Business Risk Termasuk Faktor Penentu Dan Langkah Mengatasinya

business risk

Business risk atau resiko bisnis bisa digambarkan sebagai sebuah resiko yang bisa dialami dalam suatu bisnis. Risk ini bisa terjadi karena disebabkan oleh sifat atau karakter bisnis itu sendiri. Jadi jika digambarkan secara sederhana maka resiko bisnis ini bisa disebut sebagai suatu ketidakpastian hasil dari penanaman modal yang dilakukan oleh suatu perusahaan. Sebenarnya resiko bisnis di setiap perusahaan adalah bervariasi. Sebab hal ini bergantung pada masing-masing bisnis atau perusahaan. Setiap perusahaan tentu mendapatkan modal dengan cara yang berbeda. Tidak hanya itu saja tetapi pengelolaan modal juga akan dilakukan dengan cara atau upaya yang berbeda pula. Oleh karena itu resiko bisnis di tiap perusahaan bergantung penuh pada berbagai hal yang ada di perusahaan.

Faktor Penentu Business Risk

Permintaan pasar

Jika permintaan pasar terhadap produk dari perusahaan Anda stabil maka resiko bisnis Anda akan semakin rendah. Sebab dengan semakin bertambahnya permintaan produk maka berarti penghasilan perusahaan akan semakin meningkat. Oleh karena itu tiap perusahaan sudah seharusnya melakukan upaya agar produk bisa selalu diminati oleh konsumen. Dengan adanya minat dari konsumen maka pelanggan bisnis Anda akan semakin bertambah dan permintaan produk setidaknya akan stabil.

Perubahan harga

Harga jual produk terkadang bisa berubah-ubah karena adanya berbagai faktor penyebab. Bisa saja perubahan harga ini terjadi karena harga bahan baku berubah. Atau bisa juga harga produk berubah karena pengaruh pasar. Namun biasanya perusahaan yang menetapkan harga jual produk tetap stabil akan semakin terhindar dari resiko bisnis.

Biaya produksi

Biaya produksi memang bisa saja berubah. Misalnya karena harga bahan baku naik atau turun sehingga hal ini turut berpengaruh pada biaya produksi. Biaya produksi yang naik dan turun ini seringkali diiringi dengan harga jual produk yang tetap dari perusahaan. Oleh karena itu sebaiknya perusahaan selalu mencari bahan baku dengan harga yang relatif stabil agar semakin terhindar dari resiko bisnis.

Kemampuan mengubah harga

Seperti yang telah Anda ketahui bahwa biaya produksi bisa saja berubah. Jika biaya produksi naik maka tidak sedikit perusahaan yang kemudian menaikkan harga jual produk. Mungkin harga jual produk tidak perlu dinaikkan secara drastis. Namun kemampuan perusahaan dalam mengubah harga ini akan menghindarkannya dari resiko bisnis.

Kemampuan menghasilkan produk baru

Sebuah perusahaan mungkin memiliki kemampuan yang lebih tinggi dalam menghasilkan suatu produk baru. Produk yang baru bisa saja dihasilkannya dalam waktu yang cukup singkat. Mungkin saja perusahaan ini penuh inovasi sehingga banyak menghasilkan produk baru. Namun sebenarnya hal ini mengandung resiko bisnis yang lebih tinggi. Sebab belum tentu konsumen bisa menerima setiap produk baru yang diluncurkan.

Fluktuasi nilai tukar

Bisa saja sebuah perusahaan melakukan ekspor dan impor bahan baku serta hasil produksi. Tentu dalam hal ini perusahaan bersangkutan dengan mata uang yang berbeda-beda. Oleh karena itu resiko bisnis menjadi semakin tinggi. Terlebih lagi bila perusahaan memiliki hubungan dagang dengan negara yang memiliki political risk cukup tinggi.

Operating leverage

Beberapa perusahaan mungkin saja tidak dapat mengubah biaya produksi dengan mengikuti perubahan permintaan atau fixed cost. Hal ini sebenarnya lebih beresiko bagi perusahaan. Jika perusahaan berhadapan dengan hal ini maka resiko bisnis yang dihadapi oleh perusahaan tersebut bisa dibilang cukup tinggi.

