Membangun Brand Value bagi UMKM

brand value

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah / UMKM merupakan sektor yang paling banyak memberikan kontribusi terhadap perekonomian nasional. Tak heran ketika pandemi Covid-19 melanda Indonesia, salah satu kebijakan Pemerintah dalam memulihkan kondisi ekonomi ialah memberikan stimulus untuk membangun kembali sektor UMKM. Tentu saja, hal tersebut berdampak pada ketatnya persaingan antar usaha yang dalam hal ini Brand Value merupakan salah satu strateginya.

Salah satu kiat yang dapat dilakukan untuk mengatasi ketatnya persaingan ialah dengan menyusun ulang strategi perusahaan, khususnya strategi pemasaran. Sebelum menyusun strategi pemasaran yang baik, Anda perlu menentukan value yang ingin disampaikan pada audiens.

Brand value secara sederhana dapat dijelaskan sebagai nilai-nilai yang membuat satu brand menjadi lebih unggul dibanding brand lainnya. Value inilah yang sanggup menarik para audiens untuk membeli produk atau layanan Anda terlepas dari berapa harga yang Anda kehendaki.

brand value

Peranan Brand Value bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM)

Penting bagi para pelaku bisnis mengetahui bahwa brand value memegang peranan penting dalam kelangsungan usaha. Nilai yang terkandung dalam suatu brand usaha Anda dapat menciptakan keunggulan dibanding pesaing Anda. Itulah mengapa banyak perusahaan, baik besar maupun kecil, mulai berinvestasi untuk menciptakan nilai produk.

Berikut ini merupakan pentingnya menciptakan brand value bagi usaha yang perlu Anda ketahui:

Pengakuan Masyarakat

Salah satu alasan pentingnya brand value bagi usaha Anda ialah untuk memperoleh pengakuan dari masyarakat. Terdapat beberapa cara untuk menciptakan brand value agar produk atau layanan yang dihasilkan perusahaan dapat dikenal oleh masyarakat. Misalnya dengan mendesain logo atau membuat slogan tentang suatu produk atau layanan.

Logo merupakan komponen penting dalam pembuatan brand. Logo menentukan bagaimana tampilan produk maupun layanan yang dihasilkan oleh perusahaan Anda. Sebab itu, tak heran jika banyak pengusaha rela membayar mahal untuk membuat desain logo yang seusai dengan nilai-nilai perusahaan.

brand value
Starbucks

Kepercayaan Pelanggan

Membangun kepercayaan konsumen merupakan langkah awal dalam menciptakan konsumen yang loyal terhadap suatu produk. Loyalitas konsumen ialah asset yang tidak dapat diukur secara moneter namun dapat dirasakan manfaatnya, terutama dalam menghasilkan keuntungan bagi usaha Anda.

Brand value memungkinkan Anda untuk menyusun, menerapkan, dan mengevaluasi kinerja berdasarkan standar kualitas produksi. Hasilnya, Anda dapat membangun kepercayaan konsumen melalui kualitas produk dan layanan yang dihasilkan.

Pemasaran Produk

Tanpa adanya brand value maka sulit bagi konsumen untuk mengambil keputusan pembelian. Hal ini dikarenakan tidak adanya poin yang membedakan produk atau layanan yang dihasilkan usaha Anda dengan alternatif produk yang disediakan oleh pesaing Anda.

Brand value mendukung pemasaran produk dengan cara mendorong konsumen untuk mengambil keputusan yang menguntungkan bagi usaha Anda. Selain itu dengan adanya brand value, Anda juga dapat memperluas jaringan pemasaran dengan memanfaatkan konsumen yang loyal dalam menawarkan produk kepada orang-orang terdekat mereka.

Kemampuan Finansial

Brand value yang melekat pada barang atau jasa merepresentasikan value yang dimiliki usaha Anda di mata konsumen. Bahkan lebih daripada itu, value yang terkandung dalam brand Anda sangat menentukan apakah konsumen akan melakukan pembelian kembali (repurchasing) terhadap suatu barang atau jasa.

Value yang dimiliki oleh suatu usaha dari segi finansial tidak melulu berupa keuntungan atau peningkatan profit. Ada pula value yang bersifat intangible dan tidak dapat diukur dengan satuan moneter namun berpotensi mendatangkan keuntungan bagi perusahaan, seperti kepuasan pelanggan.

Motivasi Karyawan

Tahukah Anda bahwa karyawan membutuhkan sesuatu yang lebih dari sekedar bekerja untuk rutinitas? Ketika mereka memahami visi-misi dan nilai-nilai dalam perusahaan maka mereka cenderung merasa bangga jika bekerja sesuai tujuan yang ditetapkan oleh perusahaan.

