Blue Ocean Strategy, Apa Dan Bagaimana

blue ocean strategy

Blue Ocean Strategy dalam bahasa kita lebih sering disebut dengan istilah strategi samudera biru. Strategi ini rupanya ditandai dengan adanya ruang pasar yang belum dijelajahi. Tidak hanya ruang pasar saja yang belum dijelajahi dalam hal ini tetapi juga permintaan pasar dan juga peluang pertumbuhan juga belum dapat diperkirakan. Strategi ini pada dasarnya lebih berfokus pada aktivitas menumbuhkan permintaan. Selain itu strategi ini juga lebih memilih untuk menjauhi kompetisi. Sebab pada dasarnya strategi ini berupaya untuk menciptakan sebuah ruang pasar yang belum ada pesaingnya. Mungkin strategi ini masih cukup asing temasuk dalam dunia bisnis. Oleh karena itu Anda bisa mencari banyak informasi mengenai strategi yang bisa menjadi solusi bagi banyak perusahaan ini.

Tindakan dalam Blue Ocean Strategy

Eliminate

Sebaiknya segala seuatu yang dianggap tidak baik segera dihapuskan. Dengan menghapusnya maka Anda bisa menciptakan produk yang terbaik. Bahkan produk akan menjadi favorit bagi para konsumen.

Reduce

Jika beberapa nilai pada produk tidak perlu dihilangkan seluruhnya maka Anda bisa menguranginya saja. Menghilangkan beberapa fitur justru akan membantu perusahaan Anda untuk menghemat biaya pengeluaran.

Raise

Mengurangi fitur pada suatu produk yang dikeluarkan oleh perusahaan Anda bisa memberikan manfaat lain. Salah satu manfaatnya misalnya dengan meningkatkan fitur lainnya pada produk. Tentu saja hal ini akan membuat produk Anda menjadi lebih banyak memiliki keunggulan.

Create

Dalam mengeluarkan produk tentunya Anda perlumenciptakan hal atau sesuatu yang baru. Untuk itu Anda memerlukan sebuah terobosan baru dalam menciptakan produk agar bisa memikat hati konsumen. Di samping itu produk sebaiknya memiliki nilai dan manfaat yang lebih bagi konsumen.

Kelebihan Starategi Samudera Biru

Menciptakan pasar baru

Dengan adanya produk baru yang dikeluarkan oleh perusahaan Anda maka akan tercipta pasar baru. Mungkin ke depannya pasar baru yang Anda ciptakan ini akan semakin dilengkapi dengan adanya perusahaan pesaing atau kompetitor.

Profit besar

Mencipatakn pasar baru akan menambah suatu keuntungan bagi perusahaan Anda. Yaitu terwujudnya profit dalam jumlah yang cukup besar. Untuk mempertahankan profit ini maka diperlukan adanya inovasi pada produk Anda.

Brand baru

Tidak hanya produk saja yang tampil baru di masyarakat tetapi juga brand baru. Setiap produk yang dikeluarkan oleh perusahaan tentu disertai pula dengan nama merek atau brand. Berikan nama brand atau merek yang unik dan bisa memikat hati konsumen.

Kekurangan Dan Kelemahan

Butuh biaya besar

Menciptakan sesuatu yang baru sebenarnya bisa saja membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Investasi yang harus ditanamkan dalam hal ini bisa berjumlah sangat besar. Oleh karena itu Anda mungkin membutuhkan modal cukup besar untuk mendukung aktivitas Anda tersebut.

Aktif pemasaran

Adanya produk yang baru mungkin tidak bisa langsung diterima oleh konsumen. Oleh karena itu Anda perlu memasarkan produk Anda secara lebih aktif.

Tips Pelaksanaan Strategi

Fokus pada pasar baru

Menciptakan produk yang baru tentu akan membuat Anda untuk lebih memusatkan fokus pada pasar yang baru. Mungkin Anda bisa menghadirkan beberapa konsep sehingga produk Anda memiliki daya tarik tersendiri bagi para konsumen.

Inovatif

Tips penting yang perlu Anda tanamkan pada pengeluaran produk Anda adalah inovasi. Produk baru yang diluncurkan sebaiknya memiliki keunikan tersendiri. Oleh karena itu Anda harus bisa menciptakan produk yang lebih inovatif. Maka produk Anda bisa tampak unik dan menarik bagi para konsumen.

