Brand Ambassador Mampu Mencuri Perhatian Publik

Persaingan yang semakin ketat menuntut manajemen perusahaan untuk kreatif mendapatkan perhatian publik. Memakai brand ambassador adalah trend positif yang bisa dipakai oleh perusahaan untuk menarik perhatian konsumen. Apa itu Brand Ambassador? Dalam pemasaran dan branding, Anda sering mendengar tiga istilah, yaitu brand advokat, brand ambassador, dan influencer.

Sebagai permulaan, meskipun masing-masing dari ketiga istilah ini memiliki arti yang berbeda, mereka sering kali disalahartikan dengan maksud dan tujuannya. Jika Anda berada dalam bisnis dan pemasaran, penting untuk memahami perbedaan antara keduanya.

Ketiga jenis pilihan pemasaran merek ini memang berdampak besar pada penjualan dan kelancaran sebuah merek atau bisnis. Inilah sebabnya mengapa sebagian besar perusahaan profesional harus mempekerjakan duta merek sebagai wajah atau logo mereka.

Media pendukung seperti internet dan jejaring sosial akan selalu tempat yang pas untuk pengiklanan sang duta brand ini. Dalam perkembangannya sendiri duta merek sudah sejak lama. Perkembangannya dimulai pada tahun 1870 dimana beberapa perusahaan besar sedang mencari solusi terbaik untuk meningkatkan costumer engagmentnya.

Siapa yang jadi Brand Ambassador?

Brand ambassador adalah orang yang berperan penting dalam branding dan pemasaran perusahaan. Kalaupun tidak dianggap sebagai karyawan, setiap perusahaan tetap saja bersaing untuk mendapatkan brand ambassador terbaik.

Pasalnya, seiring dengan meningkatnya jumlah pengguna media sosial, permintaan akan duta merek juga meningkat. Sebenarnya, apa itu duta merek dan mengapa itu penting bagi merek? Selain itu, apakah brand ambassador sama dengan influencer?

Nah, pada artikel kali ini kita akan membahas secara tuntas hal-hal terkait brand ambassador. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini! Namun, untuk bisa memakai metode menarik konsumen melalui brand ambassador, anda terlebih dahulu harus mengetahui seluk-beluknya. Agar memahami seberapa efisien menerapkan metode branding seperti ini. Berikut adalah sejarah singkat dari metode ini.

Apa itu Brand Ambassador?

Duta merek juga disebut duta perusahaan. Jika kita mengacu pada Wikipedia bahasa Inggris, yang dimaksud dengan brand ambassador adalah sebagai berikut:

Brand ambassador adalah seseorang yang dipekerjakan oleh suatu organisasi atau perusahaan untuk mewakili merek dengan cara yang positif, sehingga membantu meningkatkan kesadaran merek dan penjualan. Brand ambassador bertujuan untuk menciptakan citra perusahaan berupa penampilan, perilaku, nilai dan etika.

Elemen kunci dari duta merek atau duta merek adalah kemampuan mereka untuk menggunakan strategi promosi. Strategi ini akan memperkuat hubungan pelanggan-produk-layanan dan mempengaruhi khalayak luas untuk membeli dan mengonsumsi lebih banyak produk atau layanan yang disediakan oleh perusahaan.

Di masa lalu, teknik pemasaran dari mulut ke mulut atau dari mulut ke mulut cukup untuk mendukung pemasaran perusahaan. Namun, pemasaran dari mulut ke mulut kini memiliki bentuk modifikasi baru. Dengan berkembangnya usaha di media sosial, teknologi pemasaran dari mulut ke mulut sudah mulai memasuki era duta merek.

Pentingkah Brand Ambassador (duta merek)?

Menurut laporan dari EveryoneSocial, duta merek adalah orang-orang yang mempromosikan merek dan produk mereka ke jaringan mereka, dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran merek dan mempromosikan penjualan.

