Cara Membuat Website: Panduan Mudah untuk Pemula

website adalah

Pada 2021, siapa pun dapat cara membuat website tanpa mengetahui apa pun tentang pengembangan web, desain, atau pengkodean.

Baik kamu ingin membuat situs web untuk diri sendiri atau bisnis, kamu dapat melakukannya dengan mudah menggunakan alat dan sumber daya yang tepat.

Panduan cara membuat website ini akan membantu kamu cara membuat website dari awal tanpa harus mengeluarkan uang untuk freelancer, agensi, atau cara membuat website.

Yang kamu butuhkan hanyalah 1-2 jam waktu luang kamu untuk menyelesaikan panduan dan menyiapkan situs web.

Hal-Hal yang kamu Butuhkan Cara Membuat Website

  • Nama domain (alamat web kustommu, www.YourSite.com)
  • Hosting situs web (layanan yang menghosting situs web kamu)
  • WordPress (gratis, platform situs web umum digunakan)

Untuk membangun situs web yang berfungsi penuh, kamu harus mengamankan nama domain (alamat web) dan akun hosting web. Keduanya memastikan bahwa situs web kamu sepenuhnya dapat diakses oleh orang lain. Tanpa satu atau lainnya, kamu tidak akan dapat membuat situs web.

Setelah kamu memiliki domain dan hosting, kamu dapat membuat situs web WordPress. WordPress adalah platform pembuatan situs web paling populer yang digunakan oleh 39% dari semua situs web di Internet.

Menyiapkan situs WordPress biasanya sederhana, proses satu klik melalui layanan hosting webmu.

Setelah kamu menyelesaikan panduan ini, kamu akan memiliki situs web yang berfungsi penuh secara online, dengan nama domain khusus, dan dapat diakses sepenuhnya oleh orang lain.

1. Pilih Nama Domain

Untuk membangun situs web, hal pertama yang kamu perlukan adalah nama domain.

Nama domain adalah nama dan alamat situs webmu. Alamat tersebut digunakan oleh pengunjung ketika mereka mencoba menemukan situs kamu melalui browser web mereka.

Nama domain situs web ini adalah websitesetup.org. Milikmu bisa apa saja.

Jika kamu belum mendaftar atau memilih nama domain untuk situs webmu, berikut beberapa tip untuk membantumu:

  • Jika kamu membuat situs web untuk bisnis, nama domain kamu harus sesuai dengan nama perusahaanmu. Misalnya: NamaPerusahaanmu.com
  • Jika kamu berencana membuat situs web pribadi untuk diri kamu sendiri bisa menjadi pilihan yang bagus.
  • Gunakan ekstensi nama domain “umum” seperti .com, .net , dan .org jika tujuan kamu adalah pengunjung internasional atau AS. Gunakan ekstensi nama domain “lokal” seperti .de , .r atau .ru  jika tujuan kamu adalah pengunjung bertarget negara.

Jangan khawatir jika nama domain pilihan kamu sudah digunakan orang lain. Ada lebih dari 300 juta nama domain berbeda yang terdaftar, tetapi ada satu miliar kemungkinan lain yang masih tersedia.

2. Daftarkan Domain dan Daftar Akun Web Hosting

Selain memiliki nama domain, kamu juga membutuhkan web hosting (web hosting).

Hosting web adalah layanan yang menghosting dan menyimpan file (konten) situs web kamu di server aman yang selalu aktif dan berjalan. Tanpa host web, situs kamu tidak akan dapat diakses oleh orang lain untuk dibaca dan dijelajahi.

Hosting web yang terjangkau dan andal untuk situs web baru biasanya berharga antara Rp 30000 hingga Rp 100000 sebulan. Kurang dari secangkir kopi, tapi merupakan investasi penting untuk kesuksesan websitemu.

Perusahaan hosting web mana pun yang kamu daftarkan, pastikan ia memiliki fitur-fitur berikut:

  • Nama domain GRATIS dengan SSL (untuk keamanan)
  • Instal sekali klik untuk WordPress (gratis)
  • Akun email khusus
  • Bandwidth tidak terbatas atau tidak diukur (tidak ada batasan lalu lintas)
  • Dukungan pelanggan, sebaiknya obrolan langsung 24/7

Jika kamu menemukan hosting situs web yang menawarkan semua hal di atas, kamu mungkin telah menemukan penyedia yang baik.

