Cara Mengelola Tugas Karyawan Dengan Tepat Dan Efektif

human resource management

Seiring berkembangnya zaman, tentu perusahaan memiliki tanggung jawab pekerjaan yang lebih banyak. Dengan demikian dibutuhkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang maksimal dalam menyelesaikan segala beban pekerjaan. Oleh sebab itu, saat ini dunia kerja memberikan tuntutan bagi karyawan agar mampu menyelesaikan pekerjaannya tepat waktu. Untuk itu, Cara Mengelola Tugas Karyawan membutuhkan pengelolaan tugas yang tepat.

Cara mengelola tugas karyawan adalah tugas dari HR perusahaan. Salah satu tugas divisi human resources memang cukup menantang. Bagaimana tidak, tidak ada aturan tertulis atau manual yang baku. Jadi, semua rincian aturan harus dikembangkan oleh HR seiring waktu dan disesuaikan dengan visi misi perusahaan agar tetap sejalan.

Sebagai HR tentu harus memastikan bahwa karyawannya tetap bisa produktif dan memberi hasil yang maksimal bagi perusahaan. Namun, disamping itu seorang HR juga harus memiliki program yang mampu meningkatkan kompetensi karyawan seperti melakukan training dan program pengembangan lainnya yang membantu perusahaan untuk mendapatkan karyawan terbaik.

Untuk itu, sebagai HR harus tahu bagaimana cara mengelola tugas karyawan. Ini merupakan tugas penting, pasalnya HR tidaklah hanya berurusan dengan administrasi saja melainkan mengelola berbagai tugas karyawan dengan baik. Oleh karena itu dibutuhkan HR professional yang mengerti tentang cara mengelola tugas karyawan dengan tepat dan efektif. Untuk itu, berikut penjelasannya.

Apa Itu HR?

HR merupakan singkatan dari Human Resources atau biasa dikenal dengan istilah HRD yang merupakan salah satu departemen perusahaan yang bertugas merekrut karyawan.

Namun, sebenarnya tugas HRD bukan hanya merekrut karyawan saja melainkan juga mengelola sumber daya manusia yang ada dalam perusahaan tersebut. Bisa dibilang tugas menjadi seorang HRD sangatlah berat karena tugasnya sangat bertahap dan dalam jangka panjang mulai dari merekrut karyawan, interview, seleksi dan bertanggungjawab penuh atas mengelola dan mengembangkan kemampuan karyawan.

Untuk itu, HR harus mengembangkan potensi karyawan yang biasanya diukur menggunakan Key Performance Index atau kinerja, memberikan training atau pelatihan dan berbagai keterampilan lainnya. Dengan tugas tersebut maka HR ini bisa dibilang sebagai tulang punggung atau aset terbesar yang dimiliki perusahaan. Mengapa? Karena istilahnya jika perusahaan tersebut sukses maka kinerja HR dinilai sangat baik. Namun, jika kinerja perusahaan memuruk maka bisa kinerja HR dinilai kurang baik. Namun tidak semua selalu seperti itu.

Peran HR Dalam Mengelola Tugas Karyawan

Seperti yang telah dijelaskan diatas sebelumnya bahwa tugas HR adalah untuk mengelola tugas karyawan. Sebenarnya istilah HR ini pertama kali muncul di tahun 1960-an ketika hubungan kerja antar karyawan dan perusahaan terbentuk. Sehingga human resources edu memberikan pengertian lain tentang HRD ini.

Tugas utama dari HR adalah untuk mengawasi hal-hal yang berkaitan dengan pengelolaan karyawan. Adapun tugas utama dari HR yaitu:

  • Melakukan pengrekrutan
  • Menentukan penempatan staff
  • Menghitung gaji karyawan, tunjangan karyawan dan kesejahteraan bagi karyawan
  • Melakukan pencatatan kehadiran karyawan
  • Mengatur jam kerja karyawan
  • Mengatur hak cuti karyawan
  • memberikan pelatihan dan pengembangan karyawan
  • Menciptakan hubungan baik dengan karyawan dan dengan perusahaan

Karena HR memiliki peranan penting bagi perusahaan, maka HR haruslah seseorang yang professional. Untuk itu, HR dituntut harus memiliki keahlian khusus seperti berikut:

  • Spesialis pengembangan dan pelatihan karyawan
  • Manajer HR
  • bidang administrasi
  • Spesialis bidang ketenagakerjaaan
  • Spesialis dalam bidang kompensasi dan analisis pekerjaan
  • Mampu melakukan pelatihan dan pengembangan karyawan
  • merekrut karyawan
  • Mampu memberikan konsultasi kepada karyawan
  • Mampu menganalisis personalia

Cara Mengelola Tugas Karyawan

Di situasi new normal seperti saat ini, sebagian perusahaan mungkin ada yang sudah beraktifitas secara normal dan ada yang belum beraktifitas seacra normal. Biasanya, perusahaan yang belum beraktifitas secara normal masih menerapkan sistem Work From Home (WFH).

