10 Buku HR Terbaik, Wajib Dibaca Para Staff HRD

Menjadi salah satu tim dari HRD di perusahaan sering kali menghadapi berbagai masalah. Sehingga tak heran jika para staff yang baru saja memegang posisi sebagai tim HRD membutuhkan buku HR terbaik sebagai salah satu pegangan untuk melaksanakan pekerjaan mereka. Saat ini di pasaran ada banyak sekali buku-buku terbaik yang bisa digunakan oleh para staff HRD perusahaan. Bila penasaran apa saja judul buku tersebut, berikut ini 10 buku HR terbaik yang sayang jika harus dilewatkan begitu saja.

Buku HR Terbaik Versi Luar

Ada beberapa judul buku-buku HR impor yang merupakan favorit kebanyakan orang. Tidak hanya itu saja, buku-buku tersebut juga bahkan dianggap yang paling baik oleh versi majalah Forbes. Berikut ini beberapa buku HR terbaik impor yang sebaiknya dijadikan pilihan.

Good to Great: Why Some Companies Make the Leap and Others Don’t

Pengarang: Jim Collins
Sebagai salah satu buku HR terbaik versi Forbes, buku ini mengingatkan supaya kita tidak mudah puas. Di buku ini terdapat banyak cara yang bisa membantu untuk mengembangkan diri kita baik sebagai karyawan personal, tim dan juga perusahaan.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

The Five Dysfunctions of a Team: A Leadership Fable

Pengarang: Patrick Lencioni
Bagi para staff pekerja HRD, buku ini merupakan salah satu buku HR yang tepat. Terutama jika ingin belajar menjadi pemimpin yang baik. Termasuk bagaimana mengatur karyawan perusahaan secara bijaksana.

The 7 Intuitive Laws of Employee Loyalty: Fascinating Truths about What It Takes to Create Truly Loyal and Engaged Employees

Pengarang: Heather R. Younger
Adapun buku HR terbaik yang satu ini mengajarkan kita tentang loyalitas karyawan pada perusahaan. Di buku ini diulas lebih jelas mengenai alasan dan statistik yang spesifik pentingnya perusahaan untuk fokus terhadap retensi karyawan.

Aligning Human Resources and Business Strategy

Pengarang: Linda Holbelche
Dalam buku yang satu ini, terdapat berbagai macam pengetahuan termasuk strategi bisnis, strategi rekruitmen, retensi, dan pengembangan karyawan. Informasinya juga ditambah dengan beberapa studi kasus yang umum terjadi.

Radical Candor: Be a Kick-Ass Boss without Losing Your Humanity

Pengarang: Kim Scott
Dalam buku yang satu ini terdapat langkah-langkah dalam menjadi pemimpin yang hebat, namun di satu sisi tetap manusiawi.

Strategic Human Resources Management, a Guide to Action

Pengarang: Michael Amstrong
Buku ini ditulis berdasarkan pengalaman yang nyata dan mudah diterapkan. Berisi berbagai macam panduan strategis tentang sistem MSDM, penulis juga memberikan teori teori manajemen dan pemikiran tentang sumber daya manusia yang sedang berkembang. Buku ini terdiri dari 4 bagian termasuk:
1. Konsep MSDM
2. MSDM dalam tingkat korporat
3. Proses MSDM
4. MSDM dalam tindakan nyata

The Leadership Handbook

Pengarang: John C. Maxwell
Ada banyak hal yang dituliskan dalam buku yang satu ini, terutama dalam menjelaskan proses kepemimpinan yang tidak pernah terbentuk secara instan. Terbagi dalam 26 minggu, buku ini menjelaskan langkah-langkah menjadi seorang pemimpin melalui beberapa poin berikut ini: kekuatan dari disiplin pribadi, cara menilai integritas, berfokus pada gambaran besar, memprioritaskan hidup menurut hasrat Anda, menjadi pendengar yang baik, menemukan zona kekuatan Anda, mendefinisikan kenyataan, mengembangkan orang lain, mengelola energi dan prioritas, dan belajar dari pengalaman.