Brand value dapat menjadi standar kualitas, pedoman, sekaligus kriteria evaluasi bagi kinerja karyawan. Sehingga karyawan Anda akan lebih termotivasi untuk bekerja menghasilkan barang atau jasa sesuai dengan standar nilai yang ditetapkan.

brand value

Bagaimana Cara Menciptakan Brand Value?

Sebagian besar pelaku usaha menyadari pentingnya brand value terhadap keputusan pembelian yang dilakukan oleh konsumen. Mereka beranggapan bahwa sangat penting bagi suatu brand dibuat seunik mungkin untuk membedakan produk mereka dari pesaing. Pertanyaannya, apakah keunikan saja sudah cukup untuk menciptakan brand value?

Berikut ini merupakan empat langkah menciptakan nilai produk untuk UMKM yang dapat Anda lakukan:

Mendefinisikan Nilai

Kotler dan Keller (2006) berpendapat bahwa brand value berhubungan langsung dengan persepsi dan pola pikir pelanggan terhadap suatu brand. Adapun pola pikir dan persepsi pelanggan terbentuk dari pengalaman melihat, mendengar, mempelajari, dan merasakan dari waktu ke waktu.

Langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk menciptakan brand value ialah mendefinisikan nilai berdasarkan pola pikir dan persepsi pelanggan terhadap barang dan jasa yang ditawarkan. Anda perlu menyelidiki tentang bagaimana pelanggan memandang barang dan jasa yang dihasilkan, serta keunggulan apakah yang membedakan produk Anda dari pesaing.

Membentuk Budaya Baru

Brand value pada dasarnya merupakan janji pelaku UMKM kepada konsumen untuk terus menghasilkan barang dan jasa sesuai dengan kebutuhan mereka. Oleh sebab itu, Anda perlu membentuk budaya baru sebagai konsekuensi sekaligus upaya Anda dalam menepati janji pada konsumen.

Pembentukan budaya baru biasanya tidak dapat dilakukan secara instan karena melibatkan seluruh pihak dalam aktivitas bisnis perusahaan, khususnya bidang produksi. Untuk mengatasi timbulnya permasalahan selama masa transisi dari budaya lama ke baru, Anda perlu melibatkan karyawan dalam pembentukan budaya baru.

Komunikasi

Komunikasi memegang peranan penting dalam mencapai keberhasilan implementasi. Tanpa komunikasi yang efektif, kemungkinan terjadinya konflik internal perusahaan akan semakin besar. Akibatnya, terjadi kegagalan inputvalue pada barang atau jasa yang diproduksi sehingga hasil akhirnya tidak sesuai harapan konsumen.

Tanpa komunikasi yang memadai saat memasarkan produk, konsumen tidak akan memahami value dalam barang dan jasa yang Anda tawarkan. Akibatnya, konsumen akan menganggap produk yang Anda tawarkan tidak memiliki perbedaan dengan pesaing.

Konsisten

Terakhir, brand value merupakan komitmen Anda terhadap konsumen yang harus dilakukan secara konsisten. Jika tidak, maka konsumen tidak akan menyadari adanya nilai produk atau layanan yang Anda sediakan.

Namun perlu diperhatikan bahwa konsisten bukan berarti Anda tidak perlu memperbarui nilai merk. Anda perlu secara berkala mengembangkan nilai-nilai yang terdapat pada brand Anda guna menjaga relevansi produk dengan kebutuhan konsumen.

Menciptakan brand value merupakan strategi pemasaran bagi usaha mikro, kecil, dan menengah yang bertujuan menciptakan keunggulan produk. Anda pun dapat menciptakan value sebagai upaya meningkatkan keunggulan finansial bisnis dengan produk JojoExpense. Produk JojoExpense akan membantu Anda dalam mengontrol anggaran pengeluaran dimanapun, tanpa perlu khawatir akan kemungkinan terjadi penipuan keuangan.

Selain itu, JojoExpense juga memiliki berbagai fitur andalan seperti:

  • Meningkatkan produktivitas dengan otomasi proses pelaporan expense
  • Terintegrasi dengan software ERP
  • Meningkatkan pemahaman mengenai pengeluaran dengan akses laporan satu kali klik
Jojo Expense

Tertarik untuk menciptakan keunggulan finansial bisnis Anda? Segera daftarkan perusahaan Anda dan nikmati fasilitas coba gratis sekarang juga!