Bootstrap : Pengertian, Fungsi, dan Cara Menggunakannya

bootstrap

Sebagai front-end developer, Anda harus bekerja keras menggunakan CSS untuk menghadirkan desain website yang menarik menggunakan Bootstrap, kerangka kerja paling populer di dunia.

Fungsi bootstrap dapat mengembangkan situs web dengan desain responsif dan mengutamakan seluler. Hampir setiap situs web di Internet menggunakan Bootstrap sebagai komponen.

Ini membuktikan bahwa Boot-strap dipercaya dan diterima oleh banyak developer. Inilah salah satu alasan mengapa Anda harus mempelajari Bootstrap.

Ternyata framework Bootstrap bisa mempermudah pekerjaan Anda. Pada artikel ini, kita akan membahas apa itu boot-strap, apa fungsinya dan bagaimana menggunakannya. Simak Ulasannya berikut ini.

Pengertian Bootstrap

bootstrap

Situs web adalah bagian inti yang tidak terpisahkan. Di dalam website, ada banyak istilah atau hal penting yang perlu diperhatikan dengan baik. Misalnya, bootstrap. Apa itu bootstrap?

Bootstrap adalah kerangka kerja CSS yang khusus digunakan untuk pengembangan situs web front-end. Nama asli framework ini adalah Twitter Blueprint. Kata “Twitter” ada karena pada awalnya dikembangkan untuk media sosial. Twitter sangat populer saat ini, dengan hampir 326 juta pengguna.

Sebelum Bootstrap muncul, ada kerangka kerja lain yang tersedia. Hanya saja tingkat konsistensi dalam proses pembangunan masih kurang. Selain itu juga membutuhkan biaya perawatan yang mahal.

Berdasarkan pertanyaan tersebut, akhirnya pengembang menemukan Bootstrap. Tidak seperti framework sebelumnya, Boot-strap dikenal konsisten dan sederhana.

Boot-strap adalah kerangka kerja yang memungkinkan pengembang mengembangkan situs web dengan mudah dan cepat. Pengembang hanya perlu memanggil kelas tertentu untuk membuat tombol, panel, tabel, pesan peringatan, dll.

Fungsi Bootstrap

bootstrap

Sebagai pengguna, Anda hanya perlu menggunakan setiap kelas yang ada, misalnya navigasi, tabel, tombol, dll. Banyak fungsi bootstrap tersedia untuk situs web. Fungsi-fungsinya adalah berikut ini:

  • Dapat mempercepat waktu pengerjaan front end website.
  • Menunjukkan sisi situs web yang lebih modern dan juga merupakan representasi khas dari anak-anak masa kini.
  • Tampilan dari boot-strap sendiri sangatlah sensitif, sehingga sangat berguna untuk semua jenis resolusi seperti tablet, smartphone ataupun PC dan laptop.
  • Situs web yang menggunakan boot-strap umumnya lebih ringan karena lebih terstruktur secara logis.

Keunggulan Bootstrap

bootstrap

Sekarang Anda telah mengetahui apa itu program bootstrap dan apa fungsinya pada sebuah situs web, sekarang Anda juga harus mengetahui manfaat menggunakan program bootstrap. Bagi yang ingin memanfaatkannya, berikut beberapa kelebihan yang diberikannya:

Menghemat waktu

Bootstrap sendiri menyediakan banyak pustaka, yang berisi berbagai skrip, yang dapat digunakan pemrogram saat mengembangkan situs web front-end. Dengan cara ini, pengembang tidak lagi menghabiskan waktu untuk menulis berbagai skrip SCC dari awal. Tentunya dengan menggunakan fragmen script tersebut, situs tersebut akan sangat menguntungkan.

Di tangan programmer yang handal, struktur website dapat meningkatkan produktivitas. Perlu Anda ketahui bahwa versi terbaru dari boot-strap dibuat dengan menggunakan fungsi LESS. Ini berarti boot-strap memiliki banyak aspek menguntungkan dalam desain situs web, yang membuatnya sangat mudah bagi pemrogram.

Lebih fleksibel

Menggunakan situs web panduan juga dapat membuat pekerjaan pengembang dan pemrogram lebih fleksibel. Ya, karena frameworknya bisa digunakan sesuka hati, dan gratis. Anda bisa lebih mudah memodifikasi berbagai script yang sudah ada. Tidak ada aturan khusus untuk menggunakan panduan Twitter ini.

