Cara Berinvestasi Saham dan Deposito, Yuk Cari Tahu

Setiap investor pasti menginginkan hasil yang menguntungkan. Bahkan pada sebagian orang pemilihan jenis investasi menentukan besarnya keuntungan yang didapat. Tak salah memang, seperti misalnya investasi saham dengan dana yang besar juga mendapat keuntungan besar. Dengan demikian berarti risikonya pun juga ikut tinggi. Keadaan seperti ini tak jarang membuat banyak pemain saham mengalami kerugian karena cara berinvestasi yang kurang baik.

Potensi kerugian di depan baiknya dihindari investor dengan cara berinvestasi yang tepat. Apapun jenis investasinya patut dilakukan dengan baik dan benar. Dan tentunya tetap bijak memperhatikan segala aspek agar tetap seimbang dan segala kebutuhan terpenuhi.

Maka berikut ini Jojonomic telah siapkan beberapa cara berinvestasi yang tepat bagi anda, terutama untuk pemula dan pengusaha. Tak hanya itu, pembahasan pun akan lengkap dengan lengkah berinvestasi pada sektor saham dan deposito sehingga akan lebih tepat diterapkan. Jadi, simak terus, ya.

Cara Berinvestasi Yang Tepat

Cara Berinvestasi

Buat tujuan terarah terlebih dahulu

Pastikan tujuan untuk berinvestasi memang sudah jelas. Misalnya, apakah dengan investasi hasilnya akan anda gunakan untuk membiayai pernikahan atau membangun rumah impian. Atau justru hasil investasi memang dipersiapkan untuk menjadi dana pensiun nanti.

Saat tujuan telah jelas, anda akan lebih tau estimasi keuntungan hasil yang harus diperoleh, bukan? Dengan demikian, berinvestasi pun akan lebih bersemangat sambil tetap berhati-hati setiap mengambil keputusan. Bukan hanya mencapai hasil investasi yang menguntungkan, tapi juga terjamin aman sehingga tidak menimbulkan efek lanjutan.

Alokasikan dana secara seimbang

Menempatkan modal awal investasi dipastikan bersumber dari penghasilan atau tabungan. Nah, di sinilah kelihaian dalam mengalokasikan sebagian simpanan untuk investasi diuji. Semakin banyak dana yang diinvestasikan memang cenderung semakin tinggi keuntungan yang didapat. Namun, jangan lupakan juga waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan hasilnya. Sedangkan di waktu yang sama kebutuhan keluarga atau usaha juga harus terpenuhi. Agar keduanya berjalan bersamaan, pembagian dana secara seimbang perlu dilakukan.

Pahami karakteristik instrumen investasi

Jangan mudah termakan dengan janji keuntungan besar tanpa mengenal lebih dalam bentuk investasi yang dituju. Oleh karenanya penting sekali untuk mempelajari dan memahami terlebih dahulu bagaimana karakteristik masing-masing bentuk.

Tidak cukup hanya dengan mencari tahu sendiri. Ada baiknya untuk segera berkonsultasi dengan praktisi profesional agar seluruh informasi dapat diketahui secara menyeluruh. Dengan begini anda dapat memperhitungkan semua variabel, peluang, hingga kemungkinan terburuk demi investasi yang menguntungkan.

Pantau perkembangan investasi secara berkala

Dalam investasi momentum sangatlah penting. Agar investasi tetap sesuai dengan keinginan anda, jangan lantas dibiarkan berjalan tanpa pengawasan. Maka dari itu, setidaknya sisihkan waktu secara terjadwal untuk memperhatikan perkembangan investasi anda. Cara ini secara tidak langsung dapat memberikan efek pada pengambilan keputusan. Lebih baik lagi jika didukung dengan masukan dari konsultan profesional, keputusan dapat diambil dengan cepat dan tepat. Sehingga meminimalisir potensi kerugian yang mungkin muncul setelah itu.

Cara Berinvestasi Saham

Cara Berinvestasi

Pilih perusahaan sekuritas diawasi OJK

Langkah ini sangat penting mengingat sekuritas lah yang nantinya akan mewakili anda dalam menjual-beli saham. Jika sudah menemukan perusahaan sekuritas yang tepat, saatnya lengkapi dokumen persyaratan untuk membuat rekening efek dan rekening dana nasabah (RDN). Masing-masing rekening akan menjadi wadah penyimpanan saham anda dan dana jual beli saham.

Tempatkan dana ke RDN

Selanjutnya, anda akan diarahkan untuk menyimpan dana ke rekening dana nasabah. Rekening ini menjadi bagian yang dikelola oleh perusahaan sekuritas sekaligus membagi tegas dana investasi anda dengan dana pribadi.

Tentukan saham perusahaan

Sebelum yakin membeli suatu saham, pahami dulu bagaimana pertumbuhan perusahaan tersebut. Lihat kinerja perusahaan dari tahun ke tahun dan bandingkan dengan stabilitas nilai sahamnya. Jika kinerja baik dengan nilai saham yang stabil bahkan cenderung naik, inilah pilihan tepat.

