Tentukan Lokasi Bisnis Usaha Anda Secara Strategis

Dalam strategi pemasaran, adanya pemilihan lokasi bisnis usaha yang strategis menjadi salah satu faktor untuk menjadikan usaha tersebut menjadi laku atau banyak pembelinya. Pemilihan lokasi yang benar akan sangat mempengaruhi kesuksesan yang ada pada usaha tersebut. Sebaliknya, ketika tempat usaha yang dipilih kurang tepat apalagi tidak strategis, tentu dalam meraih kesuksesan akan mengalami hambatan.

Dalam menjalankan sebuah bisnis dari awal memang tidak mudah karena banyak sekali hal penting yang harus diperhatikan mulai dari faktor internal maupun eksternal termasuk juga pemilihan lokasi. Jika diperhatikan banyak pengusaha yang percaya jika lokasi strategis akan mendatangkan keuntungan yang besar. Terdapat banyak sekali cara untuk memilih lokasi yang strategis untuk memulai usaha anda.

Untuk itu, sebelum Anda memulai sebuah pilih terlebih dahulu tempat usaha yang paling tepat untuk pemsaran usaha anda, lakukan riset dan bandignkan beberapa pilihat tempat sebelum akhirnya Anda menentukan lokasi yang paling strategis bagi lokasi usaha anda.

Oops! We could not locate your form.

Apakah kalian tau bagaimana caranya? Jika belum mengetahui nya ayo! Kita perhatikan artikel berikut ini.

Apa itu Analisis Lokasi Bisnis?

Analisis lokasi adalah proses dinamis di mana pengusaha menganalisis dan membandingkan kesesuaian atau sebaliknya dari situs alternatif untuk memilih situs terbaik untuk perusahaan tertentu.

Ini terdiri dari:

Analisis Demografi Lokasi Bisnis

Ini melibatkan studi populasi di daerah dalam hal jumlah penduduk (dalam jumlah), komposisi usia, pendapatan per kapita, tingkat pendidikan, struktur pekerjaan, dll.

Analisis Area Perdagangan

Ini adalah analisis wilayah geografis yang memberikan pelanggan berkelanjutan kepada perusahaan. Dia juga akan melihat kelayakan mengakses area perdagangan dari situs alternatif.

Analisis Kompetitif

Ini membantu untuk menilai sifat, lokasi, ukuran, dan kualitas persaingan di area perdagangan tertentu.

Analisis Lalu Lintas

Untuk mendapatkan gambaran kasar tentang jumlah pelanggan potensial yang melewati lokasi yang diusulkan selama jam kerja toko, analisis lalu lintas bertujuan untuk menilai lokasi alternatif dalam hal lalu lintas pejalan kaki dan kendaraan yang melewati suatu lokasi.

Ekonomi Situs

Situs alternatif dievaluasi dalam hal biaya pendirian dan biaya operasional berdasarkan ini.

Biaya pendirian adalah biaya yang timbul untuk fasilitas fisik permanen. Namun, biaya operasional yang dikeluarkan untuk menjalankan bisnis sehari-hari disebut juga biaya operasional.

Tujuan Analisis Lokasi Bisnis

Lokasi bisnis harus diputuskan dengan mempertimbangkan tujuan berikut:

Untuk menahan investasi minimum dan biaya operasional

Tujuan utama dalam memilih lokasi yang ideal adalah untuk memastikan investasi minimum dan biaya operasional yang lebih rendah.

Ini dapat dicapai jika bisnis terletak di tempat di mana bahan mentah, tenaga kerja, transportasi, dan listrik tersedia dengan mudah, teratur, dan mencukupi.

Untuk memastikan kelancaran bisnis.

Tujuan lain dari lokasi yang ideal adalah untuk memastikan kelancaran bisnis.

Ini dapat dicapai jika bisnis terletak di tempat di mana layanan perbankan , komunikasi , transportasi, perbaikan, dan pemeliharaan tersedia dengan mudah dan teratur.

Untuk meningkatkan kesejahteraan karyawan.