Slogan unik

Slogan tentunya dibutuhkan terutama untuk kepentingan iklan. Dengan adanya slogan pada proses pemasaran maka produk Anda akan selalu diingat oleh para konsumen. Berikan slogan yang sekiranya dapat selalu tertanam di benak para konsumen. Tentu hal ini bisa menjadi strategi tepat untuk memperkuat sebuah brand dari suatu produk.

Tujuan Strategi

Mengetahui pasar

Sebelum meluncurkan produk baru maka sebaiknya Anda segera melihat pasar. Setidaknya Anda perlu mengetahui secara lebih detail mengenai jenis pasar yang akan Anda masuki. Jenis pasar ini nantinya akan berpengaruh pada strategi pemasaran Anda.

Mencapai target

Dengan adanya strategi sanudera biru maka perusahaan Anda tentu bisa lebih mudah mencapai target pemasaran. Sebab produk yang tergolong baru di pasar akan lebih mudah menarik hati konsumen. Maka perusahaan Anda bisa meraih untung secara lebih cepat.

Mengetahui peluang

Dengan adanya strategi samudera biru maka Anda bsia mengetahui peluang kesuksesan atau kegagalan produk Anda. Hal ini nantinya bisa Anda pelajari untuk dijadikan sebagai strategi pemasaran.

Menjadi pemimpin pasar

Menciptakan produk abru berarti sama saja dengan menciptakan pasar baru. Maka hal ini berbarti bahwa Anda bisa menjadi pemimpin pasar untuk produk yang baru.

Penerapan Blue Ocean Strategy

Blue Ocean Strategy pada dasarnya lebih menekankan perusahaan untuk tidak bersaing. Artinya strategi ini tidak menekankan perusahaan untuk memenangkan kompetisi pasar. Sebab strategi ini cenderung menekankan perusahaan untuk memulai atau mengawali bisnis dengan fokus produk yang berbeda dari perusahaan lainnya. Perusahaan menjadi tampil beda dari para pesaing sehingga tentu saja tidak ada kompetisi di dalamnya. Tentunya dengan penampilan produk yang berbeda dari para pesaing maka permintaan konsumen pada produk akan semakin tinggi. Sebab perusahaan yang menggunakan strategi ini bisa disebut sebagai perusahaan dengan produk khusus.

Penerapan strategi samudera biru ini memang belum banyak diadopsi oleh berbagai perusahaan. Sebab penerapan strategi ini cenderung membutuhkan adanya kreasi dan inovasi yang lebih besar. Di samping itu tentu dibutuhkan biaya yang berlebih untuk menerapkan strategi ini. Sebab menampilkan produk khusus yang berbeda dari produk lainnya tentu membutuhkan proses yang bisa dibilang tidak murah. pada akhirnya jika strategi ini bsia diterapkan dengan baik maka produk Anda tentu akan selalu dinantikan oleh konsumen. Permintaan pasar akan produk Anda bahkan bsia saja meningkat karena konsumen tidak mendapatkannya dari perusahaan lain. Maka Anda bisa mencapai target perusahaan tentunya dengan lebih baik dan tanpa berkompetisi dengan perusahaan lainnya.

Adapun hal ini sama pentingnya dengan memastikan penggunaan payroll yang tepat untuk perusahaan. Salah satunya yang terbaik yaitu beralih pada JojoPayroll. Dengan sistem tersebut maka payroll karyawan dapat dilakukan secara otomatis termasuk terintegrasi dengan sistem kehadiran atau absensi karyawan. Tentunya semua manfaat tersebut erat kaitannya dengan aneka fitur andalan pada JojoPayroll, mulai dari fitur perhitungan payroll otomatis, cetak slip gaji otomatis, kemudahan transfer payroll, dan lain sebagainya. Maka dari itu jangan ragu untuk mencoba produk yang satu ini. Segera daftarkan perusahaan Anda dan dapatkan coba gratis selama 14 hari sekarang juga. Dapatkan pengalaman penggunaan sistem payroll yang lebih efektif hanya dengan bersama JojoPayroll.