Brand Building Untuk Sistem Pemasaran Produk Yang Efektif

brand building

Brand building tentu merupakan suatu aktivitas yang berhubungan dengan suatu brand atau merek. Istilah ini sebenarnya merupakan suatu proses menimbulkan awareness atau kesadaran mengenai sebuah produk yang dihasilkan oleh perusahaan. Tentu saja hal ini bisa dilakukan dengan menggunakan berbagai macam metode. Brand buiding sendiri bisa dikatakan sebagai bagian dari suatu strategi marketing yang dapat membangun bisnis Anda sehingga semakin kuat.

Tujuan Brand Building

Mendekatkan pelanggan dengan brand

Saat sebuah brand mulai dikenal di pasar biasanya konsumen akan mulai tertarik mengenai brand tersebut. Namun ketertarikan bisa muncul dan hilang kapan saja. Oleh karena itu dibutuhkan suatu strategi marketing agar konsumen bisa selalu tertarik pada brand perusahaan Anda. Maka Anda bisa melakukan brand building sehingga konsumen semakin kenal dengan brand perusahaan Anda. Tidak hanya itu saja tetapi hal ini juga bisa membuat pelanggan Anda menjadi semakin dekat dengan brand yang digunakan. 

Menjelaskan nilai produk

Tentunya sebuah produk dipilih karena adanya penilaian yang dimiliki oleh pelanggan di dalam benaknya. Jika penilaian tersebut bersifat positif maka pelanggan tidak akan berpaling dari produk Anda. Oleh akrena itu untuk menjaga loyalitas pelanggan dibutuhkan suatu strategi. Strategi ini lebih mengacu pada aktivitas yang membuat pelanggan bisa memahami nilai dari suatu produk. Anda mungkin bisa memberikan informasi kepada pelanggan mengenai produk Anda sehingga nilai produk bisa menjadi informasi bagi pelanggan.

Menciptakan identitas visual

Identitas visual sebenarnya meliputi beberapa hal. Misalnya saja seperti nama dan ciri khas yang membuat suatu hal atau suatu produk selalu disadari kehadirannya oleh masyarakat. Brand building tentu dapat membantu perusahaan Anda memiliki suatu identitas visual. Maka masyarakat akan selalu mengenal brand Anda karena identitas visual yang diketahuinya sehingga brand Anda selalu menjadi pilihan bagi konsumen.

Tahapan Brand Building

Menentukan target

Hal pertama yang harus dilakukan dalam melakukan strategi brand building adalah menentukan target dari brand Anda. Mungkin saja Anda bisa lebih memusatkan fokus pada satu kelompok yang akan menjadi target Anda. Target harus jelas sehingga nantinya perusahaan bisa melakukan berbagai hal yang berkaitan dengan pemasaran untuk dapat mencapai target tersebut. Dalam melakukan hal ini mungkin saja Anda perlu melakukan klasifikasi agar bisa mencapai target. Jadi komunikasi bisa dilakukan secara efektif pada kelompok yang menjadi target Anda.

Menentukan misi

Jika memang target telah ditentukan secara kelas maka selanjutnya Anda perlu menyusun urutan langkah yang akan dilakukan demi mencapai target. Penyusunan langkah yang harus dilakukan tersebut akan menjadi midi bagi perusahaan Anda. Dengan adanya misi tersebut maka Anda bisa menanamkan pada publik atau masyarakat mengenai citra brand perusahaan Anda. Namun untuk melakukan hal ini Anda perlu merancang berbagai hal lain yang berkaitan dengan brand Anda. Seperti misalnya logo dan tagline serta hal lainnya.

Menganalisis kompetitor

Tidak hanya menentukan misi saja tetapi ada juga hal lain yang harus dilakukan. hal tersebut adalah menganalisis perusahaan pesaing atau kompetitor Anda. Setidaknya Anda bisa mengetahui produk yang sedang ditawarkan oleh perusahaan kompetitor. Atau Anda bisa juga mengetahui bagaimana caranya menawarkan kepada publik. Jika kompetitor memiliki strategi yang unik dan berbeda maka Anda bisa menjadikan hal ini sebagai motivasi untuk memunculkan ide kreatif dan inovasi. Maka Anda bisa saja mencari cara yang lebih baik dalam memasarkan brand Anda. Tentunya kompetisi di dunia bisnis ini harus tetap dilakukan secara sehat.

