Brand Advocacy Marketing : Pengertian, Manfaat, dan Hal Penting Lainnya

brand advocacy marketing

Biaya pemasaran produk semakin hari semakin sangat mahal. Untuk mengatasi masalah ini, ada strategi pemasaran yang efektif dan bermanfaat bagi pemilik usaha. Strateginya adalah promosi dan pemasaran merek dengan Brand Advocacy Marketing. Konsumen yang menyukai merek Anda akan secara organik mendukung dan mempromosikan produk dan layanan Anda kepada pelanggan baru.

Dengan strategi ini, Anda tidak perlu khawatir tentang biaya pembuatan iklan atau promosi berbayar yang mahal. Bisa lebih tenang, karena konsumen sendiri yang akan menjual produk atau merek anda secara organik. Dengan Brand advocacy marketing, merek akan menjadi lebih terkenal dan penjualan akan meningkat.

Arti Sebuah Brand Advocacy Marketing

brand advocacy marketing

Konsep Brand Advocacy Marketing mengacu pada pelanggan yang berbicara untuk mendukung persepsi produk dan memberikan ulasan atau pesan kepada pelanggan lain, berharap mereka akan bergabung dengan suatu merek. Konsumen akan sangat berkomitmen terhadap suatu merek, maka tercipta hubungan yang dapat membangkitkan dukungan merek.

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa strategi Brand Advocacy Marketing adalah strategi pemasaran yang menggunakan pembuktian dari pelanggan karena telah menggunakan dan membeli produk tertentu dengan harapan dapat memperoleh pelanggan baru. Strategi ini merupakan salah satu strategi rahasia untuk meningkatkan tingkat konversi penjualan produk.

Pentingnya Brand Advocacy Marketing

brand advocacy marketing

Mengapa Brand Advocacy Marketing penting untuk pemasaran? Bagaimana efeknya? Berikut adalah alasan mengapa menggunakan strategi ini sangat penting dan efektif dalam pemasaran Anda.

  1. Menurut statistik, 92% konsumen mempercayai rekomendasi dari lingkaran sosial. Konsumen potensial biasanya tidak bertanya tentang iklan, tetapi orang-orang yang baru-baru ini menggunakan produk atau layanan. Biasanya, mereka akan langsung mempercayai saran dan konten rekan kerja, keluarga dan teman.
  2. Poin pertama adalah bahwa pertumbuhan merek Anda secara alami akan meningkat tanpa harus mengeluarkan banyak uang untuk iklan.
  3. Tingkatkan citra merek Anda melalui kesan positif dari orang-orang yang telah menggunakan produk dan layanan Anda.
  4. Merek Anda memiliki banyak peluang promosi dan terbuka untuk lebih banyak konsumen baru. Sebab, ketika sebuah brand ramai dibicarakan, otomatis banyak publikasi akan mencari publikasi.
  5. Dengan bantuan dari begitu banyak pelanggan, waktu yang dihabiskan untuk pemasaran akan dipersingkat. Dengan cara ini Anda memiliki lebih banyak waktu untuk mencoba hal-hal baru.

Manfaat strategi Brand Advocacy Marketing

brand advocacy marketing

Adapun beberapa manfaat dari strategi Brand Advocacy Marketing, diantaranya sebagai berikut:

Meningkatkan daya tarik merek

Fungsi pertama adalah meningkatkan daya tarik merek Dalam dunia persaingan komersial banyak cara untuk meningkatkan daya tarik merek, salah satunya dengan membuat rencana pemasaran advokasi merek semenarik mungkin, contohnya Konsumen hanya perlu menyebutkan nama produk anda dan mereka akan menerima hadiah. 100 orang pertama yang berpartisipasi dalam Brand Advocacy Marketing tersebut akan menerima kupon diskon masing-masing senilai Rp50rb.

Merangsang keingintahuan merek

Fungsi selanjutnya adalah membangkitkan keingintahuan konsumen terhadap suatu merek, sehingga diperlukan rencana pemasaran dukungan merek, yaitu pemasaran konten yang menarik, dan akan menimbulkan banyak rasa ingin tahu. Pemasaran konten dapat dipromosikan melalui media sosial atau pasar yang sedang berkembang pesat.

Perkuat komitmen konsumen

Mulai dari minat dan pemahaman konsumen terhadap merek, akan terus mengabdikan diri pada pembelian, bahkan meningkatkan loyalitas konsumen melalui kerjasama jangka panjang menggunakan merek tersebut. Keputusan pembelian konsumen juga dapat dipengaruhi oleh keterjangkauan merek, sehingga media online dapat dimaksimalkan.

