Bootstrapping : Pengertian, Keuntungan, dan Kerugiannya

bootstrapping

Ternyata mengembangkan startup tidak selalu bergantung pada investor. Bootstrapping adalah istilah yang dikenal untuk mengembangkan startup semacam itu. Memang, modal awal menjadi faktor kunci dalam mendirikan perusahaan startup. Namun, ini tidak berarti bahwa jika Anda belum menemukan investor untuk mendanai start-up Anda, tidak akan ada masalah. Memang, apa itu Bootstrapping? Di artikel ini akan memberi Anda penjelasan.

Faktor penerapan bootstrapping

bootstrapping

Dalam pelaksanaannya terdapat beberapa faktor yang akan mempengaruhi penerapan metode bootstrapping itu sendiri, diantaranya adalah faktor berikut:

Sikap idealis pemiliknya

Idealisme ini tidak merugikan banyak orang, karena pemilik bisnis ingin lebih mandiri dan kreatif dalam mengembangkan kemampuannya. Setiap pengusaha, terutama pengusaha muda, harus memiliki sikap ini, karena dapat meningkatkan produktivitas negara dengan menyediakan lapangan pekerjaan yang beragam. Biasanya sikap idealis ini ditemukan oleh para pelaku usaha, perputaran modalnya sangat cepat, sehingga butuh waktu lama untuk menyelesaikan dana dan laporan keuangannya bisa langsung berbalik. Contohnya, contoh dapat ditemukan di banyak industri memasak dengan berbagai inovasi baru, mode, dll.

Kondisi permintaan

Persyaratan kondisi merupakan faktor yang mempengaruhi lebih lanjut. Di era digital ini, persaingan sudah sempurna, dan kami membutuhkan kelangsungan hidup dan inovasi untuk mempertahankan perusahaan. Oleh karena itu, pemilik bisnis biasanya harus mampu membujuk investor untuk menanamkan dana yang cukup besar. Misalnya terjadi di bidang teknologi digital (aplikasi, game, platform) dan manufaktur (pabrik makanan atau minuman).

Pengertian Bootstrapping

bootstrapping

Bootstrapping adalah jalur pengembangan atau strategi bisnis, dan pendiri atau pemilik bisnis memilih untuk mengandalkan kekuatan internal. Pelaku usaha yang memilih membimbing biasanya akan memulai usaha baru dengan modal paling sedikit dari kantong atau tabungan, kemudian mengandalkan pendapatan dan omzet untuk mengembangkan usahanya.

Dalam lingkungan bahasa Indonesia, bisa dikatakan bahwa Bootstrapping adalah strategi berbisnis dengan modal dengkul. Pelaku bisnis yang memulai dengan strategi Bootstrapping ini biasanya memulai bisnis dengan modal yang sangat sedikit, atau bahkan tanpa modal sama sekali.

Secara umum, motivasi para pelaku usaha untuk memilih Bootstrapping ada dua, yaitu karena idealisme dan persyaratan bersyarat. Idealisme artinya para pendiri perusahaan ingin dapat sepenuhnya mengontrol proses pengelolaan dan perencanaan bisnisnya tanpa diganggu oleh pihak lain yang belum tentu memahami visinya.

Meskipun motivasi untuk memenuhi persyaratan tersebut berarti bahwa pelaku usaha sebenarnya tidak ingin memiliki kendali yang sepenuhnya terbuka di bawah penyertaan modal dan penguasaan eksternal, ia harus Bootstrapping karena tahapan usahanya masih terlalu muda, sehingga belum dapat meyakinkan pihak luar- Investor-berinvestasi (ekuitas, saham) atau meminjamkan uang kepada perusahaan.

Keuntungan dari metode Bootstrapping

bootstrapping

Metode Bootstrapping memiliki beberapa keunggulan, antara lain:

Lebih memperhatikan perkembangan bisnis

Keuntungan dari metode bootstrap yang pertama adalah perusahaan akan lebih fokus pada departemen pengembangan bisnis daripada harus mencari investor untuk memulai bisnis terlebih dahulu. Anda bisa fokus meningkatkan kualitas produk yang Anda jual menjadi solusi yang dapat memenuhi kebutuhan konsumen. Tidak hanya booming, namun produk tersebut harus memberikan manfaat lebih saat digunakan.

Selain kualitas produk, Anda juga telah memperluas jangkauan jaringan bisnis Anda. Anda dapat terlebih dahulu mengklasifikasikan konsumen, seperti pelanggan yang sudah ada, pelanggan potensial baru, dan pelanggan lainnya. Dengan cara ini, Anda bisa meminta pelanggan yang sudah ada untuk memberikan referensi dan dengan demikian menjadi pelanggan potensial bagi pelanggan baru.