Membuat nilai produk

Dalam memasarkan brand Anda maka sebaiknya Anda telah menentukan ciri khas atau keunikan brand Anda. Dengan adanya ciri khas atau keunikan tersebut maka produk dari brand Anda akan semakin bernilai bagi konsumen. Produk Anda tidak hanya terkesan menarik tetapi juga dinilai bermanfaat bagi konsumen. Maka produk dari brand Andaakan memiliki keunggulankompetitif dan bahkan bukan tidak mungkin produk brand Anda tersebut bisa memenangkan pasar.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Menyusun pedoman brand

Selanjutnya perlu dilakukan penyusunan pedoman brand. Melalui pedoman ini maka perusahaan dapat selalu berupaya untuk mengembangkan bisnis sehingga brand Anda bisa lebih mudah untuk diidentifikasi oleh konsumen. Untuk memperlancar hal ini maka Anda bisa membuat beberapa elemen visual yang akan menjadi ciri dari brand Anda. Seperti misalnya logo dan juga warna serta brand tone yang akan membuat konsumen selalu ingat pada brand Anda.

Memasarkan brand

Tahap terakhir adalah memasarkan brand ke konsumen. Sebaiknya pesan yang disampaikan pada konsumen bersifat jelas dan dapat mengomunikasikan identitas brand Anda. Maka brand Anda akan semakin dikenal dan kemudia selalu diingat. Bahkan brand akan banyak bermunculan di berbagai tempat.

Pentingnya Brand Building

Brand building tentu saja menjadi suatu hal yang sangat penting sebab hal ini bisa berguna bagi perkembangan bisnis Anda. Oleh karena itu hal ini perlu dilakukan oleh setiap perusahaan. Dengan membangun kesadaran di dalam benak konsumen mengenai produk Anda maka bisnis Anda akan mengalami peningkatan. Maka produk Anda akan selalu tampak menarik bagi banyak konsumen. Maka produk akan memiliki peluang yang lebih besar untuk dicari dan diburu oleh konsumen. Bahkan bukan tidak mungkin produk akan semakin banyak dibeli secara kontinyu. Jika hal ini sampai terjadi maka bisa saja perusahaan Anda segera mendapatkan banyak pelanggan. Bahkan pelanggan Anda akan menjadi customer loyal yang akan terus membeli produk Anda.

Hal ini tentu berkaitan dengan adanya kesadaran yang ada pada para pelanggan mengenai nilai dari produk brand Anda. Tidak berhenti sampai disitu saja sebab rupanya brand building juga dapat memberikan dampak positif bagi produktivitas para karyawan di perusahaan Anda. Meningkatnya nilai produk Anda serta pengenalan konsumen mengenai brand Anda akan membuat para karyawan merasa puas. Setidaknya karyawan merasa bahwa hasil pekerjaannya menjadikan perusahaan semakin banyak dikenal oleh konsumen. Maka tentu saja karyawan akan semakin termotivasi untuk selalu menjaga nama baik perusahaan. Denmgan demikian penilaian yang baik terhadap perusahaan Anda tidak akan memudar sampai kapanpun.

Tentunya melakukan brand building sama pentingnya dengan memilih sistem keuangan perusahaan yang paling efektif. Misalnya saja dengan mempercayakan pada JojoExpense. Produk yang satu ini dipercaya bisa memaksimalkan laporan keuangan perusahaan. Selain itu juga membantu mencatat seluruh aktifitas keuangan secara akurat. Yang mana hal tersebut dapat terwujud berkat beberapa kelebihan dan fitur-fitur berikut ini.

  • Monitor disbursement uang panjar kerja di manapun kapan pun
  • Proses pelaporan dan pengarsipan reimbursement otomatis dan dapat disesuaikan
  • Peraturan budget yang disesuaikan untuk reimbursement dan Cash Advance

Karena itu percayakan keuangan perusahaan Anda pada JojoExpense. Segera dapatkan coba gratis 14 hari di perusahaan Anda dengan mendaftar sekarang juga. Rasakan dan buktikan sendiri kehebatan produk yang satu ini.