Cara Membuat Blog yang Simpel dan Mudah bagi Pemula

cara membuat blog

Dunia internet saat ini makin dinamis dan inovatif, untuk itu agar tidak ketinggalan informasi, Anda perlu update informasi teknologi sebaigai penunjang skill bisnis online Anda, jika Anda memiliki usaha online. Anda perlu mulai belajar bagaimana cara membuat blog.

Dalam artikel berikut akan dibahas bagaimana cara membuat blog yang simpel dan mudah digunakan oleh para pemula, bagaimana caranya ? yuk kita simak bersama !.

Apa itu blog dan bagaimna cara membuat blog?

Menurut pengertiannya blog adalah website yang mengandung konten personal berbentuk artikel, video, foto, serta link ke website lain yang disediakan oleh penulis blog. Selain itu blog adalah salah satu jenis website yang kontennya berisi pemikiran satu atau beberapa penulis dan memiliki urutan posting secara kronologis (dari konten terbaru ke konten terlama).

Namun menurut sumber lain, blog didefinisikan sebagai website yang dikelola beberapa penulis dan berisi pengalaman pribadi, observasi, dan opini dari penulis. Seringkali blog dilengkapi gambar atau link ke website lain.

Menurut sejarahnya istilah weblog, diperkenalkan oleh Jorn Barger pada 1997. Pada 1999, Peter Merholz mempopulerkan istilah blog, yang kemudian jadi inspirasi Evan Williams dari Pyra Labs saat meluncurkan Blogger pada 2002, salah satu platform blog gratis populer saat ini selain WordPress.

cara membuat blog 1

Tujuan Membuat Blog

Tujuan blog ini adalah membantu Anda untuk memulai menuangkan ide sekarang juga agar bisa mendatangkan pengunjung blog. Selain itu memiliki blog sendiri bisa membantu menaikan performa bisnis online Anda. Jadi lakukan sekarang, bukan besok apalagi lusa. Karena ide terbaik adalah ide yang langsung dikerjakan.

Sebelum Anda mulai bingung tentang bagaimana membuat desain blognya, Anda harus memilih platform blog terlebih dahulu.

Banyak platform blog yang bisa Anda gunakan, mulai dari WordPress, Blogger, Tumblr, Medium dan banyak lagi. Selain itu pengguna blog yang menggunakan WordPress mencapai lebih dari 52%. Perlu diingat bahwa disarankan memakai WordPress.org bukan WordPress.com.

Struktur yang ada pada Blog

Seiring perkembangan teknologi, saat ini blog memiliki tampilan dan tatanan yang sangat beragam tergantung fungsi pada blog itu sendiri. Mulai dari blog yang memiliki beberapa sidebar, hingga blog yang hanya memiliki satu kolom. Namun pada dasarnya blog memiliki struktur standar, yaitu diantaranya :

  1. Header : Terletak dibagian atas blog, biasanya header berisi tentang judul blog, deskripsi blog dan menu blog.
  2. Navbar : Elemen ini biasanya terletak diatas header, fungsinya untuk mempermudah editor/pemilik blog dalam mengelola blog nya, selain oleh pemilik blog biasanya Navbar tidak akan tampil.
  3. Main blog : Terletak di bagian tengah blog, disinilah tempat dimana postingan blog berada. Pada Main Blog juga terdapat struktur seperti Judul, tanggal, nama penulis serta kolom komentar.
  4. Sidebar : Pada elemen ini biasanya terdapat Popular Post, Archive. Anda juga dapat menambahkan widget lainya seperti kalender, jam dan widget menarik lainnya. Letaknya bisa di kiri atau kanan sebuah blog.
  5. Footer : Terletak paling bawah blog. Biasanya terdapat informasi singkat pemilik blog, kontak atau form subscribe untuk diisikan alamat email.

Bagaimana cara membuat blog?

Membuat blog (weblog) tak hanya dapat dilakukan menggunakan perangkat komputer/PC dan laptop, tapi juga bisa dengan hp atau ponsel. Cara membuatnya kurang lebih sama, dimulai dengan mendaftar, memilih template, dan mulai blogging atau menulis post demi post.