Menurut Referral Rock, tidak hanya itu, duta merek adalah orang yang mencintai merek Anda dan ingin merek Anda sukses serta benar-benar menggunakan produk Anda. Jika perusahaan memilih brand ambassador, mereka akan terus meningkatkan brand Anda dalam waktu yang ditentukan.

Biasanya mereka harus setuju dan memilih brand Anda secara online dan offline. Oleh karena itu, ketika datang ke media sosial, acara, pertunjukan, dll., Mereka harus selalu memilih merek Anda, bukan merek pesaing. Biasanya brand ambassador adalah orang-orang terkenal seperti aktor, musisi dan tokoh masyarakat. Dengan cara ini, informasi merek Anda juga akan tersebar luas melalui jaringannya yang luas.

Namun, menjadi terkenal saja tidak cukup. Duta merek akan menjadi “wajah” merek. Oleh karena itu, mereka juga harus mampu menyampaikan segala macam informasi yang berkaitan dengan produk, layanan, dan merek Anda.

Oops! We could not locate your form.

Tahun 1950 Mulai Bertebaran Brand Ambassador

Pada tahun tersebut memang saat yang sangat ideal untuk mengembangkan sebuah bisnis. Karena pasca perang dunia yang sudah reda. Sedangkan pada waktu sebelum itu iklim perindustrian memang belum stabil karena adanya faktor hambatan seperti perang dunia dan masih kurangnya media pendukung untuk memasarkan produk.

Sistem pengenalan produk ini dapat menyingkirkan metode sebelumnya yaitu pengelolaan merek. Dengan bergantinya cara pemasaran menggunakan brand ambassador banyak perusahaan yang telah sukses meraih keuntungan besar.

Sedangkan duta merek mulai banyak diminati dari tahun 1990. Dimana  internet dan televisi mulai gencar digunakan oleh banyak orang. Memanfaatkan peluang itu perusahaan memunculkan ide kreatif dengan memaksimalkan eksistensi duta merek.

Pemasaran yang dilakukan oleh berbagai perusahaan adalah dengan memberikan beberapa paket produknya. Lalu agar brand ambassador tersebut menunjukannya didepan masyarakat banyak. Selanjutnya juga disetiap iklan yang ditayangkan selalu menunjukan duta merek tersebut.

Metode ini dinilai sangat efektif karena pada zaman itu orang-orang masih mencari trend. Jadi ketika seorang artis yang dipilih menjadi duta merek memakai barang tertentu maka masyarakat akan menilainya sebagai sebuah trend.

Hal ini masih berlaku sampai sekarang. Banyak artis yang diberikan berbagai barang gratis oleh produsen dengan perjanjian harus selalu melakukan endorsement secara natural. Apalagi melihat perkembangan ekonomi dizaman ini yang semakin meningkat.

Daya beli masyarakat yang kian kuat karena adanya globalisasi. Membuat efek dari brand ambassador juga semakin berimbas. Sekarang hampir seluruh perusahaan memakai metode duta merek untuk mendapatkan lebih banyak konsumen.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Contoh yang bisa disaksikan langsung adalah sebuah supermarket yang memakai artis muda untuk menjadi duta mereknya. Dampak yang diberikan kepada pencitraan supermarket itu ternyata sangat baik. Karena karakter yang ditunjukan oleh duta merek tersebut akan menjadi penilaian konsumen.

Maka banyak konsumen dizaman ini yang mempertimbangkan brand ambassador sebagai alasan membeli produknya. Bahkan ada sebuah tragedi dimana perusahaan salah memilih duta merek dan berujung kepada tidak lakunya produk tersebut dipasaran.

Brand Ambassador Cara Promosi Masa Kini

Duta merek ini memang juga mengikuti perkembangan zaman. Berbagai elemen yang menjadi trend sering digunakan untuk mempromosi duta merek ini. Biasanya artis ataupun tokoh berpengaruh selalu digunakan oleh perusahaan untuk menjadi duta merek.

Aktor sebuah film yang berhasil sukses juga biasanya langsung dikontrak oleh perusahaan untuk menjadi duta mereknya. Selanjutnya grup musik juga menjadi alternatif brand ambassador yang tidak kalah menyita perhatian konsumen.

