Cara Jualan Online Agar Sukses dan Optimal Mendapatkan Keuntungan

cara jualan online

Di era teknologi dan internet yang makin berkembang seperti sekarang ini, potensi bisnis akan terus mengalami kemajuan jika menyesuaikan dengan pola digital. Bisnis online adalah alternatif yang terbaik, yang bisa jadi pilihan membangun usaha, sehingga saat ini banyak sekali trik dan cara jualan online yang dishare oleh para pebisnis online yang sudah sukses.

Saat bisnis online memang terbukti berhasil menjadi primadona baru dalam dunia bisnis. Bagaimana tidak, banyak sekali platform-platform jualan online yang berhasil merajai teknologi dunia. Sebut saja sekelas platform bisnis online Amazon, Alibaba, dan di Indonesia sendiri ada Tokopedia, Lazada, dan Bukalapak.

Nah, untuk Anda yang baru merintis bisnis online, dan ingin cepat sukses, berikut ini kami akan sampaikan beberapa tip yang bermanfaat untuk Anda. Yuk ! kita simak saja informasinya.

Bagaimana Cara Jualan Online?

Ada pendapat yang pernah mengatakan bahwa siapa bilang jika membangun bisnis online, maka harus mempunyai toko online terlebih dahulu? padahal pendapat tersebut tidak bisa jadi pegangan, karena untuk menjual produk online, Anda bisa menjalani bahkan tanpa memiliki toko online terlebih dahulu.

Bahkan hanya memanfaatkan paltform media sosial sebagai strategi pemasaran Anda. Selanjutnya setelah memiliki modal yang cukup, dan ingin cepat sukses membangun merek atau bisnis online Anda sendiri, Anda bisa membuat toko online sendiri.

Apa saja Keuntungan dengan Cara Jualan Online ?

Keuntungan jualan online tentunya akan lebih efektif dari masalah efisiensi waktu dan biaya. Karena tidak perlu sewa tempat di ruko atau pasar langsung. Selain itu hemat biaya sewa tempat, listrik, air, dan masih banyak penghematan lainnya.

Kebalikannya jika membuat toko online, akan jauh lebih terjangkau dari sisi waktu dan biaya jika dibandingkan dengan membangun toko offline? Tidak hanya itu, kelebihan memiliki toko online, bisa operasional 24 jam selama 7 hari secara terus menerus tanpa henti. Setiap konsumen memiliki kesempatan yang sama untuk berbelanja di website e-commerce Anda kapanpun yang mereka mau.

cara jualan online

Tips dan Cara Jualan Online Untuk Pemula

Menurut hasil prediksi dari ahli ekonomi, jualan online mampu meningkatkan peluang perusahaan untuk mendapatkan konsumen baru dengan biaya sekecil-kecilnya. Apalagi saat ini perekonomian dunia cukup dibuat sulit oleh pandemi COVID-19.

Kehadiran dan perkembangan teknologi e-commerce, sangat banyak membantu perusahaan untuk dapat terus berjualan dan bertahan.

Berikut adalah Cara jualan secara online :

1. Persiapkan Mental

Persiapan mental sangat penting bagi seorang pemula di bisnis online, dan beberapa garis besar yang perlu anda perhatikan dan pelajari adalah sebagai berikut :

  1. Tipe atau Karakteristik pembeli online
  2. Desain atau tampilan toko online yang digunakan untuk jualan
  3. Tingkatkan kepercayaan pelanggan atas toko online anda
  4. Meningkatkan kualitas Customer Service

Karakteristik dari pembeli online sebenarnya tidak jauh berbeda dengan pembeli offline, namun yang membedakan adalah :

  1. Hanya tinggal klik untuk melihat dan membandingkan beberapa toko online
  2. Mereka kadang lebih waspada karena tidak bisa melakukan kontak fisik langsung dengan produk yang akan dibeli.
  3. Tampilan toko Anda akan berpengaruh pada kesan yang akan dirasakan oleh calon pembeli

Pastikan tampilan toko Anda memenuhi beberapa syarat yaitu :

  1. Fitur yang memudahkan pelanggan mencari produk yang dijual
  2. Bahasa pada deskripsi produk jelas dan mudah dipahami calon pembeli
  3. Desain rapi dan nyaman di baca di berbagai perangkat
  4. Gambar produk jelas dan tidak buram, kalau perlu berikan foto-foto produk selengkap mungkin
  5. Proses pembelian jelas dan tidak berbelit-belit.

