungsi Berita Acara Serah Terima Pekerjaan

Membuktikan acara serah terima hasil pekerjaan

Sebuah berita acara pada dasarnya bisa difungsikan sebagai suatu bukti dari sebuah peristiwa yang terjadi. Jika memang berita acara ini dibuat untuk acara serah terima pekerjaan maka berita acara tersebut bisa menjadi bukti dari berlangsungnya suatu acara serah terima pekerjaan. Berita acara ini nantinya bisa dijadikan sebagai bahan dokumentasi bagi sebuah lembaga. Kemudian berita acara ini nantinya bisa dijadikan arsip atau dokumentasi pada perusahaan terkait. Maka bila suatu hari nanti peristiwa serah terima pekerjaan itu diragukan maka perusahaan bisa menunjukkan berita acara sebagai salah satu bahan bukti.

Menunjukkan adanya penanggung jawab yang baru

Serah terima pekerjaan umumnya terjadi dari karyawan yang lama ke karyawan yang baru. Acara serah terima ini biasanya disaksikan oleh beberapa orang. Maka peristiwa ini tidak dapat diragukan lagi dan tidak dapat disangkal. Tidak hanya peristiwa serah terima saja yang tak bisa diragukan tetapi juga adnaya penanggung jawab baru juga tak perlu diragukan lagi. Dengan adanya acara serah terima maka berarti perusahaan telah mempersiapkan karyawna baru untuk melanjutkan segala tugas dan tanggung jawab dari karyawan lama yang diserahkan padanya.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Mengadakan pembuktian yang sah

Sebuah berita acara yang di dalamnya terdapat pernyataan mengenai adanya acara serah terima pekerjaan tentu perlu disahkan. Hal pengesahan berita acara bisa dilakukan melalui adanya tanda tangan dari kedua belah pihak yang bersangkutan. Jadi dalam hal ini berita acara bisa dibubuhi tanda tangan olehpihak pemegang jabatan dan juga oleh pihak yang diserahi jabatan. Tidak lupa pula tanda tangan daru pimpinan perusahaan sebagai pihak yang mengetahui adanya peristiwa serah terima pekerjaan tersebut. Berita acara juga akan menjadi sah bila terdapat stempel perusahaan sehingga keaslian dokumen ini tidak bisa diragukan lagi.

Menandakan pentingnya acara tersebut

Pemindahan tugas dan peralihan jabatan serta adnaya serah terima pekerjaan di dalamnya merupakan suatu hal yang penting bagi sebuah perusahaan. Peristiwa serah terima pekerjaan merupakan peristiwa yang perlu didokumentasikan agar tidak sampai menimbulkan kerugian bagi berbagai pihak di kemudian harinya. Oleh karena itu perlu dibuat berita acara untuk acara serah terima pekerjaan ini.

Point Berita Acara Serah Terima Pekerjaan

Seluruh pihak yang berkepentingan

Bagian penting yang harus tertera pada berita acara adalah seluruh pihak yang berkepentingan. Mulai dari pihak pemegang jabatan dan pihak penerima jabatan serta pihak pemilik perusahaan atau pemimpin perusahaan. Data diri dari berbagai pihak tersebut juga perlu dicantumkan.

Waktu kejadian atau peristiwa

Pada berita acara juga harus dicantumkan pula waktu kejadian atau peristiwa berlangsungnya acara serah terima pekerjaan. Hal ini meliputi nama hari saat berlangsungnya acara. Turut dicantumkan pula tanggal dan bulan serta tahun terjadinya peristiwa. Selain itu waktu atau jam berlangsungnya acara juga perlu dicantumkan pada berita acara yang dibuat.

Tempat kejadian atau peristiwa

Selain wkatu kejadian rupanya turut dituliskan pula tempat dimana peristiwa serah terima pekerjaan berlangsung. Penulisan tempat kejadian dalam hal ini perlu dilakukan secara lengkap. Jika memang peristiwa ini terjadi di perusahaan tempat Anda bekerja maka di berita acara bisa dituliskan nama perusahaan sebagai tempat terlaksananya acara. Jangan lupa juga untuk mencantumkan alamat perusahaan secara lengkap dan detail bahkan sampai dengan kode pos perusahaan.

Jenis berita acara

Sebuah berita acara pada dasarnya terdiri dari beberapa jenis. Oleh karena itu Anda perlu menuliskan pula nama atau jenis peristiwa yang dicatat pada berita acara tersebut. Misalnya saja jenis kegiatan acara serah terima pekerjaan. Anda juga harus mencantumkan pula apa saja benda yang diserahterimakan dari pegawai lamakepada pegawai yang baru.

Tanda tangan dari berbagai pihak

Jika memang berita acara telah selesai disusun maka hal terakhir yang harus dilakukan adalah menandatangani berita acara. Penandatanganan berita acara ini dilakukan oleh kedua belah pihak yang saling berkepentingan. Namun pimpinan perusahaan juga perlu membubuhkan tanda tangan untuk mengesahkan berita acara.

Pentingnya Berita Acara Serah Terima Pekerjaan

Berita acara serah terima pekerjaan yang menjadi sebuah dokumentasi bagi perusahaan tentu tidak bisa dianggap sepele. Sebab pada dokumen ini tertuang sebauh catatan resmi mengenai peristiwa yang terjadi. Tentunya peristiwa yang tertuang pada berita acara sangatlah penting karena berkaitan dengan kepentingan perusahaan atau instansi tertentu.

Maka dari itu berita acara perlu dibuat untuk menandakan adanya peristiwa penting yang berpengaruh secara langsung bagi sebuah perusahaan. Misalnya saja peristiwa serah terima pekerjaan kepada pegawai baru. Berita acara ini setelah ditandantangani akan menjadi sah dan dapat dipertanggungjawabkan secara hukum. Selain itu apa yang tertuang pada berita acara tersebut bersifat mengikat dan tidak dapat dibantah. Maka tidak akan ada satu orang pun yang dapat mengelak dari peristiwa yang telah tercatat pada berita acara.

Sama halnya saat mencoba mencari mana sistem payroll yang paling tepat untuk perusahaan. Sebaiknya pastikan untuk memilih JojoPayroll. Produk ini terbukti membantu pembayaran payroll perusahaan secara efektif dan efisien. Bahkan dapat membantu pembayaran payroll maupun perhitungan payroll secara otomatis.

Semua berkat beberapa fitur andalan yang memang diberikan oleh JojoPayroll. Termasuk di antaranya yaitu fitur-fitur di bawah ini.

  • Sistem payroll yang terkalkulasi dengan otomatis dengan slip gaji yang dikeluarkan secara otomatis.
  • Sistem Penggajian Terhitung Otomatis dengan slip gaji yang dihasilkan secara otomatis.
  • Integrasi yang mudah ke sistem HRIS saat ini, Basis Data Komprehensif untuk Analisis.

Karena itu jangan ragu, segera beralih pada JojoPayroll. Rasakan sendiri manfaat yang diberikan oleh produk tersebut dan dapatkan coba gratis selama 14 hari sekarang juga di perusahaan Anda!