BUMN Adalah Badan Usaha Milik Negara Untuk Kesejahteraan Rakyat

BUMN adalah

BUMN adalah istilah yang tentunya telah banyak Anda dengar. BUMN pada dasarnya merupakan singkatan dari Badan Usaha Milik Negara. Secara umum bisa diartikan bahwa BUMN ini merupakan suatu badan usaha yang sebagian atau seluruh kepemilikannya dikuasai oleh negara atau lebih tepatnya NKRI yang merupakan singkatan dari Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Pada kenyataannya Badan Usaha Milik Negara ini bisa berbentuk usaha nirlaba. Adanya BUMN dengan berbasis nirlaba ini dilakukan dengan tujuan utama untuk menyediakan berbagai barang dan jasa bagi seluruh masyarakat. BUMN sendiri sebenarnya telah diatur dalam UU yang berlaku sehingga pengelolaannya haruslah dilakuakn dengan disesuaikan pada aturan atau hukumyang berlaku di Indonesia.

Fungsi BUMN Adalah Sebagai Berikut

Penyedia produk

BUMN tentu saja didirikan dengan berbagai macam tujuan dan fungsi. Salah satu fungsinya adalah sebagai badan yang menyediakan berbagai macam produk. Tentu saja produk yang disediakan ini terdiri dari berbagai macam barang dan jasa yang dapat berguna bagi masyarakat. Maka BUMN menjadi suatu badan usaha yang bersifat melayani masyarakat Indonesia.

Pembuat kebijakan ekonomi

Selain sebagai badan yang berfungsi untuk menyediakan berbagai macam produk rupanya Badan Usaha Milik Negara juga memiliki fungsi yang lainnya. Misalnya sebagai salah satu badan yang digunakan oleh pemerintah untuk membuat kebijakan ekonomi. Dalam hal ini BUMN akan menjadi salah satu media yang sekiranya bisa membantu pemerintah untuk menentukan kebijakan yang baik mengenai perekonomian negara.

Menciptakan lapangan kerja

Fungsi lainnya yang juga sangat penting bagi masyarakat Indonesia adalah BUMN sebagai penyedia lapangan kerja. Badan usaha yang ada di negara tersebut memang bisa menjadi sebuah alat untuk mencipatakan lapangan kerja bagi masyarakat. Hal ini tentunya akan membantu negara dalam hal meningkatkan kesejahteraan hidup rakyat.

Sumber pendapatan negara

Kehadiran BUMN menjadi salah satu hal penting yang turut berpengaruh pada kondisi perekonomian negara. Hadirnya badan usaha yang modalnya dikuasai oleh pemerintah namun juga bisa dikuasai oleh pihak lain ini bisa berfungsi sebagai sumber pendapatan bagi negara. Atau dengan kata lain badan usaha ini bisa berfungsi sebagai alat devisa negara.

Media pengembangan usaha

Fungsi BUMN sebagai media pengembangan usaha sebenarnya tidak perlu dipertanyakan lagi. Sebab hal ini mencakup pula adanya beberapa usaha kecil di tanah air yang semakin berkembang dan bahkan eksis. Diantaranya seoerti UKM dan ada juga koperasi. Berbagai usaha yang berkembang ini pada akhirnya akan membantu pemerintah untuk mengadakan perbaikan dan peningkatan perekonomian rakyat.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Mendorong usaha baru

Sebagai pencipta lapangan kerja rupanya BUMN bisa mendorong adanya beberapa peluang usaha yang baru. Jadi dalam hal ini BUMN bisa berfungsi sebagai suatu simultan yang turut berpengaruh pada perekonomian rakyat. Berbagai peluang usaha baru yang tersedia oleh karena adanya Badan Usaha Milik Negara tentu akan menjadi pendorong bagi pembanguanan masyarakat.

Pengelolaan SDA

Fungsi yang lainnya dari BUMN adalah sebagai pengelola SDA> Yang dimaksud pengelola SDA dalam hal ini adalah bahwa BUMN bisa dijadikan sebagai suatu media untuk melakukan pengelolaan SDA secara tepat. Sebab pada dasarnya SDA memang harus diatur dan dikelola dengan sebaik mungkin agar dapat berfungsi secara maksimal untuk seluruh lapisan masyarakat.

Pelopor pembangunan

Untuk fungsi yang terakhir dari BUMN adalah sebagai pelopor pembangunan. Maksudnya disini adalah badan usaha yang menjadi tanggung jawab bagi pemerintah ini bisa mendorong terjadinya pembangunan. Terutama pembangunan di berbagai bidang atau sektor usaha yang rupanya hingga saat ini masih belum dilibatkan oleh pihak swasta.

