Cara Membuat Blog yang Menarik dengan 5 Langkah Mudah

cara membuat blog

Cara membuat blog yang eksklusif dan menarik, ternyata bukan hanya untuk orang-orang yang paham tentang coding saja. Siapa saja juga bisa membuat blog, termasuk para pemula. Blog memang bisa dibuat sendiri dengan mudah, bahkan bagi kamu yang tidak paham coding sedikit pun.

Cara membuat blog yang paling mudah dan jauh dari kesan ribet adalah dengan menggunakan bantuan dari platform seperti WordPress. Dengan platform satu ini, dijamin kamu bisa membuat blog idaman hanya dalam hitungan menit.

Cara membuat blog pribadi dengan beberapa langkah dasar

Ada lima langkah dasar pembuatan blog. Mulai dari penentuan topik utama, memiliki platform, memilih hosting, menentukan nama domain, dan yang terakhir adalah instalasi.  

Menentukan topik utama sesuai minat yang ingin diangkat

Penentuan topik utama blog yang hendak dibahas merupakan pondasi penting yang wajib diperhatikan. Berkat topik utama yang jelas, maka kamu akan lebih mudah dalam mengembangkan blog di masa yang akan datang. Selain itu, kamu bisa lebih tahu apa yang ingin dicapai dan paham dengan konten seperti apa yang hendak dibuat.

Perlu diingat, kamu akan mengelola blog ini untuk jangka waktu yang lama. Oleh sebab itu, pastikan kamu memilih topik utama blog yang sesuai dengan hobi dan minat sehingga kamu tidak akan merasa terbebani dalam membuat konten blog tersebut.

Ada banyak topik blog yang bisa kamu angkat, baik itu kuliner, parenting, teknologi, traveling, entertainment, musik, kecantikan, dan lain sebagainya. Pilih yang benar-benar kamu suka dan lupakan soal rumor yang mengatakan kalau hanya topik tertentu saja yang bisa menghasilkan uang. Percayalah, setiap topik memiliki audience masing-masing.

Memilih platform terbaik

Setelah kamu mengetahui topik apa yang akan dibahas di dalam blog, maka selanjutnya kita beralih pada cara membuat blog yang cukup teknis. Langkah ini diawali dengan memiliki platform blog terbaik yang akan digunakan untuk mengelola blog tersebut. mulai dari publish artikel hingga optimasi blog.

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, saat ini membuat blog sudah semakin mudah. Kamu tidak perlu lagi susah payah memikirkan kode-kode rumit untuk membuat blog berkualitas. Hal ini bisa terjadi berkat adanya kecanggihan teknologi dari berbagai platform blog, seperti WordPress dan Blogspot.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Memilih layanan hosting terbaik

Pada poin sebelumnya, kita sudah menyinggung sedikit soal hosting sebagai salah satu langkah pembuatan blog. Jika kamu memilih menggunakan WordPress sebagai platform blog tersebut, maka bisa dipastikan kamu akan membutuhkan hosting.

Bisa jadi, istilah hosting ini masih terdengar asing di telinga kamu. Tapi jika dijelaskan, hosting merupakan tempat untuk menyimpan segala bentuk file website, baik berupa konten, teks, tema, gambar, video, audio, hingga pengaturan.

Namun, hosting ini hanya berlaku jika kamu menggunakan WordPress.org. Ketika kamu menggunakan WordPress.com dan Blogspot, maka tak perlu repot lagi dengan urusan hosting. Sebab, kedua platform ini telah menyediakan hosting tersendiri.

Ada beberapa macam hosting yang bisa kamu gunakan. Mulai dari cloud hosting, shared hosting, ataupun VPS hosting. Dari ketiga jenis tersebut, shared hosting merupakan jenis yang paling cocok digunakan untuk blog dalam tahap awal. Sebab, shared hosting memiliki harga yang relatif murah dan paling gampang dikelola.

Untuk membeli hosting semacam ini pun sangat mudah. Kamu hanya perlu menuju website penyedia layanan hosting sesuai pilihan, kemudian pilih paket hosting yang diinginkan dan disesuaikan dengan kebutuhan.

Menentukan nama domain untuk blog

Selain hosting, kamu juga memerlukan sebuah domain khusus untuk blog yang telah dibuat. Menurut definisinya, domain merupakan alamat yang digunakan untuk mengakses suatu website. Apabila kamu memilih menggunakan WordPress.org, maka kamu diberi kebebasan untuk memilih eksistensi domain.