Meningkatkan ketertarikan

Fungsi terakhir adalah meningkatkan ketertarikan antar konsumen karena adanya minat yang sama. Ini juga dapat membangun keterlibatan pelanggan yang kuat, yaitu berinteraksi dengan pelanggan lain melalui saluran offline atau online.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Hal yang diperhatikan Saat Gunakan Brand Advocacy Marketing

arti penting

Saat ini Anda pasti ingin memahami arti penting dari Brand Advocacy Marketing, ya, karena sistem promosi ini menggunakan konsumen untuk merujuk pada konsumen lain. Dari segi waktu dan biaya, strategi ini memang menjadi salah satu strategi pemasaran yang paling terjangkau dan dapat diterapkan pada berbagai jenis usaha. Sebelum anda memulainya, silahkan simak hal-hal penting dari Brand Advocacy Marketing berikut ini:

Merek tidak harus berasal dari kalangan terkenal

Anda mungkin berpikir bahwa semakin terkenal brand, semakin mudah meyakinkan konsumen untuk menggunakan produk tersebut. Namun, tidaklah selalu demikian. Untuk mendapatkan pendukung merek terbaik, Anda hanya perlu mencari orang yang memiliki pengalaman baik dengan merek Anda, yaitu konsumen yang puas. Tentu saja, influencer memiliki kemampuan untuk menarik lebih banyak perhatian orang, dan berarti mereka dapat membujuk seseorang untuk membeli suatu produk.

Mulailah aktivitas pemasaran dari hal-hal yang sangat sederhana

Perlu ditekankan bahwa publisitas pasar tidak perlu terlalu rumit, karena hal itu justru dapat mengurangi keinginan konsumen untuk berpartisipasi. Tweet, komentar, umpan balik, dan berbagi adalah beberapa tindakan paling sederhana yang dapat dilakukan dalam kampanye pemasaran Brand Advocacy Marketing. Konsumen dapat merekomendasikan kepada orang lain hanya dalam beberapa detik dan membagikan informasi positif tentang merek Anda.

Brand Advocacy Marketing harus memberikan keuntungan dua arah

Jika Anda hanya ingin perusahaan untung, Anda tidak akan mendapatkan hasil terbaik dari advokasi pemasaran. Harus diakui bahwa dari sudut pandang pemilik bisnis, promosi pemasaran dengan tujuan keuntungan semata menjadikan perusahaan dalam kesalahan besar. Di sisi lain, perusahaan harus dapat menggunakan proposisi pemasaran yang menguntungkan dari sudut pandang konsumen. Langkah pertama dalam melakukan ini adalah berterima kasih kepada konsumen yang melakukan promosi di luar kampanye.

Memastikan bahwa konsumen yakin bahwa program advokasi yang ada tidak hanya memberikan manfaat bagi perusahaan, tetapi juga memberikan manfaat bagi konsumen. Imbalan yang Anda berikan dalam kampanye iklan Anda tidak selalu berkaitan dengan imbalan yang tinggi, dan bisa diberikan kepada konsumen dalam bentuk bingkisan sederhana sebagai ungkapan rasa syukur.

Saat melakukan promosi dan pemasaran merek, selain berfokus pada ketiga hal tersebut diatas, Anda harus terlebih dahulu meningkatkan budaya, lingkungan, serta produk dan layanan bisnis Anda. Anda perlu menciptakan lingkungan yang dapat dipercaya di mana karyawan dan produk berkualitas Anda bangga. Karena jika bisnis internal tidak bagus, bagaimana orang luar akan menganggap merek Anda layak direkomendasikan.

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan mengenai strategi pemasaran Brand Advocacy Marketing yang memang dapat membantu perusahaan yang ingin tumbuh dengan dana terbatas dalam ekspansi usahanya, sehingga tetap dapat menghasilkan keuntungan bagi perusahaan. Saat menghitung laba dan laba, alat seperti perangkat lunak akuntansi dapat digunakan.

Software akuntansi dapat memenuhi semua kebutuhan keuangan perusahaan dalam sistem aplikasi keuangan perusahaan yang disebut JojoExpense. Sistem ini menyediakan lebih dari 20 jenis laporan keuangan real-time, yang dapat membantu menganalisis, memeriksa, dan mengembangkan bisnis.

JojoExpense adalah sebuah software akuntansi yang praktis dan sederhana Bagi ribuan pemilik bisnis, JojoExpense adalah pilihan utama, walaupun mereka tidak memiliki latar belakang keuangan atau akuntansi dan menginginkan laporan keuangan yang lengkap. Daftarkan perusahaan anda dan lakukan Ujicoba gratisnya sekarang juga.