Bisnis Adalah Jalan Keberhasilan dari sebuah Perusahaan

Kegiatan bisnis adalah sebuah jalan utama untuk mengembangkan perusahaan. Tanpa aktivitas bisnis maka mustahil perusahaan bisa berkembang. Kecuali memang perusahaan-perusahaan tempat pencucian uang korupsi saja. Kata bisnis sendiri diambil dari bahasa Inggris yaitu buiness. Artinya kesibukan, dalam artian ini adalah melakukan berbagai tindakan.

Tindakan yang mencakup bisnis ini sangatlah banyak. Marketing, branding, distribusi dan lain sebagainya bisa digolongkan kedalam bisnis. Karena aktivitas tersebut bisa menghasilkan keuntungan bagi perusahaan. Jadi selama perusahaan melakukan berbagai aktivitas yang menguntungkan maka hal tersebut bisa dibilang sebgai bisnis.

Ruang lingkup bisnis adalah mencakup berbagai hasil keuntungan dalam perusahaan ataupun individu. Anda pasti sering mendengar kata bisnis ini, terutama didalam masyarakat kota besar seperti Jakarta ataupun Bandung. Lalu sebenanya apa saja fungsi bisnis dan pengertian lebih dalamnya?. Berikut akan kami berikan penjelasan terkait hal tersebut.

Pengertian Bisnis Adalah Sebuah Usaha Mendapatkan Untung

Berdasarkan kepada pendapat Brown dan Pretello bisnis adalah sebuah usaha lembaga untuk memproduksi atau menghasilkan produk. Produk akhir ini sangat dibutuhkan oleh banyak orang. Sehingga lembaga tersebut akan menjualnya untuk mendapatkan keuntungan yang besar di pasaran.

Bisnis juga tidak terpaut hanya pada sektor swasta saja. Pemerintah dengan usahanya untuk memenuhi kebutuhan para masyarakat juga merupakan sebuah tindakan bisnis. Hanya saja fokus dari bisnis tersebut adalah untuk mensejahterakan para rakyat dengan timbal balik berupa pajak yang akan dikumpulkan oleh seluruh warga negara.

Sedangkan menurut Griffin dan Ebert bisnis adalah usaha menyediakan kebutuhan yang sangat diinginkan oleh masyarakat. Usaha pemenuhan berbagai kebutuhan masyarakat ini kemudian dijuluki bisnis. Hal ini dapat dilakukan sebuah badan usaha yang telah terdaftar ataupun oleh perseorangan.

Intinya adalah untuk bisa memenuhi kebutuhan masyarakat pada umumnya. Menurut kedua pakar tersebut bisnis merupakan proses pemenuhan kebutuhan melalui berbagai tindakan pembuatan atau produksi berbagai barang. Sebagai gantinya masyarakat yang menikmati barang dari lembaga tersebut akan membayar.

Intinya bisnis adalah sebuah tindakan yang dilakukan oleh sebuah badan usaha ataupun perseorang. Tindakan yang meliputi bisnis ini berputar pada keuntungan dan pemenuhan kebutuhan dari pasar maupun masyarakat pada umumnya. Jadi pemahaman bisnis tidak terbatas kedalam pekerjaan yang dilakukan oleh para pengusaha saja.

Masyarakat pada umumnya juga bisa melakukan bisnis ini. Contohnya saja adalah para penjual keliling. Mereka juga bisa dibilang sebagai pebisnis, karena melakukan pemenuhan kebutuhan masyarakat. Tapi secara ekslusif bisnis hanya digunakan oleh pengusaha.

Bisnis menurut para ahli

Pengertian bisnis adalah kegiatan yang melibatkan produksi, pembelian, penjualan atau pertukaran barang atau jasa oleh individu atau organisasi untuk tujuan menghasilkan keuntungan. Kata bisnis berasal dari bahasa Inggris yaitu “bisnis” yang artinya “sibuk”. Kegiatan ini bertujuan untuk melakukan kegiatan mencari keuntungan. Menurut ruang lingkupnya, penggunaan istilah “bisnis” dapat dibagi menjadi tiga definisi berikut.

Entitas komersial adalah entitas yudisial, teknis, dan ekonomi yang mencari keuntungan. Area pasar tertentu, seperti pasar modal. Semua aktivitas di masyarakat yang menghasilkan barang atau jasa. Ketahui bisnis menurut ahlinya:

  • Menurut L.R. Dickese, bisnis adalah suatu kegiatan yang tujuan utamanya menguntungkan bagi yang menjalankan atau berminat.
  • Menurut Mc Naughton, bisnis adalah pertukaran barang, uang atau jasa untuk kepentingan pihak yang terlibat.