Ada beberapa pilihan ekstensi domain yang bisa kamu pilih di dalam platform WordPress.org, di antaranya .COM, .CO.ID, .ID, .NET, .ORG, dan lain sebagainya. Dengan banyaknya pilihan domain ini, kamu bisa bebas berkreasi tanpa harus mengikuti aturan tertentu yang ditetapkan oleh platform blog tersebut.

cara membuat blog

Tips memilih nama domain

Meski dikatakan kamu bisa bebas berkreasi dalam memilih nama domain blog, tapi tetap saja kamu tidak bisa melakukannya sembarangan. Berikut ini ada beberapa tips supaya domain terlihat menarik dan gampang diingat.

Membuat nama domain yang mudah dieja agar lebih mudah diingat

Sebelum memilih nama domain, pastikan nama tersebut mudah dieja sehingga lebih mudah diingat. Jika tidak ingin repot, pilih saja nama domain yang sama dengan nama kamu. Namun, jika nama kamu ternyata juga sulit dieja, maka sebaiknya cari alternatif lain. Kamu pun diperbolehkan menggunakan kombinasi kata yang mungkin bisa mendeskripsikan dirimu.

Memilih nama domain yang singkat dan jelas

Sebaiknya, pilih nama domain yang singkat dan jelas. Sebenarnya, nama domain ini memiliki batas maksimum, yaitu sebanyak 63 karakter. Jika kamu membuatnya dengan singkat, maka bisa dipastikan nama domain akan lebih mudah diingat.

Jangan menggunakan angka dan tanda hubung

Alangkah baiknya jika kamu tidak menggunakan angka ataupun tanda hubung. Pasalnya, angka dan tanda hubung ini mempersulit siapa saja untuk mengingat ataupun melafalkan nama domain tersebut.

cara membuat blog

Instalasi platform WordPress.org

Berikut ini beberapa tahapan menginstall WordPress secara manual bagi para pemula.

  • Login cPanel

Tahapan pertama adalah melakukan login cPanel melalui tautan yang biasanya akan diinformasikan melalui email, seperti misalnya http://namadomain/cpanel. Kemudian, buka Softaculous Installer, lalu klik logo WordPress. Setelah itu, kamu bisa meng-klik tombol install now.

  • Memilih domain

Tahapan berikutnya adalah memilih domain yang dikehendaki pada kolom choose domain. Untuk kolom in directory sebaiknya kamu kosongkan saja.

  • Mengisi detail website

Pada bagian ini, isi nama website yang telah kamu pilih beserta deskripsinya secara lengkap di kolom site name dan site description.

  • Mengisi username dan password

Tahapan yang tak kalah penting adalah menentukan username dan password yang akan digunakan untuk login ke dashboard WordPress.

  • Memilih tema tampilan untuk blog

Bagian selanjutnya adalah memilih tema untuk blog, lalu klik tombol install. Perlu kamu ketahui, saat ini WordPress telah memilih berbagai macam tema gratis yang bisa dicoba. Walaupun gratis, hampir semua tema tersebut memiliki desain yang menarik dan SEO friendly.

  • Proses instalasi selesai

Setelah proses instalasi WordPress selesai, maka kamu akan menerima pesan sukses yang berisi alamat blog dan URL login dashboard admin.

cara membuat lbog

Bukan hanya blog, aplikasi JojoTimes juga sangat dibutuhkan untuk bisnis

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, blog bukan hanya untuk keperluan pribadi tapi juga bisnis. Di era yang serba canggih seperti saat ini, blog jadi bagian yang tak bisa dipisahkan dari bisnis di bidang apapun. Namun, selain blog yang umumnya digunakan sebagai media pemasaran bisnis, pastinya sebuah perusahaan juga memerlukan aplikasi lain yang bisa memudahkan kinerja para HR. Salah satunya adalah aplikasi absensi online seperti JojoTimes.

JojoTimes memungkinkan para HR di sebuah perusahaan untuk memantau kehadiran karyawan kapanpun dan di manapun. Hal ini dilakukan dengan teknologi pengenalan wajah beserta fitur GPS yang akurat. Selain itu, perusahaan juga bisa lebih menghemat waktu dalam membuat laporan kehadiran bulanan sekaligus menyimpan database karyawan.

Di samping berbagai kecanggihan fitur yang disediakan oleh JojoTimes, ada juga layanan coba gratis yang tidak boleh kamu lewatkan. Dengan begitu, kamu pun bisa membandingkan dan membuktikan sendiri seperti apa layanan yang ditawarkan oleh JojoTimes demi meningkatkan meningkatkan produktivitas dan efisiensi perusahaan.