Blog memiliki banyak jenis, salah satunya sebagai media untuk menyalurkan pemikiran pribadi. Blog pribadi bisa disebut sebagai buku harian online yang ditulis personal bukan korporasi atau organisasi.

Terkait platform, ada dua nama yang populer digunakan, yakni Blogger dan WordPress. Nama terakhir lebih muda dari Blogger, yang dirilis pada 2005. Blogger sendiri telah menjadi milik Google yang mengakuisisinya pada 2003 dari Pyra Labs.

Cara membuat blog pribadi

Untuk Blogger

  1. Buka aplikasi peramban atau browser dan kunjungi situs web Blogger di alamat https://www.blogger.com/
  2. Di landing page, pilih menu CREATE YOUR BLOG
  3. Berikutnya, login menggunakan akun Google yang dimiliki. Jika belum, bisa mendaftar saat itu juga
  4. Tulis Nama Tampilan di kolom yang disediakan, jika sudah tap Lanjutkan ke Blogger
  5. Di laman berikutnya, pilih menu BUAT BLOG BARU
  6. Akan muncul pop-up yang meminta mengisi judul atau nama blog, alamat blog, dan memilih template blog. Jika semua sudah dilakukan, pilih menu Buat Blog!
  7. Berikutnya, akan muncul laman Dashboard untuk aktivitas blogging di Blogger
  8. Jika ingin mulai posting, pilih menu Entri Baru
  9. Selesai
cara membuat blog

WordPress

  1. Buka aplikasi peramban ponsel dan kunjungi situs web WordPress di alamat https://id.wordpress.com/
  2. Di landing page, pilih menu MULAI
  3. Berikutnya, login menggunakan akun WordPress. Jika tak memilikinya, silakan mendaftar dahulu
  4. Di laman berikutnya pilih jenis layanan Blog kemudian pilih topik blog yang akan dibuat, misalnya Film, lalu tap Lanjutkan
  5. Berikutnya, isi nama atau judul blog di kotak yang tersedia kemudian pilih Lanjutkan
  6. Isi alamat blog yang dikehendaki, misalnya “percobaan”. Di bagian alamat, pilih domain (gratis) “percobaan.wordpress.com”
  7. Berikutnya, WordPress akan menawarkan paket, dan pilih Start with a free site lantaran ini layanan yang ditawarkan gratis
  8. Lalu, akan muncul laman Dashboard untuk aktivitas blogging di WordPress
  9. Jika ingin mulai posting, pilih menu Tulis yang letaknya di pojok kanan atas Dashboard
  10. Selesai

Sebagai informasi, Blogger dan WordPress juga tersedia aplikasinya di perangkat bergerak, baik itu untuk Android dan iOS. Dengan demikian, aktivitas blogging tak hanya dapat dilakukan via peramban tapi juga melalui aplikasi itu.

Selain kualitas konten, seperti dikutip dari The Write Life, salah satu kunci sukses blogging, termasuk di blog pribadi, adalah konsisten. Sebab, kontinuitas dalam menulis (posting) akan mencegah aktivitas blogging berhenti di tengah jalan.

Kenapa harus memilih WordPress?

  1. WordPress GRATIS. Bisa digunakan untuk semua orang.
  2. Aman. Banyak website besar yang menggunakan WordPress sebagai platform blognya. Contohnya: Mercedes-Benz, TechCrunch, Hipwee, Alodokter, DailySocial, BuzzFeed, NASA.
  3. Bisa di custom sebebas mungkin. Ada ribuan tema dan plugin gratis yang bisa digunakan. Mau buat toko online dengan WordPress? bisa!
  4. SEO-Friendly. Artinya dibandingkan platform blog lain, WordPress lebih mudah masuk top 10 peringkat dalam pencarian di Google.
  5. Jadi, WordPress adalah platform terbaik untuk membuat blog atau website saat ini.

Membuat blog memang mudah saja, dan banyak yang menyediakan platformnya secara gratis, namun apakah aman bagi pengguna ?

