Mengapa Bisnis Frainchise disebut Bisnis terbaik? Berikut Alasannya

Bisnis Franchise adalah tipe bisnis yang dimiliki dan dioperasikan oleh individu-individu yang berbeda tetapi memiliki nama brand yang sama, sehingga brand-nya terlihat sangat besar dan tersebar dimana-mana (biasanya bahkan secara internasional). Bisnis Frainchise ini merupakan bisnis frainchise yang sangat di minat oleh sebagianorang, karena ketika jika kita membuka bisnis frainchise kita tidak perlu lagi memikirkan berbagai macam konsep marketing dan brand dari bisnis frainchise tersebut.

Menurut Hukum Pemerintah Indonesia: bisnis waralaba atau binsis franchise adalah sebuah perikatan yang salah satu pihaknya diberikan hak untuk memanfaatkan dan menggunakan hak dari kekayaan intelektual (HAKI) atau pertemuan dari ciri khas suatu usaha yang dimiliki pihak lain dengan suatu imbalan berdasarkan persyaratan yang ditetapkan oleh pihak lain tersebut dalam rangka penyediaan dan atau penjualan barang dan jasa.

Asosiasi Franchise Indonesia juga menjelaskan definisi waralaba sebagai suatu sistem pendistribusian barang atau jasa kepada pelanggan dengan franchisor yang memberikan hak kepada individu atau perusahaan lain untuk melaksanakan bisnis dengan brand, nama, sistem, prosedur dan cara-cara yang telah ditetapkan sebelumnya dalam jangka waktu tertentu dan meliputi area tertentu.

Ketika Anda membeli hak kepemilikan untuk membuka sebuah waralaba, Anda juga membeli hak dari sistem bisnis, sistem harga, produk, serta teknik marketing yang sama. Anda juga membeli hak kepemilikan terhadap brand tersebut, yang berarti, Anda mendapatkan akses penuh terhadap materi-materi perusahaan tersebut yang telah ter-trademark seperti: logo, slogan, dan hal-hal lainnya yang berhubungan dengan brand tersebut.

Secara umum waralaba atau franchise merupakan cara bisnis dengan memperluas dan mendistribusikan barang atau jasa dengan lisensi dagang. Pemegang franchise misalkan Anda, membayar biaya awal dan royalti kepada pemilik merek franchise untuk menggunakan merek dagang, logo, sistem bisnis waralaba serta hak untuk menjual produk dan mendapat dukungan dari pemilik franchise.

Ada dua bentuk bisnis franchise, pertama produk dan merek dagang dimana pemilik franchise menjual atau melisensikan hak untuk menggunakan merek dagang tertentu. Jenis lainnya, franchise dengan format bisnis yaitu pemilik bisnis menyediakan layanan dan dukungan kepada pemegang franchise. Akan tetapi, umumnya bisnis franchise menggabungkan kedua bentuk franchise ini.

Memulai bisnis franchise merupakan kesempatan bekerja untuk diri sendiri namun tidak sendiri.

Keuntungan memulai bisnis Franchise


Memulai sebuah bisnis cukup sulit dan memerlukan niat yang kuat. Pemilik bisnis retail tak hanya harus menghasilkan ide bisnis dan rencana bisnis, mencari lokasi, pemasok produk, memperkerjakan karyawan dan melakukan strategi pemasaran melalui berbagai media. Akan tetapi, jika salah dalam mengambil langkah bisa menyebabkan kegagalan bisnis.

Memulai bisnis tentu memiliki resiko, bahkan franchise pun memiliki resiko namun salah satu manfaat membuka franchise dibandingkan dengan bisnis perseorangan adalah kesempatan sukses yang lebih tinggi.

Berikut beberapa keuntungan lain membuka bisnis retail franchise:

  1. Memulai Bisnis Lebih Cepat

Membuka bisnis franchise jauh lebih cepat daripada membuka bisnis perseorangan. Hal ini dikarenakan, franchise sudah memiliki model bisnis dan pemilik franchise mungkin sudah memiliki panduan agar pemegang bisnis bisa mengikuti cara sukses tersebut.

Anda tidak perlu repot membuat menu, memikirkan proses dan model bisnis, sehingga masa perencanaan bisnis menjadi lebih mudah. Jika Anda ingin membuka bisnis lebih cepat, franchise bisa menjadi pilihan Anda.

