Cara Ampuh Dapatkan Karyawan Kompeten Lewat Campus Hiring

Mendapatkan karyawan yang kompeten dewasa ini ternyata bisa lewat beragam cara dan salah satunya adalah dengan campus hiring. Program ini bisa menjadi salah satu solusi yang tepat tidak hanya untuk perusahaan namun juga untuk universitas atau sekolah tinggi yang mengadakannya. Apalagi, saat ini persaingan para lulusan diploma dan sarjana semakin tinggi namun tidak diimbangi dengan banyaknya lowongan pekerjaan yang ada.

Pengertian Campus Hiring

Campus hiring sendiri merupakan program kerjasama yang dibangun antara universitas dengan perusahaan. Sehingga, kala perusahaan sedang membutuhkan tenaga kerja untuk mengisi posisi tertentu di perusahaan tersebut, maka perusahaan akan  mengumumkannya ke universitas tertentu yang sudah diajak bekerjasama.

campus hiring

Dari pengumuman tersebut, mahasiswa akan dapat melihat dan kemudian melamar di perusahaan tersebut. Sehingga kemungkinan untuk mendapatkan pekerjaan juga akan lebih tinggi dibandingkan tanpa menggunakan program campus hiring.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Manfaat Campus Hiring

Campus hiring tidak hanya bermanfaat untuk perusahaan karena bisa mendapatkan pegawai dengan lebih cepat dan kompeten namun lewat program ini, universitas juga diuntungkan. Berikut ini merupakan beberapa keuntungan dari pengadaan acara campus hiring:

1.      Bagi Perusahaan

Perusahaan akan dapat memperoleh pekerja tambahan yaitu fresh graduate yang berkualitas. Hal itu karena biasanya standar nilai yang ditetapkan oleh perusahaan lebih tinggi dibandingkan dengan standar penilaian untuk lowongan pekerjaan yang biasanya disebarkan di iklan misalnya di media sosial.

Selain itu, perusahaan bisa fokus mencari orang yang memiliki latar belakang pendidikan yang sesuai. Misalnya mencari akuntan di universitas di fakultas akuntansi. Dengan begitu, pekerja tersebut juga akan bisa melakukan jobdesk dengan lebih baik sesuai dengan kemampuannya.

2.      Bagi Universitas

Meraih reputasi sebagai lembaga pendidikan yang bisa dan mampu untuk menghasilkan lulusan yang berkompeten dan berkualitas. Kebanggan tersebut tentunya akan berpengaruh pada kualitas dan juga marketing bagi universitas tersebut untuk menarik calon mahasiswa baru.

3.      Bagi Mahasiswa

Lewat jalur campus hiring, mahasiswa akan bisa memperoleh pekerjaan dengan lebih cepat dibandingkan jika tidak menggunakan program tersebut. Apalagi, saingan untuk diterima di tempat tersebut akan lebih sedikit, sehingga peluang juga akan lebih besar.

campus hiringSelain itu, mahasiswa juga bisa menunjukkan kemampuannya tidak hanya untuk perusahaan namun juga untuk universitas. Hal tersebut akan menambah nilai plus tersendiri sehingga jikapun nantinya keluar dari perkerjaan tersebut, ia akan memperoleh keuntungan tersendiri.

Strategi Pengaplikasian Campus Hiring

Walaupun sangat bermanfaat untuk masing-masing pihak, akan tetapi, jika tidak diaplikasikan dengan baik-baik akan merugikan semua pihak. Karena hal tersebut, jika Anda hendak melakukan campus hiring, strategi berikut ini dapat membantu Anda untuk memperoleh mahasiswa kompeten sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HR Suites hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

1.      Membuat List Kampus

Sebelum Anda mengajukan program campus hiring, maka Anda harus memiliki daftar kampus mana saja yang akan Anda ajak untuk bekerja sama. Bidik kampus yang sesuai dengan program yang akan perusahaan Anda jalankan. Pastikan jika kampus tersebut memiliki jurusan sesuai dengan yang perusahaan butuhkan. Dengan begitu, Anda akan lebih menghemat budget untuk program ini.

2.      Tentukan Jadwal Kunjungan yang Tepat

Setelah Anda menawarkan kerjasama, Anda tentu harus mengadakan presentasi di kampus tersebut. Hal ini tidak hanya akan meyakinkan pihak kampus namun juga untuk mahasiswa dan lulusan yang hadir. Jika Anda tidak meyakinkan, misalnya perusahaan Anda mengalami devisit selama beberapa bulan, universitas dan mahasiswa juga tidak akan tertarik.

campus hiringSelain harus memperhatikan keunggulan apa yang akan ditawarkan, jangan lupa untuk menentukan waktu yang tepat untuk berkunjung. Jangan sampai saat Anda sudah menyiapkan semuanya, ternyata Anda memiliki waktu yang salah misalnya saat sedang masa KKN berlangsung.