Resiko jika Membuat Blog Di Platform Blog gratis

Dengan self-hosted WordPress artinya kita punya kontrol penuh terhadap blog dan konten tersebut. Website besar mana yang menggunakan platform gratisan seperti “BrandBesar.blogspot.com”?

Memakai blog gratisan tentu saja fasilitas dan keamanan terbatas bahkan kontrol bukan sepenuhnya di tangan Anda. Blog Anda bisa dihapus kapanpun oleh penyedia platform blog. Bahkan jika alamat blog kepanjangan dan susah diingat. Contoh: www.BlogAnda.blogspot.com.

cara membuat blog

Monetisasi atau penghasilan dari blog gratis dibatasi

Kredibilitas dan Branding yang buruk. Blog dengan platform blog gratisan seperti terkadang sering digunakan untuk penipuan. Ini membuat blog Anda memiliki branding yang buruk serta kredibilitas yang dipertanyakan.

Anda harus rajin untuk update informasi agar mudah mengantisipasi ketika terjadi masalah dikemudian hari, misalnya saja blog Anda tidak bisa dijual di pasar internasional, ditambah lagi akan ada masalah terus menerus di masa mendatang.

Cara Mencari Nama Domain dan Provider Hosting

Untuk membuat blog dengan alamat situs web yang kita inginkan, butuh 2 hal:

  1. Nama Domain – Ini akan jadi alamat blog Anda. Contohnya, nama domain blog ini adalah BelajarBuatWebsite.org. Silahkan tentukan alamat terbaik untuk blog Anda.
  2. Web Hosting – Ini akan menjadi rumah untuk blog Anda, penyimpanan konten atau data blog Anda. Contohnya artikel dan foto yang di upload pada blog tersebut.
  3. Jika Anda mempunyai website toko online dengan trafik yang banyak, Anda harus punya hosting yang bagus. Kalau gak, jangan heran kalau toko online tersebut susah diakses, bahkan sering down.

Perhatikan Kecepatan Akses ketika membeli Hosting

Saat anda mau membeli hosting, berikut hal yang harus diperhatikan:

  1. Perhatikan kecepatan akses hosting.
  2. Uptime (Seberapa lama website anda terus hidup dan berjalan tanpa down, hosting yang bagus harus bisa menyediakan 99%+ uptime. Artinya maksimal downtime dalam sebulan hanya 30 menit)
  3. After-sales. Jika ada masalah dengan blog, penyedia hosting wajib memberikan respon kurang dari 1 jam.
  4. Ada ratusan penyedia web hosting di Indonesia maupun luar negeri.

Kelola Bisnis Blog Anda dengan Software terbaik

Semua persiapan ketika ingin membuat blog sendiri sebagai penunjang bisnis online memang butuh waktu dan anggaran keuangan yang layak dipersiapkan, apalagi bagi pemula dan masih mengandalkan gaji sebagai modal usaha online Anda.

Namun Anda jangan berkecil hati karena semua laporan keuangan Anda dari penghasilan yang masuk bisa dicek secara real time sehingga Anda tidak perlu khawatir terjadi kesalahan transfer. Anda bisa memakai aplikasi JojoPayroll.

cara membuat blog

Aplikasi JojoPayroll

Solusi Penggajian Perusahaan Bebas Masalah, Kelola dengan Sentuhan Jari Anda, Kapan Saja Dimana Saja. Solusi JojoPayroll yang Berbasis Cloud mendukung bisnis Anda dan terintegrasi dengan sistem akuntansi Anda serta transfer bank yang real-time.

Memiliki FITUR POPULER

  1. Sistem Jojopayroll yang terkalkulasi dengan otomatis dengan slip gaji yang dikeluarkan secara otomatis.
  2. Sistem Penggajian Terhitung Otomatis dengan slip gaji yang dihasilkan secara otomatis.
  3. Integrasi yang mudah ke sistem HRIS saat ini, Basis Data Komprehensif untuk Analisis.

Silahkan buktikan kinerjanya dengan Coba Gratis Sekarang