Belum Mendapat Kerja? Ini Dia 5 Cara Mengatasi Pengangguran

kerja

Kamu baru saja lulus kuliah atau sedang mencari pekerjaan baru? Apakah kamu kesulitan dalam mendapatkan pekerjaan dan masih menganggur sekarang ini? Pengangguran ini juga sangat erat kaitannya dengan permasalahan ekonomi lho! Karena banyaknya pengangguran bisa menimbulkan naiknya tingkat kemiskinan dan mengganggu kebutuhan sehari-hari. Karena itu, sangat dibutuhkan cara mengatasi pengangguran supaya perekonomian dan kesejahteraan masyarakat dapat tercapai. Tapi, sayangnya selama ini, berbagai cara mengatasi pengangguran yang dilakukan pemerintah belum mampu meminimalisir tingkat pengangguran yang cukup tinggi di Indonesia. Nah, sekarang kita akan membahas mengapa terjadi pengangguran dan apa saja cara mengatasi pengangguran yang bisa dilakukan pemerintah dan perusahan untuk membantu para pencari kerja

Mengapa Terjadi Pengangguran?

Ada beberapa faktor penyebab terjadinya pengangguran yang kamu harus ketahui, yaitu:

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Waktu yang Dibutuhkan untuk Mencari Pekerjaan

Para pekerja memiliki pengalaman dan keahlian yang berbeda. Karena itu, mencari pekerjaan yang tepat sesuai dengan keinginan dan keahlian juga membutuhkan usaha dan waktu. Hal ini cenderung mengurangi tingkat perolehan kerja dan membuat proses penerimaan kerja semakin lama.

Turunnya Pengeluaran Total dan Output

Nah, kalau pengeluaran total dan output suatu perusahaan menurun, maka permintaan terhadap tenaga kerja juga sangat rendah. Ini pastinya bisa berkaitan dengan meningkatnya jumlah pengangguran. Mengapa hal ini terjadi? Karena kemampuan ekonomi suatu negara lebih rendah dari kemampuan yang seharusnya dicapai sehingga mempengaruhi kondisi keuangan perusahaan juga.

Ketika siklus perekonomian sedang mengalami penurunan, maka para pencari kerja dipaksa untuk menganggur karena terlalu banyaknya tenaga kerja yang ingin bekerja, tapi  pekerjaan tersebut tidak tersedia atau lowongan pekerjaan tidak dibuka.

Perubahan Teknologi

Kamu tahu kan, kalau teknologi selalu berkembang seiring berjalannya waktu? Karena itu,  dibutuhkan tenaga kerja yang mampu menyesuaikan dengan perkembangan teknologi tersebut untuk mempercepat pekerjaan dan meningkatkan kualitas perusahaan. Sebagian besar pekerjaan banyak menggunakan teknologi modern sehingga membutuhkan operator lebih sedikit dan menyebabkan jumlah tenaga kerja berkurang.

Hal ini juga menimbulkan pengangguran karena perkembangan teknologi telah mengurangi para pencari kerja yang tidak mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi di masa sekarang ini.

Tidak Sebanding Penawaran dengan Permintaan Pekerja

Hal ini mungkin juga sering terjadi saat melakukan perekrutan karyawan. Ketidaksebandingan ini bisa terjadi karena permintaan terhadap tenaga kerja meningkat, sedangkan permintaan untuk jenis lainnya menurun. Padahal, penawaran tidak cukup mampu untuk menyelesaikannya. Jadi sangat sulit, kan?

Cara-cara Mengatasi Pengangguran

Setelah kamu mengetahui beberapa factor yang menyebabkan pengangguran, sekarang kita akan membahas apa saja cara-cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi pengangguran. Kira-kira apa saja yang solusinya?

Memberikan Pelatihan Kerja

Pelatihan kerja atau training merupakan salah satu cara mengatasi pengangguran yang efektif dilakukan di Indonesia. Hal ini karena banyaknya masyarakat usia produktif, sehingga harus dimanfaatkan dengan pemberian pendidikan yang berkualitas.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Program pelatihan juga diperlukan untuk orang-orang yang ingin mengembangkan keterampilan atau hobinya. Sehingga mereka bisa bekerja sesuai dengan kegemarannya. Program ini bisa menciptakan peluang untuk memberikan pekerja-pekerja yang memadai. Baik dari segi kuantitas, maupun kualitas dan siap di lapangan.

