Blue Ocean Strategy, Apa Dan Bagaimana

blue ocean strategy

Blue Ocean Strategy dalam bahasa kita lebih sering disebut dengan istilah strategi samudera biru. Strategi ini rupanya ditandai dengan adanya ruang pasar yang belum dijelajahi. Tidak hanya ruang pasar saja yang belum dijelajahi dalam hal ini tetapi juga permintaan pasar dan juga peluang pertumbuhan juga belum dapat diperkirakan. Strategi ini pada dasarnya lebih berfokus pada aktivitas menumbuhkan permintaan. Selain itu strategi ini juga lebih memilih untuk menjauhi kompetisi. Sebab pada dasarnya strategi ini berupaya untuk menciptakan sebuah ruang pasar yang belum ada pesaingnya. Mungkin strategi ini masih cukup asing temasuk dalam dunia bisnis. Oleh karena itu Anda bisa mencari banyak informasi mengenai strategi yang bisa menjadi solusi bagi banyak perusahaan ini.

Tindakan dalam Blue Ocean Strategy

Eliminate

Sebaiknya segala seuatu yang dianggap tidak baik segera dihapuskan. Dengan menghapusnya maka Anda bisa menciptakan produk yang terbaik. Bahkan produk akan menjadi favorit bagi para konsumen.

Reduce

Jika beberapa nilai pada produk tidak perlu dihilangkan seluruhnya maka Anda bisa menguranginya saja. Menghilangkan beberapa fitur justru akan membantu perusahaan Anda untuk menghemat biaya pengeluaran.

Raise

Mengurangi fitur pada suatu produk yang dikeluarkan oleh perusahaan Anda bisa memberikan manfaat lain. Salah satu manfaatnya misalnya dengan meningkatkan fitur lainnya pada produk. Tentu saja hal ini akan membuat produk Anda menjadi lebih banyak memiliki keunggulan.

Create

Dalam mengeluarkan produk tentunya Anda perlumenciptakan hal atau sesuatu yang baru. Untuk itu Anda memerlukan sebuah terobosan baru dalam menciptakan produk agar bisa memikat hati konsumen. Di samping itu produk sebaiknya memiliki nilai dan manfaat yang lebih bagi konsumen.

Kelebihan Blue Ocean Strategy

Menciptakan pasar baru

Dengan adanya produk baru yang dikeluarkan oleh perusahaan Anda maka akan tercipta pasar baru. Mungkin ke depannya pasar baru yang Anda ciptakan ini akan semakin dilengkapi dengan adanya perusahaan pesaing atau kompetitor.

Profit besar

Mencipatakn pasar baru akan menambah suatu keuntungan bagi perusahaan Anda. Yaitu terwujudnya profit dalam jumlah yang cukup besar. Untuk mempertahankan profit ini maka diperlukan adanya inovasi pada produk Anda.

Brand baru

Tidak hanya produk saja yang tampil baru di masyarakat tetapi juga brand baru. Setiap produk yang dikeluarkan oleh perusahaan tentu disertai pula dengan nama merek atau brand. Berikan nama brand atau merek yang unik dan bisa memikat hati konsumen.

Kekurangan Dan Kelemahan

Butuh biaya besar

Menciptakan sesuatu yang baru sebenarnya bisa saja membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Investasi yang harus ditanamkan dalam hal ini bisa berjumlah sangat besar. Oleh karena itu Anda mungkin membutuhkan modal cukup besar untuk mendukung aktivitas Anda tersebut.

Aktif pemasaran

Adanya produk yang baru mungkin tidak bisa langsung diterima oleh konsumen. Oleh karena itu Anda perlu memasarkan produk Anda secara lebih aktif.

Tips Pelaksanaan Strategi

Fokus pada pasar baru

Menciptakan produk yang baru tentu akan membuat Anda untuk lebih memusatkan fokus pada pasar yang baru. Mungkin Anda bisa menghadirkan beberapa konsep sehingga produk Anda memiliki daya tarik tersendiri bagi para konsumen.

Inovatif

Tips penting yang perlu Anda tanamkan pada pengeluaran produk Anda adalah inovasi. Produk baru yang diluncurkan sebaiknya memiliki keunikan tersendiri. Oleh karena itu Anda harus bisa menciptakan produk yang lebih inovatif. Maka produk Anda bisa tampak unik dan menarik bagi para konsumen.