  1. Pelatihan dan Dukungan

Franchise adalah bisnis tim, sehingga pemilik franchise akan selalu meningkatkan dan mempertahankan reputasi bisnis yang solid dengan memastikan bahwa semua toko franchise beroperasi sesuai standar tertentu.

Untuk itu, pemengang bisnis franchise dan karyawan akan mendapatkan pelatihan dan dapat mengandalkan dukungan dari pemilik bisnis franchise. Termasuk aspek operasional, teknis, mengelola keuangan, cara mempekerjakan karyawan hingga membangun relasi yang baik dengan pelanggan.

Jangan takut atau malu untuk menanyakan masalah Anda, karena bagaimanapun juga kesuksesan Anda ada kesuksesan mereka.

  1. Panduan Memilih Lokasi

Menentukan lokasi bisnis bisa menjadi salah satu hal yang paling sulit bagi pengusaha retail. Tentu Anda mengingkan area yang ramai dilalui pejalan kaki dan tidak terlalu banyak pemilik bisnis sejenis.

Tak perlu khawatir, seringkali pemilik bisnis franchise yang sudah mapan akan membantu Anda menemukan area yang optimal. Mereka akan melakukan penelitian manakah area yang paling sesuai untuk bisnis mereka.

  1. Merek yang sudah Terkenal

Jika Anda membuka bisnis baru Anda sendiri dengan produk yang hebat, namun bagaimana masyarakat tahu tentang bisnis Anda? Butuh waktu bertahun-tahun bagi para pengusaha retail untuk membangun reputasi dan pelanggan yang setia.

Berbeda jika Anda membuka bisnis franchise dengan mereka yang sudah dikenal, akan menjadi lebih mudah bagi Anda karena masyarakat sudah mengetahui merek dan kualitas produk Anda.

  1. Pembelian Dalam Jumlah Besar

Mungkin Anda tidak memperhatikan keuntungan yang satu ini, namun hal ini jelas memberikan perbedaan antara bisnis franchise dengan bisnis perseorangan. Franchise mewajibkan semua toko menjual produk yang sama dan membelinya stok produk atau bahan dari satu tempat yang sama untuk menjaga kualitas produk.

Hal ini memungkinkan pemilik franchise membeli bahan dalam jumlah yang besar untuk memenuhi kebutuhan semua pemengang franchise. Misalkan, bisnis perseorangan akan membeli stok bahan dalam jumlah 100 unit, sementara bisnis franchise bisa membeli dalam jumlah 100.000 unit untuk semua toko franchise yang tentu saja dengan harga yang lebih murah.

  1. Biaya Pemasaran

Bisnis retail kecil atau perseorangan biasanya mendapatkan pelanggan berdasarkan rekomendasi dari mulut ke mulut, media sosial dan lainnya. Mereka melakukan semua strategi pemasaran sendiri sesuai dengan kemampuan mereka.

Lain halnya dengan bisnis franchise, pemilik franchise akan membantu mengembangkan program pemasaran melalui dana pemasaran kooperatif. Program dimana pemegang franchise dapat membayar strategi pemasaran dengan bantuan pemilik franchise, seperti promo di toko franchise tertentu atau acara khusus yang berlangsung hanya di satu toko franchise saja.

  1. Dukungan Rekan Franchise

Salah satu keuntungan membuka bisnis franchise adalah jaringan sesama pemegang bisnis franchise ini. Kesuksesan satu toko franchise akan membantu keuntungan rekan-rekan pemengang franchise lainnya. Selain itu, memiliki bisnis dalam satu merek yang sama memungkinkan setiap pemengan franchise saling memberi saran dan dukungan. Menjalankan bisnis sendiri tidak akan terasa seperti melakukannya sendirian.

Tak hanya itu, biaya awal dan royalti yang Anda keluarkan membantu mendanai biaya kantor pusat, perekrutan dan pelatihan karyawan baru serta pemasaran dalam skala besar.

Beberapa bisnis Frainchise yang menguntungkan di Indonesia

  1. Franchise Sabana Fried Chicken

Berbeda dengan KFC yang sebelumnya sudah disebutkan, Sabana Fried Chicken merupakan bisnis franchise lokal.

Tentu Anda masih ingat beberapa waktu lalu Sabana cukup booming karena menghasilkan rasa ayam goreng renyah yang tak kalah lezat dengan saingannya yang datang dari luar negeri.

