Kelebihan Dan Kekurangan Bilyet Giro Dalam Perbankan

bilyet giro

Bilyet giro atau BG mungkin sudah banyak didengar terutama di dunia perbankan. Istilah ini tampaknya sudah banyak diketahui oleh masyarakat awam sekalipun tidak semua orang mengerti fungsinya. Bilyet giro sebenarnya merupakan suatu surat perintah pemindahbukuan. Jadi surat perintah ini berasal dari nasabah dan ditujukan kepada bank untuk melakukan pemindahan sejumlah uang dari rekening nasabah ke rekening penerima.

Fungsi Bilyet Giro

Alat pembayaran, pembayaran non tunai pada dasarnya dapat dilakukan dalam berbagai bentuk. Salah satunya adalah dalam bentuk BG yang terkdang menjadi pilihan bagi beberapa orang.

Alat pemindahan hak tagih, proses penagihan rupanya bisa dilakukan dengan melalui perantara bank. jadi BG merupakan instrumen yang digunakan oleh bank untuk melakukan pemindahbukuan atas amanat penerbit kepada pemegang.

Karakter Bilyet Giro

Pembayaran dalam bentuk non tunai

Pembayaran yang dilakukan melalui sistem ini tidak dalam bentuk tunai. Memang pada dasarnya model pembayaran ini merupakan pembayaran non-tunai dan hanya dilakukan melalui bank. Pada dasarnya sistem ini hanyalah dapat dilaksanakan dengan adanya metode pemindahbukuan. Tepatnya amanat untuk melakukan pemindahbukuan yang dilakukan oleh pihak penerbit kepada pihak pemegang dengan menggunakan perantara bank.

Pembayaran dapat dilakukan pada saat jatuh tempo

Salah satu hal yang perlu Anda kethaui pula dalam hal pembayaran melalui bilyet giro adalah pembayarannya bisa dilakukan pada saat jatuh tempo. Hal ini tentu saja tidak seperti instrumen pembayaran non tunai yang lainnya. Bahkan sebelum jatuh tempo maka Anda tidak bisa melakukan proses pembayaran.

Memiliki masa berlaku

Suatu BG atau bilyet giro sebenarnya memiliki masa berlaku wafat yaitu selama 70 hari. Masa berlakunya ini dihitung sejak tanggal pembukaan bilyet itu dilakukan. Namun bisa saja dalam bilyet tidak tercantum tanggal pembbukaannya. Maka hal ini dapat membuat pemegang bilyet menjadi kebingungan. Namun sebebenarnya ada cara lain yang dapat digunakan yaitu dengan menggunakan dasar perhitungan sebagai bahan acuan. Pada kenyataannya yang seringkali terjadi adalah penggunaan dasar perhitungan dengan menggunakan tanggal efektif. Hal ini biasanya berlaku jika tanggal pembukaan tidaklah tertulis.

Bisa dibatalkan secara sepihak oleh penarik

BG sebenarnya tetaplah sah sekalipun terjadi pembatalan secara sepihak oleh pihak penarik. Namun hal ini hanya berlaku dengan adanya satu syarat yaitu jumlah atau kondisi saldo haruslah mencukupi. Namun hal ini tidak bisa dilakukan saat jatuh tempo. Sebabsaat jatuh temp rupanya bilyet tidak dapat dibatalkan begitu saja. Telebih lagi jika kondisi saldo tidaklah cukup. maka pembatalan yang dilakukan haruslah dibubuhi dengan suatu alasan yang jelas. Dengan alasan tersebut maka terjadinya pembatalan tersebut dapat dimengerti atau dimaklumi oleh seluruh pihak yang terlibat.

Pihak Terlibat Dalam Bilyet Giro

Penerbit

Salah satu pihak yang turut terlibat dalam hal penerbitan bilyet giro adalah pihak penerbit. Pihak penerbit ini merupakan pihak yang telah menerbitkan bilyet giro. Dalam hal ini pihak penerbit haruslah memeliki rekening giro di suatu bank.

Bank tertarik

Selain pihak penerbit rupanya pihak lain yang juga turut terlibat dalam proses pelaksanaan bilyet giro adalah pihak bank tertarik. Bank tertarik merupakan bank yang memiliki dana. Dana ini kemudian akan digunakan untuk kepentingan penarik. Dana tersebut tentu saja ada di bawah pengawasan bank tertarik.

Pemegang

Pihak terakhir yang juga turut terlibat adalah pihak pemegang. Yang dimaksud dengan pemegang disini adalah pihak yang memegang bilyet giro. Artinya pihak tersebut akan memegang bilyet giro pada saat menawarkan di bank tertarik.

