Brand Image : Pengertian, Manfaat, dan Pentingnya Suatu Brand Image

brand image

Tahukah Anda apa itu brand image? brand image merupakan bentuk persepsi merek yang tercermin dari asosiasi merek dalam ingatan konsumen. Mungkin Anda sering mendengar kata ini. Meski banyak orang yang sering mendengar istilah ini, namun masih banyak yang belum mengetahui artinya. Berikut penjelasannya.

Bangun Brand Image Anda

brand image

Posisi yang benar.

Merek dapat diposisikan dengan berbagai cara, misalnya dengan menempatkan posisi tertentu di benak pelanggan. Membantu positioning adalah secara konsisten menempatkan semua aspek nilai merek (termasuk keunggulan fungsional), sehingga selalu menjadi nomor satu di benak pelanggan.

Miliki nilai merek yang benar

Semakin akurat positioning merek di benak pelanggan, semakin kompetitif merek tersebut. Untuk mengatasi masalah ini, kita perlu memahami nilai merek. Nilai merek membentuk kepribadian merek. Kepribadian merek berubah lebih cepat daripada pemosisian merek. Karena kepribadian merek mencerminkan fluktuasi selera konsumen.

Miliki konsep yang tepat

Tahap terakhir dalam mengkomunikasikan nilai merek dan positioning yang benar kepada konsumen harus didukung oleh konsep yang benar. Pengembangan konsep adalah proses kreatif karena berbeda dari positioning dan oleh karena itu dapat terus berubah sesuai dengan siklus hidup produk. Konsep yang baik adalah mampu menyampaikan semua elemen nilai merek dan positioning yang benar sehingga citra merek dapat terus ditingkatkan.

Pengertian Brand Image

brand image

Image (Citra) adalah pandangan publik dari perusahaan atau produknya. Citra yang baik tentang produk akan menguntungkan perusahaan karena tanpa disadari konsumen akan merekomendasikan produk kepada orang lain. Sebaliknya, citra yang buruk tentang suatu produk akan menyebabkan konsumen menyebarkan informasi buruk kepada orang lain.

Citra merek (Brand Image) adalah persepsi merek yang terkait dengan asosiasi merek yang melekat dalam ingatan konsumen. Beberapa alat pemasaran yang dapat digunakan untuk membuat citra merek antara lain produk itu sendiri, kemasan / pelabelan, nama merek, logo, warna yang digunakan, tempat promosi pembelian, pengecer, periklanan dan semua jenis promosi lainnya, harga, pemilik merek, asal Negara, bahkan pasar sasaran dan pengguna produk.

Meningkatkan citra merek untuk meningkatkan keterampilan citra merek
Nah, mengacu pada pemahaman di atas tentang citra merek itu sendiri merupakan langkah penting bagi para pebisnis, kemudian kami akan menjelaskan cara meningkatkan citra merek dalam bisnis Anda.

Pentingnya Brand Image

brand image

Saat ini banyak konsumen (terutama Milenial dan Generasi Z) yang membeli produk karena alasannya sendiri. Mereka membeli produk Anda bukan hanya karena Anda memiliki produk terbaik, tetapi karena posisi yang Anda wakili. Dalam sebuah studi di Harvard Business Review: 64% konsumen mengatakan bahwa alasan utama hubungan dengan merek adalah nilai bersama.

Biasanya, ini adalah kekuatan pendorong terbesar, dengan hanya 13% orang yang melihat interaksi yang sering sebagai alasan utama untuk menjalin hubungan. Artinya selain fokus pada interaksi dengan konsumen, Anda juga harus mengembangkan nilai bersama yang Anda wakili.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Komposisi Brand Image

Ada 3 elemen yang membentuk citra merek, yaitu:

  1. Image maker (citra perusahaan), yaitu sekelompok asosiasi yang dianggap konsumen tentang perusahaan yang memproduksi produk dan jasa.
  2. Citra pengguna, yaitu sekumpulan asosiasi yang dipersepsikan oleh konsumen untuk menggunakan suatu produk atau layanan, termasuk pengguna, gaya hidup atau kepribadian, dan status sosial.
  3. Citra produk, yaitu: sekumpulan asosiasi yang dipersepsikan konsumen terhadap suatu produk, termasuk atribut produk, manfaatnya bagi konsumen, kegunaannya dan jaminannya.

Tips Meningkatkan Brand Image

tips

Berikut uraian kiat-kiat meningkatkan citra merek produksi atau jasa bisnis agar tumbuh:

Membuat desain logo yang menarik

Teknik pertama untuk meningkatkan brand atau citra bisnis yang baik agar lebih berkembang adalah membuat perusahaan yang menarik, unik, up-to-date dan berdasarkan selera pasar Logo atau logo bisnis. Logo yang menarik dan kemasan produk yang baik merupakan pilihan terbaik untuk meningkatkan brand atau status produk di mata konsumen.