Meski sekarang tampaknya Sabana sudah tidak lagi terdengar, ternyata di beberapa tempat di Jabodetabek, permintaan untuk membuka franchise dari gerai ini kuotanya cukup banyak.

Hal ini pun tidak mengherankan karena bisnis franchise Sabana hanya membutuhkan modal yang cukup terjangkau.

Anda harus menyiapkan modal awal sebesar Rp16,7 juta saja. Harga yang cukup murah untuk ukuran memulai usaha, kan?

Jika Anda memiliki passion di bidang kuliner, menjalani bisnis ini sangatlah menyenangkan. Setiap bulannya saja, omzet yang dapat diraih bisa mencapai Rp16 juta.

Persyaratannya pun tidak terlalu sulit, Anda harus mampu menyiapkan lokasi yang strategis untuk gerai milik Anda nantinya.

2. Franchise Churros Delicio

Jika Anda mencari bisnis franchise di bidang kuliner yang cukup unik, Churros Delicio bisa menjadi pilihan Anda.

Dari berbagai varian jajanan yang hadir sekarang ini, churros sebagai jajanan yang berasal dari Spanyol dapat menjadi pilihan yang unik untuk masyarakat Indonesia. Rasanya yang lezat serta bentuknya yang unik dapat menarik perhatian para pelanggan.

Churros Delicio sendiri didirikan pada 2015 oleh Cahyo Adhi Wibowo di Magelang, Jawa Tengah. Churros memiliki bentuk yang unik, memanjang, serta bergerigi.

Pembuatannya pun sederhana, hanya digoreng serta ditaburi gula halus atau pun bubuk cinnamon yang kemudian disajikan dengan cocolan coklat. Harga yang ditawarkan pun sekitar Rp8.000 hingga Rp15.000 per satuannya.

Jika Anda tertarik untuk memiliki franchise dari Churros Delicio, mereka menawarkan dua tipe paket franchise, yakni tipe mini booth dengan modal sejumlah Rp35 juta, serta tipe mini island dengan modal sebesar Rp50 juta.

Di paket mini booth, Anda akan mendapatkan bahan baku awal, peralatan usaha, kursus untuk karyawan, serta peralatan untuk promosi.

Sementara itu untuk paket mini island, Anda akan memperoleh barang yang sama. Namun, memang disiapkan booth berukuran lebih besar dengan desain gerai yang lebih eksklusif.

Kerja sama ini akan berjalan sepanjang lima tahun. Setelah kontrak selesai, Anda diharuskan membeli bahan baku churros untuk meneruskan hubungan kerja. Selain itu akan dikenakan juga royalty cost.

3. Franchise Indomaret

Indomaret merupakan salah satu mini market yang cukup menjamur di Indonesia. Setiap beberapa meter, pastinya Anda akan menemukan Indomaret di pinggir jalan.

Hal ini terbilang wajar, karena Indomaret menjual barang serta kebutuhan sehari-hari yang memang dibutuhkan banyak orang.

Untuk franchise Indomaret sendiri, Anda diminta untuk menyiapkan dana investasi senilai minimal Rp394 juta.

Syarat lainnya yang harus dipenuhi diantaranya, Anda harus warga negara Indonesia, fokus ingin mengembangkan bisnis Indomaret, serta memiliki perizinan lokasi yang hendak dijadikan tempat usaha.

Kelebihan dari franchise ini adalah promosinya yang berskala nasional serta memiliki brand yang cukup kuat di mata para pelanggan.

Namun, kekurangannya sendiri adalah jumlah gerainya yang terlalu banyak sehingga kompetisi yang terjadi antar toko semakin sulit.

Itulah tadi penjelasan tentang keuntungan bisnis Frainchise. Mengingat berbisnis butuh ketekunan dan management yang baik. Anda bisa mencoba aplikasi dari Jojonomic. Hal ini dimaksudkan agar kinerja perusahaan tetap berada pada jalur yang benar dan bekerja secara efektif dan efisien. Agar Standar Operasional Prosedur perusahaan berjalan lancar, serta terintegrasi dengan sistem, gunakanlah JojoTimesDengan satu aplikasi, kamu dapat memantau produktivitas dan memaksimalkan kinerja karyawan kapan saja dan dimana saja. Silakan coba versi demo dari kami!