Brand Guideline, Apa itu? Yuk Kenali Lebih Jauh

Brand Guideline, Style guide atau buku pedoman merek, adalah sekumpulan aturan yang menjelaskan bagaimana cara kerja Brand/merek, seperti elemen logo utama dan apa tujuan utama sebuah brand. Tidak hanya logo, lebih dari itu, brand book menyelaraskan penggunaan logo dengan elemen lainnya dari material desain grafis perusahaan.

Brand guideline mempengaruhi setiap kampanye pemasaran, komunikasi, dan produk/layanan. Ketidak konsistenan dalam identitas sebuah brand atau material promosi dapat mengurangi kredibilitas suatu perusahaan dan juga brandnya.

Buku ini seperti panduan strategis, karena mencakup semua aspek brand. Secara keseluruhan, brand guideline memberikan manfaat pada bisnis anda sebagai berikut:

– Meningkatkan brand positioning
– Menyelaraskan penggunaan logo dengan elemen lainnya
– Menjaga semua team tetap konsisten
– Menambahkan kedalaman brand positioning dengan menyelaraskan strategi bisnis.

Mengapa Butuh Brand Guideline?

Jika Anda memiliki perusahaan kecil, mungkin anda berpikir bahwa brand book tidak begitu penting untuk dimiliki, tetapi setiap merek di luar sana harus memiliki panduan style untuk memastikan bahwa semua elemen visual konsisten dengan satu sama lain.

Misalkan Anda adalah satu-satunya desainer di perusahaan Anda. Anda mendesain semua elemen visual, seperti logo, situs web, kartu nama, dan materi lainnya. Tentu saja, Anda tahu semua elemen dan aturan desain yang dibuat. Sekarang, anggaplah bahwa setelah beberapa tahun, anda menyewa desainer untuk menangani beberapa beban kerja Anda. Dalam hal ini, Anda mendapat tanggung jawab untuk mengajarkan orang ini semua pedoman brand dari ingatan Anda. Namun, tentu akan jauh lebih mudah jika Anda bisa memberinya brand guideline, yang berisi semua yang harus dia ketahui seperi warna, ukuran logo, penempatan, font, dll.



Brand book akan membantu setiap perusahaan dengan membuat pekerjaan grafis/visual brand lebih mudah dan konsisten. Membuat brand guideline saat Anda mengerjakan suatu proyek bukanlah sesuatu yang menghabiskan waktu, namun dapat menghemat waktu kerja selama beberapa jam.


Berapa Banyak Brand Guideline?

Panjang brand guideldapat sangat bervariasi, dari satu halaman hingga puluhan halaman tergantung pada kompleksitas perusahaan Anda dan jumlah elemen visual, materi pemasaran yang diproduksi.

Misalnya, situs web sederhana dengan desain logo tunggal, tipografi yang jelas, warna, dan tanpa bahan offline dapat memiliki brand book yang hanya satu halaman. Namun, perusahaan besar dengan banyak divisi dan media pemasaran / periklanan yang berbeda cenderung memiliki brand book yang sangat panjang, yang akan menjelaskan semua pedoman penggunaannya.

Secara keseluruhan, brand guideline Anda seharusnya tidak lebih dari yang diperlukan, tetapi cukup lama untuk mengomunikasikan semua informasi penting tentang gaya visual merek Anda.

Merancang identitas merek untuk bisnis Anda adalah proses yang menyenangkan dan kreatif, namun tekanan untuk menciptakan desain yang mewakili nilai bisnis Anda dan daya tarik komersial dapat dirasakan seperti tekanan tinggi.

Setelah adanya rencana tindakan terstruktur, akan membantu Anda menghindari kelelahan otak dan membuat gagasan Anda terus berlanjut. Di sini saya berbagi panduan sembilan langkah penting untuk mendekati sebuah proyek desain merek, yang akan membantu identitas bisnis Anda terasa unik, berkembang dan super-profesional.

Saat merancang sebuah merek, jumlah tugas yang harus dilakukan (Logo! Website! Alat tulis!) bisa terasa luar biasa. Memecah proses menjadi potongan yang mudah diatur akan memungkinkan Anda menyeimbangkan pekerjaan kreatif dan administratif, yang menyebabkan kemajuan nyataSebelum kita memecah proses dalam artikel ini, pertama kita lihat kursus baru kita, Merancang dan Membangun Merek. Di dalamnya, Anda akan belajar membuat merek visual dari awal dan mengembangkan desain merek Anda menjadi identitas merek profesional dan komprehensif.

Tidak ada bisnis yang ada dalam ruang hampa, itu sudah jelas. Tapi sungguh menakjubkan berapa banyak pemilik bisnis yang benar-benar melupakan ini saat mereka memulai sebuah proyek desain merek. Banyak yang akan langsung menyelaraskan ide desain, mengabaikan fakta bahwa merek mereka pasti akan ada di pasar yang kompetitif.

Agar tidak terlihat seperti merek Anda dirancang oleh alien atau, yang lebih buruk lagi, untuk menghindari salah meniru desain yang ada. Jika Anda seorang pelaku freelancer, lihatlah bagaimana perusahaan desain dan biro iklan lokal menampilkan diri mereka secara online dan di kantor mereka. Merancang merek untuk sebuah produk? Google-lah sektornya dan beralih ke gambar untuk mendapatkan rasa apa yang dianggap tepat (baca: dapat dijual) untuk merek di industri. Pinterest adalah sumber yang brilian untuk meneliti merek mana di sektor tertentu yang dianggap berada di puncak desain game mereka.

Ambil catatan dan catat beberapa ciri paling umum yang dimiliki oleh merek yang sedang Anda teliti. Meneliti kosmetik? Carilah warna umum atau gaya huruf yang digunakan di sejumlah merek perawatan kulit dan makeup (Petunjuk: Anda akan segera menemukan diri Anda berada di lautan warna pastel dan serif Vogue-esque). Kopi? Jaga agar mata Anda terkupas untuk jenis grafis yang digunakan.

Daftar kasar ini akan menjadi jangkar Anda ke pasar komersial yang lebih luas saat mendesain brand Anda sendiri.  Setelah menyelesaikan proses perancangan, kembali ke daftar ini. Apakah desain Anda memiliki fitur yang tercantum? Jika tidak, itu mungkin pertanda merek Anda akan terlalu tidak konvensional untuk melakukannya dengan baik di pasar yang kompetitif.

Kumpulkan data secara otomatis, tingkatkan produktivitas dan cegah penipuan keuangan serta pegang kendali penuh anggaran perusahaan dengan mudah dan kapanpun dimanapun dengan JojoExpense. Lebih cepat, mudah, tanpa perlu repot. Anda tidak perlu lagi khawatir pada penipuan keuangan. JojoExpense dapat memperingatkan Anda mengenai percobaan penipuan dalam reimbursement dan cash advance, berkat Intelligence OCR dan Real-Time Geotagging. Yuk Gunakan JojoExpense sekarang juga!