Fungsi Breadcrumb SEO Serta Cara Membuatnya Dari Awal

breadcrumb SEO

Breadcrumb SEO mungkin cukup asing di telinga Anda sebagai kaum awam. Namun sebenarnya hal ini merupakan bagian dari website yang tentunya bisa Anda pahami dengan cara mempelajarinya terlebih dahulu. Mempelajari hal ini sebenarnya tidaklah sulit sehingga nantinya Anda bisa memanfaatkannya dengan tepat. Breadcrumb SEO sebenarnya merupakan baagian yang penting dalam website sehingga juga perlu diperhatikan secara lebih lanjut. Dengan adanya hal ini maka Anda bisa mengetahui letak spesifik pada sebuah halaman yang ada di website.

Penggunaan breadcrumb SEO sebenarnya hampir sama dengan fungsi penulisan alamat. Jadi hal ini bisa digunakan untuk menunjukkan letak dari sebuah halaman yang diambil dari menu navigasi pada sebuah website. Umumnya breadcrumbs ini akan menuju pada salah satu konten blog sehingga akan mempermudah user internet menemukan informasi yang diinginkan. Panjang pendeknya breadcrumbs biasanya bergantung pada struktur konten yang terdapat pada sebuah website. Jadi dengan adanya breadcrumbs maka Anda bisa dengan mudah menemukan halaman atau post yang diinginkan. Jadi pekerjaan Anda bisa semakin dipermudah dengan adanya penggunaan breadcrumbs yang akan menuntun Anda pada halaman tertentu.

Fungsi Breadcrumb SEO

Ada beberapa fungsi dari breadcrumb SEO yang bisa didapatkan, misalnya yaitu sebagai berikut.

Navigasi kedua

Adanya hal ini akan membantu Anda dengan cara menjadi navigasi kedua tentunya setelah menu utama. Dengan adanya bagian ini maka pengunjung web akan semakin mudah dalam melakukan penjelajahan website. Maka pengguna internet dan pengunjung website tidak perlu melakukan pengulangan navigasi mulai dari bagian awal untuk menemukan artikel yang dimaksud. Jadi Anda bisa menjelajah website dengan lebih mudah sehingga Anda bisa mendapatkan tujuan Anda. Dalam hal ini pengunjung website tidak perlu mengulang navigasi kembali dari awal untuk menemukan artikel yang diinginkan. Namun Anda hanya tinggal melakukan klik pada breadcrumbs sehingga Anda bisa kembali lagi ke halaman yang sebelumnya talah diakses.

Mengoptimalkan SEO website

Breadcrumb juga dapat mengoptimalkan SEO website milik Anda. Memang pada dasarnya breadcrumbs ini sangat penting bagi website. Breadcrumbs memang merupakan suatu elemen pada website yang tentu saja lebih disuka oleh user internet dan bot dari search engine. Dengan adanya elemen ini maka Anda bisa melakukan pencarian. Tentunya elemen ini akan memudahkan Google untuk melakukan pemahaman terhadap struktur website yang jelas. Dengan adanya struktur website yang jelas maka Google bisa menampilkan beberapa hasil pencarian yang tentunya relevan mengenai sebuah website. Tentunya saat konten tersebut dianggap relevan maka posisinya di mesin pencarian akan semakin di atas. Tentunya bisnis Anda akan lebih mudah dilihat oleh user internet.

Mengurangi bounce rate

Adanya breadcrumb juga mampu mengurangi peluang terjadinya bounce rate. Yang dimaksud dengan bounce rate dalam hal ini adalah prosentase pengunjung yang meninggalkan website tanpa melakukan klik apapun. Dalam hal fungsinya untuk menguraangi bounce rate tentunya breadcrumbs mampu mengindeks halaman website hingga ke bagian struktur navigasi yang terdalam. Hal ini dapat membuat hasilpencarian di Google menjadi semakin relevan. Maka pengunjung website dapat melewati navigasi yang rumit dari homepage dan bisa langsung menemukan semua konten yang dicari hanya dengan sekali klik. Jadi peluang terjadinya bounce rate akan berkurang dengan adanya breadcrumbs ini sehingga reputasi website tidak semakin menurun.

Cara dan Langkah Membuatnya

Adapun untuk dapat membuat breadcrumb SEO, lakukan beberapa langkah berikut ini.