3. Menyiapkan Situs WordPress (Melalui Host Web)

Setelah kamu menyiapkan nama domain dan hosting web, kamu harus memilih dan memasang platform pembuatan situs web (juga dikenal sebagai CMS ).

Kami merekomendasikan memilih WordPress karena mudah digunakan dan dilengkapi dengan ribuan desain dan add-on gratis yang membuat situs web kamu terlihat profesional dan unik.

Menyiapkan situs WordPress kamu mudah, dan sebagian besar host web kamu melakukannya untukmu, jadi kamu tidak perlu membuat tangan kamu terlalu kotor.

4. Sesuaikan Desain dan Struktur Situs Web Kamu

Dengan situs web kosong kamu yang hidup dan bersemangat, sekarang saatnya membuatnya terasa lebih seperti milik kamu dengan memilih desain yang bagus, menyesuaikannya, dan menambahkan elemen branding.

5. Tambahkan Konten / Halaman ke Situs Web Kamu

Halaman adalah inti dari situs webmu. Sulit membayangkan situs web tanpa halaman di dalamnya, bukan?

Dari sudut pandang teknis, halaman web hanyalah sebuah dokumen di web. Ini tidak jauh berbeda dari dokumen Word tradisional kamu selain itu memiliki elemen branding situs web kamu seperti header dan footer.

Halaman web mudah dibuat di WordPress. Tetapi sebelum kita masuk ke how-to, mari kita bahas halaman apa yang harus kamu buat terlebih dahulu.

Sebagian besar situs web akan menganggap halaman-halaman berikut penting:

  • Beranda – ini adalah halaman pertama yang dilihat pengunjung kamu ketika mereka pergi ke situs webmu
  • Tentang halaman – halaman yang menjelaskan tentang apa situsmu
  • Halaman kontak – halaman yang memungkinkan pengunjung menghubungimu
  • Halaman blog – daftar posting blog terbarumu; jika kamu tidak berencana membuat blog, kamu dapat menggunakan halaman blog sebagai tempat untuk berita dan pengumuman perusahaanmu
  • Halaman layanan – jika situs web yang kamu buat adalah untuk bisnis, gunakan halaman ini untuk memamerkan layananmu
  • Halaman toko – untuk perusahaan yang ingin meluncurkan toko eCommerce

Banyak halaman di atas memiliki struktur yang sangat mirip – satu-satunya perbedaan adalah konten pada halaman sebenarnya. Pada dasarnya, setelah kamu mempelajari cara membuat satu halaman, kamu akan tahu cara membuat semuanya.

6. Atur Menu Navigasi

Dengan dibuatnya berbagai halaman yang bagus, langkah selanjutnya dalam pencarian kami tentang cara membuat situs web adalah menyiapkan navigasi kamu (menu situs web). Menu adalah apa yang akan digunakan pengunjung kamu untuk pergi dari halaman ke halaman di situsmu.

Buka “Appearance → Menus”, dan dari sana, klik “create a new menu”. Tahap-tahapnya:

  1. Mulailah dengan menambahkan judul. Judul menu tidak terlalu penting, tetapi membantu untuk mengenali menu kamu di antara menu lainnya (ya, kamu dapat memiliki lebih dari satu).
  2. Pilih halaman yang akan ditambahkan ke menu kamu. kamu juga dapat menambahkan item lain ke menu – seperti posting atau tautan khusus.
  3. Klik pada tombol “Tambahkan ke Menu” untuk menambahkan halaman yang dipilih ke menu kamu.
  4. Seret dan lepas item menu untuk mengatur tautan dalam urutan kepentingan.
  5. Pilih lokasi tampilan menu. Ini berbeda dari tema ke tema, dalam hal ini, set menu kamu ke “Utama” lokasi akan menampilkan menu di header.
  6. Terakhir, simpan menu kamu.

7. Tambahkan Toko Online / eCommerce

Hal terakhir yang akan kita lakukan dalam panduan ini adalah membangun toko online sendiri.

Setelah mengetahui cara-cara untuk membuat karyawan jujur, kini kamu bisa mempraktekkan hal tersebut pada perusahaan kamu. Agar membantu kamu dalam mendorong kejujuran karyawan, Jojonomic punya solusinya! Jojonomic memiliki aplikasi yang bernama JojoExpenses untuk menghindari kecurangan reimbursement yang dapat dilakukan karyawanmu. JojoExpenses memiliki fitur anti-fraud system yang membantu kamu dalam memonitor keuangan perusahaan. Yuk coba sekarang!