Kelebihan Bliyet Giro

Lebih aman

Pada dasarnya bilyet giro ini bisa digunakan dengan lebih aman. Jadi apa yang Anda gunakan untuk proses pemindahbukuan ini akan selalu aman. Sebab surat pemindahbukuan ini tidak akan dapat digunakan oleh orang lain. Maka tentunya surat pemindahbukuan ini tidak akan sampai hilang dan tidak akan dicuri serta tidak akan lepas dari kekuasaan pemiliknya.

Sampai pada tujuan

Dengan adanya surat pemindahbukuan ini maka apa yang diperintahkan tentu akan sampai pada tujuan dengan tepat. Sebab sebuah bilyet giro yang telah diisi secara lengkap tidak akan dapat diedarkan. Maka amanat pemindahbukuan hanya dapat berlaku untuk orang yang dimmaksud. Artinya rekening yang dipindahkan hanya berlaku untuk orang yang memang sudah dimaksudkan.

Dapat dibatalkan

Amanan pemindahanbukuan dalam hal ini sebenarnya bisa saja dibatalkan. Bahkan penerbitannya bisa saja dibatalkan setiap waktu. Lebih tepatnya saat amanat belum dilaksanakan oleh pihak bank. Hal ini bisa saja dilakukan terutama jika pihak penerbit ternyata berhadapan dengan pihak lain yang rupanya tidak jujur atau tidak baik.

Kekurangan Bilyet Giro

Non-tunai, karena pada dasarnya suatu bilyet giro tidak dapat dibayarkan secara tunai. Namun hal ini hanya dapat dibayarkan pada pihak atau orang yang namanya memang telah tercantum dsi dalam surat perintah atau surat amanat tersebut. Hal ini bahkan tidak terpengaruh dengan nama atau jenis bank yang digunakan. Apakah bank yang digunakan tersebut sama ataukah bank tersebut berbeda.

Khusus untuk nasabah, sehingga jika Anda ingin melakukan pembayaran atau pemindahbukuan degan menggunakan sistem inimaka Anda harus menjadi nasabah di sebuah bank terlebih dahulu. Sebab pembayaran melalui surat ini hanya dapat terjadi di antara pihak pembayar sebagai penerbit dan pihak penerima. Namun kedua belah pihak haruslah menjadi nasabah dari suatu bank.

Pembatalan Bilyet Giro

Bilyet giro bisa saja dibatalkan karena suatu hal tertentu. jadi pembatalah bilyet giro ini dapat digambarkan sebagai penarikan kembali suatu giro yang sudah diterbitkan dan sudah berada di tangan pihak pemegang. Dengan kata lain pembatalan ini mengacu pada suatu tindakan penarikan kembali perintah pemindahbukuan dana tepatnya dari pihak penerbit kepada pihak bank. Sebenarnya untuk beberapa hal pembatalan ini bisa saja memberikan keuntungan dan berguna. Misalnya saja jika penerbit secara kebetulan berhubungan dengan pihak yang yang tidak jujur. Atau mungkin penerbit berhubungan dengan pihak yang kebetulan memiliki itikad buruk. Maka tentunya dengan melakukan pembatalan pada akhirnya pihak penerbit tidak akan sampai mengalami kerugian.

Tentunya menggunakan bilyet giro sama halnya dengan mencari sistem payroll terbaik dari perusahaan. Salah satunya yaitu dengan mempercayakan pada JojoPayroll, sistem payroll yang efektif serta optimal untuk perusahaan Anda. Dengan produk ini maka pembayaran payroll dapat diatur secara otomatis. Selain itu dapat pula secara langsung melakukan perhitungan payroll otomatis sesuai dengan kehadiran karyawan.

Semua manfaat ini berkat beberapa fitur yang ada di dalam JojoPayroll. Misalnya saja yaitu fitur-fitur berikut ini.

  • Sistem payroll yang terkalkulasi dengan otomatis dengan slip gaji yang dikeluarkan secara otomatis.
  • Sistem Penggajian Terhitung Otomatis dengan slip gaji yang dihasilkan secara otomatis.
  • Integrasi yang mudah ke sistem HRIS saat ini, Basis Data Komprehensif untuk Analisis.

Jadi, jangan ragu jika ingin beralih menggunakan JojoPayroll. Dapatkan coba gratis selama 14 hari di perusahaan Anda sekarang juga. Beralihlah pada sistem payroll yang lebih baik dengan JojoPayroll.