Fungsi Utama Bisnis Adalah Peningkatan Harga

Bentuk nyata dari penggunaan bisnis adalah dengan peningkatan harga dari sebuah barang. Atau pengolahan kembali beberapa bahan baku untuk menjadi sebuah barang berharga. Contohnya saja buah pisang mungkin akan dijual murah ketika masih berbentuk asal.

Tapi ketika telah dioleh menjadi panganan seperti sale ataupun camilan lainnya. Pasti harga yang dimiliki oleh panganan tersebut akan cukup mahal. Untuk beberapa ons camilan ini saja bisa dihargai sampai puluhan ribu. Sedangkan bahan baku asalnya diharga sangat murah dengan jumlah besar.

Dari sini dapat dipahami bahwa bisnis adalah jalan untuk mencukupi kebutuhan dengan melakukan sebuah peningkatan dari segi kualitas dan harga. Pada zaman ini telah berkembang berbagai jenis bisnis. Hal ini semakin dikuatkan dengan lahirnya kemajuan berbagai saran untuk membuka bisnis.

Berbagai komoditi yang sebelumnya hanya dipandang sebelah mata orang masyarakat umum. Sekarang memiliki nilai jual mahal. Contohnya saja yang sempat viral di media sosial adalah pengolahan batang pisang. Batang pohon pisang ini tidak berharga sama sekali sampai dilakukannya sebuah pengolahan.

Uniknya di Amerika sana batang pisang sampai diharga mahal. Sedangkan di negara Indonesia ini batang pisang sangat amat melimpah dan mudah sekali ditemui. Kemudian daun pisang juga termasuk bahan baku yang terkena dampak positif dari bisnis.

Bisnis adalah tindakan yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan produsen maupun konsumen. Kegiatan bisnis ini akan memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak. Konsumen dapat menikmati produk yang dibuat oleh produsen. Sedangkan produsen mendapatkan keuntungan dari penjualan produknya.

Kegunaan Bisnis

Steinhoff menunjukkan dalam bukunya “Business World” bahwa perusahaan memiliki tiga fungsi utama, yaitu

  • Mencari bahan mentah (mendapatkan bahan baku);
  • Mendistribusikan produk ke konsumen (mendistribusikan produk ke konsumen); dan
  • Mengolah bahan mentah menjadi produk jadi (menjadikan bahan baku menjadi produk).

Proses utama suatu usaha pada hakikatnya adalah mengubah sesuatu yang bernilai rendah menjadi bentuk lain yang memiliki nilai lebih tinggi dan dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan sosial. Secara lebih rinci, fungsi bisnis mencakup empat hal berikut ini.

  1. Fungsi produksi adalah fungsi usaha menghasilkan barang atau jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat.
  2. Fungsi distribusi, yaitu fungsi bisnis mendistribusikan barang atau jasa ke lokasi terdekat yang dapat dijangkau atau dikenali konsumen.
  3. Penjualan merupakan fungsi bisnis ketika suatu perusahaan menjual produk atau jasanya kepada pengguna atau konsumen yang membutuhkannya.
  4. Fungsi pemasaran merupakan fungsi bisnis yang berkaitan dengan penyimpanan dan pemasaran, oleh karena itu bila suatu produk bermanfaat bagi konsumen maka suatu produk dengan kegunaan yang lebih rendah pada suatu waktu akan dipasarkan di lain waktu.

Arah Bisnis adalah Perusahaan

Perusahaan menggunakan bisnis sebagai saran untuk menggapai tujuannya. Ini berarti perusahaan sebisa mungkin harus menjalankan bisnis yang sehat dan dapat menguntungkan. Tentu saja karena perusahaan yang berfokus kedalam keuntungan ini pastinya berada didalam sektor swasta.

Secara general bisnis adalah pusat kegiatan yang dilakukan dalam sebuah perusahaan. Jadi pemahaman bahwa bisnis merupakan jual beli saja adalah kesalahan. Melainkan produksi, promosi dan lain sebagainya juga termasuk kedalam kegiatan bisnis ini.

Tujuan Bisnis adalah keuntungan

500+ Business Meeting Pictures | Download Free Images on Unsplash

Terlepas dari jenisnya, perusahaan memiliki tujuan utama yang sama, yaitu mendapatkan keuntungan dari barang atau jasa yang dijual kepada konsumen. Selain tujuan utama tersebut, kegiatan bisnis memiliki tujuan lain, di antaranya tujuan berikut ini.

