Cara Mencari Median : Pengertian, Langkah, dan Contohnya

Median merupakan mata pelajaran matematika dasar yang dibuka sejak Sekolah Dasar. Selain mean dan mode, median merupakan bagian penting dari statistik. Cara Mencari Median sangat berguna dalam berbagai pemrosesan data.

Keunggulan median adalah mudah dihitung jika jumlah datanya relatif kecil. Meskipun kerugian dari median adalah bahwa meskipun untuk data dalam populasi yang sama, mediannya relatif tidak stabil. Namun, median adalah bagian dari statistik dasar yang harus dipahami.

Peran median adalah untuk mengukur derajat konsentrasi lahan. Dalam teori statistik dan probabilitas, median adalah nilai yang memisahkan separuh atas dan separuh bawah dari sampel data, populasi, atau distribusi probabilitas. Berikut komentar tentang median dan cara menghitung median tersebut.

Arti dari Cara Mencari Median

Cara Mencari Median

Median atau nilai tengah adalah ukuran pemusatan data, yaitu jika kumpulan data diurutkan dari yang terkecil ke terbesar atau dari yang terbesar ke terkecil, jika jumlah datanya ganjil, nilai atau rata-rata median yang benar nilai digunakan sebagai jumlah pengamatan. Jika bilangan genap, salah satu dari dua pengamatan di tengah

Median adalah nilai median setelah penyortiran data. Median adalah nilai yang membagi data menjadi dua bagian yang sama besar setelah mengurutkan data dari yang terkecil hingga terbesar. Jika ada pencilan yang mungkin menyimpang dari urutan mean, median terkadang digunakan sebagai invers dari mean. Median dapat digunakan untuk menentukan mean atau perkiraan mean, tetapi tidak dapat disamakan dengan mean.

Cara Mencari Median, Mean, dan modus

Rata-rata, mode, dan median adalah tiga indikator pusat data dalam statistik. Nilai rata-rata adalah nilai rata-rata dari beberapa data dalam satu atau lebih data. Ukuran pusat data adalah metrik apa pun yang menunjukkan pusat kumpulan data dari yang terkecil hingga terbesar (dari terbesar ke terkecil).

Salah satu penggunaan ukuran data terpusat adalah untuk membandingkan dua (populasi) atau sampel. Ukuran konsentrasi yang paling banyak digunakan adalah median, mean, dan mode. Mean, median, dan mode diperlukan saat menganalisis hasil atau mengumpulkan data.

Nilai rata-rata dapat ditentukan dengan membagi jumlah data dengan jumlah data. Nilai rata-rata (mean value) dapat ditemukan dari berbagai jenis data individu atau data kelompok. Mode adalah nilai yang paling sering muncul.

Model ini biasanya menggunakan rata-rata dan median untuk menghitungnya. Polanya adalah data dengan frekuensi maksimal. Mode ini dapat digunakan untuk menentukan sampel keseluruhan dari statistik. Perhitungan model dapat diterapkan pada data numerik dan kategorikal.

Bagaimana Cara Mencari Median

Cara Mencari Median

Untuk mencari median, data harus disusun dari terkecil hingga terbesar. Untuk menentukan median dalam urutan angka, Anda harus mengurutkan atau menyusun angka terlebih dahulu dari nilai terendah ke tertinggi atau tertinggi ke terendah.

Jika ada angka ganjil, median adalah angka tengah, dan angka atas dan bawah sama. Jika ada bilangan genap dalam daftar, Anda harus menentukan pasangan tengah, menjumlahkannya dan membagi dengan 2 untuk mencari median.

Contoh mencari nilai median pada data ganjil

Pada data ganjil, cara mencari median adalah dengan menyusun angkanya terlebih dahulu, biasanya dari yang paling rendah sampai yang paling tinggi. Misalnya, dalam kumpulan data {3,13,2,34,11,26,47}, peringkatnya adalah {2,3,11,13,26,34,47}. Median adalah angka di tengah {2, 3, 11, 13, 26, 34, 47}, yaitu 13 dalam contoh ini karena ada tiga angka di setiap sisinya.

Contoh mencari nilai median pada data genap

Untuk mencari nilai tengah dengan bilangan genap dalam daftar, Anda harus mencari pasangan tengah, menjumlahkannya, lalu membaginya menjadi dua. Ini dapat ditulis menggunakan rumus. Misalnya, dalam kumpulan data {3, 13, 2, 34, 11, 17, 27, 47}, peringkatnya adalah {2, 3, 11, 13, 17, 27, 34, 47}. Median adalah rata-rata dari dua angka di tengah {2,3,11,13,13,17,26 34,47}. Dalam kasus ini, hasilnya adalah 13 dan 17, jadi metode untuk menentukan mediannya adalah dengan menghitung (13 + 17) ÷ 2 = 15. Oleh karena itu, berdasarkan data tersebut, mediannya adalah 15.

