Buka Puasa Di Kantor : Menu Sehat dan Tips Berbuka yang bisa diikuti!

buka puasa di kantor

Aktivitas intensif terkadang menuntut seseorang untuk beristirahat di kantor. Jika Anda menghadapi situasi ini, jangan khawatir. Banyak orang sekarang menjual makanan dan minuman enak di dekat area perkantoran. Bahkan, kini Anda bisa menggunakan aplikasi untuk memesan makanan dan minuman yang ingin Buka Puasa Di Kantor sebentar.

Hanya saja sebaiknya jangan makan dan minum sesuka hati agar tubuh tidak sakit saat berpuasa. Selain mengganggu kelancaran kemajuan puasa, penyakit saat berpuasa juga dapat menurunkan produktivitas yang berdampak negatif pada pekerjaan. Lantas, makanan dan minuman sehat apa saja yang bisa dikonsumsi saat buka puasa di kantor?

Menu sehat buka puasa di kantor

Saat perlu istirahat, minum air terlebih dahulu dan makan makanan ringan lainnya (disebut takjil). Pasalnya, setelah sekitar 13 jam tidak mengonsumsi makanan apa pun, tubuh membutuhkan waktu untuk beradaptasi. Jika Anda berencana untuk istirahat di kantor, Anda bisa memilih menu sehat berikut ini:

Buah

Kurma merupakan salah satu jenis buah yang sering digunakan untuk berbuka puasa. Selain memulihkan tenaga setelah berpuasa, kurma juga kaya akan vitamin B1, B2, B3, B5 dan C yang dapat melindungi tubuh manusia dari radikal bebas dan penyakit infeksi. Buah lain yang bisa digunakan untuk memecahkan termasuk semangka, apel dan anggur. Buah ini bisa dimakan seluruhnya atau dalam bentuk jus, es buah dan es campur.

Kolak

Banyak sekali takjil yang dijual, jadi kamu bisa mendapatkannya dengan mudah. Dengan makan kolak pisang anda akan merasa kenyang, karena takjil ini mengandung sekitar 160 kalori per 100 gramnya. Selain mengenyangkan, pengawet pisang juga mengandung bahan alami yang berkhasiat seperti pisang, biji salak, ubi jalar dan singkong.

Bubur sumsum

Bubur sumsum yang dibuat dengan tepung beras dan sirup merah, selain kolak pisang, menjadi pilihan yang sehat untuk buka puasa. Bihun dalam bubur sumsum tulang belakang mengandung karbohidrat yang dapat mengisi perut, serta mineral, vitamin dan serat yang dapat menjaga kesehatan usus dan saluran pencernaan. Sirup gula merah mengandung vitamin B dan C, sehingga dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Padahal, santan yang digunakan memiliki efek antibakteri dan antivirus, yang dapat meningkatkan kemampuan sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi dan penyakit.

Bubur kacang hijau

Selain enak, bubur kacang hijau juga kaya akan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan. Manfaat makan kacang hijau saat berpuasa adalah membantu menurunkan kolesterol jahat, melancarkan saluran pencernaan, menurunkan gula darah dan mengontrol berat badan.

Lontong

Lontong biasanya dekat dengan gorengan. Jenis makanan ini terbuat dari nasi yang membuat kenyang saat berpuasa. Meski begitu, jumlah kalori per 100 gram lontong (sekitar 144 kalori) seringkali lebih rendah dibandingkan nasi (sekitar 180 kalori), sehingga dapat membantu mengontrol berat badan saat berpuasa. Berdasarkan sayuran yang terdapat pada lontong, Anda juga bisa mendapatkan nutrisi lainnya.

Tips Berbuka Puasa di Kantor

buka puasa di kantor

Saat Ramadhan, menghabiskan waktu puasa di rumah bersama keluarga menjadi salah satu momen yang biasa. Namun, sebagian orang harus istirahat di kantor tanpa sempat pulang. Alasannya bisa bermacam-macam, dari rumah panjang yang membutuhkan waktu untuk pulang hingga shift kerja yang membutuhkan puasa di kantor. Bagi yang ingin rehat sejenak di kantor, jojonomic memberikan tips yang bisa Anda ikuti:

Pesan makanan secara online

Berbuka puasa di kantor tentunya tidak sepraktis buka puasa di rumah bersama anggota keluarga. Di rumah, Anda memiliki kompor, piring, dan berbagai peralatan makan lainnya. Di kantor, peralatan ini sangat terbatas. Sebagai solusi untuk masalah ini, Anda dapat membeli makanan melalui pengiriman pesanan. Jangan lupa ajak teman-teman kalian agar bisa share ongkos angkut dan kurangi ongkos angkutnya. Jangan lupa untuk menghindari makanan tertentu saat berpuasa, yang bisa menyebabkan sakit saat berpuasa.