3.      Gunakan Alumni

Cara paling mudah untuk promosi adalah dengan menggunakan alumni kampus apalagi jika alumni tersebut memiliki prestasi dan bekerja di tempat Anda. Mahasiswa akan lebih mudah terkesan jika diberikan gambaran dari lulusan universitas tersebut secara langsung. Jika diibaratkan, alumni tersebut sebagai kakak, mahasiswa sebagai adih dan perusahaan sebagai orang luar.

Adik akan lebih mendengarkan apa yang dikatakan oleh kakaknya karena sudah mengenal dibandingkan dengan orang luar yang baru ditemui. Karena itu, tidak ada salahnya menggunakan alumni sebagai duta promosi untuk campus hiring.

4.      Presentasi yang Menyenangkan

Pertemuan pertama adalah hal yang paling berkesan. Karena hal tersebut, untuk menarik orang, maka Anda harus menyiapkan sesuatu yang menyenangkan misalnya dengan presentasi yang menarik. Tunjuk orang di perusahaan Anda yang memiliki pribadi yang menarik dan ceria dan jika ada adalah orang yang mudah dekat dengan orang lain.

Adanya interaksi antara perusahaan, universitas dan mahasiswa akan menjadi nilai plus sendiri. Misalnya menciptakan bayangan kalau bekerja di perusahaan Anda itu menyenangkan. Jadi sebisa mungkin siapkan presentasi yang menarik.

5.      Deskripsi dan Seleksi yang Tepat

Saat Anda menyampaikan apa yang dibutuhkan perusahaan, sampaikan deskripsi pekerjaan secara singkat dan jelas. Agar nantinya, saat lamaran pekerjaan tersebut ditampilkan atau diumumkan, orang yang melihat akan langsung tahu, yang dibutuhkan di perusahaan Anda itu apa.

Setelah itu, Anda harus memilih kandidat yang tepat dan sesuai dengan kriteria. Anda bisa menggunakan beberapa metode dalam pemilihan misalnya dengan menggunakan cover letter.

Pengelolaan Hasil Campus Hiring

Setelah kandidat terpilih maka selanjutnya HRD yang akan mengelola data tersebut. Dalam pengelolaannya, jika yang terpilih cukup banyak tentunya akan membutuhkan banyak waktu yang menyebabkan HRD tidak bisa mengerjakan pekerjaannya yang lain. Karena hal tersebut Anda bisa menggunakan JojoTimes sebagai solusi Anda untuk membantu pekerjaan Anda sebagai HR.

campus hiring

JojoTimes merupakan salah satu aplikasi dari Jojonomic yang akan membantu untuk memantau aktivitas dari karyawan dan pengelolaan data administrasi secara otomatis. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan keuntungan berikut ini jika menggunakan JojoTimes:

  • Meningkatkan produktivitas karena Anda bisa mengerjakan pekerjaan yang lainnya dan tidak hanya terpaku pada 1 pekerjaan misalnya saja seleksi campus hiring.
  • Lebih hemat waktu sebab adanya pengelolaan sistem secara otomatis. Selain itu, JojoTImes juga akan membantu Anda untuk mengurangi dan mengerjakan tugas yang rumit.
  • Memudahkan pembuatan rekapan bulanan apalagi untuk karyawan yang kerap telat atau sering dikirim untuk penugasan ke luar kota. Dengan Jojotimes Anda akan mendapatkan data dan hasil yang lebih akurat.

Fitur JojoTimes

Untuk mendapatkan seluruh keuntungan tersebut, Jojotimes dilengkapi dengan fitur seperti berikut yang bisa dimanfaatkan.

  • GPS Geotagging yang memungkinkan Anda tahu lokasi dari karyawan Anda apakah sedang ada di kantor atau justru sedang membolos.
  • Database yang komprehensif yang terintegrasi dengan cloud sehingga memungkinkan Anda untuk mengecek dan mengelola data dengan lebih mudah.

Untuk tahu lebih lengkapnya, Anda bisa kunjungi https://jojonomic.com/produk/jojo-times-absensi-online/. Atau, Anda bisa coba langsung Jojotimes versi gratisnya lebih dahulu untuk tahu bedanya cara konvensional dengan cara Jojotimes. Jadi, yuk beralih ke Jojotimes untuk pengelolaan data yang lebih efisien.