Slogan unik

Slogan tentunya dibutuhkan terutama untuk kepentingan iklan. Dengan adanya slogan pada proses pemasaran maka produk Anda akan selalu diingat oleh para konsumen. Berikan slogan yang sekiranya dapat selalu tertanam di benak para konsumen. Tentu hal ini bisa menjadi strategi tepat untuk memperkuat sebuah brand dari suatu produk.

Tujuan Strategi

Mengetahui pasar

Sebelum meluncurkan produk baru maka sebaiknya Anda segera melihat pasar. Setidaknya Anda perlu mengetahui secara lebih detail mengenai jenis pasar yang akan Anda masuki. Jenis pasar ini nantinya akan berpengaruh pada strategi pemasaran Anda.

Mencapai target

Dengan adanya strategi sanudera biru maka perusahaan Anda tentu bisa lebih mudah mencapai target pemasaran. Sebab produk yang tergolong baru di pasar akan lebih mudah menarik hati konsumen. Maka perusahaan Anda bisa meraih untung secara lebih cepat.

Mengetahui peluang

Dengan adanya strategi samudera biru maka Anda bsia mengetahui peluang kesuksesan atau kegagalan produk Anda. Hal ini nantinya bisa Anda pelajari untuk dijadikan sebagai strategi pemasaran.

Menjadi pemimpin pasar

Menciptakan produk abru berarti sama saja dengan menciptakan pasar baru. Maka hal ini berbarti bahwa Anda bisa menjadi pemimpin pasar untuk produk yang baru.

Penerapan Blue Ocean Strategy

Blue Ocean Strategy pada dasarnya lebih menekankan perusahaan untuk tidak bersaing. Artinya strategi ini tidak menekankan perusahaan untuk memenangkan kompetisi pasar. Sebab strategi ini cenderung menekankan perusahaan untuk memulai atau mengawali bisnis dengan fokus produk yang berbeda dari perusahaan lainnya. Perusahaan menjadi tampil beda dari para pesaing sehingga tentu saja tidak ada kompetisi di dalamnya. Tentunya dengan penampilan produk yang berbeda dari para pesaing maka permintaan konsumen pada produk akan semakin tinggi. Sebab perusahaan yang menggunakan strategi ini bisa disebut sebagai perusahaan dengan produk khusus.

Penerapan strategi samudera biru ini memang belum banyak diadopsi oleh berbagai perusahaan. Sebab penerapan strategi ini cenderung membutuhkan adanya kreasi dan inovasi yang lebih besar. Di samping itu tentu dibutuhkan biaya yang berlebih untuk menerapkan strategi ini. Sebab menampilkan produk khusus yang berbeda dari produk lainnya tentu membutuhkan proses yang bisa dibilang tidak murah. pada akhirnya jika strategi ini bsia diterapkan dengan baik maka produk Anda tentu akan selalu dinantikan oleh konsumen. Permintaan pasar akan produk Anda bahkan bsia saja meningkat karena konsumen tidak mendapatkannya dari perusahaan lain. Maka Anda bisa mencapai target perusahaan tentunya dengan lebih baik dan tanpa berkompetisi dengan perusahaan lainnya.

Pemahaman Blue Ocean Strategy Menurut Para Ahli

Adapun sebenarnya strategi ini memiliki banyak pemahaman dari berbagai macam ahli. Sehingga sebelum menentukan mana jenis strategi yang paling sesuai, ada baiknya melihat pemahaman tersebut satu persatu. Seperti yang diinformasikan berikut di bawah ini.

Menurut Wikipedia.org, Blue Ocean Strategy merupakan upaya strategi yang menantang perusahaan untuk keluar dari ruang persaingan dengan jalan menciptakan pasar yang belum ada pesaingnya. Dengan kata lain memunculkan pasar baru yang membuat resiko adanya kompetisi menjadi lebih rendah atau bahkan tidak ada.

Lain lagi jika dilihat menurut Kim dan Maugborgne (2005:26), mengacu pada penelitiannya berjudul “value innovation: a leap into the blue ocean”. Dalam penelitian tersebut menjelaskan blue ocean strategy adalah strategi perusahaan dalam menciptakan pasar yang tidak terbantahkan sehingga menjadikan kompetisi tidak relevan. Studi ini dilakukan pada 150 perusahaan dan 30 industri dengan durasi waktu lebih dari 100 tahun dan berdasarkan dua jenis pasar yakni red ocean dan blue ocean.