Dalam sistem Work From Home, mungkin HR akan sedikit mengalami kesulitan untuk tetap berhubungan dengan para karyawan. Pasalnya dengan sistem kerja dirumah ini HR tidak bisa langsung mengawasi kinerja karyawannya. Hal ini bisa disebabkan karyawan yang sulit dihubungi, jarang memberikan laporan rutin dan lain sebagainya. Tidak hanya itu saja, bekerja dirumah membuat karyawan terdistraksi dengan pekerjaan rumah, hingga urusan anak bagi yang sudah berkeluarga dan memiliki anak.

Lantas bagaimana cara mengelola tugas karyawan dengan tepat dan efektif selama masa pandemi seperti saat ini? Berikut diantaranya.

Mengatur Jadwal Karyawan Masuk dan WFH

Untuk mengurangi adanya kerumunan di tempat kerja, maka sebaiknya HR harus memberikan jadwal bagi para karyawan untuk sebagian masuk kantor dan sebagian Work From Home. Bisa juga dilakukan sistem rolling untuk karyawan agar tidak jenuh dan tidak ada tindakan iri hati pada mereka yang bekerja dirumah atau mereka yang bekerja ke kantor.

Melihat Aktivitas Karyawan Secara Online

ice breaking

Untuk memastikan bahwa karyawan tetap produktif meski berada dirumah, maka HR bisa sesekali melihat aktivitas karyawan secara online. Melihat aktivitas dapat menggunakan video conference dan lain sebagainya di waktu tertentu seperti saat hendak menjelaskan sesuatu dan lain sebagainya.

Membuat Absensi Online/Digital

Selain itu, HR juga perlu melakukan absensi secara digital atau online untuk memastikan bahwa karyawan tetap berada di rumah pada waktu tersebut dan siap bekerja meski tidak berada di perusahaan.

Menjaga Komunikasi Dengan Baik

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa salah satu tugas lain dari HR adalah menjaga hubungan baik dengan karyawan dan dengan perusahaan. Untuk itu, hendaknya seorang HR mampu menjaga komunikasi dengan karyawannya. Hal ini bertujuan agar tercipta keterikatan antar karyawan dengan baik. HR juga bisa mengelola tugas mereka dengan baik jika komunikasi terjalan dengan baik sehingga para karyawan memiliki timeline mereka masing-masing.

Memberi Pelatihan dan Pengembangan

mengelola karyawan outsourcing

Jika karyawan semua masuk ke kantor tentu memberikan pelatihan dan pengembangan akan lebih mudah karena bisa bertatap muka secara langsung. Namun bagaimana jika dilakukans ecara WFH? Tenang, semua bisa diatasi dengan Video Conference. Dengan Video Conference ini, maka HR bisa memberikan pelatihan dan pengembangan tanpa menunda-nundanya lagi.

Aplikasi Slip Gaji


JojoPayroll Membantu Anda Mengelola Payroll Perusahaan dengan Cara Baru yang Lebih Baik. Organisir perusahaan Anda dengan lebih baik, tingkatkan produktivitas karyawan dan pertumbuhan perusahaan Anda semua hanya dengan satu kumpulan aplikasi.

Ucapkan selamat tinggal pada kekacauan kertas yang konvensional, dan ucapkan selamat datang pada manajemen efisien, hanya dengan menggunakan satu rangkai alat-alat yang terintegrasi dengan satu sama lain untuk membantu meningkatkan produktivitas dan kepraktisan.

Serahkan kebutuhan administratif Anda pada proses-proses otomatis dan biarkan karyawan Anda fokus pada tugas-tugas yang lebih penting yang akan membantu perusahaan Anda tumbuh secara eksponensial. Yuk pakai aplikasi payroll dari jojonomic sekarang. Dapatkan gratis demo 14 hari!