Berbuka dengan teman-teman

Supaya kamu makin tertarik menyantap hidangan buka puasa, kamu bisa makan bersama teman-teman kantormu. Bersikap terbuka dengan teman sebagai tim dapat membuat Anda lebih akrab dan kompak dengan rekan kerja di tempat kerja. Selain itu, hal ini bisa menjadi “pengganti” yang hangat bagi Anda dan keluarga untuk berbuka puasa di rumah. Apabila terjadi wabah seperti korona, mohon jangan lupa untuk menghindari buka puasa di luar kantor, karena dapat melanggar aturan jaga jarak fisik. Eits, jangan terlalu asyik ngobrol sampai lupa waktu dan tanggung jawab kerja.

Bawalah takjil praktis

Buka puasa memang identik dengan fast food, seperti takjil, itu adalah sajian pertama berbuka fast food. Sayangnya, jika Anda tidak memasak di kantor, Anda tidak akan punya banyak waktu untuk memasak takjil. Dan, di tengah wabah korona saat ini, Anda tentunya tidak ingin meninggalkan kantor dan mencari penjual makanan ringan.

Nah, meski sedang tidak senang di kantor, asyiknya takjil tetap bisa dinikmati! Anda bisa membawa makanan kering dari rumah, seperti kurma, biskuit atau kacang-kacangan. Selain itu, Anda bisa memilih untuk membeli makanan Idul Fitri secara gratis.

Hal lain yang dirasa perlu diperhatikan ketika Buka Puasa Di Kantor

buka puasa di kantor

Jika Anda menggunakan sistem shift, dan terkadang shift Anda akan berbenturan dengan buka puasa di kantor, maka silahkan luangkan waktu Anda sendiri untuk berbuka puasa. Hindari menghabiskan buka puasa saat bekerja.

Menurut laporan WebMD, makan di tempat kerja dapat menyebabkan Anda makan terlalu banyak, duduk terlalu lama, makan lebih lama, dan membuat tempat kerja Anda kotor. Diskusikan dengan atasan Anda apakah perlu berbuka puasa.

Nah, setelah Anda selesai bekerja dan istirahat di kantor, jangan lupa segera pulang. Ingat, besok masih harus bangun pagi untuk makan sal, lalu kembali bekerja, rapat saat puasa, dan hal lain yang harus dilakukan di kantor. Saat kamu pulang sebentar lagi, kamu bisa langsung istirahat dan bersiap untuk aktivitas esok hari.

Kesimpulan Buka Puasa Di Kantor

Ini adalah info yang bisa diberikan Jojonomic. Semoga bisa menyelesaikan masalah puasa di kantor anda. Jika Anda ingin bertanya atau berdiskusi tentang pekerjaan yang berhubungan dengan Ramadhan atau hal lain yang berhubungan dengan dunia kerja, Anda bisa bergabung dengan komunitas Jojonomic. Komunitas Jojonomic adalah forum bagi para profesional untuk berdiskusi dan mengajukan pertanyaan tentang pengembangan karir dan masalah terkait lainnya. Bergabunglah sekarang, mari kita mulai!

JojoExpense Membantu Anda Mengelola Pengeluaran Perusahaan dengan Lebih Efisien dan Hemat Waktu. Mengelola Data Klien Menjadi Lebih Mudah, JojoExpense memberi Anda akses mudah menuju keuangan perusahaan Anda tidak peduli tempat dan waktu.
 
Baik Anda mau mengajukan request reimbursement atau mengizinkan cash advance, semua dapat dilakukan melalui telepon genggam Anda.  Anda dapat mengajukan request Anda secara langsung atau simpan untuk nanti, misalnya Anda ingin cek ulang aplikasi Anda. Semuanya tergantung Anda yang berkuasa soal manajemen finansial Anda sendiri.
 
Ketika Anda sudah duduk di meja Anda, Anda bisa fokus sepenuhnya pada tugas-tugas penting dan serahkan manajemen sampingan pada proses otomatis. Yuk pakai aplikasi expense management dari jojonomic sekarang. Dapatkan gratis demo 14 hari!