Kemudian selanjutnya anda juga perlu membangun kepercayaan calon pelanggan terhadap toko online anda, dimana ini juga akan berhubungan dengan kualitas customer serviceatau pelayanan yang anda berikan.

cara jualan online

Beberapa poin penting untuk membangun kepercayaan dan meningkatkan pelayanan anda diantaranya adalah :

  1. Tetap ramah walaupun menghadapi pelanggan dalam kondisi apapun
  2. Selalu berpatokan aturan penjualan yang sudah diterapkan pada jualan online anda
  3. Sabar menghadapi pelanggan yang banyak bertanya seputar produk
  4. Jangan marah atau sedih apabila pelanggan hanya bertanya dan tidak membeli, itu hal lumrah yang terjadi baik pada toko online maupun offline.

Untuk semakin mempersiapkan mental anda, sebaiknya anda juga perlu melakukan hal-hal berikut:

  1. Tentukan jam kerja anda, supaya anda bisa tetap membagi waktu untuk melakukan kegiatan lainnya,
  2. Gunakan bahasa yang sopan saat berkomunikasi dengan pelanggan,
  3. Jaga temperamen anda dan percayalah kesabaran anda akan membuahkan hasil,
  4. Bangun pagi banyak rezeki, jadi biasakan untuk tidak bangun terlalu siang, dan disiplin terhadap diri sendiri, anggap anda bekerja di kantor atau perusahaan,(terutama bagi anda yang jualan online secara full time).

2. Menentukan Produk yang Akan Dijual

Selanjutnya dalam menentukan produk yang akan dijual, cara yang paling mudah adalah menjual produk yang paling anda kuasai, sering gunakan, atau memahami kelebihan dan kekurangannya. Misalnya anda memahami soal gadget dan aksesorisnya, maka anda bisa berjualan salah satu atau dua hal tersebut.

Apabila anda merasa pengetahuan tentang produk yang anda pilih masih terlalu kurang, carilah informasinya dengan cara browsing di internet atau membaca buku atau majalah terkait.

  1. Produk apa yang anda pahami dan kuasai,
  2. Seberapa paham anda akan produk tersebut,
  3. Sejauh mana anda memahami persaingan dalam menjual produk tersebut,
  4. Alur bisnis dari produk tersebut, mulai dari mengambil barang hingga mengirimkannya kepada pembeli,
  5. Bagaimana cara menjual produk tersebut.

    • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
    • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

3. Menyusun Rencana Bisnis

Tips jualan online untuk pemula selanjutnya adalah menyusun suatu rencana bisnis dari yang akan anda jalankan. Rencana bisnis ini akan mencakup beberapa hal yang akan kami jelaskan selanjutnya ataupun yang telah kami bahas, tetapi secara garis besar di dalam rencana ini anda akan menyusun segala hal tentang bisnis online anda tersebut.

Mulai dari sekedar menentukan nama toko, menentukan produk yang akan dijual, rencana harga jual, hingga kepada perhitungan berapa lama modal yang dikeluarkan akan kembali.

4. Mencari dan Menentukan Supplier

Selanjutnya adalah mencari supplier atau tempat anda membeli barang jualan yang tepat dan menawarkan harga terbaik. Pastikan menyisihkan waktu dan mempertimbangkan dengan matang untuk tahapan yang satu ini, karena akan sangat krusial bagi bisnis online yang akan anda jalankan.

Untuk itu selalu perhatikan kriteria memilih supplier Anda, yaitu :

  1. Lokasi supplier, jarak dari tempat mereka ke tempat anda,
  2. Harga yang mereka tawarkan,
  3. Ketersediaan stok barang yang akan ada jual,
  4. Kemudahan dan kelancaran komunikasi dengan supplier tersebut.

5. Menentukan Harga Jual

Tips yang tidak kalah pentingnya adalah menentukan harga produk yang akan dijual. Faktor-faktor yang perlu diperhatikan antara lain adalah:

  1. Bandingkan berapa harga produk di pasaran,
  2. Cek kembali berapa harga yang dipatok oleh supplier anda,
  3. Akumulasikan berapa biaya-biaya operasional yang harus dikeluarkan.

Setelah mengetahui dan mempertimbangkan kedua faktor tersebut, barulah anda bisa menentukan berapa kira-kira harga jual yang tepat.

6. Menentukan lokasi Jualan online

Ada banyak pilihan tempat jualan online yang bisa anda pilih berdasarkan kategorinya, antara lain:

  1. Media Sosial, seperti Facebook dan Instagram,
  2. Marketplace, seperti Shopee, Lazada, dan Tokopedia,
  3. Membuka website toko online sendiri.

Dari beragam pilihan tersebut tentunya akan ada kelebihan dan kekurangannya masing-masing yang perlu anda ketahui dan sesuaikan dengan gaya bisnis Anda.

Contohnya saja jika di Instagram biasanya calon pembeli lebih menyukai foto produk yang apik dan terlihat cantik, sementara pada marketplace akan lebih kepada seberapa detail foto produk tersebut dipasang.

cara jualan online

7. Platform untuk meningkatkan penjualan

Semakin banyak platform yang dipakai, semakin banyak channel penjualan. Sebelum jualan online menjadi artis baru dalam dunia pemasaran. Mencari channel penjualan itu susah nya luar biasa.

