Cara Meningkatkan Produktivitas Karyawan Senior / Manager

cara meningkatkan produktivitas karyawan senior / manager

Setiap tenaga kerja pasti akan mengalami yang namanya penuaan. Hal tersebut merupakan proses yang akan dialami oleh semua orang. Para generasi peneruslah yang harus mampu belajar bagaimana cara meningkatkan produktivitas karyawan senior / manager dengan tepat dan menguntungkan bagi perusahaan. Salah satu caranya adalah dengan memotivasi serta me – manage karyawan senior atau managers.

Sangat sulit untuk melihat dampak langsung dari adanya seorang pemimpin yang efektif. Sebuah studi yang dilakukan kepada para manager dan perusahaan untuk mengetahui dampak baik pemilihan pemimpin yang efektif terhadap keberhasilan suatu perusahaan.

Pentingnya Cara Meningkatkan Produktivitas Karyawan Senior / Manager

Dalam studi tersebut ditunjukkan beberapa hal yang bisa membuat seorang leader atau pemimpin berhasil. Dimana mereka harus fokus terhadap hal – hal seperti :

  • Bekerja sama dengan tim, mencari ide – ide dari seluruh member tim yang ada dan mengikutsertakan mereka dalam suatu keputusan yang mana nantinya akan berpengaruh terhadap diri masing – masing member tersebut.
  • Menghargai pekerja, biasnaya dengan memberikan pujian atau menolong pekerja terhadap peningkatan karir di perusahaan.
  • Menginspirasi pada pekerja untuk mengikuti pemimpin dengan menunjukkan bahwa manager merupakan orang yang kompeten, jujur dan dapat dipercaya.

Jadi, bagaimana caranya agar anda bisa menemukan atau mendapatkan seorang manager nyaris sempurna seperti contoh sebelumnya? Berikut adalah cara meningkatkan produktivitas karyawan senior / manager yang bisa anda lakukan untuk membentuk karakter leader yang tepat.

cara meningkatkan produktivitas karyawan senior / manager

Mengidentifikasi Kebiasaan Paling Penting dari Seorang Manager

Hal pertama yang harus anda lakukan dalam emnjawab pertanyaan bagaimana cara meningkatkan produktivitas karyawan senior / manager adalah dengan melakukan Analisa atau melihat terlebih dahulu apa saja kebiasaan manager tersebut. Apakah kegiatan yang ia lakukan semuanya memberikan manfaat bagi perusahaan atau tidak.

Pun tentang kebiasaan – kebiasaan yang justru akan menguntungkan perusahaan. Dengan mengidentifikasi kegiatan – kegiatan tersebut, anda akan tahu mana yang harus diperbaiki dan mana yang harus ditingkatkan.

Meski beberapa karakter dasar manager yang efektif bisa berlaku disemua jenis perusahaan, namun yang paling penting adalah mengetahui kebiasaan unik dari manager tersebut yang paling selaras dengan visi misi perusahaan, budaya, kebutuhan pelanggan hingga sasaran strategis dari organisasi anda.

Yang perlu anda lakukan adalah dengan emngidentifikasi mana manager yang paling mampu meningkatkan hubungan dengan tingkat kepercayaan yang tinggi. Seorang manager yang ‘kurang tepat’ mungkin akan menghancurkan produktifitas persuahaan anda. Juga menyebabkan bergeserna norma atau budaya yang ada di perusahaan hingga kemunduran moral pegawai.

Meningkatkan Komunikasi

Komunikasi merupakan jalan paling mudah dalam mendapatkan sebuah kepercayaan dari pegawai. Semua orang mungkin berpikir bahwa mereka adalah komunikator yang handal. Namun, sebuah komunikasi yang ‘tepat’ bisa jadi merupakan hal yang mustahil apabila anda berada di posisi seorang manager yang harus berurusan dengan banyak hal setiap harinya. Anda mungkin kehilangan waktu untuk berbicara dengan para manager anda tentang apa saja yang mereka rasakan. Apa saja yang mereka butuhkan.

Anda perlu mengetahui kapan waktunya bicara dan kapan waktunya mendengarkan. Kebanyakan orang menganggap bahwa idenya merupakan yang terbaik tanpa memikirkan bagaimana dampak ide tersebut terhadap orang lain. Hal inilah yang menjadi salah satu alasan penting mengapa komunikasi merupakan salah satu cara meningkatkan produktivitas karyawan senior / manager.

cara meningkatkan produktivitas karyawan senior / manager

Buang Semua Asumsi Dasar Anda

Semua orang pasti berpikir kalau melatih ‘orang tua’ jauh lebih berat dariupada melatih bocah yang belum genap usia. Tanggapan ini tidak sepenuhnya benar dan buang jauh – jauh stereotipe tersebut. Karyawan senior yang ada di tempat anda juga sama seperti pekerja – pekerja lainnya. Jadi jangan bedakan antar keduanya dan bersikaplah adil.

