Cara Mencari Median Melalui Perhitungan Matematis Yang Akurat

cara mencari median

Cara mencari median perlu dikuasai oleh sebagian orang terlebih lagi sekumpulan orang yang memang berurusan dengan dunia matematika dasar dalam pekerjaannya. Atau mungkin bagi Anda yang saat ini masih menempuh pendidikan dan harus bertemu dengan berbagai soal berkaitan dengan median.

Pada dasarnya median sendiri bisa disebut juga dengan istilah nilai tengah. Median ini sendiri bisa dibilang pula memilikiperanan yang penting terutama dalam ilmu statistika. Oleh karena itu ada banyak hal dari median yang mungkin perlu dipahami secara lebih lagi sehingga perhitunagn mencari median bisa lebih tepat.

Rumus Cara Mencari Median Berdasarkan Jenis Data

Data tunggal

Perhitungan untuk mencari medianbisa diterapkan pada data tunggal. Pada data tunggal tentunya nilai tengah ini bisa dihitung secara berbeda jika n ganjil dan n genap. Pada n ganjil maka bisa digunakan rumus hingga nantinya ditemukan hasil perhitungan yang tepat. Sedangkan pada n genap bisa digunakan rumus yang berbeda hingga ditemukan pula hasil yang tepat.

Data kelompok

Sedangkan penggunaan rumus median untuk data kelompok harus dilakukan dengan berbagai tahap. Untuk tahapan pertama tentunya perlu dibuat tabel data demi mempermudah proses perhitungan. Setelah itu barulah bisa ditentukan letak kelas median pada tabel. Dalamha ini nilai tengah bisa diketahui yaitu setengah dari total frekuensi.

Fungsi Cara Mencari Median

Mengukur pemusatan darat

Salah satu fungsi dari median atau nilai tengah adalah untuk melakukan pengukuran terhadap pemusatan darat. namun fungsi dari pencarian nilai tengah tidak hanya itu saja tetapi tentunya juga terdapat beberapa fungsi lainnya yang berhubungan dengan data baik data tunggal maupun kelompok.

Memisahkan sampel data

Fungsi yang kedua dari median atau nilai tengah adalah untuk memisahkan sampel data. Pemisahan sampel data ini dilakukan oleh nilai tengah dengan memisahkan nilai yang separuh lebih tinggi dari separuh yang lebih rendah. Jadi nilai ini tepat berada di tengah dan memisahkan seluruh data yang terletak di atasnya maupun di bawahnya.

Distribusi probabilitas

Untuk fungsi terakhir dari median adalah untuk distribusi probabilitas atau bisa juga disebut dengan istilah sebaran probabilitas. Sebaran probabilitas ini menunjukkan besarnya probabilitas dari setiap hasil yang muncul tentunya dalam suatu percobaan acak yang dilakukan untuk tujuan tertentu. Sebaran atau distribusi probabilitas ini tentu saja cenderung bersifat empirik atau bisa juga disebut bersifat teoritik.

Kelebihan Cara Mencari Median

Mudah dihitung untuk data dengan jumlah yang relatif kecil

Berbagai macam hal tentunya memiliki suatu kelebihan. dalam hal ini termasuk pula median atau nilai tengah yang juga memiliki kelebihan. Salah satu kelebihannya adalah kemudahannya untuk dihitung. jika dilihat secara lebih lanjut maka bisa diketahui bahwa nilai tengah akan jadi lebih mudah dicari terutama pada sekumpulan data yang relatif kecil.

Tidak dipengaruhi oleh berbagai macam data yang ekstrim

data ekstrim pada dasarnya merupakan suatu data yang menyimpang terlalu jauh dari data lainnya. Dampaknya antara lain bisa saja tidak mencerminkan fenomena yang sebenarnya. Namun seberapa besar penyimpangan yang terjadi pada suatu data rupaya tidak akan berpengaruh pada pencarian nilai tengah. Maka nilai tengah akan tetap bsia didapatkan sekalipun terdapat beberapa data ekstrim.

