Cara Membuat Tanda Tangan Digital di PDF

tanda tangan digital di pdf
Sumber : rarnetwork.com

Kebanyakan orang memang sudah familiar dengan penandatanganan dokumen dengan pena. Namun, akhir – kahir ini tanda tangan elektronik atau digital telah menjadi kebiasaan baru yang harus dimengerti oleh semua orang. Apalagi bagi anda yang bekerja dalam instansi – instansi yang berhubungan dengan :

  • Pebisnis atau individu yang menawarkan jasa biasanya emmerlukan tanda tangan digital sebagai proses penandatangan kontrak suatu proyek.
  • Perusahaan atau pemberi usaha biasanya meminta karyawan baru atau kandidat untuk menandatangi perjanjian privasi dan sebagainya.
  • Pemilik bangunan dan penyewa keduanya memiliki hak dan kewajiban untuk menandatangi perjanjian rental dan sebagainya.
  • Perusahaan yang mengandalkan form online untuk mengumpulkan informasi dari penggunananya biasanya membutuhkan perjanjian yang ditanda tangani melalui perangkat digital.

Menandatangi sebuah perjanjian kerja yang ditulis dalam PDF bisa jadi hal yang menakutkan, apalagi jika anda belum pernah melakukan hal tersebut sebelumnya. Jika anda adalah seorang yang baru dengan sistem tanda tangan berbasois digital ini, berikut adalah ulasan mengenai cara membuat tanda tangan digital di PDF yang mudah dan bisa anda ikuti dari rumah.

Tanda Tangan Elektronik Vs Tanda Tangan Digital

Sangat penting untuk mengetahui perbedaan antara tanda tangan elektronik dan tanda tangan digital. Karna salah satunya hampir bisa disamakan dengan tanda tangan asli seperti yang anda lakukan di atas kertas. Dengan memberikan image dari tanda tangan anda diatas sebuah dokumen PDF. Sementara yang satunya lebih kepada serangkaian kode atau keamanan cryptographi dan verifikasi bahwa seseorang dengan jenis kunci masuk pribadi anda telah melihat dan emlabeli dokumen tersebut sebagai miliknya. Dikatakan memang sangat ketat dan aman namun juga sangat rumit. Tanda tangan digital hampir sama dengan tanda tangan seorang notaris. Dimana perusahaan atau pebisnis biasanya membutuhkan bantuan dari pihak ketiga untuk membuat sebuah tanda tangan digital yang mana nantinya akan dapat memeriksa identitas anda.

tanda tangan digital di pdf
Sumber : www.dvginteractive.com

Orang Indonesia menganggap bahwa menandatangi sebuah file PDF merupakan tanda tangan digital. Dan artikel kali ini akan membahas mengenai cara – cara yang ampuh untuk membuat tanda tangan digital di PDF.

Perusahaan atau mitra kerja anda mungkin mengirimkan sebuah file berbentuk PDF yang harus anda tanda tangani. Dan terkadang perjanjian tersebut membutuhkan sebuah tanda tangan digital. Jika anda seorang pengguna Windows pasti sudah mengenal yang namnya PDF Reader, PDF Reader merupakan sebuah aplikasi yang terinstall di computer yang memberikan anda ijin untuk membuka dokumen – dokumen yang berbentuk PDF atau yang memiliki ekstention .pdf. Salah satu jenis aplikasi atau software pembaca PDF yang paling sering digunakan adalah Adobe Acrobat Reader.

Cara Membuat Tanda Tangan Digital di PDF Dengan Komputer

Kami mengasumsikan bahwa anda telah menginstall terlebih dahulu pembaca file PDF di laptop atau computer masing – masing. Berikut adalah cara yang bisa anda lakukan untuk membuat tanda tangan digital di PDF, antara lain adalah :

