Ini Dia Tips Cara Buat Email Secara Mudah Dan Cepat

cara buat email

Cara buat email sudah seharusnya diketahui dan dipahami oleh setiap orang. Terlebih lagi di zaman sekarang ini yang seolah mengharuskan semua orang untuk memiliki email demi mempermudah komunikasi antara pihak yang satu dengan yang lain. Tidak hanya itu saja tetapi masih banyak fungsi dari sebuah email terutama di zaman modern seperti sekarang ini. Email bahkan dimiliki oleh hampir semua orang untuk berbagai keperluan.

Maka dari itu cara buat email perlu diketahui secara jelas dan detail agar siapa saja bisa melakukan pembuatan email. Demikian pula proses pengoperasian email di hp juga perlu dipahami mengingat bahwa sekarang ini hp atau smartphone lebih banyak digunakan untuk mengakses email.

Cara Buat Email Pada Gmail

Buka halaman mail google di browser

Membuat email di Gmail tampaknya saat ini semakin merebak. Sebab Gmail sendiri menjadi suatu sarana untuk membuat email yang paling banyak digunakan oleh masyarakat. Maka pembuatan email Gmail sudah seharusnya dikuasai oleh semua orang terutama pengguna smartphone berbasis android. Untuk membuatnya maka pangkah pertama yang bisa dilakukan adalah membuka halaman mail Google yaitu Gmail pada browser Anda.

Klik tombol Buat Akun

Setelah berhasil mengakses halaman mail Google bernama Gmail maka Anda bisa berlanjut ke tahap selanjutnya. Tahap selanjutnya yaitu menekan klik pada tombol Buat Akun. Tombol Buat Akun ini terletak pada bagian kanan atas dan tentu bisa dengan mudah ditemukan.

Isi data

Jika telah masuk ke halaman pembuatan akun maka selanjutnya isilah data pribadi sesuai dengan yang diminta oleh pihak Google. Pengisian data bisa dimulai dengan menuliskan nama depan dan berlanjut ke nama belakang. Isilah sesuai dengan data yang benar dan valid.

Pilih alamat email dan password

Setelah mengisikan nama depan dan nama belakang pada kolom yang tersedia maka pengisian data bisa berlanjut ke bagian selanjutnya. Bagian selanjutnya dalam hal ini adalah mengisi nama alamat email yang diinginkan. Pada proses pembuatan nama email perlu digunakan kombinasi antara huruf dan angka serta titik. Setelah menuliskan alamat email maka selanjutnya adalah menuliskan password. Lakukan pula konfirmasi password untuk memastikan kebenaran password yang telah dicantumkan. Setelah itu klik tombol Next untuk betlanjut ke tahap selanjutnya.

Verifikasi nomer telepon

Tahap terakhir adalah memasukkan nomer telepon milik Anda sendiri. Nomer telepon ini nantinya akan digunakan untuk melakukan verfikasi email yang telah dibuat. Untuk proses verifikasi ini perlu diketahui bahwa satu nomer telepon hanya bisa berlaku untuk satu alamat email saja.

Cara Buat Email Melalui Hp Berbasis Android

Buka perangkat Settings pada hp

Alamat email yang telah ada juga bisa digunakan pada smartphone. Langkah pertama untuk melakukan hal ini adalah dengan membuka Settings pada perangkat hp atau smartphone. Selanjutnya klik tombol Add Account. Lalu pilihlah Other yang bisa dijumpai pada daftar aplikasi email. Maka nantinya bisa ditambahkan akun email milik Anda.

Masukkan alamat email

Jika tahap pertama telah dilalui maka Anda bisa segera berlanjut ke tahap selanjutnya. Tahap selanjutnya adalah memasukkan alamat email yang telah dimiliki. Tulislah alamat email dengan tepat pada layar smartphone dan jika proses ini telah selesai dilakukan maka segera klik tombol Next.

