Bill Gates Orang terkaya yang sederhana dan unik

bill gates

Dalam benak kita tentunya berpikir jika menjadi orang kaya dan terkenal itu serba enak dan banyak fasilitas yang didapatkan. Seperti misalnya saja William Henry Gates III atau yang lebih dikenal dengan Bill Gates adalah seorang penemu piranti lunak Microsoft, tokoh bisnis sukses, investor, filantropis, serta penulis asal Amerika Serikat. 

Semua yang didapatkan Gates tidak datang dengan mudah, semua hasil kerja kerasnya. Kisah perjalanan Bill Gates menuju kesuksesan membuat kita bersemangat untuk meraih kesuksesan. Bahkan dalam biografi Bill Gates kita dapat meneladani sikap berbaginya terhadap sesama. Bagaimana perjalanannya, Yuk, kita simak saja artikel ini selengkapnya !

Bill Gates dimasa sekolah terkenal nakal

Bernama lengkap William Henry Gates III atau lebih dikenal dengan nama Bill Gates dilahirkan pada 28 Oktober 1955, di Seattle, Washington. Gates adalah adalah anak kedua dari tiga bersaudara. Ayahnya William Henry Gates adalah seorang pengacara perusahaan yang punya banyak relasi di kota. Ibunya menjabat sebagai anggota dewan direktur First Interstate BancSystem. Kedua orang tua Gates merupakan keturunan bangsa Inggris, Jerman, dan Irlandia.

Semasa kecil, orang tua Gates lebih mengharapkan kalau dia akan berkarir di bidang hukum.  Gates muda memulai studinya dengan bersekolah di Lakeside School, sebuah sekolah persiapan eksklusif di Seattle. Disekolah inilah, Gates mulai mengembangkan keterampilan dalam dunia pemrograman. Dia bersama ketiga temannya yang lain sempat dilarang mengikuti program musim panas setelah mereka ketahuan mengeksploitasi bug di sistem operasi untuk memperoleh waktu komputer bebas. 

Di tahun berikutnya, Information Sciences, Inc. mempekerjakan empat siswa Lakeside tersebut untuk menulis program pembayaran gaji dalam bahasa COBOL.  Gates pernah melakukan keisengan semasa sekolahnya ketika dia diminta menulis sebuah program komputer sekolah untuk membuat jadwal kelas siswa. Dia memodifikasi kode sehingga dia ditempatkan di kelas-kelas yang didominasi perempuan. 

bill gates

Awal Karir Bill Gates

Pada usia 17 tahun, bekerjasama dengan Allen, Gates mendirikan suatu usaha yang mereka beri nama Traf-O-Data. Gates lulus dari Lakeside School pada tahun 1973 dan kemudian kuliah di Harvard College pada musim gugur 1973. Di Harvard, dia bertemu dengan Steve Ballmer, yang kelak akan menggantikannya sebagai CEO Microsoft.

Di tahun kedua kuliahnya, Gates berhasil merancang sebuah algoritma untuk penyortiran panekuk sebagai solusi atas satu dari serangkaian masalah yang belum terpecahkan. Selama kuliah di Harvard, Gates sama sekali tidak tertarik untuk belajar seperti mahasiswa lainnya. Dia lebih banyak menghabiskan waktunya dengan menggunakan komputer. Pada musim panas 1974, Gates menghubungi Paul Allen, dan bergabung dengannya di Honeywell. 

Pada tahun berikutnya, saat MITS Altair 8800 berbasis CPU Intel 8080 diluncurkan, Gates dan Allen melihat peluncuran tersebut sebagai kesempatan untuk mendirikan perusahaan perangkat lunak komputer sendiri. Untuk mewujudkan impiannya ini, Gates kemudian keluar dari Harvard dan bekerja bersama Allen di MITS di Albuquerque pada November 1975.

Mereka menamai usaha yang baru mereka bangun dengan nama “Microsoft” dan mendirikan kantor pertamanya di Albuquerque. Satu tahun berikutnya, nama usaha mereka ganti menjadi Microsoft dan pada 26 November 1976 nama dagang “Microsoft” didaftarkan di Kementerian Luar Negeri New Mexico.

Microsoft menjadikan Bill Gates Orang Sukses dan Paling Kaya

Bersama Microsoft, Gates memantapkan namanya di dunia bisnis sebagai pria paling sukses dan paling kaya. Gates menduduki peringkat pertama dalam daftar orang terkaya di dunia sejak tahun 1995 hingga 2009, tidak termasuk 2008 ketika ia turun ke peringkat tiga.

Di Microsoft, Gates pernah menjabat sebagai CEO dan kepala arsitek perangkat lunak, dan dia menjadi pemegang saham perorangan terbesar dengan lebih dari 8% saham umum perusahaan. 

Meski dikagumi banyak orang, banyak juga yang membenci Gates. Pada masa akhir karirnya, Gates melakukan beberapa usaha filantropi dengan menyumbangkan sejumlah besar dana ke berbagai organisasi amal dan program penelitian ilmiah melalui Bill & Melinda Gates Foundation yang didirikannya pada tahun 2000.

Pada bulan Januari 2000, Gates resmi mengundurkan diri sebagai pejabat eksekutif tertinggi Microsoft tapi dia masih menjabat sebagai ketua dan membentuk jabatan kepala arsitek perangkat lunak. 

bill gates

Filosofi Hidup Bill Gates

Menjalani hidup yang bahagia tentu menjadi harapan banyak orang. Banyak yang ingin mendapatkan resep rahasia agar hidup selalu bahagia.