Ciri BUMN Adalah Berikut Ini

Sebagai sumber pemasukan negara

Ciri pertama dari Badan Usaha Milik Negara adalah bisa difungsikan sebagai sumber pemasukan negara. Pada dasarnya dana yang diperoleh negara selama ini sebagian besar berasal dari pemasukan yang diperoleh BUMN. Perolehan dana biasanya melalui kegiatan penyediaan barang bagi masyarakat secara rutin.

Kekuasaan dipegang oleh pemerintah

Ciri selanjutnya dari BUMN adalah kekuasaan atas BUMN ini dipegang secara penuh oleh pemerintah atau negara. Upaya memegang penuh kekuasaan terhadap BUMN ini adalah untuk menghindari adanya penyelewengan dari berbagai pihak yang tidak bertanggung jawab. Sebab pihak yang tidak bertanggung jawab ini bisa saja menguasai BUMN untuk kepentingan golongan tertentu dan merugikan masyarakat.

Resiko ditanggung pemerintah

Dalam pelaksanaan BUMN diketahui bahwa seluruh kekuasannya berada di tangan negara atau pemerintah. Hal ini bisa berarti pula bahwa segala resiko juga ditanggung oleh negara atau pemerintah secara sepenuhnya. jadi pemerintah bertanggung jawab atas operasional BUMN. Bisa dikatakan pula bahwa proses operasional BUMN tergantung pada kendali pemerintah.

Untuk kepentingan publik

Sudah tentu berbagai BUMN yang ada di negara ini didirikan dengan tujuan untuk mencapai kepentingan umum atau kepentingan publik. BUMN didirikan dengan maksud agar dapat melayani masyarakat secara umum. Maka dari itu beberapa usaha BUMN umumnya meliputi berbagai kebutuhan dasar masyarakat seperti pelayanan listrik dan air dan lainnya.

Saham bisa dimiliki oleh masyarakat

Mengenai saham sebenarnya kepemilikan BUMN ini tidak hanya dimiliki oleh pihak negara atau pemerintah saja. Namun ternyata pihak lain juga bisa memiliki atau menguasainya. Tetapi pihak lain yang dimaksud dalam hal ini tentu saja tidak sembarangan. bahkan kepemilikan saham dari badan usaha tersebut ada aturannya.Salah satu aturannya adalah pihak lain hanya boleh turutmemiliki saham BUMN dengan jumlah yang tidak lebih dari 50% kepemilikan negara.

Menyediakan kebutuhan masyarakat

Ciri terakhir dari BUMN yaitu adanya penyediaan barang atau jasa yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat. Dengan adanya barang dan jasa yang disediakan oleh BUMN maka tentunya warga masyarakat tidak perlu sampai mengalami kesulitan dalam melakukan pemenuhan kebutuhan hidupnya.

Pelaksanaan BUMN di Indonesia

BUMN adalah badan usaha yang dikuasai oleh negara dengan tujuan untukmengadakan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Maka peran dan kehadiran BUMN tentu sangat berguna bagi masyarakat. Di negara kita ini ada banyak sekali Badan Usaha Milik Negara yang bergerak di bidang berbeda dengan tujuan sama yaitu membangun masyarakat. Sehingga tidak heran jika ada banyak BUMN dalam berbagai macam sektor di Indonesia.

Sama seperti penentuan sistem absensi perusahaan yang bisa melalui berbagai macam cara. Namun yang paling efektif hanya melalui JojoTimes. Karena produk ini terbukti dapat membantu sistem absensi karyawan yang lebih mudah dan efisien. Selain itu mencatat absensi karyawan secara akurat dan melakukan integrasi dengan sistem HRIS di perusahaan secara otomatis.

Hal tersebut berkat beberapa fitur yang dapat ditemukan pada JojoTimes. Di antaranya yaitu fitur-fitur berikut di bawah ini.

  • Pengenalan wajah biometris dengan geo-locator yang akurat
  • Mengelola laporan kehadiran, perizinan cuti dan jam kerja
  • Tarif lembur yang dapat disesuaikan
  • Terintegrasi dengan sistem absensi yang sekarang, serta pengaturan izin cuti dan advance

Karena itu jangan ragu, segera saja beralih pada JojoTimes. Dapatkan coba gratis di perusahaan Anda sekarang juga selama 14 hari untuk membuktikan manfaat produk tersebut seutuhnya.