Mengatasi Resiko

Melakukan riset pasar

Riset pasar mungkin seringkali disebut juga dengan istilah riset pemasaran. Hal ini meliputi adanya desain dan pengumpulan serta analisis dan pelaporan dengan bentuk yang tertata dan sistematis. Riset pasar perlu dilakukan oleh setiap perusahaan sehingga perusahaan bisa mengenal situasi pasar yang dihadapinya. Hal ini bisa menjadi salah satu bentuk upaya untuk menghindari resiko bisnis. Sebab melalui riset pasar ini maka perusahaan bisa terus mengeluarkan produk yang sesuai dengan keinginan pasar.

Mengetahui kunci kesuksesan bisnis

Menjalankan bisnis memang perlu dilakukan dengan persiapan yang matang. Sebab adanya persiapan inilah yang nantinya akan membantu perusahaan untuk mendapatkan kerberhasilan. Di dalam perencanaan bisnis ini terdapat pula penetapan tujuan dan proses adaptasi yang harus dilakukan oleh perusahaan. Tidak hanya itu saja tetapi dalam setiap perencanaan yang dilakukan oleh perusahaan akan ada inovasi. Berbagai hal inilah yang nantinya bisa mengiring perusahaan untuk memperoleh kesuksesan. Dengan begitu maka resiko bisnis akan semakin rendah dan bisa selalu diantisipasi.

Menyesuaikan modal usaha

Membuka suatu usaha atau bisnis sebenarnya perlu disesuaikan dengan dana yang ada. Sesuaikan bisnis Anda dengan modal atau budget yang dimiliki. Jika Anda harus berhutang untuk mendapatkan modal maka Anda harus bisa memastikan bahwa hutang atau pinjaman itu bisa Anda lunasi secara tepat waktu. Dengan dana atau budget yang tidak begitu banyak mungkin Anda bisa mulaimembuka usaha kecil-kecilan terlebih dahulu. Barulah kemudian Anda bisa membuat usaha Anda menjadi semakin besar. Tentu hal ini akan semakin menghindarkan bisnis Anda dari resiko buruk.

Memiliki aplikasi manajemen

Manajemen pada suatu perusahaan menjadi bagian penting yang tidak bisa disepelekan. Di dalam sistem manajemen ini sudah tentu ada pengelolaan untuk bisnis Anda. Untuk melakukan sistem manajemen secara lebih mudah maka Anda bisa menggunakan beberapa aplikasi atau software. Aplikasi atau software ini bisa Anda gunakan untuk menjalankan bisnis Anda dengan baik. Jadi sistem manajemen dalam bisnis Anda akan berjalan dengan baik. Tentunya hal ini akan menghindarkan perusahaan Anda dari resiko yang tidak baik.

Pengelolaan Resiko Pada Bisnis

Business risk memang seolah menjadi ancaman bagi sebuah perusahaan. Resiko bisnis yang bisa saja dialami oleh berbagai perusahaan ini tentu selalu dihindari. Berbagai upaya bahkan banyak dilakukan oleh perusahaan agar bisa terhindar dari resiko bisnis yang sangat berbahaya ini. Oleh karena itu setiap perusahaan perlu melakukan pengelolaan terhadap resiko bisnis ini. Salah satu cara paling efektif yang bisa dilakukan adalah dengan menghindari resiko bisnis itu sendiri. Selain itu setiap perusahaan hendaknya selalu cepat dalam memberi tanggapan kepada perusahaan sehingga bisa melakukan antisipai sedini mungkin.

Mengelola business risk memang sama halnya dengan mengelola sistem pembayaran gaji karyawan yang efektif. Oleh sebab itu dibutuhkan penggunaan sistem payroll karyawan yang tepat. Misalnya melalui penggunaan produk JojoPayroll. Sehingga dengan adanya bantuan produk tersebut maka sistem pembayaran gaji karyawan dapat berjalan tepat waktu serta dapat berjalan lebih efektif dan efisien. Terutama berkat beberapa fitur menarik yang terdapat pada JojoPayroll, misalnya saja fitur-fitur berupa sistem payroll yang terkalkulasi dengan otomatis dengan slip gaji yang dikeluarkan secara otomatis, serta lain sebagainya. Oleh karena itu jangan khawatir, serahkan sistem penggajian karyawan Anda segera pada produk yang satu ini. Dapatkan live demo dan coba gratis di perusahaan Anda sekarang juga. Tunggu apalagi, segera pakai JojoPayroll!