Sedangkan terakhir menurut Rostami dan Ehtehsami Akbari (2011:223), dalam penelitiannya berjudul “the blue ocean strategy” menerangkan melalui sebuah analogi untuk menggambarkan luas-dalamnya ruang pasar potensial yang belum dikaji lebih dalam.

Contoh Blue Ocean Strategy

Dari berbagai pemahaman tersebut, maka lebih mudah jika ingin mendapatkan contoh nyata dari penerapan strategi yang satu ini. Sehingga perusahaan dapat memberikan ide terbaiknya dalam melaksanakan strategi tersebut. Beberapa contoh berikut ini adalah penerapan dari blue ocean strategy yang bisa dilakukan pada banyak jenis perusahaan. Misalnya saja sebagai berikut.

Menciptakan Produk Baru

Contoh pertama yang paling banyak dilakukan dan mudah untuk diterapkan yaitu dengan jalan menciptakan produk baru. Misalnya yaitu meluncurkan suatu produk yang belum pernah ada sebelumnya. Sehingga dalam hal tersebut tidak ada kompetitor yang mengeluarkan produk serupa. Meskipun nantinya resiko kompetisi selalu ada, namun poin penting dalam hal ini yaitu menciptakan produk unggulan yang belum pernah dilakukan oleh siapapun. Sehingga banyak calon konsumen yang tertarik untuk mencoba dan menggunakan produk yang baru diluncurkan tersebut.

Peningkatan Produk

Bukan hanya berfokus pada peluncuran produk baru saja, tetapi melakukan peningkatan serta optimisasi produk juga bisa menjadi salah satu strategi yang diterapkan. Dalam hal ini ada baiknya melihat apa yang menjadi kelemahan sebuah produk kemudian melakukan peningkatan dan meluncurkan ulang sebuah produk. Yang mana dengan melakukan hal tersebut sama halnya dengan melakukan re-branding pada sebuah produk. Mengemas produk dengan tampilan baru serta manfaat dan kegunaan yang baru meskipun masih sejalan dengan fungsi dan manfaatnya sebelumnya.

Dengan demikian maka potensi memiliki kompetitor sejenis tentu jauh lebih kecil dan produk lebih mudah untuk dikenalkan maupun mendapat respon menarik dari para konsumennya. Misalnya meluncurkan kemasan kosmetik baru dengan kandungan tambahan yang berbeda dari sebelumnya. Sedikit banyak hal ini membuat konsumen tertarik mencoba dan menggunakan produk tersebut. Di sisi lain dengan perbedaan komposisi dan kemasan tentu artinya belum ada kompetitor sejenis yang muncul saat itu.

Mengembangkan Sistem

Tidak terbatas hanya meluncurkan produk saja, tetapi blue ocean strategy juga bisa diterapkan melalui pengembangan sistem yang efektif serta relatif baru. Misalnya cara pemesanan yang lebih praktis, atau sistem pembelian yang lebih mudah. Tanpa disadari saat ada sistem yang berubah otomatis produk menjadi berbeda dengan produk lainnya yang sejenis. Karena adanya tambahan layanan dan sistem yang lebih menarik serta memadai.

Prinsip Blue Ocean Strategy

Dalam melaksanakan contoh-contoh yang telah diberikan di atas, ada beberapa prinsip dasar yang harus dipahami saat ingin menerapkan strategi ini. Supaya nantinya cara dan metode yang dipilih berhasil serta mendatangkan hasil sesuai keinginan. Secara garis besar, prinsip yang harus dipahami para pelaku bisnis saat menerapkan blue ocean strategy di antaranya yaitu dengan jalan berikut ini.

Segmentasi Pasar

Sangat penting melihat segmentasi pasar pada produk yang akan diluncurkan. Apakah produk tersebut untuk masyarakat menengah, kalangan bawah, atau bahkan hanya untuk kalangan atas. Maka dari itu penting sekali melihat segmentasi pasar sebelum mengeluarkan inovasi produk yang baru.