Dapat digunakan pada jenis data kuantitatif maupun kualitatif

Ada dua jenis data yang juga perlu Anda ketahui yaittu data kuantitatif dan data kualitatif. Kedua jenis data ini bisa diperoleh dari beberapa sumber. Namun pencariannilai tengah rupanya bisa dilakukan untuk kedua jenis data ini baik untuk data kuantitatif yang berupa data numerik maupun data kualitatif yang berupa data verbal.

Bisa digunakan untuk data yang bersifat heterogen

Jika dilihat dari tingkat variasinya maka terdapat pula data heterogen. Artinya data ini bersifat sangat bervariasi. Jadi nilai pada data ini tidak selalu hampir sama melainkan bisa pula terjadi data ekstrim. Namun pada jenis data apapun rupanya nilai tengah tetap bisa dicari tentunya dengan penggunaan rumus yang tepat.

Kelemahan Cara Mencari Median

Cenderung tidak stabil

Ada kelebihan tentunya juga sudah pasti ada kelemahan. Demikian pula untuk median atau nilai tengah yang ternyata juga memiliki berbagai kelemahan. Salah satu kelemahannya adalah nilainya yang bisa dikatakan relatif tidak stabil. Nilainya yang tidak stabil ini rupanya bisa saja terjadi bahkan untuk data yang berada di dalam suatu populasi yang sama.

Tidak mempertimbangkan seluruh nilai data

Pada dasarnya suatu data perlu dipertimbangkan secara lebih lanjut mengenai nilainya dan sebagainya. Sebab data yang tidak terlalu menyimpang umumnya bisa mencerminkan fenomena yang sebenarnya. Namun rupanya nilai tengah yang dicari dan ditemukan pada suatu data tidaklah selalu dapat mempertimbangkan seluruh nilai data yang ada.

Masih kurang menggambarkan rata-rata dari suatu populasi

Kekurangan atau kelemahan lainnya dari nilai tengah atau median adalah ketidakmampuannya untuk menggambarkan suatu nilai rata-rata dari sebuah populasi. Terlebih lagi jika pada data tersebut terdapat beberapa nilai yang menyimpang jauh. maka bisa dibilang bahwa nilai tengah yang ditemukan tersebut tidak dapat menggambarkan keadaan suatu populasi.

Relatif peka terhadap penambahan jumlah data

Median juga masih memiliki kelemahan lainnya yaitu sifatnya yang cenderung peka terhadap perubahan data. Hal ini akan menjadi lebih sulit ketika tiba-tiba terjadi penambahan data di waktu yang tidak terduga. Jika terjadi penambahan data maka sudah tentu pencarian nilai tengah jadi berubah. Sebab nilai tengah pada suatu data harus ditemukan dengan tepat agar terhindar dari berbagai kesalahan.

Penggunaan Perhitugan Cara Mencari Median

Cara mencari median tentu seringkali dilakukan oleh siapa saja. Misalnya pada saat menempuh bangku pendidikan dan menemui soal yang berhubungan dengan median. Di samping itu pencarian median juga tentunya dilakukan oleh kaum profesional. Median sendiri juga umumnya sangat berguna dalam hal pengolahan data. Jadi median bisa mendukung proses pengolahan data yang sedang dilakukan dengan tujuan tertentu. Maka perhitungannya harus dilakukan dengan tepat mengingat bahwa pencarian dan penemuan median berpengaruh pula pada data.

Tentunya hal ini seperti saat menghitung absensi karyawan setiap harinya. Dibutuhkan akurasi serta ketepatan dan cara yang sesuai. Oleh sebab itu sebaiknya gunakan aplikasi yang memadai, salah satunya yaitu dengan menggunakan aplikasi dari Jojonomic yaitu JojoTimes. Yang mana aplikasi ini dapat membantu karyawan melakukan absen kapan saja dan dimana saja. Selain itu sudah terintegrasi secara otomatis dengan sistem pembayaran payroll.

Hal ini karena beberapa fitur menarik dari JojoTimes. Di antaranya yaitu fitur pengenalan wajah biometris dengan geo-locator yang akurat maupun fitur mengelola laporan kehadiran, perizinan cuti dan jam kerja. Jadi tidak perlu ragu jika ingin beralih pada aplikasi tersebut. Segera dapatkan coba gratis selama 14 hari untuk aplikasi absen dari Jojonomic ini.