Buku HR Terbaik Lokal

Tidak hanya buku-buku yang diimpor saja, tetapi rupanya banyak juga pengarang lokal yang patut diacungi jempol. Bila ingin membaca buku yang lebih ringan, praktis dan jelas, coba lihat dulu beberapa judul lokal berikut ini yang pantas untuk dipertimbangkan.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HR Suites hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Panduan Praktis HRD & GA

Pengarang: I Komang Oko Berata
Buku ini menjelaskan bagaimana fungsi dari HRD (Human Resources Development) dan GA (General Affair). Termasuk bagaimana divisi HRD menyiapkan perekrutan karyawan, menggelar pelatihan karyawan, serta cara mengatasi konflik dalam sebuah perusahaan.

Smart HRD: Perusahaan Tenang, Karyawan Senang

Pengarang: Jimmy Joses Sembiring,S.H, M. Hum
Di dalam buku HR terbaik lokal yang satu ini, ada beberapa poin penting yang diterapkan. Namun pada dasarnya berkaitan dengan kondisi HRD sebagai momok bagi karyawan sehingga tidak terjalin hubungan yang harmonis. Oleh sebab itu staff HRD harus mulai banyak berperan sebagai strategiator, pakar administrasi, pejuang bagi karyawan, dan agen perubahan. Sehingga dengan adanya HRD justru perusahaan dapat menjadi lebih tenang dan karyawan juga merasa lebih senang. Intinya tercipta kondisi yang kondusif melalui peran HRD bagi perusahaan.

Buku Komplet Panduan HRD

Pengarang: Bimmo Dwi Baskoro
Buku yang satu ini lebih banyak mengutarakan tentang tugas HRD yang tidak bisa dibilang mudah. Apalagi dari staf HRD inilah sumber ketepatan pengelolaan suatu perusahaan. Oleh sebab itu di dalam buku yang satu ini diberikan berbagai macam penjelasan dan panduan dalam menjalani peran sebagai HRD. Termasuk di antaranya yaitu tata cara melakukan rekruitmen karyawan, membuat surat kontrak kerja, membuat sistem pola gaji karyawan, membuat surat peringatan, membuat surat referensi kerja, memberikan penghargaan dan hukuman pada karyawan, membuat struktur organisasi perusahaan, membuat peraturan perusahaan, membuat deskripsi pekerjaan tiap karyawan, serta menyelesaikan aneka macam konflik atau perselisihan yang mungkin terjadi di dalam perusahaan.

Melihat 10 judul buku HR terbaik di atas, bisa disimpulkan bahwa menjadi staff HRD tidak pernah merupakan tugas yang mudah. Sehingga oleh sebab itu ada baiknya jika perusahaan mulai berpikir untuk meringankan beban pekerjaan staff HRD di tempat mereka. Cobalah untuk menggunakan aplikasi JojoTimes.

JojoTimes ini merupakan aplikasi yang memiliki beragam fitur istimewa. Di antara fitur-fiturnya yang cukup banyak dikenal orang, berikut ini adalah daftarnya:

  • Monitor aktivitas karyawan melalui Fingerprint Feature maupun Mobile Check in & Check out
  • Mudah mengatur lembur melalui Mobile Leave Request and Approval maupun Integrated Attendance System
  • Simpan data karyawan dengan aman melalui Secured Cloud Based Storage dan Import and Export Employee Data
  • Pantau jam kerja melalui Accurate Real-Time Monitoring

Melalui fitur yang tersemat di dalam JojoTimes ini, maka tentu saja perusahaan akan mendapatkan banyak manfaat baru yang lebih optimal. Seperti misalnya kinerja staff HRD yang lebih praktis dan efisien berkat bantuan dari sistem yang automatis. Selain itu menggunakan software ini juga membantu upaya pengkinian data karyawan yang jauh lebih mudah serta lebih praktis dan tidak banyak memakan waktu. Berkat otomatisasi maka pekerjaan staff HRD dapat berkurang lebih optimal.

Oleh sebab itu jangan ragu untuk segera mencoba JojoTimes di perusahaan Anda. Jangan khawatir akan uji coba berbayar seperti kebanyakan software yang lainnya. Karena kami menyediakan coba gratis sesuai kebutuhan perusahaan Anda. Dapatkan manfaat terbaik melalui penggunaan software yang satu ini. Biarkan JojoTimes yang bekerja dan sistem perusahaan Anda menjadi lancar serta maksimal.