Strategi Kanvas

Rencakanan strategi pemasaran dengan baik, lakukan hal ini melalui strategi kanvas. Sehingga metode dan langkah yang akan dilakukan tergambar dengan baik. Dengan demikian maka seluruh aspek terkait peluncuran produk berjalan dengan baik. Mulai dari awal hingga akhir produk dipasarkan ke masyarakat luas.

Tingkatan Konsumen

Perhatikan pula tingkatan konsumen yang dibidik oleh produk tersebut. Mulai dari tingkatan konsumen yang menolak, menggunakan sementara, hingga yang menggunakan secara permanen. Dengan demikian maka rencana serta strategi yang digunakan dapat berhasil dengan baik. Termasuk dapat menjangkau semua tingkatan konsumen tersebut sebelumnya.

Melihat Tantangan

Lihat potensi kesulitan yang mungkin terjadi. Maka dari itu ada baiknya lakukan survey lebih dulu apakah yang akan terjadi saat produk diluncurkan. Mulai dari potensi resiko adanya persaingan hingga penerimaan pasar terhadap produk yang diluncurkan tersebut.

Melakukan Eksekusi

Perhatikan saat melakukan eksekusi pemasaran dan peluncuran produk. Pastikan semua telah tersedia dan tertata dengan baik sehingga resiko mengalami kegagalan lebih minim. Mulai dari strategi promosi, stok produk, dan lain sebagainya yang mengurangi resiko terjadinya kegagalan.

Menyiapkan Blue Ocean Strategy Yang Sukses

Setiap strategi tentu membutuhkan persiapan yang matang. Lebih penting lagi seluruh strategi harus direncanakan sebaik mungkin untuk meraih hasil yang maksimal. Maka dari itu dilakukan persiapan serta perencanaan yang efektif untuk membantu terciptanya kesuksesan dari penerapan blue ocean strategy yang sukses. Di antaranya yaitu dengan langkah berikut ini.

Melihat Potensi Pasar

Supaya berjalan dengan baik, lihat lebih dulu potensi pasar yang akan dibidik. Jika tidak memungkinkan maka tidak perlu memaksakan peluncuran produk. Sebaiknya luncurkan produk pada pasar yang berpotensi untuk menghindari resiko penolakan dan kerugian.

Pemilihan Media Promosi

Pilih media pemasaran yang tepat dan menarik perhatian banyak konsumen. Persiapkan hal ini dengan matang supaya banyak yang mengetahui mengenai produk yang akan dikeluarkan. Sehingga saat produk diluncurkan maka masyarakat sudah mengenali dan siap untuk mencobanya.

Pelaksanaan Yang Efektif

Jangan lupa melakukan pelaksanaan pemasaran produk yang efektif. Misalnya dengan menyalurkan produk ke segmen pasar yang tepat. Sehingga nantinya saat diluncurkan mendapatkan respon yang positif dari pasar. Jika tidak maka tentu saja hasilnya tidak bisa sesuai ekspetasi dan beresiko produk tidak akan diterima oleh masyarakat luas.

Evaluasi Hasil

Selalu lakukan evaluasi terhadap seluruh perencanaan dan proses blue ocean strategy yang telah dipilih. Lihat dimana kekurangannya dan cari jalan keluar untuk mengatasi hal tersebut. Dengan demikian resiko kerugian bisa diminimalkan. Selain itu dengan melakukan evaluasi hasil, maka perusahaan bisa menetapkan rencana terbaik selanjutnya untuk tetap membuat produk menjadi unggul di pasaran.

Adapun hal ini sama pentingnya dengan memastikan penggunaan payroll yang tepat untuk perusahaan. Salah satunya yang terbaik yaitu beralih pada JojoPayroll. Dengan sistem tersebut maka payroll karyawan dapat dilakukan secara otomatis termasuk terintegrasi dengan sistem kehadiran atau absensi karyawan. Tentunya semua manfaat tersebut erat kaitannya dengan aneka fitur andalan pada JojoPayroll, mulai dari fitur perhitungan payroll otomatis, cetak slip gaji otomatis, kemudahan transfer payroll, dan lain sebagainya. Maka dari itu jangan ragu untuk mencoba produk yang satu ini. Segera daftarkan perusahaan Anda dan dapatkan coba gratis selama 14 hari sekarang juga. Dapatkan pengalaman penggunaan sistem payroll yang lebih efektif hanya dengan bersama JojoPayroll.