Biaya Marketing Serta Karakteristik Yang Mempengaruhinya

biaya marketing

Biaya marketing tentu saja berhubungan secara langsung dengan keuangan perusahaan. Oleh akrena itu setiap divisi atau department keuangan dalam suatu perusahaan pasti memberikan anggaran tersendiri untuk hal ini. Pada dasarnya biaya marketing ini penting sehingga perlu perencanaan yang matang dalam hal melakukan anggaran biaya ini. Sebab marketing sendiri merupakan suatu aktivitas perusahaan yang dapat berpengaruh langsung pada pertumbuhan dan perkembangan ekonomi perusahaan. marketing ini juga menjadi kunci bagi keberhasilan suatu bisnis atau usaha yang sedang dijalankan. Oleh karena itu anggaran biaya marketing turut menjadi bagian yang cukup besar dalam suatu perusahaan.

Karakteristik Biaya Marketing

Beraneka ragam

Jika ditelusuri secara lebih lanjut akan tampak bahwa kegiatan atau aktivitas marketing ada beraneka ragam jenis dan bentuknya. Banyaknya jenis aktivitas pemasaran ini tentunya turut berpengaruh pada banyaknya biaya yang diperlukan untuk mendukung segala bentuk kegiatan pemasaran tersebut.

Mengalami perubahan

Aktivitas pemasaran atau marketing umumnya dilakukan dengan mengikuti keinginan pasar. Seringkali terjadi perubahan kondisi pasar yang pada akhirnya menuntut perusahaan untuk merubah sistem pemasaran. Perubahan ini perlu dilakukan agar perusahaan dapat menggaet lebih banyak konsumen. Oleh karena itu biaya untuk aktivitas marketing ini bisa saja mengalami perubahan di setiap periode. Sebab hal ini berhubungan pula dengan tuntutan perubahan kondisi pada pasar.

Berhubungan dengan konsumen

Di dalam aktivitas pemasaran terdapat berbagai hal yang berkaitan dengan konsumen. Namun karena banyaknya perubahan yang mungkin terjadi pada konsumen maka aktivitas pemasaran tidak selalu bisa dikendalikan oleh perusahaan. Demikian pula dengan biaya yang menyertai aktivitas pemasaran atau aktivitas marketing tersebut.

Terdapat biaya tidak langsung dan biaya bersama

Umumnya di dalam biaya marketing atau biaya pemasaran terdapat biaya tidak langsung dan juga biaya bersama. Biaya ini mungkin tidak dapat dihitung dengan mudah mengingat bahwa aktivitas pemasaran bisa saja berubah-ubah. Oleh karena itu diperlukan perencanaan yang matang dalam melakukan anggaran biaya agar aktivitas pemasaran nantinya bisa lebih efektif dan efisien.

Fungsi Biaya Marketing

Meningkatkan pendapatan

Adanya biaya untuk aktivitas marketing pada dasarnya dapat membantu sebuah perusahaan untuk meningkatkan pendapatan bagi perusahaan itu sendiri. Biasanya anggaran yang dilakukan untuk aktivitas pemasaran disertai pula dengan perkiraan laba yang akan diperoleh perusahaan sebagai hasil penjualan produk. Hal ini juga turut berfungsi untuk melakukan perkiraan pendapatan pada periode mendatang.

Memberi nilai tambah

Biaya marketing juga memiliki fungsi lainnya yaitu untuk memberikan nilai tambah bagi perusahaan. Sebab biaya untuk aktivitas marketing atau pemasaran ini pada dasarnya dapat turut membantu meningkatkan kemampuan perusahaan. Terutama kemampuan untuk terus memperoleh pendapatan sebanyak-banyaknya.

Penggolongan Biaya Marketing

Order getting costs

Order getting costs yang dimaksud disinia dalah biaya untuk mendapatkan pesanan. Maksudnya adalah biaya yang turut dihitung sebagai biaya marketing adalah seluruh biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan dalam melakukan upaya atau usaha untuk bisa memperoleh order atau pesanan. Umumnya yang termasuk ke dalam jenis biaya ini adalah biaya wiraniaga atau kegiatan penjualan dan pemasaran yang dilakukan oleh masing-masing orang atau tenaga sales. Selain itu biaya ini juga meliputi komisi penjualan yang akan diperoleh sales atas keberhasilannya dalam melakukan kegiatan pemasaran produk. Kegiatan promosi dan iklan atau advertising produk juga termasuk ke dalam jenis biaya ini.