Jika bisnis terletak di mana kebutuhan rekreasi pendidikan, kesehatan, dan keagamaan karyawan terpenuhi, mereka pasti akan merasa terikat pada perusahaan. Mereka akan mengembangkan loyalitas dan komitmen untuk itu.

Berkoordinasi dengan Kebijakan Pemerintah.

Pengusaha dalam memilih lokasi harus memastikan bahwa keputusannya tidak bertentangan dengan kebijakan pemerintah tentang pembangunan daerah yang berimbang.

Faktor Penawaran Lokasi Bisnis

Biaya tenaga kerja

Seringkali menjadi faktor utama, terutama jika keputusannya adalah untuk mencari lokasi di Inggris, atau luar negeri. Biaya tenaga kerja bervariasi dari wilayah ke wilayah di Inggris, tetapi perbedaan terbesar adalah antara Inggris dan negara-negara dengan biaya tenaga kerja rendah di luar negeri.

Biaya tanah

Terkadang tanah akan dibeli, tetapi lebih sering disewakan bersama dengan bangunan usaha dan fasilitasnya. Sewa dapat sangat bervariasi tergantung pada lokasi dan fasilitas yang disediakan. Hibah pemerintah dan insentif lainnya juga sering tersedia untuk mengurangi biaya lahan untuk ditempatkan di daerah yang lebih miskin.

Biaya energi

Beberapa bisnis menggunakan energi dalam jumlah besar (misalnya gas, listrik) tetapi mereka harus dapat menegosiasikan harga yang baik untuk kebutuhan energi mereka terlepas dari lokasinya di Inggris.

Biaya transportasi

Transportasi mencakup biaya untuk memasukkan input ke dalam bisnis (misalnya bahan mentah untuk jalur produksi atau stok untuk dijual) dan juga biaya pengiriman produk ke pelanggan. Sebuah bisnis harus dekat dengan sumber pasokannya jika biaya pengangkutan bahan mentah tinggi atau sulit (misalnya, pemrosesan makanan sering dilakukan di dekat pertanian).

Bagi banyak bisnis, biaya distribusi ke pelanggan bukanlah masalah yang signifikan. Perusahaan pengiriman mungkin melakukan transportasi (yang dibayar oleh pelanggan). Dalam banyak kasus, pelanggan datang ke bisnis – misalnya di hotel

Faktor komunitas

Biaya lokasi bisnis dapat dipengaruhi oleh banyak faktor nonkeuangan, tetapi masih dapat signifikan saat membuat pilihan. Ini termasuk:

  • Fasilitas & layanan lokal (mis. Sekolah, layanan profesional)
  • Sikap pemerintah daerah untuk mendukung bisnis (termasuk bantuan keuangan)
  • Bahasa
  • Stabilitas politik

Faktor Permintaan Lokasi Bisnis

Kenyamanan pelanggan

Mungkin faktor yang paling penting. Banyak bisnis perlu ditempatkan di mana pelanggan merasa cepat, mudah dan murah untuk mengakses layanan yang disediakan. Misalnya, gerai makanan cepat saji harus berada di suatu tempat yang dekat dengan langkah kaki pelanggan yang kuat, tidak tersembunyi jauh dari pandangan. Taman ritel luar kota terletak dalam jarak berkendara singkat yang nyaman dari pusat populasi utama.

Keterampilan kerja

Jika keahlian khusus dibutuhkan, ini bisa menjadi masalah besar. Misalnya, perusahaan teknologi cenderung menempatkan diri di area di mana terdapat keahlian yang mapan

Kesesuaian situs

Sebuah situs mungkin perlu memiliki beberapa karakteristik tertentu untuk memaksimalkan kepuasan dan pendapatan pelanggan. Misalnya, restoran atau hotel mewah perlu ditempatkan di suatu tempat yang menarik bagi pelanggan – bukan di tengah-tengah kawasan perdagangan.