Pilih jenis incoming server

Setelah klik tombol Next maka selanjutnya bisa berlanjut ke tahap pemilihan jenis incoming server. Jadi pilihlah jenis incomin server yang memang dibutuhkan atau diinginkan. Dalam hal ini beberapa jenis incoming server yang bisa dipilih yaitu POP3 atau IMAP. Maka pilihlah satu di antara keduanya dengan disesuaikan pada kebutuhan.

Masukkan password

Setelah mencantumkan alamat email maka selanjutnya adalah mencantumkan password. Tentunya password yang dicantumkan pada bagian ini adalah password email. Oleh karena itu sebisa mungkin password email selalu diingat dan jangan dilupakan demi mempermudah proses pengiperasionalan email di smartphone. Untuk itu pembuatan password email bisa dibuat dengan menggunakan simbol atau huruf atau angka yang sekiranya mudah diingat oleh pembuatnya. 

Lakukan cek kembali

Tahapan berikutnya adalah melakukan pengecekan kembali tepatnya pada incoming server setting. Pada bagian ini ada beberapa hal yang harus dicek kebenarannya. Misalnya seperti username yang merupaka  alamat email. Selanjutnya perlu juga dilakukan pengecekan terhafap password dari akun email yang telah dibuat. Kemudian lakukan pengecekan pula pada server yang umumnya menggunakan domain tertentu. Lakukan cek pula pada port yang umumnya tergantung pada layanan hosting Anda.

Klik tombol Next

Jika telah dicek ulang berarti Anda bisa memastikan dengan benar bahwa semua detail telah terisi. Jika memang semua detail yang dibutuhkan telah terisi semua secara lengkap maka kini saatnya berlanjut ke tahap selanjutnya dengan melakukan klik pada tombol Next.

Isi detail pada outgoing server

Di tahapan selanjutnya Anda akan diminta untuk mengisi detail tepatnya untuk outgoing server. Detail yang ada pada outgoing server ini sebaiknya diisi sesuai dengan apa yang diisi pada bagian incoming server. Selain itu perlu juga diperhatikan pengisian pada bagian Port dan juga dalam memilih SSL atau TLS. Pengisian detail haruslah benar agar tidak sampai terjadi kesalahan atau kegagalan ke depannya.

Klik tombol Next di bagian bawah

Setelah seluruh tahapan dilalui maka berarti proses pembuatan email pada perangkat smartphone berbasis Android telah selesai. Maka Anda bisa menggunakan alamat email yang sudah ada pada perangkat untuk berbagai keperluan.

Pemanfaatan Email

Cara buat email saat ini tampaknya bukan menjadi suatu hal yang asing lagi. Terlebih lagi di masa modern yang diwarnai dengan hadir dan berkembangnya dunia digital. Perkembangan dunia digital ini diiringi dengan adanya penerapan akses jatingan internet oleh semua orang. Oleh karena itu email sangatlah penting dan sangat diperlukan oleh setiap orang. Sebaiknya setiap orang bisa membuat email sendiri sehingga terbiasa pula untuk mengoperasikan email miliknya sendiri. Maka ke depannya email yang sudah dibuat bisa dimanfaatkan dengan sebaik mungkin dan secara optimal.

Tentunya seperti juga saat perusahaan mempertimbangkan pembayaran payroll karyawan yang paling efektif dan efisien. Sebaiknya gunakan produk yang tepat dan sesuai. Salah satunya yaitu dengan menggunakan JojoPayroll yang merupakan sistem aplikasi pembayaran payroll perusahaan. Sehingga payroll dapat diatur secara otomatis dan dapat dihitung dengan lebih mudah.

Semua manfaat tadi berkat adanya fitur-fitur yang diselipkan pada produk yang satu ini. Pada aplikasi payroll tersebut terdapat beberapa fitur andalan antara lain yaitu sistem payroll yang terkalkulasi otomatis dengan slip gaji otomatis, hingga adanya fitur kemudahan pada bank transfer dan cetak slip gaji otomatis. Maka dari itu jangan ragu jika ingin menggunakan JojoPayroll. Segera daftarkan perusahaan Anda dan dapatkan coba gratis aplikasi payroll dari Jojonomic ini sekarang juga.