Ini adalah bagaimana Anda bisa berkreasi dalam bentuk yang Anda inginkan dengan menggunakan berbagai alat yang sudah ada di boot-strap itu sendiri. Hal inilah yang membuat developer lebih leluasa dalam membangun website sendiri.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Berorientasi desain

Bootstrap situs web biasanya memiliki sistem default yang sangat bagus, yang disebut sistem kisi. Grid adalah struktur dua dimensi, kombinasi sumbu vertikal dan horizontal, membentuk kolom dan baris. Kemudian, kolom dan baris mewakili ukuran yang sudah tersedia di browser.

Untuk versi awal, boot-strap ini menyediakan grid dengan ukuran layar 940px dan margin 20px. Namun untuk era sekarang ini, ukuran program booting sendiri juga memiliki ukuran yang lumayan lebar, karena layarnya 768px sampai 1200px. Tentu saja ukurannya bisa dimodifikasi oleh pengguna.

Lebih sedikit/time less

Untuk beberapa alasan, ini sangat populer di kalangan pemrogram dan pengembang web. Alasan di atas terkait dengan fungsi respons dari program boot itu sendiri. Dengan menggunakan boot-strap ini, website Anda juga bisa merespon lebih cepat dan semua website bisa ditampilkan dengan benar.

Javascript

Di bootstrap itu sendiri, ia dilengkapi dengan pustaka JavaScript, yang sesuai dengan struktur bahasa pemrograman Javascript standar. Tentunya komponen ini akan membuat website menjadi lebih powerful dari sebelumnya.

File Utama Bootstrap

file

Karena berisi sekumpulan sintaks untuk menjalankan fungsi tertentu, Bootstrap berisi berbagai jenis file. Berikut ulasannya:

Bootstrap.css

Bootstrap.css adalah kerangka kerja untuk mengatur dan mengelola tata letak situs web. HTML mengatur konten dan struktur halaman web, sedangkan CSS bertanggung jawab atas tata letak situs web. Oleh karena itu, kedua struktur ini harus bekerja sama untuk melakukan tindakan tertentu.

Bootstrap.js

File ini adalah bagian inti dari Bootstrap. Ini berisi file JavaScript yang bertanggung jawab untuk interaksi situs web.

Glyphicons

Ikon memainkan peran penting di bagian depan situs web. Faktanya, terkadang ikon dikaitkan dengan tindakan dan data tertentu di antarmuka pengguna. Untuk tugas ini, Boot-strap menggunakan Glyphicons.

Cara menggunakan Bootstrap

Ada banyak opsi untuk menggunakan kerangka bootstrap untuk memenuhi kebutuhan situs web Anda. Anda bisa menginstalnya melalui Bower, NPM, Composer, atau menggunakan CDN Boot-strap agar lebih mudah di kemudian hari.

Perlu diketahui bahwa selama ini ada banyak versi Bootstrap dengan kelebihan dan kegunaan yang berbeda-beda. Anda bisa mengidentifikasinya sebelum menggunakan boot-strap, agar lebih baik dan aman.

Faktanya, tidak seorang pun harus menyelesaikan instalasi terpandu dari situs web ini. Anda harus bergantung pada pemrogram terlatih. Karena tidak semua programmer bisa menginstall boot-strap.

Penutup

Bootstrap adalah kerangka kerja front-end gratis yang baru-baru ini menjadi semakin populer di kalangan pengembang front-end. Selain mudah digunakan, framework tersebut juga mempersingkat pekerjaan developer, jadi Anda tidak perlu menulis grammar secara manual dan berulang-ulang.

Demikian penjelasan tentang apa itu program boot-strap, kelebihannya, dan cara menggunakannya. Setelah mempelajari dan memahami panduan tersebut, kini saatnya Anda berkreasi dan memanfaatkan ilmu baru yang didapat untuk membuat website yang responsif dan nyaman digunakan di berbagai perangkat, khususnya di perusahaan anda. Ini waktu terbaik untuk mulai memakai software JojoExpense.

Kerangka kerja JojoExpense ini juga sangat fleksibel dan dapat memenuhi hampir semua kebutuhan pengembangan situs web front-end perusahaan anda. Fitur boot-strap tidak terbatas pada tampilan website yang menarik saja, tetapi juga memberikan fitur responsive agar halaman web dapat bekerja dengan baik pada semua ukuran layar perangkat.

Jadi tunggu apalagi, mari kita segera ambil langkah-langkah untuk mendapatkan kualitas website terbaik dan terpercaya bersama JojoExpense dan nikmati uji coba gratis sekarang!