Gambar

Ini lebih tidak berwujud, tetapi seringkali penting. Beberapa pelanggan mengasosiasikan produk dengan area tertentu dan lebih memilih untuk membeli dari sana (mis. Perlengkapan berjalan – bisnis yang berbasis di Lake District mungkin menikmati reputasi yang dianggap lebih baik

Potensi perluasan

Kapasitas produksi di masa depan seringkali harus diperhitungkan. Sebuah lokasi mungkin mencentang banyak kotak lain, tetapi jika menyediakan ruang lingkup terbatas untuk perluasan maka mungkin ditolak. Jika suatu lokasi membatasi output, maka pendapatan berpotensi rusak.

Lokasi Terbaik Dapat Meningkatkan Visibilitas Merek Lokasi Bisnis

Lokasi juga dapat memengaruhi kemampuan bisnis. Untuk memasarkan dirinya sendiri, persaingan yang dihadapinya dari bisnis, total biaya operasi, pajak yang harus dibayar oleh pemilik bisnis. Serta peraturan yang harus mereka ikuti.

Adanya lokasi juga penting untuk pemasaran. Pentingnya lokasi melampaui lokasi fisik bisnis Anda dan peringkat situs web Anda di hasil penelusuran Google. Ini meluas ke penempatan iklan Anda.

Misalnya, memilih alamat bisnis di Kota London kemungkinan akan mengubah persepsi bisnis Anda karena akan dianggap sebagai bagian dari budaya keuangan dan pertumbuhan tinggi di daerah tersebut. Di Inggris Raya, Pall Mall Estates memiliki ruang bengkel yang tersedia di sejumlah kota besar, termasuk London, Bournemouth, Birmingham, dan Wellingborough.

Akses yang Mudah Keuntungan Besar

Pada dasarnya, Anda hanya ingin berada di mana pun pelanggan Anda berada dan membuatnya senyaman mungkin untuk mengunjungi Anda. Lokasi sangat penting terutama untuk bisnis yang menjual barang atau jasa langsung kepada pelanggan di tempat pembuatan batu bata dan mortir.

Beberapa pelanggan memilih untuk membeli dari perusahaan tertentu karena persepsi yang mereka miliki tentang mereka. Bisnis di kawasan komersial suatu kota memberikan persepsi bahwa bisnis tersebut berhasil dan mampu mendapatkan lokasi yang baik.

Bisnis Anda juga harus mempertimbangkan apakah parkir tersedia untuk calon pelanggan. Banyak pelanggan akan memilih pergi ke tempat lain jika sulit menemukan tempat parkir.

Pikirkan tentang Pemasok Lokasi Bisnis

Bergantung pada bisnis Anda, pemasok dapat memengaruhi lokasi Anda. Harga dan kualitas merupakan prasyarat dalam memilih pemasok, namun kecepatan pengiriman berdampak besar pada produktivitas.

Untuk operasi bisnis yang lebih baik dan lebih cepat, penting untuk mempertimbangkan lokasi perusahaan Anda untuk memudahkan pemasok mencapai tempat Anda tepat waktu untuk mengirimkan barang dan memberikan layanan yang diperlukan agar bisnis Anda berjalan lancar. Dan semakin dekat Anda dengan pemasok, semakin cepat produk Anda dapat dipasarkan.

Lokasi akan selalu menjadi penting terutama untuk banyak bisnis meskipun ada peningkatan kerja jarak jauh, kolaborasi, telecommuting dan kantor virtual.

Jika bisnis Anda berlokasi strategis di tempat terbaik untuk menarik pelanggan, Anda dapat yakin akan pertumbuhan, peningkatan penjualan, dan visibilitas merek.

Jika Anda menjalankan bisnis tradisional atau fisik, kesuksesan Anda terutama bergantung pada lokasi Anda. Lakukan riset dan pilih lokasi Anda dengan hati-hati.

Pikirkan tentang dinamika berikut saat memilih lokasi bisnis baru Anda atau saat Anda berencana untuk berekspansi ke kota lain.