Hormati Pengalaman Hidup Mereka

Entah andda sadari atau tidak, karyawan senior memiliki pengalaman yang jauh lebih banyak daripada yang anda miliki. Meski terkadang pengalaman tersebut hanya berputar di satu bidang, namun bukan berarti anda tidak bisa mengambil manfaat dari sana.

Karyawan senior telah melihat lebih banyak. Mengalami lebih banyak daripada yang anda bayangkan. Belajarlah dari sana. Kalau bisa ajaklah anak – anak muda lain untuk belajar dari pengalaman para karyawan senior.

Melakukan Training

Karyawan senior juga membutuhkan training sama dengan pekerja – pekerja yang masih ‘belia’. Meski subjek training yang diberikan bisa berbeda, namun tingkat kebutuhan dari masing – masing umur pegawai tetap sama. Jangan percaya dengan anggapan abhwa pekerja senior tidak bisa dilatih atau di training. Pada kenyataannya, mereka sama tanggapnya dengan para pekerja muda di tempat anda.

Penuhi Kebutuhan Mereka

Seorang karyawan senior biasanya memiliki alasannya sendiri kenapa sampai di umur yang sudah tua tetap bergabung di perusahaan anda. Salah satunya adalah karna faktor ekonomi. Anda bisa memberikan tunjangan secukupnya agar menjadi motivasi bagi karyawan senior untuk berkembang lebih besar lagi. Lebih baik lagi.mereka membutuhkan asuransi Kesehatan yang lebih banyak dari karyawan muda lainnya. Mereka juga membutuhkan rencana finansial yang tepat agar bisa pensiun di waktu yang seharusnya. Pastikan bahwa perusahaan memberikan penghargaan kepada karyawan sesuai dengan yang mereka butuhkan.

Jadilah Lebih Fleksibel

Cara meningkatkan produktivitas karyawan senior / manager selanjutnya adalah dengan menjadi lebih fleksible. Para karyawan senior anda mungkin memerlukan jam kerja yang berbeda atau yang lebih fleksible jika dibandingkan dnegan pekerja lainnya.

Ketrampilan dan kemampuan mereka merupakan hal yang anda butuhkan. Masalah mulai jam kerja atau kapan berakhirnya jam kerja bisa didiskusikan lebih jauh lagi. Yang harus anda garis bawahi adalah jangan pernah emnganggap bahwa karyawan senior membutuhkan jam kerja yang lebih sedikit jika dibandingkan dengan pekerja lainnya.

Mereka tidak membutuhkan hal itu. Pekerja senior hanya membutuhkan kelonggaran kapan mereka akan mulai melakukan tugasnya. Dengan adanya jam kerja yang lebih fleksible, hal ini diharapkan mampu meningkatkan produktifitas karyawan senior. Karna tidak perlu dipaksa untuk mengikuti alur yang justru membuat mereka tidak nyaman.

Jadikan Mereka Mentor

Salah satu kelebihan dari seorang pekerja senior adalah mereka memiliki pengetahuan yang lebih banyak. Mereka memiliki pengalaman yang lebih banyak pula. Hal ini bisa mempermudah perusahaan untuk meningkatkan produktifitasnya dengan menjadikan mereka mentor.

Mengatur target yang baik bagi bisnis serta produktifitas karyawan senior merupakan hal yang penting. Hal ini juga dijamin mampu meningkatkan kolaborasi antar pekerja dalam suatu tim. Seorang pemimpin atau manager memang sudah seharusnya melakukan check up berkala terkait progress yang telah dijalani oleh karyawan senior.

Sebab itu akan lebih baik lagi jika anda mencoba fitur-fitur yang tersedia dari Jojonomic untuk meningkatkan produktifitas karyawan Senior. Salah satunya adalah dengan menggunakan JojoTimes dari Jojonomic yang bisa melihat kapan pekerja senior datang dan keluar kerja. Anda bisa juga mendapatkan percobaan gratis dari JojoTimes di perusahaan atau organisasi Anda. Biarkan karyawan senior anda mengembangkan kreatifitasnya masing – masing secara lebih terarah dengan menggunakan software diatas. Hal ini pada akhirnya yang akan membuat perusahaan anda berkembang lebih baik lagi kedepannya serta meminimalisir kerugian akibat macet produksi.