Order filling costs

Order filling costs bisa disebut juga dengan istilah biaya untuk memenuhi pesanan. Biaya ini meliputi seluruh biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan ddalam melakukan upaya atau usaha untuk menyalurkan produk hingga sampai ke tangan pembeli. Selain itu biaya ini juga meliputi seluruh biaya yang merupakan piutang dari para pembeli produk. Dalam hal ini yang termasuk ke dalam biaya jenis ini adalah biaya pergudangan dan biaya pembungkusan serta pengiriman. Selain itu biaya jenis ini juga mencakup biaya angkutan dan juga biaya penagihan.

Analisis Biaya Marketing

Menurut obyek pengeluaran

Biaya marketing dihitung dan dianggarkan dengan mencakup beberapa hal. Misalnya saja seperti gaji biaya iklan. Selain itu termasuk di dalamnya yaitu biaya perjalanan yang mencakup biaya operasi serta biaya pemeliharaan truk. Masih termasuk pula ke dalam biaya ini yaitu biaya depresiasi peralatan perusahaan. Kesemua hal ini jika ditelusuri lebih lanjut rupanya berhubungan dengan biaya yang dikeluarkan berdasarkan jenis biaya. Oleh karena itu perhitungan jenis biaya perlu dilakukan secara teliti agar tidak sampai terjadi kesalahan.

Menurut fungsi pemasaran

Pada dasarnya fungsi pemasaran merupakan suatu aktivitas atau kegiatan pemasaran yang tentunya memerlukan penganggaran biaya. Umumnya biaya ini dianggarkan untuk seluruh kegiatan yang bertujuan menjalankan aktivitas pemasaran. Dengan adanya analisis untuk biaya jenis ini maka diharapkan agar perusahaan dapat melakukan pengendalian biaya.

Menurut usaha pemasaran

Jika ditelusuri berdasarkan usaha pemasaran maka biaya marketing atau biaya pemasaran dilakukan dengan memperhitungkan beberapa hal. Seperti misalnya jenis produk yang dipasarkan dan juga daerah pemasaran. Tidak hanya itu saja tetapi biaya ini juga antara lain meliputi biaya menurut besar pesanan dan juga menurut saluran distribusi.

Pentingnya Biaya Marketing

Biaya marketing sebenarnya tidak perlu dianggarkan dengan proses yang sangat rumit. Sebab pada dasarnya biaya ini hanya meliputi berbagai macam biaya yang akan dikeluarkan untuk kegiatan penjualan produk ke pasar. Lebih tepatnya biaya ini cenderung mencakup semua biaya yang terjadi sejak awal saat produk selesai diproduksi hingga produk mengalami penyimpanan di dalam gudang. Tidak berhenti sampai hal itu saja tetapi biaya ini juga mencakup biaya pengeluaran produk dari gudang menuju ke pasar.

Pada akhirnya biaya ini berlaku untuk proses yang berjalan sampai akhirnya produk tersebut diubah kembali ke dalam bentuk uang yang diterima oleh perusahaan. Oleh karena itu penganggaran biaya untuk aktivitas marketing ini tidak bisa diremehkan. Sebab pada dasarnya biaya ini sangat penting untuk direncanakan secara lebih detai dan terperinci serta jelas. Dengan demikian maka laporan keuangan perusahaan akan terus berjalan secara sehat karena adanya perhitungan biaya marketing yang tepat.

Hal ini sama pentingnya dalam memilih sistem payroll terbaik dalam perusahaan. Misalnya saja dengan jalan memilih untuk menggunakan JojoPayroll. Dengan sistem yang satu ini tentu saja pembayaran gaji karyawan berjalan lebih mudah, lebih efektif dan lebih efisien. Demikian pula sistem transfer gaji maupun pencetakan slip gaji setiap bulannya. Berkat adanya fitur-fitur menarik, tentu hal ini menjadi lebih mudah untuk dilakukan. Seperti misalnya melalui penggunaan fitur sistem payroll yang terkalkulasi dengan otomatis dengan slip gaji yang dikeluarkan secara otomatis, sistem penggajian terhitung otomatis dengan slip gaji yang dihasilkan secara otomatis, dan lain sebagainya. Oleh sebab itu jangan ragu, beralih segera ke JojoPayroll dan dapatkan coba gratis sekarang juga.