  • Citra bisnis Anda
  • Persaingan yang akan Anda hadapi
  • Rencana pertumbuhan hari ini dan besok
  • Keamanan keseluruhan dan persepsi lokasi
  • Hukum dan regulasi

Faktor penting untuk menentukan lokasi bisnis usaha

berikut ini adalah faktor penting yang mendukung lokasi bisnis usaha Anda untuk mendapatkan lahan atau lokasi yang ideal untuk menjalankan usaha Anda yaitu sebagai berikut:

Lokasi bisnis usaha yang mudah terlihat

Dengan bertempat pada area yang mudah terlihat, maka sudah pasti akan banyak memperoleh perhatian dan tentunya juga memudahkan untuk masa perkenalan dan promosi bisnis anda yang baru saja mulai dirintis. Selain itu, lokasi yang mudah terlihat juga akan menekan biaya promosi pada awal pembukaan atau promo promo peluncuran produk baru anda selanjutnya.

Sebagai contoh adalah sebuah usaha kuliner jajanan khas. Maka memilih tempat usaha pada lokasi wisata adalah salah satu spot yang cukup strategis. Hal ini sangat beralasan karena kemungkinan besar pengunjung akan tertarik untuk menjadikan produk anda sebagai oleh oleh sepulang dari berwisata.

Satu contoh lagi misalnya usaha foto copy, merencanakan usaha ini akan lebih tepat sasaran jika berada pada lokasi ramai seperti area kampus, perkantoran dan sekolah.

Alasannya sudah pasti yang mana orang orang disekitar wilayah tersebut akan banyak melakukan aktifitas yang berhubungan dengan alat tulis, catak, dan keperluan kantor lainnya.

Biaya membangun atau sewa tempat usaha

Jika anda mampu dan memiliki budget anggaran untuk membangun sendiri tempat usaha dilokasi yang strategis, maka hal ini akan lebih menguntungkan dan menjadi value tersendiri.

Dilain hal, bangunan yang notabene adalah merupakan salah satu jenis investasi yang menguntungkan, maka tidak ada salahnya jika memang anda bidik sekalian untuk menanamkan modal dan berinvestasi jangka panjang.

Namun apabila harus menyewa, maka tidak dapat dipungkiri lagi bahwa tempat yang strategis tentu akan di banderol dengan harga sewa yang cukup tinggi oleh pemiliknya.

Kalkulasi atau perhitungan yang cermat harus anda lakukan sebelum membuat keputusan kontrak sewa dengan pemilik lahan. Pertimbangkan apakah keuntungan setiap bulan akan mampu untuk memenuhi kebutuhan sewa lahan dan operasional usaha berikutnya.

Dan biasanya, setelah masa kontrak anda berakhir kemudian ingin memperpanjang, kenaikan harga sewa sudah tentu menanti didepan mata. Apalagi jika tampak jelas bahwa bisnis yang anda bangun disana telah berkembang pesat dan memiliki konsumen yang loyal.

Akses yang mudah dijangkau

Poin ini adalah mengenai kenyamanan konsumen ketika akan menuju dimana lokasi usaha anda berada. Meskipun berada pada tempat atau lokasi ramai dan banyak menarik perhatian orang yang berlalu lalang, jika lokasi bisnis anda tidak memiliki lahan parkir yang memadai, seperti misal terlalu rapat dengan jalan, maka konsumenpun terkadang akan enggan untuk singgah sebab merasa kurang nyaman.

Sebagai contoh lagi, tempat usaha yang anda pilih adalah di area yang sangat ramai seperti di lokasi mall, namun apabila toko yang anda buka berada di lantai teratas, biasanya pengunjung juga kurang antusias untuk menuju kesana.

Sebagai perbandingan misalkan sama sama menjual kaos distro dengan merek dan model yang sama, maka penjual yang berada di trotoar akan lebih cepat memperoleh konsumen meskipun tidak memiliki gerai yang mewah.

