Cara Mengelola Kepuasan Pelanggan Dengan Baik

cara mengelola kepuasan pelanggan
cara mengelola kepuasan pelanggan
Sumber : www.leadmine.net

Cara Mengelola Kepuasan Pelanggan – Dalam suatu bisnis tentu saja kepuasan pelanggan merupakan hal penting karena akan sangat mempengaruhi kesuksesan dan pendapatan perusahaan. Karena itu banyak sekali orang yang menganggap kepuasan pelanggan sangat mempengaruhi keuntungan bisnis yang mereka jalankan. Karena kepuasan pelanggan mempengaruhi pendapatan bisnis anda, maka dalam kata lain kepuasan pelanggan mempengaruhi keberlangsungan bisnis anda.

Tentu kita ketahui, apabila kita memberikan atau mengelola kepuasan pelanggan dengan baik maka hal ini akan membuat pelanggan tersbeut datang dan membeli terus produk anda. Begitupun sebaliknya, ketika anda tidak dapat memberikan dan mengelola kepuasan pelanggan anda dengan baik.

Maka besar kemungkinan bagi pelanggan anda tersebut berpindah ke produk lain. Karena itu kita perlu untuk mempertahankan kepuasan pelanggan sehingga tak membuat pelanggan berhenti dan beralih keproduk lain.

Cara Mengelola Kepuasan Pelanggan

Untuk dapat mempertahankan kepuasan pelanggan terhadap produk kita. Tentu saja kita membutuhkan cara yang dapat kita lakuakn dan upayakan untuk mencegah pelanggan berhenti membeli produk kita dan beralih ke produk lainnya. Berikut ini adalah cara mengelola kepuasan pelanggan :

Memberikan Perhatian Khusus

Hal yang biasa dilakukan perusahaan yaitu dengan memberikan penawaran khusus. Dimana perusahaan membuat penawaran sedemikian rupa sehingga pelanggan merasa tertarik dan membelinya. Namun banyak perusahaan hanya melakukan hal tersebut dan mengesampingkan perihal kepuasan dari pelanggan tersebut sendiri. Karena itu penting bagi perusahaan untuk mengetahui keinginan dari para pelanggan.

Perusahaan harus memberikan perhatian khusus kepada pelangan pelanggan untuk mempertahankan dan mengelola kpeuasan pelanggan ini. Misalnya dapat dengan hal kecil dengan menanyakan kabar pelanggan dan memberikan perhatian kepada pelanggan saat sebelum dan sesudah melakukan transaksi.

Menciptakan Simbiosis Mutualisme

Ada lumayan banyak perusahaan yang hanya mementingkan keuntungan pribadi tanpa memperhatikan kepuasan pelanggan hingga pada akhirnya pelanggan pergi dan akan merugikan diri sendiri. Karena itu cara mengelola kepuasan pelanggan salah satunya yaitu dengan cara mencipatakan hubungan simbiosis mutualisme antara perusahaan dengan pelanggan. Dengan tidak hanya mementingkan keuntungan peribadi namun juga memberikan kepuasan pelanggan akan membuat bisnis anda dapat berjalan langgeng ke depan.

Follow Up Pasca Penjualan

Mencari pelanggan baru memanglah hal yang penting. Namun mempertahakan pelanggan lama juga sama pentingnya. Karena itu baik untuk anda dan bisnis anda melakukan follow up terhadap pelanggan yang sudah membeli produk anda. Karena perlu untuk memastikan konsumen tersebut dengan cara memfollow up mereka.

Menawarkan Program Menarik Untuk Menjaga Loyalitas Konsumen

Cara mengelola kepuasan pelanggan lainnya yaitu dengan menawarkan program kusus kepada pelanggan utnuk tetap menjaga loyalitas mereka. Misalnya tentu saja kita sering mengetahui adanya pusat perbelanjaan yang menawarkan kartu member khusus . Hal ini juga dapat anda lakukan untuk mengelola kepuasan pelanggan.

Yang mana anda dapat menawarkan kartu keanggotaan ini kepada pelanggan. Dimana dalam kartu anggota tersebut memberikan penawaran, diskon dan juga bonus tertentu kepad akonsumen atau pelanggan yang memilikinya.

cara mengelola kepuasan pelanggan
Sumber : dictio.id

Memberi Keuntungan kepada Pelanggan Setia

Dimana untuk mengelola kepuasan pelanggan tidak hanya dapat dilakukan dengan memberikan tawaran, namun juga anda dapat memberikan program lainnya yang dapat memberikan keuntungan kepada para pelanggan. Contoh yang dapat anda lakukan yaitu dengan memberikan peluang pelanggan untuk menjadi reseller. Cara ini dapat menguntungkan pelanggan dan juga menguntungkan bisnis anda.