Tambahan

Cara Mencari Median

Bagaimana menghitung mean

Nilai rata-rata (mean value) dapat ditemukan dari berbagai jenis data individu atau data kelompok. Nilai rata-rata dapat ditentukan dengan membagi jumlah data dengan jumlah data. Rumus rata-ratanya adalah: Average = volume data: sejumlah besar data

contoh: 4, 5, 8, 9, 12 Rata-rata = (4 + 5 + 8 + 9 + 12): 5 = 7.6

Bagaimana menghitung pola

Metode penghitungan pola adalah menemukan nilai yang paling sering muncul dalam data. Metode penghitungan mode adalah dengan mengurutkan nilai data dari rendah ke tinggi. Nilai yang paling sering disebutkan adalah pola data.

contoh: 75, 60, 55, 70, 50, 60, 65, 60, 52, 60, 85, 65, 75, 40, 80, 45, 90

Menurut data ini, nilai mode adalah 60 karena ini adalah angka yang paling sering muncul. Data tersebut hanya memiliki satu nilai modal, yaitu 60, sehingga disebut distribusi unimodal.

Contoh Cara Mencari Median

Berikut penjelasan dari median tersebut. Artikel ini juga memberikan rumus, cara menghitung median, dan contoh soal latihan. Dikutip dari sdm.data.kemdikbud.go.id, median adalah data titik tengah. Median itu sendiri adalah bagian dari nilai pusat. Nilai pusat adalah nilai di pusat distribusi data, yang disebut “tren pusat”. Nilai inti meliputi:

  • Rata-rata: Data rata-rata.
  • Mode: Data yang sering muncul.
  • Median: data titik tengah.

Cek penjelasan median yang dikutip di sdm.data.kemdikbud.go.id: Apa mediannya? Dikutip dari sdm.data.kemdikbud.go.id, median adalah data titik tengah. Median juga dapat diartikan sebagai nilai yang membatasi 50% dari frekuensi distribusi yang lebih rendah hingga 50% dari frekuensi distribusi yang lebih tinggi.

Rumus dan cara menghitung median

Ada dua cara untuk menghitung median. Rumus dan metode pertama digunakan untuk bilangan genap. Untuk rumus, metode kedua digunakan untuk bilangan ganjil. Ini rumus dan cara menghitung median:

  • Pada nomor genap
  X N / 2 + X (N / 2) + 1  
  • Pada angka ganjil I = X (N +1)
  1. I = nilai median
  2. Xi = data i
  3. N = jumlah data
  • Bilangan genap:
  1. Data: 10, 13, 15, 15, 17, 20, 21
  2. N = 6 (bilangan genap)
  X3 + X4  
  • Angka ganjil:

Data: 10, 13, 15, 15, 17, 20, 21, 25 N = 7 (angka ganjil)

  1. (N +1) / 2
  2. (7 +1) / 2
  3. 8/2
  4. 4
  5. 17

Kesimpulan

Mean, median, dan mode diperlukan saat menganalisis hasil atau mengumpulkan data. Setelah memperoleh / mengumpulkan data, langkah selanjutnya adalah mengolah data tersebut melalui metode statistik. Asumsikan dalam kasus nilai tes matematika. Saat menentukan berapa banyak siswa yang mendapat nilai di atas rata-rata kelas, penerapan rata-rata (rata-rata) dapat ditunjukkan.

Jika guru ingin membagi kelas menjadi dua kelompok berdasarkan urutan nilai, gunakan median. Guru dapat menggunakan mode ini untuk mengetahui berapa banyak siswa yang mendapatkan nilai tertentu atau menentukan frekuensi data maksimum. Selanjutnya, rumus yang terkait dengan mean, median dan mode akan dijelaskan.

JojoExpense Membantu Anda Mengelola Pengeluaran Perusahaan dengan Lebih Efisien dan Hemat Waktu. Mengelola Data Klien Menjadi Lebih Mudah, JojoExpense memberi Anda akses mudah menuju keuangan perusahaan Anda tidak peduli tempat dan waktu.
 
Baik Anda mau mengajukan request reimbursement atau mengizinkan cash advance, semua dapat dilakukan melalui telepon genggam Anda. Anda dapat mengajukan request Anda secara langsung atau simpan untuk nanti, misalnya Anda ingin cek ulang aplikasi Anda. Semuanya tergantung Anda yang berkuasa soal manajemen finansial Anda sendiri.
 
Ketika Anda sudah duduk di meja Anda, Anda bisa fokus sepenuhnya pada tugas-tugas penting dan serahkan manajemen sampingan pada proses otomatis. Yuk pakai aplikasi expense management dari jojonomic sekarang. Dapatkan gratis demo 14 hari!