  • Menyediakan barang dan jasa yang dibutuhkan masyarakat.
  • Meningkatkan kesejahteraan pemilik bisnis dan mereka yang terlibat.
  • Ciptakan lapangan kerja untuk umum.
  • Mempromosikan pertumbuhan sosial dan ekonomi secara umum.
  • Tunjukkan prestise dan performa.
  • Dalam jangka panjang hal tersebut menunjukkan eksistensi perusahaan.

Jenis Bisnis

Setiap bisnis akan mengikuti ilmu yang dikuasai oleh pelaksanannya. Misalkan saja petani akan melakukan bisnis yang befokus kepada sektor agraris. Sedangkan pengusaha kuliner akan fokus kepada bisnis makanannya. Jenis dan rupa bisnis ini akan terus berkembang dengan kemajuan teknologi yang semakin pesat.

Asalkan bisa memenuhi kebutuhan orang-orang pada umumnya. Maka usaha tersebut merupakan sebuah bisnis. Serta siapapun bisa melakukan bisnis dalam koridor kecilnya. Pemanfaatan berbagai bentuk dari bisnis adalah modal utama untuk mendapatkan keuntungan.

Konsep Bisnis

Dalam konsep bisnis, jika bisnis memiliki empat komponen utama berikut, maka dapat beroperasi secara normal.

  • Strategi inti, visi dan misi perusahaan, mencakup ekspektasi perusahaan yang ideal.
  • Sumber daya strategis, termasuk kapabilitas inti, aset strategis, dan proses utama.
  • Perantara pelanggan (customer interface), yaitu dukungan dan realisasi, informasi mendalam, dinamika hubungan dan struktur harga.
  • Value network (jaringan nilai), yaitu jaringan nilai yang ada di sekitar perusahaan untuk meningkatkan dan melengkapi sumber daya perusahaan.

Bentuk Bisnis

Fokus bisnis akan menggunakan beberapa sumber daya ini. Pertama adalah kegunaan bentuk, disana pebisnis akan memanfaatkan barang-barang real contohnya makanan dan pakaian. Lalu ada lagi pemanfaatan tempat, disini pebisnis memanfaatkan jarak sehingga membuat sebuah mesin transportasi.

Di antara sekian banyak jenis yang ada saat ini, bisnis dibedakan menjadi dua kategori utama, yaitu bisnis berdasarkan jenis kegiatan dan tujuan. Ini penjelasan lengkapnya.

Jenis bisnis berbasis aktivitas

Menurut kegiatannya, usaha tersebut dapat dibagi menjadi empat jenis berikut ini.

  1. Industri ekstraktif. Industri ekstraktif adalah kegiatan usaha pertambangan dengan cara mengambil hasil tambang dari usus bumi. Sebagai negara dengan sumber daya mineral yang melimpah, banyak perusahaan yang bergerak dalam operasi pertambangan di Indonesia. Contoh industri pertambangan tersebut adalah batu bara, minyak, gas alam, emas, tembaga, dll.
  2. Bisnis pertanian. Usaha pertanian bergerak di bidang pertanian, perkebunan, kehutanan, peternakan dan perikanan. Usaha tersebut juga berkembang pesat di Indonesia, dan telah dipahami dan dibudidayakan secara luas oleh masyarakat, mulai dari perorangan skala kecil hingga operasional perusahaan skala besar.
  3. Bisnis industri. Ini adalah jenis bisnis yang masuk akal. Bisnisnya bergerak di bidang manufaktur, seperti pesawat terbang, kapal, tekstil, furnitur, kertas, dan banyak industri lainnya.
  4. Bisnis jasa. Usaha jasa adalah kegiatan usaha yang hasil produksinya bukan berupa barang atau produk fisik, melainkan produk jasa, seperti pendidikan, pariwisata, kesehatan, perbankan, dan keuangan.

Jenis usaha berdasarkan tujuan

Menurut tujuan yang berbeda, dapat dibagi menjadi empat jenis usaha, yaitu usaha dengan tujuan bentuk, lokasi, waktu dan kepemilikan.

