Caption IG ; Tips dan Trik Membuat Kata-kata yang Bagus dan Menarik

caption ig

Sosial Media saat ini sangat booming dan menjadi andalan para pebisnis online untuk mempromosikan produk jualan. Salah satunya adalah Instagram, jika Anda aktif di sosial media ini, tentu untuk tetap eksis dan dikenal di instagram salah satu poin penting yang tidak boleh dilupakan adalah penulisan keterangan, atau membuat Caption IG.

Pasti Anda sudah paham bahwa Instagram adalah sebuah aplikasi berbagi foto dan video yang memungkinkan pengguna mengambil foto, mengambil video, menerapkan filter digital, dan membagikannya ke berbagai layanan jejaring sosial, termasuk milik Instagram sendiri.

Namun dengan segala kelebihannya, tentu saja Anda harus lebih kreatif membuat caption di Instagram, agar mendapat banyak pengikut atau like. Untuk itu dalam artikel berikut, akan kita bahas bagaimana tips membuat caption yang menarik, yuuk kita simak saja !

Cara Membuat Caption IG yang menarik

Instagram adalah salah satu media sosial yang banyak digunakan oleh penggiat media sosial saat ini. Selain untuk membagikan momen kenangan, liburan seru dalam foto, video dan tulisan, Instagram juga sering digunakan untuk membagikan postingan yang lucu dan juga menghibur.

Hanya dengan memposting Caption yang menarik namun simpel, mampu menjadi daya tarik para pengunjung akun IG Anda. Sehingga bisa menaikan jumlah followers. Tapi bagaimana caranya ?

1. Tentukan tujuan Caption

Ketika akan membuat caption atau menciptakan keterangan pada foto atau video, terlebih dahulu pikirkan apa “tujuan” di balik postingan tersebut.  Buat beberapa pertanyaan misalnya apakah Anda berusaha terhubung dengan follower? apakah ingin mereka melakukan tindakan tertentu setelah membaca atau melihat postingan Anda ?

Memikirkan alasan utama mengapa Anda membuat postingan itu adalah langkah awal untuk menciptakan keterangan foto yang bisa menghasilkan rasa keterlibatan. 

2. Pancing percakapan 

Sesekali buatlah caption yang memancing respon diskusi atau percakapan. Misalnya, dari pada hanya menulis “Cappucino iced adalah favoritku”, Anda bisa mengubahnya menjadi “Aku suka banget cappucino iced saat musim panas. Apa minuman favoritmu di siang yang terik ini?” Pertanyaan yang terbuka adalah pemancing percakapan yang efektif dari pada pertanyaan “iya” atau “tidak”. 

caption ig

3. Ajakan untuk melakukan tindakan 

Ajakan agar pengikut kita melakukan sesuatu tindakan adalah cara lain untuk mendorong keterlibatan. Misalnya saja kita mengajak pengikut untuk membaca tulisan terbaru di blog atau menjawab pertanyaan.

Walaupun terkadang menjadi ide yang menarik untuk memancing reaksi followers Anda, jika dilakukan terus menerus, tentunya akan membosankan.

4. Bangkitkan rasa perduli

Terkadang perlu berpikir untuk memposisikan diri kita pada posisi followers Anda. Hal tersebut adalah cara paling tepat untuk mendapat respon dari postingan kita.

Misalnya saja apakah pengikut saya akan peduli? Apa yang akan saya pikirkan kalau ada postingan seperti ini di lini masa saya? Apakah keterangan foto ini merefleksikan diri saya? bagaimana seandainya saya sebagai follower yang membaca caption tersebut ?

5. Be Your Self (Jadi Diri Sendiri)

Agar bisa mendapatkan follower lewat caption unik, salah satu triknya adalah be your self atau jadilah diri sendiri, buat hal yang unik menampilkan diri Anda, tanpa terpengaruh dengan kebiasaan orang lain.

Selain itu selalu hindari keinginan untuk bersaing dan menonjol. Selalu menjadi diri sendiri dan buatlah postingan yang menggambarkan diri kita dengan segala keunikannya. 

6. Caption dengan alur cerita 

Bercerita dalam sebuah gambar dilengkapi caption yang menyentuh, lucu atau unik, terkadang adalah cara terbaik untuk menciptakan keterlibatan dan respon di media sosial.

Selain itu berbagi tentang tantangan, anekdot, atau cerita yang berkaitan dengan pengikut kita. Menceritakan sebuah cerita juga membantu kita menunjukkan kepribadian dan menciptakan hubungan yang lebih nyata dengan follower.

7. Caption IG Singkat namun Penuh Makna

Jika Anda bukan penulis yang pandai menulis kata-kata puitis, romantis atau kata-kata bijak penuh makna. Tidak masalah jika Anda mengutip quote dari orang-orang ternama di seluruh dunia.