Install tema

Membuat breadcrumb di website sebenarnya sangatlah mudah. Salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk membuatnya adalah dengan melakukan instal tema yang tentunya bersifat kompatibel. Jika memang Anda suka dengan segala hal yang praktis maka Anda bisa melakukan install tema yang sesuai. Hal ini tentu akan menjadi sebuah solusi yang tepat bagi Anda. Anda bisa menggunakan tema WordPress sebab biasanya tema WordPress untuk ecommerce sudah secara otomatis mencakup breadcrumbs. Hal ini dikarenakan adanya kecenderungan bagi website ecommerce untuk memiliki berbagai jumlah item sekaligus menunavigasi yang dalam. Anda bisa memilih beberapa tema WordPress untuk ecommerce. Sebut saja seperti flat some atau mungkin shopkeeper. Selain itu ada pula tema knowledge base dan smart mag.

Gunakan plugin NavXT

Cara lainnya untuk dapat membuat breadcrumb pada sebuah blog dengan sangat mudah dan biaya gratis adalah dengan melakukan install plugin. Salah satu plugin yang bisa menjadi rekomendasi bagi Anda yaitu plugin NavXT. Namun sebelumnya Anda perlu melakukan backup website Anda. Atau bisa juga Anda menambahkan kkode tepatnya di bagian bawah ke dalam file header.php pada child theme. Kode ini tentu saja berguna untuk menampilkan breadcrumbs di seluruh bagian header pada website Anda. Tempaknya anda juga perlu mengatur tentang bagaimana breadcrumbs trail akan ditampilkan. Tentunya Anda bsia melakukannya dengan menggunakan fitur Settings sehingga kustomisasi breadcrumb sesuai dengan tipe konten yang diinginkan.

Memaksimalkan fitur Yoast SEO

Membuat breadcrumb juga bisa dilakukan dengan menggunakan alternatif lainnya. Misalnya degan cara memaksimalkan setiap fitur dari plugin Yoast SEO.Yoast SEO pada dasarnya merupakan suatu plugin yang dapat digunakan untuk menangani segala hal berkaitan dengan SEO. Plugin ini juga dapat membantu penulis konten untuk bisa membuat konten dengan kualitas yang cukup tinggi. memang Yoast SEO memiliki fitur yang dapat digunakan untuk mengoptimalkan snippet dan meta description sehingga dapat membuat tampilan konten menjadi semakin menarik. Maka tampilan konten yang tampak menarik tersebut akan tampak di mesin pencarian dan akhirnya konten anda akan diklik oleh user internet. Tentunya Anda bisa melakukan hal ini dengan berbagai langkah yang akan diinformasikan melalui petunjuk.

Breadcrumb SEO sebagai salah satu elemen pada website tentunya turut berpengaruh pda keseluruhan website Anda sehingga tidak bisa diabaikan begitu saja. Dengan adanya elemen ini maka user internet dan pengunjung website tidak hanya dapat melakukan penjelajahan website saja tetapi juga hal ini pada akhirnya turut berpengaruh pada SEO. Penggunaan breadcrumbs pada akhirnya akan menguntungkan bagi Anda karena hal ini dapat semakin mengoptimalkan potensi website milik Anda. Oleh karena itu pembuatan breadcrumbs haruslah dilakukan dengan langkah yang tepat sehingga bisa difungsikan dengan tepat pula untuk SEO.

Hal ini sebenarnya sama pentingnya dengan memastikan sistem payroll perusahaan yang tepat dan akurat. Misalnya dengan beralih pada penggunaan JojoPayroll. Dengan produk tersebut tentunya pembayaran payroll karyawan dapat jauh lebih efektif dan efisien. Terutama karena beberapa fiturnya yang cukup menarik seperti:

  • Sistem payroll yang terkalkulasi dengan otomatis dengan slip gaji yang dikeluarkan secara otomatis.
  • Sistem Penggajian Terhitung Otomatis dengan slip gaji yang dihasilkan secara otomatis.
  • Integrasi yang mudah ke sistem HRIS saat ini, Basis Data Komprehensif untuk Analisis.

Jadi, jangan ragu untuk memilih JojoPayroll. Segera dapatkan coba gratis selama 14 hari di perusahaan Anda dan rasakan perbedaan pada sistem payroll perusahaan Anda.