Buka Puasa Di Jalan : Apa yang perlu disiapkan beserta tipsnya

Saat adzan Maghrib dikumandangkan, mereka masih berada di kantor atau dalam kondisi lalu lintas yang padat, hal yang biasa bagi masyarakat yang tinggal di kota atau perkotaan. Untuk bisa memprediksi kesibukan dan kemacetan lalu lintas, hampir setiap hari Anda harus menyiapkan menu buka puasa agar bisa Buka Puasa Di Jalan.

Ada banyak pilihan makanan untuk berbuka puasa di jalan, namun pilihlah menu buka puasa dengan cara yang sehat dan praktis, agar Anda tidak hanya bisa makan, tapi juga mengganti energi yang hilang sepanjang hari setelah perut kosong. Apa yang bisa Anda persiapkan?

Apa yang harus disiapkan saat Buka Puasa Di Jalan?

Berikut tips untuk bergerak cepat saat Buka Puasa Di Jalan yang bisa Anda butuhkan:

Permen

Saat berpuasa, tidak makan dan minum sama sekali, otomatis gula darah dalam tubuh manusia akan turun. Makanan atau minuman manis akan membantu kadar gula darah kembali ke tingkat normal. Tentu saja asupan rasa manis ini tidak perlu berlebihan. Agar tetap sehat, silahkan pilih buah-buahan seperti kurma dan minuman kemasan yang manis dan praktis di dalam kantong.

Roti

Roti yang cepat dimakan dengan selai juga dapat dijadikan menu terbuka yang sehat, karena mudah dibawa-bawa, praktis dan mengandung karbohidrat yang dapat pulih setelah dikonsumsi dengan tidak makan dan minum sepanjang hari energi. Selain itu variannya banyak, jadi tidak akan bosan.

Kacang

Daripada makan snack kemasan dengan garam tinggi, rasa buatan, MSG dan pengawet, lebih baik makan menu buka puasa yang sehat seperti kacang-kacangan, yang lebih sehat. Kacang rebus dan kacang mete kaya akan protein, mudah didapat dan mudah dibawa.

Minum susu kemasan

Selain air matang, minum susu selama penyapihan cepat juga dapat mengganti air yang hilang. Selain untuk melepas dahaga, susu memiliki banyak manfaat, misalnya dapat menggantikan asupan nutrisi yang terlewat oleh puasa sehari, dari protein yang membantu regenerasi sel hingga menjaga kalsium tulang. Tak hanya itu, susu juga bisa memberikan rasa kenyang yang lebih lama, yang bisa mengisi celah saat Anda menggigit besar usai berpuasa. Oleh karena itu, susu menjadi pilihan yang baik untuk berbuka puasa di jalan, manisnya Frisian Flag 225ml, kacang hijau, rasa kelapa, varian coklat Swiss dan stroberi California adalah pilihan yang baik untuk diminum kapanpun dan dimanapun.

Tips untuk Buka Puasa Di Jalan

Selama Ramadan, Anda akan menghadapi beberapa perubahan saat berpuasa. Selain mengubah waktu makan dan ketahanan, keadaan lalu lintas di Bulan Suci juga berbeda dari biasanya. Anda akan menjumpai jalan yang lebih sepi pada pagi dan sore hari, namun saat Anda pulang kerja atau tidak mengamati puasa, semua jalur tiba-tiba menjadi penuh sehingga menyebabkan kemacetan lalu lintas.

Di saat-saat seperti ini, Anda sering kali harus istirahat sejenak untuk pulang. Untuk menjaga keakuratan ibadah selama Ramadhan, Anda dapat menggunakan lima tip berikut untuk memprediksi apakah Anda perlu menghentikan puasa kapan saja selama perjalanan Anda.

Buka Puasa Di Jalan dengan Tenang

Tidak bisa dipungkiri bahwa kesibukan pulang kerja setelah selesai kerja bisa membuat Anda bingung secara emosional. Belum lagi kondisi fisik yang lemah karena sahur tidak makan sesudahnya. Namun, ini tidak berarti bahwa jika puasa Anda tiba-tiba menjadi kurang parah, Anda bisa menjadi kambing hitam. Harap tenangkan diri Anda sebelum mengambil tindakan bodoh karena emosi yang tidak terkendali. Caranya dengan mendengarkan lagu-lagu slow atau ceramah singkat yang biasanya disiarkan di radio sebelum sholat isya.