  1. Kegunaan formulir (utilitas formulir)
    Usaha dengan kegunaan formal adalah kegiatan berupa proses mengubah suatu benda menjadi benda lain yang bentuknya berbeda dan lebih bermanfaat bagi kehidupan manusia. Contoh bisnis semacam itu termasuk bisnis furnitur, pakaian, dan makanan.
  2. Kegunaan (Place Utility)
    Perusahaan dengan suatu tempat pakai melakukan kegiatan usaha yang memindahkan suatu barang dari satu tempat ke tempat lain, yang akan membawa manfaat yang lebih besar. Contoh perusahaan yang menggunakan ruang angkasa antara lain transportasi darat, laut dan udara untuk manusia dan barang.
  3. Penggunaan waktu (utilitas waktu)
    Kegiatan utama bisnis yang menggunakan waktu terkait dengan penyimpanan barang. Melalui penyimpanan, Anda dapat menyimpan item yang kurang berguna sebagai item yang berguna sehingga Anda dapat menghapusnya. Bisnis penyimpanan adalah contohnya.
  4. Penggunaan kepemilikan (utilitas kepemilikan)
    Jenis usaha keempat melibatkan bidang-bidang tertentu yang bertujuan untuk merealisasikan atau merealisasikan penggunaan kepemilikan barang / jasa, seperti belanja.

Terakhir adalah menggunakan sumber daya waktu yang tersedia. Perushaan akan membangun berbagai fasilitas yang bisa disewakan seperti gudang ataupun lainnya. Masing-masing jenis bentuk bisnis memiliki keunggulan dan pasarannya. Tapi terkadang satu dan lainnya memiliki keterkaitan sehingga bisa menguntungkan beberapa perusahaan sekaligus.

Manfaat Bisnis

Menjalankan bisnis bisa mendatangkan banyak keuntungan bagi para penjahat. Memiliki bisnis, Anda akan mendapatkan keuntungan sebagai berikut.

  1. Dapatkan penghargaan dan pengakuan
    Dengan memiliki perusahaan, khususnya perusahaan yang terus berkembang pesat dan memberikan pengaruh serta kontribusi penting bagi masyarakat sekitar, Anda akan mendapatkan apresiasi dan pengakuan positif dari lingkungan.
  2. Jadilah bos bagi diri Anda sendiri
    Memulai sebuah perusahaan memang tidak mudah, membutuhkan usaha yang serius dan banyak pengorbanan, baik tenaga, waktu, materi, maupun pikiran. Namun, jika bisnis berkembang dengan lancar, Anda akan merasakan manfaat menjadi bos.
  3. Bayar
    Berbeda dengan menjadi karyawan yang penghasilannya bergantung pada orang lain, dengan memiliki bisnis, Anda bisa membayar sendiri sejumlah tertentu. Tak hanya itu, Anda juga bisa membayar gaji kepada karyawan lain.
  4. Bebas mengatur waktu
    Jika Anda menjadi karyawan, jam kerja ditentukan oleh perusahaan atau kantor Anda, tidak demikian halnya dengan jiwa kewirausahaan. Berbisnis memberi Anda lebih banyak kebebasan dan fleksibilitas untuk mengatur jam kerja.
  5. Memiliki masa depan yang cerah
    Merupakan keinginan setiap orang untuk memiliki masa depan yang cerah. Memiliki bisnis sendiri adalah salah satu pekerjaan yang dapat mewujudkan keinginan tersebut. Tentunya dibutuhkan kerja keras untuk mencapai tujuan tersebut agar perusahaan dapat memberikan hasil yang diinginkan.

Software JojoExpense Perluas Bisnis

bisnis adalah

Bisnis adalah cara utama bagi perusahaan untuk mendapatkan keuntungan. Jika perusahaan menginginkan bisnisnya untuk perkembang maka perlu memanfaatkan JojoExpense. Sebab perusahaan bisa mengefisiensikan pengeluaran hingga 76%. Jumlah yang cukup spektakuler dan tidak mudah diraih. Tapi dengan perangkat lunak ini anda bisa mendapatkannya.

Fungsi utama dari perangkat lunak JojoExpense ini adalah fungsi monitoring keadaan finansial didalam perusahaan. Seluruh data keuangan perusahaan akan otomatis tercatat oleh perangkat lunak ini. Jadi ketika pengusaha sedang membutuhkan analisa bisa langsung mengambil saja data dari perangkat lunak ini.

Pengeluaran berhubungan dokumentasi yang harus dicetak melalui kertas bisa dipangkas. Karena metode paperless telah digunakan oleh perangkat lunak JojoExpense ini. Jadi pengusaha tidak perlu khawatir ketika menjalankan bisnisnya dan banyak data yang harus disimpan.

Memonitoring seluruh dana perusahaan akan sangat nyaman ketika anda menggunakan perangkat lunak JojoExpense. Monitoring dana dimana saja anda menginginkannya tanpa terbatas oleh apapun juga. Bahkan ketika sedang bersantai di rumahpun anda bisa melakukan pengecekkan kepada dana perusahaan ini.

Hilangkan kecemasan ketika mengelola bisnis anda sekarang juga dengan memanfaatkan segala kemudahan yang ditawarkan oleh demo JojoExpense ini.