Grup musik biasanya sudah memiliki fanbasenya sendiri. Sehingga ketika anggotanya menjadi duta merek otomatis setidaknya 50% dari fanbasenya akan memakai produk tersebut. Apalagi jika grup musik korea yang notabenenya memiliki fans berat diseluruh dunia.

Tidak heran perusahaan terkenal sering memakai mereka sebagai brand ambassador. Kemungkinaan perkembangan dari duta merek ini memang tidak terbatas. Melihat semakin banyaknya artis maupun grup musik yang muncul didunia ini.

Semakin tenarnya duta merek yang dikontrak maka kemungkinan besar produk tersebut akan laris terjual. Contohnya saja produk kosmetik sering menggunakan duta merek seorang putri Indonesia. Ataupun mengontrak artis yang sedang naik daun.

Kekuatan dari brand ambassador memang belum bisa dikalahkan oleh pemasaran jenis lainnya. Karena penggunaan aktor dan aktris yang selalu bisa meluluhkan hati konsumen. Pihak perusahaan juga sudah mengetahui hal tersebut.

brand ambassadorPerkembangan Perusahaan Dengan Brand Ambassador

Perusahaan bisa berkembang tentu melihat costumer engagment yang telah diraih. Lalu meningkatkan hal itu bukanlah sesuatu yang mudah. Pasalnya menarik minat konsumen untuk membeli produk yang ditawarkan akan selalu menantang.

Sehingga pihak perusahaan harus memutar otak. Untuk bisa memikat konsumen agar membeli produk dan jasa dari perusaaan mereka. Maka lahirlah brand ambassador, dimana perusahaan memasarkan produk dengan menggunakan karisma dari duta merek.

Pesatnya perkembangan yang didapatkan oleh perusahaan juga sangat bergantung kepada caranya untuk mendapatkan profit dari produk. Jika ternyata tidak berhasil mencuri hati konsumen maka perusahaan itu otomatis telah kalah saing dengan kompetitornya.

Cara terbaik untuk mengatasi masalah itu dengan mulai mempelajari dan menerapkan metode pemasaran melalui brand ambassador. Walapun biaya kontrak biasanya akan mahal karena berkenaan langsung dengan pribadi aktor ataupun artis tersebut.

Secara simpel bisa dipahami duta merek adalah sebuah cara untuk mengenalkan produk melalui tokoh berpengaruh. Dimana ketika orang melihat tokoh tersebut maka ia akan selalu berpikir tentang produk tersebut. Sehingga wajar jika bayaran yang diminta untuk sekali kontrak akan sangat mahal.

Karena sasaran utama dari brand ambassador adalah alam bawah sadar konsumen. Banyak keuntungan bagi pihak produsen ketika menggunakan pengiklanan jenis ini. Salah satunya seperti yang sudah dijelaskan bahwa image produk tersebut akan selalu terkait kepada duta mereknya.

Perbedaan antara Brand Ambassador, Brand Advocate dan Influencer

Nah, berikut definisi dan perbedaan antara brand advokat, brand ambassador, dan influencer, di antaranya:

Brand advokat

Pendukung merek adalah pelanggan setia yang secara aktif mengomentari atau mengomentari produk yang mereka gunakan. Pendukung merek adalah mereka yang sangat setia dan bersedia memberikan ulasan dan ulasan positif tanpa dibayar atau dihargai. Tidak hanya itu, para brand advokat biasanya secara aktif memberikan informasi terkait produk kepada publik.

Mereka dapat melakukan ini secara langsung atau tidak langsung di mana saja, seperti di media sosial, dll. Brand advokat dapat memahami informasi produk dengan baik, karena biasanya mereka telah menggunakan dan menggunakan produk merek Anda. Keuntungan yang bisa Anda dapatkan adalah mendapatkan review, kritik dan saran untuk meningkatkan kualitas produk.