Tidak Membeda-bedakan Pencari Kerja

Memang masih banyak perusahaan yang enggan menerima pekerja yang sudah berkeluarga dan memiliki anak karena berbagai hal. Misalnya, dengan alasan perusahaan harus membayarkan asuransi istri dan anak karyawan mereka. Ataupun memiliki resiko karyawan akan sering izin karena keperluan anak atau keluarga dan sebagainya. Padahal, mungkin mereka sangat kompeten dan bisa bekerja dengan baik. Karena itu, hal ini harus diubah dan ditindaklanjuti.

Meningkatkan Jiwa Kewirausahaan

Salah satu cara mengatasi pengangguran yang juga sangat efektif yaitu dengan meningkatkan jiwa kewirausahaan di setiap orang.

Hal ini juga bisa dilakukan sejak dini lho, dimulai dari sekolah atau kuliah. Karena, kalau kamu sudah memiliki sikap kewirausahaan maka tidak perlu bingung apabila lapangan pekerjaannya kurang. Kamu bisa mendirikan usaha ataupun bisnis sendiri sehingga bahkan bisa memberikan lapangan pekerjaan bagi setiap orang yang membutuhkan.

Oleh karena itu, menanamkan jiwa kewirausahaan dari awal juga merupakan hal yang seharusnya diprioritaskan. Sayangnya, hal ini belum terlalu dilakukan dengan serius sehingga masih belum tampak hasilnya di masyarakat. Apakah kamu tertarik untuk menjadi seorang entrepreneur?

Informasi Lowongan Kerja

Pemerintah dan perusahaan diharapkan bisa membuka lapangan pekerjaan baru. Salah satu tujuannya untuk menarik minat para pengangguran ataupun lulusan baru sehingga mengurangi angka pengangguran.

Sekarang ini, sudah banyak sekali media untuk pemberitahuan mengenai lowongan pekerjaan di media massa, baik di media cetak, maupun sosial media. Nah, cara mengatasi pengangguran yang efektif, yaitu penyebaran informasi setiap kali ada lowongan pekerjaan yang rutin dan mudah ditemukan oleh para pencari kerja atau bahkan saat diselenggarakan job fair.

Melalui informasi-informasi ini, nantinya para pencari kerja bisa menyesuaikan diri dan segera melengkapi persyaratan yang diperlukan. Demi suatu pekerjaan kalau memang berminat dan sesuai dengan kemampuannya, sehingga bisa cepat diterima oleh perusahaan.

Memperbaiki Kondisi Ekonomi Makro

Pertumbuhan ekonomi juga akan berpengaruh pada penciptaan lapangan kerja. Serta memberi dampak positif bagi setiap orang terutama kaum muda yang sedang mencari pekerjaan. Pemerintah harus memberi perhatian khusus pada sektor industri yang ramah terhadap pencari kerja muda untuk memperbanyak kesempatan lowongan pekerjaan.

Meningkatkan Mutu Pendidikan

Cara mengatasi pengangguran selanjutnya yaitu dengan meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia. Karena, semakin tinggi mutu pendidikan di negara kita, maka akan membuat negara kita menjadi lebih maju dan mampu bersaing.

Dengan mutu pendidikan yang bagus maka akan membuat sumber daya manusia yang berkualitas juga. Pendidikan bisa dilakukan untuk menghasilkan generasi-generasi penerus bangsa yang potensial dan merupakan hal yang sangat penting. Karena itu setiap orang berhak untuk mendapatkan mutu pendidikan yang terbaik.

Transmigrasi

Perpindahan penduduk atau transmigrasi ini juga bisa menjadi salah satu solusi atau cara mengatasi pengangguran. Hal ini terjadi karena kalau terlalu banyak jumlah penduduk di suatu daerah. Hal itu juga akan membuat lapangan pekerjaan menjadi penuh sehingga kekurangan lapangan pekerjaan.

Transmigrasi ini dilakukan dengan memindahkan penduduk dari daerah yang jumlahnya padat ke daerah yang daerah jarang penduduknya. Dengan melakukan transmigrasi, jumlah masyarakat dan pencari kerja akan seimbang di berbagai daerah. Kamu tertarik untuk mendapatkan pekerjaan di luar kota atau daerah?

Jenis-jenis Pengangguran

Berdasarkan ilmu ekonomi, ada lima jenis pengangguran diantaranya sebagai berikut.

  • Klasik, dimana jumlah pencari kerja lebih banayk ketimbang lowongan yang tersedia.
  • Sikliks, terjadi ketika permintaan produksi turun, sehingga sedikit pekerjaan yang diperlukan.
  • Struktural, terjadi apabila keterampilan pekerja dengan keterampilan yang dibutuhkan tidak sesuai.
  • Friksional, ketika seorang pekerja hendak dalam masa transisi dari satu pekerjaan ke pekerjaan lain.
  • Jangka panjang yaitu seorang pengangguran yang telah berlangsung lebih dari satu tahun.