Memberdayakan Staf

Selain anda mampu mengelola kepuasan pelanggan dari segi produk dan komunikasi dengan mereka. Cara mengelola kepuasan pelanggan juga dapat dilakukan salah satunya dengan cara memberdayakan staf dan pegawai bisnis anda. Anda dapat mendidik karyawan anda terkait filosofi dan tujuan bisnis anda sehingga karyawan terbiasa menerapkan hal tersebut dalam bekerja.

Meningkatkan Pengetahuan Staf Atau Pegawai

Sebagai seorang karyawan pastikan karyawan anda memahami industri dengan baik. Sehingga dia dapat memahami dan menanggapi pertanyaan dan permasalahan konsumen dengan baik. Dengan karyawan yang memiliki pengetahuan yang baik dapat memberikan pelayanan dan komunikasi yang baik kepada para pelanggan. Sehingga kepuasan pelanggan dapat terjaga dengan baik. Karena itu penting untuk anda meningkatkan pengetahun staf dan karyawan anda.

Gunakan Empati

Jangan hanya melihat sudut pandang anda, namun anda juga perlu untuk melihat sudut pandang para pelanggan anda. Ajari karaywan anda juga untuk memikirkan hal ini. Karena para pelanggan pada dasarnya membutuhkan kepedulian untuk didengarkan dan juga ditanggapi keluhannya. Penting untuk anda menciptakan budaya dimana karyawan memberikan perhatian yang baik kepada para pelanggan. Sehingga pelanggan akan merasa nyaman dan merasa terpuaskan dengan hal tersebut.

cara mengelola kepuasan pelanggan
sumber : blog.talkbase.com

Ketanggapan Dalam Menyelesaikan Masalah

Dalam berbisnis tentu saja waktu tentu saja merupakan hal yang sangat penting. Misalnya dalam hal pelanggan tentu saja bisa saja merasakan keterbuangan waktu yang sia – sia ketika dia mendapati pertanya direspon terlalu lama. Hal ini dapat menyebabkan pelanggan anda pergi dan berhenti menggunakan produk anda. Karena itu dapat anda ketahui pasalnya waktu sangatlah penting. Tidak hanya untuk anda, namun juga penting untuk kepuasan para pelanggan.

Memperbaiki Kesalahan Dan Meminta Maaf

Hal ini mungkin terlihat spele, namun ini merupakan hal yang penting untuk anda lakukan ketika sudah berhadapan dengan konsumen anda. Ketika anda melakukan kesalahan, jangan sungkan unutk meminta maaf kepada pelanggan anda. Saat anda melakukan kesalahan, dengan respond yang cepat dari anda untuk meminta maaf dan juga menangani kesalahan anda dengan adil. Pelanggan tentu saja akan memaafkan kesalahan yang anda lakukan.

Penting untuk anda terus merespon pelanggan dengan baik dan tak lupa untuk mengucapkan terimakasih dalam melakukan perbaikan dari kesalahan yang ada. Anda juga perlu menunjukkan rasa terimakasih dan penghargaan kepada para pelanggan atas kesabaran mereka. Dari kesalahan yang anda lakukan ini, anda dapat menggunakannya sebagai pembelajaran dimasa depan saat mendapatkan masalah yang sama.

Dapatkan Umpan Balik Pelanggan Reguler

Penting juga untuk anda mendapatkan alamat email atau telefonm dari pelanggan anda. Tentu saja hal ini penting karena sangat bermanfaat untuk mengelola tingkat kepuasan pelanggan anda . Misalnya dengan memberikan penawaran, surbei kepuasan mereka terhadap produk mereka. Semua pekerjaan ini dapat dipermudah dan diambil alih dengan menggeunkana aplikasi HRIS dari Jojonomic.

Semua data karyawan akan diatur dengan lebih baik dan lebih efektif. Terlebih sistem ini merupakan software berbasis online yang dapat diintegrasikan dengan sistem pepegawaian lainnya. Yang mampu memuat data dalam bentuk database hingga mampu menyimpan data rumit dan sederhana dalam jumlah banyak sekali.

Software HRIS penting untuk perusahaan gunamempermudah kerja karyawan perusahaan. Terlebih lagi untuk perusahaan yang memiliki jumlah karyawan yang tidak sedikit. Kecemasan dalam penginputan data, software ini adalah solusi terbaik yang ada akan hilang dengan adanya software ini. Ayoo segera gunakan software HRIS yang akan memudahkan anda. Segera nikmati manfaatnya !!