Meskipun ada, tentunya membutuhkan biaya yang mahal. Pun, kalau ada akan mengecoh biasa akuisisi yang tidak murah. Padahal, semakin banyak platform penjualan yang dipakai, akan semakin banyak pula sumber penjualan yang besar kemungkinan akan menghasilkan pendapatan & keuntungan.

Nah, dengan populernya aktivitas jualan online, baik di social media ataupun online marketplace, Anda akan jauh lebih mudah untuk membuat channel penjualan baru. Tentu saja dengan budget yang jauh lebih affordable jika dibandingkan dengan platform offline.

8. Promosikan Barang Jualan Anda

Tips jualan online untuk pemula yang selanjutnya adalah memilih saluran promosi yang akan anda gunakan untuk memasarkan dan mempromosikan jualan anda.

Media promosi yang bisa digunakan antara lain adalah:

  1. Membayar ke marketplace untuk menjadi premium member atau official store,
  2. Memasang iklan di Facebook atau Instagram (khusus anda yang memiliki akun jualan di kedua media sosial tersebut)
  3. Beriklan di Google Ads atau Adwords Express
  4. Mengoptimalkan SEO

Perlu diingat bahwa untuk Google Ads, Adwords Express, dan SEO itu hanya khusus untuk anda yang memiliki website jualan sendiri.

9. Evaluasi kembali Strategi Jualan Anda

Pastikan bahwa anda secara rutin melakukan evaluasi atas performa penjualan dan kegiatan promosi atau pemasaran yang anda lakukan untuk kemudian menetapkan strategi selanjutnya.

Hal ini guna memastikan anda membuang semua elemen-elemen yang tidak berguna dan cenderung berupa pemborosan yang tidak perlu, sehingga bisnis anda akan berjalan lebih efektif dan efisien.

10. Mengelola Arus Kas

Mengelola kas yang keluar dan masuk sangatlah krusial dalam menjalankan usaha. Entah apakah ini hanya sekedar sampingan ataupun full time, anda perlu memonitor dan mencatat setiap transaksi yang dilakukan. Gunanya adalah untuk memastikan anda dapat mengolah dan menganalisa catatan keuangan sehingga bisa memanfaatkan data-data tersebut untuk kebutuhan lainnya.

Contohnya saja untuk menekan biaya operasional, mencari supplier yang lebih murah, menaikkan dan atau menurunkan harga, menghitung berapa lama anda balik modal, serta menentukan anggaran promosi.

Anda kini tidak mesti repot menggunakan metode pencatatan manual, yang berbelit-belit dan rumit, cukup Anda pindahkan data ke aplikasi digital dari Jojonomic.

Manfaatkan teknologi Manajemen Keuangan yang baik

Nah, yang terakhir, jika Anda sudah berniat untuk melakukan transformasi digital bisnis perusahaan secara menyeluruh, jangan lupa untuk pula mempersiapkan SDM yang memang siap digital. Karena, kunci sukses dari implementasi transformasi digital itu bukan terletak pada seberapa kompleks dan beragamnya platform online yang kamu pakai, tetapi lebih kepada seberapa siap SDM dalam mengeksekusi program transformasi digital tersebut.

cara jualan online

Aplikasi JojoExpense

Untuk memudahkan Anda dalam mengontrol dan memegang kendali pada anggaran berjualan Anda Jojonomic hadir aplikasi JojoExpense, dimana Anda dapat mensinkronisasi barang, stok, dan mengelola orderan yang ada pada website berjualan Anda ke aplikasi.

Jadi, stok barang akan berkurang secara otomatis jika ada penjualan. Dengan Aplikasi JojoExpense Anda akan lebih mudah dalam memproses pesanan, dan semua pesanan jadi lebih teratur dan rapi. Tidak ada pesanan yang terlewat atau ‘double-process’.

Produk populer untuk meningkatkan produktivitas perusahaan
Hemat waktu, uang, dan tenaga dengan otomasi sekaligus streamlining tugas HR & Finance.

Aplikasi JojoExpense adalah Solusi Manajemen Pengeluaran Perusahaan yang Fleksibel, juga memudahkan staf keuangan untuk memantau disbursement perusahaan secara real-time dan akurat. Hemat waktu hingga 77% dengan proses pelaporan pengeluaran otomatis!

FITUR yang paling POPULER

  1. Monitor disbursement uang panjar kerja di manapun kapan pun
  2. Proses pelaporan dan pengarsipan reimbursement otomatis dan dapat disesuaikan
  3. Peraturan budget yang disesuaikan untuk reimbursement dan Cash Advance

Anda bisa memantau kinerja aplikasi kami disini Coba Gratis Sekarang, kami yakin Anda akan puas dengan hasilnya !