Dari kelima jenis pengangguran di atas, pengangguran klasik dan pengangguran jangka panjang harus diatasi dengan baik. Pelajari lagi cara mengatasi pengangguran  di atas. Selain itu, ada faktor penyebab seseorang menjadi pengangguran yang mempengaruhi jumlah pengangguran menjadi banyak.

Berbagai Aktivitas yang Dapat Kamu Lakukan Selama Menjadi Pengangguran

Merevisi Curriculum Vitae (CV) dan Surat Lamaran Kerja

Jika kamu masih menganggur dan merasa lamaran kerja yang diajukan tidak membuahkan hasil, cobalah untuk memperbaiki salah satu faktornya yaitu CV atau Curriculum Vitae. Setiap perusahaan sudah pasti melihat CV pencari kerja sebelum melakukan wawancara. Pasalnya, CV menggambarkan seperti apa profil seseorang. Mulai dari riwayat pendidikat, pengalaman kerja, hingga keahlian apa yang dimiliki. Begitupula dengan surat lamaran yang kamu buat. Keduanya sangat berpengaruh dalam memberikan kesempatan untuk lolos ke tahap seleksi berikutnya.

Oleh karena itu, jikalau kamu masih menganggur, cobalah memanfaatkan waktu luang untuk membuat CV dan surat lamaran yang lebih baik. Cari referensi dari pengalaman orang lain atau browsing di internet. Jika usaha yang kamu lakukan tidak maksimal, jangan heran jika hasilnya tidak maksimal.

Aktif Mencari Lowongan Kerja

Cara mengatasi pengangguran harus diupayakan dari berbagai sisi yaitu pihak perusahaan, pemerintah, dan pencari kerja itu sendiri. Pasalnya, permasalahan ini berskala besar dan harus ada kerjasama dari berbagai pihak. Percuma saja perusahaan dan pemerintah menawarkan berbagai lowongan jika pengangguran tidak aktif mencari informasi. Padahal, di era modern seperti ini, informasi sangat mudah diperoleh melalui media online.

Jangan hanya mengandalkan satu buah perusahaan. Sebar lamaran dan CV ke perusahaan-perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan sesuai kualifikasi kamu. Apalagi, saat ini banyak perusahaan yang menerima lamaran kerja melalui email. Selain hemat kertas dan amplop, proses ini jauh lebih mudah dan hemat waktu. Terlebih dulu, yuk lebih giat mencari info lowongan kerja! Semakin banyak apply, peluang mendapatkan panggilan interview jauh lebih besar bukan?

Belajar Tes Psikotes

Sembari menunggu panggilan dari perusahaan tempat kamu melamar, persiapkan pula materi tes yang umum digunakan saat seleksi. Salah satunya, tes psikotes. Dapat dikatakan bahwa tes ini merupakan momok bagi pencari kerja karena berhasil mengurangi kandidat hingga setengahnya. Oleh karena itu, jika saat ini kamu menganggur dan pernah gagal tes psikotes, manfaat waktu luang tersebut untuk belajar tes psikotes. Apalagi jika kamu memang benar-benar belum pernah tes psikotes sama sekali.

Belajar Tes Wawancara

Selain tes psikotes, kamu juga harus mempelajari bagaimana prosedur tes wawancara yang tepat. Terdapat dua macam tes wawancara yaitu interview dengan psikolog dan interview user. Dalam hal ini, user yang dimaksud adalah bagian perusahaan yang akan memanfaatkan keahlian kamu secara langsung. Selain itu, bagian lain seperti HRD dan direktur juga ikut bagian dalam interview user.

Jangan lupa, pelajari bahasa Inggris dasar untuk perkenalan diri. Sebab, ada perusahaan tertentu yang menginginkan pelamar memperkenalkan dirinya menggunakan bahasa Inggris. Pelajari berbagai macam pertanyaan yang mungkin dilontarkan dengan jawaban yang elegan. Jika sudah dipersiapkan dengan matang, setidaknya kamu bisa tampil lebih percaya diri nantinya.

Belajar Bahasa Inggris

Sangat sulit mengatasi pengangguran di negara yang luas dengan jumlah penduduk banyak, terutama jika pengangguran tersebut tidak ada usaha untuk mencari kerja. Jika kamu ingin bekerja, berusahalah semaksimal mungkin. Belajar bahasa Inggris adalah salah satu caranya. Jika kesulitan belajar otodidak, ikutlah kursus khusus bahasa Inggris. Paling tidak, ada satu keunggulan yang kamu miliki yaitu fasih berbahasa Inggris secara aktif.