Melakukan kegiatan periklanan dan promosi secara terus menerus

Teknik yang kedua untuk meningkatkan citra merek suatu jasa atau produk adalah dengan melakukan kegiatan periklanan atau promosi yang berkelanjutan. Ini adalah poin yang sangat penting untuk memperkenalkan merek kepada calon pelanggan. Jangan bosan dan buat iklan dan promosi untuk menarik kelompok orang yang berbeda. Meskipun mungkin tidak menarik perhatian orang dan membayar banyak uang di awal kampanye, agar merek berhasil, Anda harus konsisten.

Gunakan laman media sosial untuk berinteraksi dengan konsumen

Di era teknologi dan media sosial ini, para pebisnis tidak boleh melewatkan kesempatan untuk memanfaatkan sifatnya yang maju. Membuat dan menggunakan halaman media sosial untuk berinteraksi dengan konsumen nyata. Misalnya dengan membuat Instagram atau situs web, lalu membuat layanan pengelolaan untuk menjawab pertanyaan atau keluhan konsumen. Cobalah secepat mungkin dan jangan membuat konsumen menunggu.

Meningkatkan kualitas produk dan layanan

Tentunya, selain pengingat eksternal tersebut di atas, para profesional bisnis juga harus memperhatikan urusan internal. Salah satunya dengan terus meningkatkan kualitas produk dan layanan agar konsumen semakin percaya diri dalam menggunakan produk yang disediakan. Jangan hanya fokus pada promosi dan pengembangan penjualan, dan abaikan kualitas produk atau layanan!

Bekerja sama dengan influencer

Penggunaan kekuatan berpengaruh juga bisa menjadi salah satu teknik paling segar dan paling inovatif di era saat ini. Influencer di Instagram, Youtube, Tik-tok, atau halaman media sosial lainnya biasanya menarik banyak penggemar, pengikut, atau pengikut, dan orang-orang ini jelas dapat menjadi pelanggan potensial Anda. Perusahaan dapat bekerja sama dengan influencer untuk menyetujui produk yang mereka jual, memberikan komentar, dan mengundang produk yang meragukan untuk dibeli. Tetapi perhatikan juga bahwa Anda harus memilih influencer yang sesuai dengan bidang bisnis Anda. Akankah menyenangkan jika Anda menjalankan makanan gourmet tetapi bekerja dengan orang-orang di dunia otomotif?

Secara terus menerus meningkatkan kualitas dan berkembang secara terus menerus

Mengenai pengelolaan dan peningkatan kualitas produk atau layanan, mohon tidak dilakukan sekaligus atau sesuai kebutuhan. Melalui perencanaan yang matang, untuk memastikan perbaikan dan pengembangan berkelanjutan setiap hari. Fokus pada perkembangan tersebut untuk memuaskan konsumen sambil terus melakukan aktivitas promosi tambahan!

Manfaat Brand Image

Perusahaan telah terbentuk dan menjadi brand image yang diakui oleh konsumen, yang akan membawa keuntungan bagi perusahaan dan konsumen. Ada juga manfaatnya sebagai berikut:

Manfaat bagi perusahaan

Perusahaan dapat menggunakan citra positif yang telah mereka bentuk untuk produk lama mereka untuk mengembangkan lini produk lainnya.

Manfaat bagi konsumen

Konsumen dengan citra positif dari merek tertentu lebih cenderung melakukan pembelian sampai pembelian berulang berlanjut.

Kesimpulan

Tentunya sebagai seorang pebisnis harus selalu pandai membuat strategi, memahami pasar, dan rajin berinovasi agar tetap diperhatikan konsumen. Salah satu cara berinovasi di era modern ini adalah dengan menggunakan brand image tersebut di atas.

Pastikan untuk selalu mengembangkan dan memperhatikan kualitas layanan, produk dan layanan bisnis Anda agar dapat memaksimalkan keuntungan bisnis Anda. Jika Anda belum dapat mengelola citra merek karena proses pengelolaan keuangan perusahaan Anda belum mencapai keadaan optimal, Anda dapat mencoba menggunakan software akuntansi dengan fitur terbaik, harga terjangkau dan sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda, yaitu JojoExpense.

JojoExpense merupakan software akuntansi berbasis cloud yang telah digunakan oleh ribuan pengguna berbagai perusahaan di Indonesia sejak dikembangkan beberapa tahun lalu.

Jadilah bagian dari mereka yang berhasil membangun citra merek mereka melalui JojoExpense melalui proses pembukuan yang lebih baik dan nikmati uji coba semua fitur JojoExpense gratis!