Seperti kita ketahui bahwa quotes atau kutipan kata-kata orang-orang berpengaruh dan orang sukses di dunia ini sangat banyak. Anda bisa ambil itu, tapi jangan lupa untuk menuliskan nama sang pembuat quotes.

caption ig

8. Berikan Hastag Seperlunya

Untuk membuat caption anda menjadi caption yang menarik, jangan sekali-kali terlalu banyak menggunakan hastag. Penggunaan hashtag yang terlalu banyak ini bisa kita lihat dari perbandingan tulisan dengan hastag.

Pembaca caption atau followers Anda akan merasa bosan jika melihat caption yang Anda buat dipenuhi oleh hastag, yang kadang itu terlihat sebagai spam untuk memanggil robot-robot instagram untuk me-like atau memberikan komentar otomatis di foto yang Anda unggah.

9. Gunakan Emoji

Emoji menjadi sarana yang cukup penting untuk membuat caption yang kamu buat terlihat manis, lucu dan menguatkan kesan kamu sedang adalah orang yang ramah.

Penggunaan emoji-emoji ini juga harus sewajarnya. Jangan terlampau banyak. Emoji ini berfungsi sebagai penguat pesan. Misalnya, anda menulis tentang kesedihan anda, maka di akhir kalimat itu ditambahkan emoticon sedih dan sebagainya.

10. Sesuaikan Caption IG dengan Foto

Sesuaikan kata-kata sebagai pendukung foto atau video yang diunggah di instagram. Jadi, sesuaikan caption instagram yang Anda buat dengan tema dan pesan yang ingin disampaikan melalui foto atau video yang Anda posting.

Contoh misalnya anda unggah foto selfie dengan latar belakang alam pedesaan yang tenang dan asri, maka postinglah kata caption yang seiring dengan foto tersebut, yakni yang menyangkut keindahan alam ciptaan Tuhan, keindahan yang luar biasa dari alam misalnya dan seterusnya.

caption ig

11. Gunakan Emoji Sewajarnya

Menggunakan emoji pada caption yang kita buat, akan terlihat menarik, dan menjadi sarana yang cukup penting untuk membuat caption yang Anda buat terlihat manis, lucu dan menguatkan kesan Anda adalah orang yang ramah.

Namun perlu Anda ingat bahwa, penggunaan emoji jangan berlebihan. Jadikan emoji ini hanya berfungsi sebagai penguat pesan. Misalnya, anda menulis tentang kesedihan anda, maka di akhir kalimat itu ditambahkan emoticon sedih, atau saat gembira ditambah emoji tertawa atau tersenyum dan lain sebagainya.

12. Teliti tanpa Typo

Satu lagi yang paling penting adalah kesalahan penulisan kata-kata atau dikenal dengan istilah typo. Jika hal tersebut dibiarkan maka bisa menimbulkan pro dan kontra, apalagi jika keterangan atau caption adalah berkaitan dengan nama tempat atau informasi kejadian. Jika dibiarkan terlalu lama maka akan menimbulkan masalah.

Sebaiknya hindari typo dan sebelum memposting foto dan caption, cek and ricek terlebih dahulu. Jika Anda ingin mendapatkan konten yang menarik silahkan cari infonya di sini Abconv Agen pemasaran digital terkemuka yang berfokus pada pengembangan bisnis Anda dengan layanan pemasaran online.

Semua tips dan trik membuat caption di instagram memang cukup unik dan harus kreatif, agar promosi produk jualan atau usaha Anda bisa tepat sasaran. Selain itu pengelolaan keuangan juga wajib jadi perhatian, apalagi jika bisnis Anda sudah makin berkembang. Tidak mungkin lagi memakai cara manual, untuk itu Anda membutuhkan software otomatis yang terintegrasi dengan laporan keuangan Anda, seperti aplikasi dari Jojonomic. Apakah itu ?

caption ig

Aplikasi JojoExpense

Solusi Manajemen Pengeluaran Perusahaan yang Fleksibel, JojoExpense memudahkan staf keuangan untuk memantau disbursement perusahaan secara real-time dan akurat. Hemat waktu hingga 77% dengan proses pelaporan pengeluaran otomatis!

Fitur Populer dari JojoExpense

  1. Monitor disbursement uang panjar kerja di manapun kapan pun
  2. Proses pelaporan dan pengarsipan reimbursement otomatis dan dapat disesuaikan
  3. Peraturan budget yang disesuaikan untuk reimbursement dan Cash Advance

Untuk mengenal kinerja aplikasi kami, Anda bisa mencoba kilik Coba Gratis Sekarang