Mengikuti Kursus Pelatihan

Mumpung masih menganggur, yuk manfaatkan untuk mengasah keahlian lebih dalam lagi dengan mengikuti kursus pelatihan. Ada beragam macam kursus yang bisa kamu ikuti seperti kursus software desain autoCad level advande atau kursus software desain. Nantinya, sertifikat pelatihan ini akan dimasukkan dalam poin keahlian CV kamu.

Menjadi Freelancer (Pekerja Lepas)

Meskipun cara mengatasi pengangguran saat ini belum sepenuhnya diperhatikan oleh pemerintah, kamu harus lebih mandiri dalam mempertahankan kondisi ekonomi keluarga dengan menjadi pekerja lepas. Tidak perlu membayangkan pekerjaan yang muluk-muluk, jika ada yang membutuhkan jasa scan dokumen, kamu bisa menawarkan diri. Apalagi, saat ini kamu bisa mendapatkan informasi lowongan freelance secara online.

Magang Kerja

Magang kerja adalah salah satu cara mengatasi pengangguran. Meskipun sebagai pegawai magang, apabila etos kerja dan hasil kerja baik, bukan tidak mungkin berpeluang menjadi pegawai tetap di perusahaan.

Olahraga

Menjadi pengangguran bukan berarti kamu harus bermalas-malasan. Ada banyak hal positif yang bisa dilakukan selagi menjadi pengangguran, seperti berolahraga. Selain menjaga tubuh tetap bugar, olahraga dapat menghilangkan kepenatan. Sangat cocok dilakukan oleh pengangguran yang bosan dengan aktivitas sehari-hari.

Selagi memikirkan cara mengatasi pengangguran, anggap saja kamu sedang berolahraga untuk mempersiapkan diri ke tahap seleksi berikutnya, terutama tes kesehatan. Jangan biarkan tubuh kamu sakit karena jarang berolahraga dan gagal dalam tes kesehatan.

Jalan-jalan dengan uang Seadanya

Meskipun pikiran penat karena menanti panggilan interview kerja yang tak kunjung datang, kamu perlu meluangkan waktu untuk jalan-jalan. Namun, untuk poin ini bersyarat karena posisi keuangan sedang tipis yaitu dengan memilih destinasi wisata terdekat. Bawalah bekal makanan dan minuman dari rumah untuk menghemat pengeluaran.

Memperluas Wawasan dengan Membaca Buku Gratis

Cara mengatasi pengangguran adalah tanggung jawab banyak pihak. Namun, sebagai pengangguran kamu perlu memperluas wawasan dengan membaca lebih banyak buku secara gratis di perpustakaan ataupun toko buku. Perlu kamu tahu, wawasan yang luas biasanya menjadi nilai plus tersendiri bagi pelamar kerja.

Belajar Hal-hal yang Baru

Jika kamu ingin berkembang menjadi lebih baik, tidak ada salahnya untuk belajar berbagai hal baru. Cobalah berpikir out of the box! Kamu tidak diwajibkan melakukan hal-hal yang sesuai dengan apa yang dipelajari, melainkan sesuai dengan minat kamu. Mengingat keadaan kamu yang lagi menganggur, manfaatkan untuk melakukan hal-hal yang sudah kamu inginkan dari dulu dan belum terwujud.

Mengasah Keahlian

Jangan lantas membiarkan segala aktivitas vakum. Justru, manfaatkan waktu luang tersebut untuk mengasah keterampilan yang kamu miliki. Misalnya, kamu adalah lulusan dari desain interior. Maka, berlatihlah mendesain dengan teknik yang beragam. Tidak melulu harus kursus karena pengalaman trial and error jauh lebih berharga.

resolusi bisnis

Sekarang kamu sudah mengerti kan, penyebab dan cara mengatasi pengangguran? Adanya permasalahan pengangguran ini bisa  memicu beberapa permasalahan lainnya bagi semua orang mulai dari permasalahan psikologis, kemiskinan, dan kriminalitas. Nah, kalau kamu memutuskan untuk menjadi seorang wirausahawan dan membuat perusahaan atau usaha sendiri, kamu juga harus memiliki laporan keuangan yang baik dan teratur juga. Karena itu, serahkan semua urusan laporan keuangan perusahaan kamu di aplikasi JojoExpense dari Jojonomic yang cepat, akurat, dan terjamin privasinya. Dijamin dengan sistem otomatisnya, mempermudah kamu untuk mengatur dan membuat laporan keuangan dengan mudah dan bisa kamu cek dari gadget kamu! Yuk, coba aplikasi ini sekarang!