Namun, jangan juga tergoda dengan peningkatan nilai saham yang cukup signifikan dalam waktu singkat. Justru saham seperti ini yang harus dihindari. Selain mencurigakan, sudah cukup banyak bukti semacam ini yang pada akhirnya merugikan investor karena nilai saham kedepan terus menurun.

Bertransaksi dengan nyaman

Setelah yakin dengan pilihan saham, anda dapat langsung bertransaksi di bursa. Ingat, pembelian saham paling rendah harus dilakukan di angka 1 lot atau setara dengan 100 lembar.

Cara Berinvestasi Deposito

Cara Berinvestasi

Komparasi suku bunga deposito

Jika anda ingin hasil investasi yang lebih menguntungkan, ada baiknya lakukan dulu riset komparasi suku bunga deposito setiap bank. Biasanya, bank akan menawarkan suku bunga tinggi sehingga hasil perolehan sangat memikat. Akan tetapi, perhatikan juga dengan cermat.

Jika prosentase yang ditawarkan lebih tinggi dari standar maksimal LPS, baiknya pertimbangkan lagi bank lainnya. Bunga yang lebih tinggi justru lebih berisiko jika suatu saat bank bermasalah. Dengan begini tak hanya hasil yang menguntungkan saja yang anda dapat, tapi juga aman.

Tentukan bank dengan track record baik

Hampir setiap bank memiliki layanan deposito dengan penawaran-penawaran bunga terbaiknya. Diantara yang terbaik, tugas anda adalah menentukan bank mana yang paling tepat. Ukurannya dapat diambil dari bagaimana bank tersebut menangani dana deposito sebelumnya.

Meskipun kinerja sebelumnya tidak menjamin kinerja yang akan datang, setidaknya dapat memberikan gambaran bagi anda. Terlebih, kegiatan usaha bank diatur ketat oleh undang-undang dengan pengawasan OJK.

Tetapkan jangka waktu dan manfaatkan sistem Laddering

Sistem berjangka dalam deposito tak jarang dimanfaatkan oleh sebagian pengusaha untuk terus menunjang bisnisnya setiap periode tertentu. Apakah itu per 6 bulan atau per sekian tahun. Semakin panjang periodenya tentu semakin besar bunga yang didapatkan. Akan tetapi, dari pada menetapkan jangka waktu panjang demi bunga yang besar, lebih baik manfaatkan sistem laddering.

Sistem ini lebih efektif memberikan keuntungan dalam waktu yang cukup cepat karena membagi dana ke beberapa periode. Misalnya, sebagian dana didepositkan pada jangka waktu 6 bulan dan dana lainnya pada jangka waktu 1 tahun. Maka setiap 6 bulan sekali dana deposit dapat diambil lalu dana yang didepositkan selama 1 tahun juga bisa ditarik.

Penutup

Cara Berinvestasi

Nah, itulah cara berinvestasi secara umum termasuk langkah di bidang saham dan deposito. Terlepas dari apapun bidang investasinya, potensi kerugian sangat mungkin terbuka jika dilakukan dengan cara yang kurang baik. Maka langkah-langkah investasi yang telah disyaratkan tetap harus diimbangi dengan cara yang bijak. Yaitu berinvestasi dengan menilai terlebih dahulu faktor internal dan faktor eksternal sebelum betul-betul mendaftar. Barulah prosesnya meminimalisir kerugian dan segala aspek dapat berjalan secara seimbang.

Bagi dunia usaha, hasil investasi tentu akan sangat berguna bagi kemajuan dan pengembangan bisnis. Entah itu peningkatan kualitas, ekspansi produksi, atau bahkan peningkatan sumber daya manusia dengan penggajian yang lebih baik. Untuk penggajian karyawan yang tersistem, menggunakan Jojo Payroll adalah solusinya.

Jojo Payroll

Memanfaatkan sistem yang terotomatisasi lengkap dengan berbagai fitur di dalamnya, memenuhi hak karyawan menjadi lebih mudah. Sebelum mentransfer dana gaji, pastikan database karyawan lengkap tersimpan dalam aplikasi Jojo Payroll yang berbasis cloud. Pengelolaan secara terpusat dan mudah diakses dimanapun akan cepat memberikan informasi pada tim keuangan.

Setelah data valid, serahkan hitungan payroll pada aplikasi. Anda tidak perlu khawatir karena perhitungan gaji bulanan dan harian pasti terhitung akurat secara otomatis. Jangan mengulur waktu untuk segera berikan gaji karyawan setelah hasil perhitungan didapat. Anda hanya cukup andalkan fitur Jojo Payroll dalam mentransfer gaji secara real-time ke lebih dari 150 bank. Apalagi semua ini langsung selesai dalam sekali klik. Praktis, bukan?

Kemudahan seperti ini bisa anda dapatkan sekarang dengan daftar live demo untuk pengalaman uji coba yang lebih menyeluruh, lho. Yuk daftar sekarang!