Brand Ambassador

Tidak seperti pendukung merek, duta merek diundang secara khusus untuk bekerja sama dengan perusahaan dan menjadi logo merek. Biasanya waktu kolaborasi terbatas, dan orang yang menjadi brand ambassador harus menguasai produk dalam waktu singkat. Selain itu, meskipun belum pernah menggunakan produk tersebut, mereka akan diminta untuk melakukan pengecekan produk.

Seorang juru bicara merek adalah orang yang membayar untuk kepuasan dan kesenangan produk atau merek tertentu. Duta merek biasanya berasal dari artis terkenal atau orang yang memiliki pengaruh di masyarakat. Dengan cara ini, konsumen akan semakin tertarik untuk mencoba dan membeli barang atau jasa yang disediakan oleh brand ambassador.

Influencer

Hampir seperti duta merek, orang-orang berpengaruh juga diberi penghargaan karena berbicara kepada publik. Bedanya, influencer tidak hanya berasal dari artis atau karakter terkenal, tapi bisa juga dari mana saja. Seperti halnya tren sosial saat ini, ada banyak influencer media sosial dari Instagram atau YouTube.

Sesuai dengan namanya, mengajak orang-orang berpengaruh untuk bekerja sama memberikan dampak bagi konsumen dan masyarakat. Namun, kontrak kerja sama dengan influencer biasanya lebih pendek daripada duta merek. Dengan kata lain, orang-orang berpengaruh menjual layanan review mereka ke perusahaan atau merek yang membutuhkannya, dan kemudian tidak ada hubungan kerja.

Pentingnya Brand Ambassador, Brand Advocate dan Influencer

Dalam ketiga metode pemasaran di atas, tujuan utamanya sebenarnya sama untuk menarik lebih banyak konsumen dan pelanggan. Namun, setiap metode memiliki kelebihan dan kekurangan, dan perbedaan harga atau biaya di antara ketiganya juga terlihat jelas.

Bekerja dengan duta merek profesional membutuhkan banyak waktu. Namun, jika anggaran pemasarannya kecil, Anda bisa memilih influencer yang lebih murah dengan dampak yang lebih kecil. Pada saat yang sama, sebuah merek dengan kualitas dan kekuatan yang dipercaya konsumen bisa mendapatkan pujian dari konsumen setianya tanpa mengeluarkan uang.

Kesimpulan

Dilihat dari performanya selama lebih dari beberapa dekade kebelakang. Memang brand ambassador selalu memberikan hal positif kepada perusahaan. Oleh karena itu sampai sekarang metode seperti ini masih diterapkan oleh banyak perusahaan.

Bahkan semakin dikembangkan untuk mendapatkan lebih banyak lagi benefit bagi perusahaan. Untuk anda yang terjun kedalam dunia bisnis pasti tertarik untuk memakai metode pemasaran ini. Pemutakhiran sistem dalam perusahaan juga penting jika menggunakan metode ini.

brand ambassador

Aplikasi canggih seperti JojoExpense akan membantu mengatur keuangan anda saat hendak melebarkan bisnis. Pengeluaran yang dibutuhkan untuk branding dan lain sebagainya. Bisa dilakukan oleh satu aplikasi ini. Jadi anda tidak perlu repot ketika pihak manajemen meminta seorang duta merek sedangkan masih banyak perhitungan yang harus dilakukan.

Dengan penggunaan aplikasi ini anda bisa mengecek secara langsung keuangan perusahaan. Tanpa harus menunggu masuk kembali ke kantor. Jadi tidak ada waktu yang akan terbuang untuk anda ketika memakai JojoExpense.

Belum lagi sistem otomatis yang akan memperhitungkan semua kebutuhan anda. Tanpa perlu merepotkan anda. Cukup atur masukan dan pengeluaran maka hasilnya bisa dilihat dalam hitungan menit. Waktu berjam-jam yang biasa terbuang dalam proses ini bisa dimanfaatkan untuk hal lain.

Dapatkan demo dari JojoExpense secara gratis di situs resmi kami Jojonomic. Tidak perlu mengeluarkan budget untuk versi demo ini karena harganya gratis.