Apa benefitnya meskipun lapak usaha anda begitu mewah dan gelamor, namun berada pada lantai tertinggi sebuah mall ataupun tempat yang membuat konsumen malas untuk mendatanginya. Maka dari itu, faktor akses untuk memudahkan konsumen menjangkau produk yang anda tawarkan sangat berpengaruh besar terhadap kelangsungan bisnis dan usaha anda.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Hubungan sosial dengan konsumen

Yang ke empat ini adalah berkenaan dengan target pemasaran yang akan anda capai. Istilahnya adalah segmen pasar yang tepat.

Memilih tempat usaha yang sesuai dengan sasaran adalah nilai yang cukup penting untuk selalu pertimbangkan. Karena masing masing jenis usaha akan memiliki keterlibatan yang erat. Antara lingkungan masyarakat dengan jenis produk yang di tawarkan.

Sebagai contoh misalkan akan membuka sebuah usaha yang bergerak dalam bidang pertanian. Seperti melayani atau menyediakan kebutuhan pupuk, anti hama maupun bibit tanaman.

Langkah pertama adalah, anda harus mampu mendekati konsumen dengan cara bersosial yang lebih akrab. Guna memperoleh informasi akurat mengenai segala keluhan dan kebutuhan kerja mereka.

Selanjutnya, anda akan bisa dengan mudah menentukan produk atau jasa apa yang memiliki potensi akan laku dipasarkan. Pada lokasi dan wilayah tersebut.

Terkait masalah perijinan bisnis dan usaha

Meskipun terkadang sering dilupakan. Namun sebaiknya jangan pernah menganggap remeh masalah legalitas.

Bukan hanya terbatas pada ijin usaha saja. Melainkan harus meliputi segala aspek yang berhubungan dengan bisnis yang anda jalankan. Termasuk produk yang anda tawarkan.

Mengabaikan poin ini akan menjadi resiko besar yang bisa saja tidak akan pernah diduga. Kemudian hari membawa dampak buruk bagi bisnis atau usaha anda.

Akan lebih menyesal lagi jika perjalanan usaha anda sudah mulai menampakkan perkembangan, kemudian tersandung masalah legalitas perijinan tempat usaha tentu akan fatal jadinya.

Seperti lokasi yang sertifikat kepemilikan lahannya tidak jelas. Misalkan area pinggiran terminal atau stasiun yang dibangun ruko kemudian disewakan. Memang lokasi usaha seperti ini sangat strategis. Namun jika legalitasnya tidak jelas, maka resiko sewaktu waktu terjadi penggusuran tentu akan lebih membuat anda frustasi.

Lingkungan tempat usaha dan sekitarnya

Lingkungan sekitar tempat bisnis dan usaha adalah faktor yang akan mempengaruhi pandangan. Serta minat konsumen terhadap produk atau jasa yang anda tawarkan.

Misalkan saja anda berjualan makanan di area hiburan malam. Tentu saja pelanggannya akan terbatas pada komunitas tertentu. Dimana yang memang suka berkunjung ke tempat hiburan tersebut.

Misalkan saja ada orang lapar yang ingin mencari warung makan. Namun ia merasa tidak nyaman dengan situasi lingkunan tempat anda berjualan. Kemungkinan besar ia akan berlalu dan lebih memilih untuk mencari tempat yang lainnya.

Contoh lain yang berhubungan dengan penentuan tempat usaha dan harus mempertimbangkan lingkungan sekitar. Adalah semisal diwilayah tersebut sudah banyak terdapat usaha bengkel motor. Maka sebaiknya anda mempertimbangkan ulang jika ingin membuka jenis usaha yang sama.

Kecuali jika anda mampu bersaing dengan memberikan nilai lebih, dan sanggup berkompetisi bisnis. Secara sportif tanpa menimbulkan masalah kemudian harinya. Maka membuka usaha yang sama tidak akan ada larangannya.

Nah, untuk memaksimalkan usaha bisnis Anda silahkan coba pengeluaran baru dari Jojonomic. Yaitu JojoExpense akses mudah ke pendanaan memudahkan karyawan Anda untuk bekerja selagi proses bekerja dengan sendirinya. Tidak perlu lagi menunggu antara saat pengajuan request dan lanjut mengerjakan proyek. Ayo buruan coba!