Kontrol perusahaan yang mutlak

Keuntungan dari metode panduan berikutnya adalah karena status kepemilikan perusahaan dikendalikan oleh Anda, Anda dapat sepenuhnya mengontrol semua departemen dari lini produksi perusahaan tanpa kebijakan atau keputusan dari investor lain.

Jika sumber dana perusahaan berasal dari angel investor atau modal ventura, hal ini akan berbeda, karena angel investor atau modal ventura memerlukan laporan keuangan perusahaan secara berkala dan harus siap membagikan hasil bisnis pada waktu yang disepakati.

Membangun budaya kerja perusahaan

Dengan menggunakan metode pembinaan ini, karena Anda sudah terbiasa dengan seluk beluk merintis sejak awal perusahaan, Anda dapat menciptakan budaya kerja yang kuat dan fleksibel. Budaya kerja perusahaan dapat menciptakan suasana kerja yang kondusif untuk fokus pada pencapaian tujuan perusahaan.

Selain itu, budaya kerja yang kuat akan menunjukkan kesiapan perusahaan Anda untuk berkembang, terutama dengan membuka cabang baru. Dengan cara ini, perusahaan bisa menjadi lebih mandiri dan kreatif, dan Anda akan fokus membuka cabang baru untuk mengembangkan bisnisnya.

Singkirkan tekanan bisnis

Membicarakan stres bisnis sama saja dengan saat Anda mengalami stres saat bekerja di sebuah perusahaan. Begitu pula saat ini akan ada tekanan bisnis dari investor yang mengharuskan mereka untuk terus mendatangkan keuntungan bagi investor tersebut. Dengan menggunakan metode bootstrap, Anda dapat menghindari stagnasi bisnis sehingga membuat Anda merasa lebih menguntungkan.

Seperti yang bisa Anda bayangkan, investor mengamati setiap aktivitas bisnis setiap saat. Jika siklus bisnis mengalami banyak kerugian, maka bisa mendapat peringatan dari investor. Bahkan bisa membuat investor membutuhkan modal investasi di masa depan.

Keuntungan yang berpotensi lebih besar

Hasil yang dihitung dari sumber dana Anda sendiri (bootstrap) sangat terbatas, tetapi Anda pasti mendapatkan 100% keuntungan. Berbeda dengan bisnis Anda yang sumber dananya berasal dari modal ventura atau angel investor, tentunya keuntungan harus dibagikan kepada investor sesuai kesepakatan di awal perjanjian.

Kerugian dari metode Bootstrapping

kerugian
  1. Jaringan terbatas. Kerugian dari Bootstrapping pertama adalah jaringan atau koneksi yang terbatas. Alasannya adalah bahwa jaringan tersebut hanya berasal dari hubungan Anda atau rekan pendiri lainnya. Hal ini tentunya berbeda dengan perusahaan start up yang sudah memiliki investor, bisa berasal dari hubungan yang dimiliki investor tersebut, atau bisa juga dari start up lain yang bermodal investor yang sama.
  2. Risiko Anda sendiri. Kebijakan pengendalian penuh perusahaan tidak selalu menguntungkan pemilik perusahaan. Dalam menjalankan bisnis, perusahaan harus menerima kritik dan pendapat dari pihak lain. Sebab, jika perusahaan mengalami kerugian besar, investor ikut menanggung kerugian. Oleh karena itu, salah satu kelemahan dari strategi boot adalah menanggung semua risiko yang dihadapi selama proses startup.
  3. Perkembangan lambat. Zona nyaman adalah salah satu kelemahan dari strategi bootstrap. Jika sebuah perusahaan mulai menunjukkan kemajuan, biasanya pemiliknya macet. Ini karena investor tidak mendorong mereka untuk mengembangkan usahanya. Dengan cara ini, startup kemungkinan besar akan berkembang sangat lambat atau mendapat masalah pada tahap tertentu.

Kesimpulan

Menggunakan metode bootstrap mungkin tidak terlalu bermanfaat pada awalnya. Karena keterbatasan dana, agak sulit untuk dikembangkan. Dengan berfokus pada penciptaan peluang bisnis, masalah manajemen keuangan dipermudah dengan penggunaan software akuntansi untuk bisnis, sehingga menghasilkan laporan keuangan yang akurat dan andal.

Software akuntansi dapat memenuhi semua kebutuhan keuangan perusahaan dalam sistem aplikasi keuangan perusahaan yang disebut JojoExpense. Sistem ini menyediakan lebih dari 20 jenis laporan keuangan real-time, yang dapat membantu menganalisis, memeriksa, dan mengembangkan bisnis.

JojoExpense adalah software akuntansi yang praktis dan mudah digunakan. Bagi ribuan pemilik bisnis yang ingin memiliki laporan keuangan yang lengkap, JojoExpense adalah pilihan utama, walaupun rata-rata pebisnis yang tidak memiliki latar belakang keuangan atau akuntansi. Lakukan Uji Coba JojoExpense secara gratis sekarang.