Beli takjil di pinggir jalan

Sepanjang bulan suci Ramadhan, Anda akan sering menjumpai penjual takgir yang menjajakan dagangannya di pinggir jalan. Ketika Anda lupa atau tidak sempat menyiapkan minuman dan makanan, kehadiran mereka akan menjadi seperti penyelamat.

Untuk menghindari antrian dengan pembeli lain, yang terbaik adalah membeli takjil sebelum berangkat kerja. Dengan cara ini, saat panggilan bergema dalam perjalanan pulang di malam hari, Anda bisa langsung minum dan makan.

Pinggirkan Kendaraan berada di mesjid atau mushola

Tidak punya waktu untuk membawa takjil atau membeli dari pedagang kaki lima? Untuk membuat waktu istirahat Anda tepat waktu, silah kan cari mushola atau mesjid terdekat. Biasanya selama Ramadhan, pengelola dan warga sekitar memberikan takjil secara gratis. Selain mendapatkan takjil gratis, Anda juga bisa beribadah bersama pengunjung lain. Gejolak emosi yang Anda rasakan selama perjalanan pasti akan hilang, dan Anda bisa pulang tanpa menemui kemacetan lalu lintas.

Siapkan minuman dan makanan ringan

Sebelum mudik, apakah Anda sering menghadapi kemacetan jalan hingga terpaksa beristirahat? Jika jawabannya iya, maka Anda harus sudah mengetahui cara memprediksi kemungkinan ini dengan menyiapkan minuman dan jajanan di rumah.

Takjil yang Anda bawa tidak harus yang berat. Sebotol air mineral dan beberapa janji sudah cukup untuk berbuka puasa. Langkah ini setidaknya bisa membantu tubuh Anda memulihkan energi yang hilang sebelum melanjutkan makan besar di rumah.

Biasanya, saat bulan puasa, hampir semua restoran menawarkan beragam makanan pembuka. Meski begitu, ingatlah jumlah dan jenis makanan pembuka yang ingin Anda makan. Biasanya ketika kita melihat berbagai jenis dan warna makanan yang disediakan, kita merasa “lapar mata”, sehingga kita sering memesan makanan yang banyak untuk kita makan. Belilah makanan yang cukup untuk berbuka puasa dan mengisi perut sampai Anda pulang.

Ambil rute alternatif atau jalur tikus

Saat Anda harus istirahat sejenak dalam perjalanan pulang, trik terakhir yang akan membantu Anda adalah dengan mengambil rute alternatif atau jalur mouse. Kiat-kiat ini biasanya dapat membantu orang yang ingin pulang tepat waktu.

Kesimpulan Buka Puasa Di Jalan

Bagi orang yang berpuasa di bulan Ramadhan, tempat berpuasa pertama pasti di rumah. Tetapi bagaimana jika Anda terpaksa berpuasa di jalan karena kebetulan Anda masih di jalan? Berikut informasi saat Anda berbuka puasa di jalan. Semoga informasi ini dapat membantu Anda mengukuhkan ibadah, bahkan dalam situasi yang menguji kesabaran Anda. Jangan lupa jaga kesehatan agar daya tahan tubuh tidak berkurang!

JojoExpense Membantu Anda Mengelola Pengeluaran Perusahaan dengan Lebih Efisien dan Hemat Waktu. Mengelola Data Klien Menjadi Lebih Mudah, JojoExpense memberi Anda akses mudah menuju keuangan perusahaan Anda tidak peduli tempat dan waktu.
 
Baik Anda mau mengajukan request reimbursement atau mengizinkan cash advance, semua dapat dilakukan melalui telepon genggam Anda.  Anda dapat mengajukan request Anda secara langsung atau simpan untuk nanti, misalnya Anda ingin cek ulang aplikasi Anda. Semuanya tergantung Anda yang berkuasa soal manajemen finansial Anda sendiri.
 
Ketika Anda sudah duduk di meja Anda, Anda bisa fokus sepenuhnya pada tugas-tugas penting dan serahkan manajemen sampingan pada proses otomatis. Yuk pakai aplikasi expense management dari jojonomic sekarang. Dapatkan gratis demo 14 hari!