  1. Buka dokumen PDF tersebut di Adobe Acrobat Reader atau software dan aplikasi lainnya. Anda bisa mencarinya dengan membuka file menu, kemudian pilih open. Cari dokumen yang ingin anda tanda tangani kemudian enter atau tap dua kali.
  2. Klick pada pilihan fill & sign di panel tools pada bagian kanan. Jika anda tidak melihat panel tools yang terbuka, anda bisa memencet SHIFT + F4 di keyboard dan nantinya tools panel akan terbuka di bagian atas dokumen anda.
  3. Klick tulisan Sign dan kemudian pilih Add Signature
  4. Sebuah pop up akan muncul dimana anda akan diberikan tiga pilihan untuk membuat tanda tangan. Mulai dari Type (yang artinya anda bisa mengetik tanda tangan sesuai yang anda inginkan), draw atau menggambar tanda tangan yang anda inginkan dan Image yang berarti bisa memasukkan gambar berisi tanda tangan ke dokumen tersebut. Setelah anda selesai pilihlah tombol Apply yang ada disana.
  5. Anda bisa mengangkat, memperkecil atau mengubah posisi tanda tangan anda di dalam dokumen PDF tersebut.
tanda tangan digital di pdf
Sumber : www.bossimage.ca

Cara Membuat Tanda Tangan Digital di PDF Melalui Device Lain

Selain melalui Windows, terdapat banyak cara lain yang berbeda bagi pengguna device lain. Berikut adalah cara membuat tanda tangan digital di PDF dengan device – device yang sering digunakan, antara lain adalah :

  • Windows – membuka dokumen PDF di software Adobe Acrobat Reader kemudian klik Fill & Sign di bagian kanan untuk menambahkan tanda tangan.
  • Mac – buka PDf di aplikasi Preview kemudian klik ikon signature di bagian atas menu untuk menambah atau membuat tanda tangan.
  • Android – buka dokumen PDF di palikasi android Adobe Acrobat Reader, kemudian klik ikon Pen yang diikuti dengan Fill & Sign untuk menambahkan tanda tangan.
tanda tangan digital di pdf
Sumber : www.steadfast.com.au

Tidak peduli apakah anda merupakan seorang pemilik usaha atau individu yang sedang mengembangkan bisnisnya, anda mungkin pernah emngalami kejadian yang mengharuskan anda untuk menandatangi sebuah dokumen dalam bentuk digital. Anda mungkin tidak bisa mencetak perjanjian kerja yang ada kemudian menandatanginya dan men – scannya lagi untuk dikirimkan melalui email. Metode tersebut bisa sangat merepotkan dan dalam beberapa keadaan memang mustahil untuk dilakukan. Nah, bagi anda yang merupakan seorang pengguna android, berikut adalah cara termudah dalam emmbuat tanda tangan digital di PDF.

Jujur saja, tidak semua orang memiliki computer atau laptop di rumahnya masing – masing. Banyak wirausahawan yang berjuang dari bawah dengan hanya bermodalkan sebauh android. Hal ini seharusnya tidak dijadikan sebagai hambatan untuk memulai suatu bisnis. termasuk dengan memberikan tanda tangan digital di PDF.

Kesimpulan

Dengan semakin berkembangnya teknologi hari ini, anda memiliki kekuatan untuk menjalankan bisnis anda dengan mudah dan murah. Anda tidak perlu dan tidak harus menggunakan laptop atau computer untuk menandatangi pekerjaan anda. Semuanya bisa dilakukan dalam genggaman tangan melalui android dan iPhone.

Banyak sekali penyedia jasa aplikasi pembaca dokumen PDF yang bisa anda dapatkan di internet atau play store. Anda tinggal memilih mana yang paling cocok dan murah bahkan gratis untuk membantu anda dalam mempersiapkan proses penandatanganan sebuah dokumen PDF. Semuanya juga sudah disertai dengan kelengkapan tools masing – masing hingga mudah dimengerti bahkan oleh orang paling awam sekalipun.

Pihak perusahaan harus lebih waspada terhadap berbagai kemungkinan buruk yang akan terjadi kedepannya. Demi mengoptimalkan penggunaan tanda tangan elektronik ini perusahaan dapat memanfaatkan perangkat lunak.

Salah satu perangkat lunak pendukung e-signature adalah JojoExpense dari Jojonomic. Dengan JojoExpense anda bisa mengontrol keuangan perusahaan dimanapun dan kapanpun. Karena anda bisa mengakses perangkat ini melalui ponsel.

JojoExpense dilengkapi dengan kecerdasan OCR. Kecerdasan buatan yang memungkinkan penipuan bisa diprediksi dengan segera. Anda bisa melakukan proses pengajuan serta perhitungan terkait keuangan perusahaan secara otomatis melalui software ini. Ayo segera Gunakan JojoExpense dari Jojonomic dan Dapatkan Free Trialnya!