Tidak sedikit yang beranggapan jika banyak harta berarti hidupnya bahagia. Nyatanya, kebahagiaan sejati bukan berasal dari banyaknya uang yang kita punya. Hal ini diterapkan oleh seorang pendiri Microsoft ini.

Bagi Gates, bahagia itu sederhana dan tidak datang dari materi. Menurutnya, kebahagiaan justru datang dari hal sederhana. Jika Anda sedang berusaha membuat hidup lebih bahagia, Anda bisa mencoba tips dari Bill Gates berikut ini :

Memiliki komitmen

Lakukan apa yang sudah Anda katakan. Cara ini bisa membuat Anda lebih bahagia. Menurut Bill Gates cara ini bisa membangun kepercayaan baik pada diri maupun orang lain. 

Setiap kali Anda berkomitmen, berusahalah untuk melakukannya dengan tuntas. Jadi sebaiknya Anda berhati-hati dengan apa yang Anda janjikan. Jangan sampai Anda tidak mampu melakukannya sehingga orang lain hilang kepercayaan. Hal ini bisa mempengaruhi kepercayaan diri dan kebahagiaan Anda.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Selalu Rajin Berolahraga

Resep hidup bahagia menurut Bill Gates bersumber dari badan yang sehat. Gates percaya jika berolahraga secara rutin bisa membuat mood lebih baik. Dengan berolahraga, Anda juga mengurangi kadar stres pada otak dan tubuh. 

Berolahraga bisa meningkatkan kadar serotonin dan endorfin pada tubuh. Serotonin akan membantu tubuh lebih rileks dan membuat tidur lebih baik. Endorfin membantu mood lebih baik sehingga Anda bisa lebih bahagia tiap harinya. 

Menomor Satukan Keluarga

Keluarga merupakan kunci utama dari resep hidup bahagia. Sejauh apapun Anda pergi, keluarga adalah tempat berlabuh paling utama. Bagi Bill Gates, melihat anak-anaknya tumbuh dengan baik merupakan kebahagiaan yang tak tergantikan. 

Luangkan waktu Anda untuk bercengkrama dengan keluarga atau orang yang dikasihi. Gunakan waktu Anda untuk merajut kenangan bersama mereka, karena waktu tidak bisa diputar kembali.

Bill Gates Selalu menyempatkan Bersedekah

Bagi seorang Bill Gates, bersedekah menjadi resep bisa hidup bahagia. Apalagi jika melihat orang lain terbantu, menurutnya bisa meningkatkan kadar kebahagiaan.

Hal ini yang sering dilakukan Bill Gates. Bahkan untuk menunjang “hobi” bersedekahnya, Bill Gates membuat badan amal sendiri, yaitu The Bill & Melinda Gates Foundation.

Bill Gates berkata “Anda tidak perlu repot membuat badan amal. Cukup memberi sesuai yang Anda mampu kepada orang yang membutuhkan. Anda bisa menyumbang di badan amal atau panti asuhan. Melakukan kerja sosial di panti-panti dan membagikan makanan gratis juga termasuk bersedekah”.

bill gates

Perkembangan Teknologi Komputer untuk Aplikasi Keuangan

Itu tadi sekilas tentang sejarah hidup Bill Gates, sebagai bapak komputer generasi ke 5. Teknologinya mampu mengaplikasikan berbagai kebutuhan manusia seperti melalui software komunikasi, Big Data dll.

Perkembangan yang pesat dalam dunia teknologi komputer memberi inovasi baru. Banyak developer yang saat ini sudah mulai menggunakannya. Dikembangkannya intel dan microsoft menjadikan Gates seorang pionir dari standar hardware dan software di seluruh dunia. Ditandai dengan munculnya smartphone, tablet, netbook dan masih banyak lagi yang lainnya.

Ditambah lagi munculnya teknologi bernama AI (Artificial Inteligence), yaitu merupakan kecerdasan buatan, dimana teknologinya mampu melakukan input data dengan lebih baik. Bahkan dengan teknologi ini, Anda dapat menginput bahasa yang digunakan sehari-hari, menyesuaikan keadaan dan mempelajari lingkungan sekitar.

Lalu bagaimana dengan Software Laporan Keuangan ? Tentunya sangat berpengaruh sekali pada kinerja kerja. Dimana biasanya Anda melakukan pecatatan keuangan dan invoice secara manual, sekarang semua dilakukan serba cepat memakai software akuntansi.

bill gates

Penggunaan software akuntansi seperti JojoPayroll untuk laporan keuangan terutama sistem penggajian karyawan, tentu dapat memudahkan Anda dalam melakukan pelaporan keuangan, begitu pula dengan penggunaan software laporan keuangan yang sudah terintegrasi secara sistematis dengan software akuntansi itu sendiri.

Aplikasi JojoPayroll

Solusi Penggajian Perusahaan Bebas Masalah dengan JojoPayroll, Kelola dengan Sentuhan Jari Anda, kapan saja dimana saja. Solusi aplikasi JojoPayroll berbasis Cloud mendukung bisnis Anda yang terintegrasi dengan sistem akuntansi serta transfer bank yang real-time.

Fitur Populer

  1. Sistem payroll yang terkalkulasi dengan otomatis dengan slip gaji yang dikeluarkan secara otomatis.
  2. Sistem Penggajian Terhitung Otomatis dengan slip gaji yang dihasilkan secara otomatis.
  3. Integrasi yang mudah ke sistem HRIS saat ini, Basis Data Komprehensif untuk Analisis

Silahkan Anda coba memakai akun gratis untuk menilai kinerja aplikasi kami, dengan klik Coba Gratis Sekarang.