Cara Meningkatkan Produktivitas Karyawan

cara meningkatkan produktivitas karyawan

Cara Meningkatkan Produktivitas Karyawan – Sebagai seorang pebisnis yang handal dalam menerapkan strategi untuk pertumbuhan perusahaan, keterlibatan karyawan seharusnya menjadi prioritas utama yang harus anda perhatikan. Upaya untuk meningkatkan kinerja karyawan merupakan salah satu hal yang selalu diperhatikan oleh perusahaan. Namun bagaimana dengan meningkatkan produktifitasnya?

Konsep – konsep yang akan diuraikan dalam ulasan berikut mungkin saling terkait antara satu sama lainnya bahkan mungkin mirip, namun masing – masing memiliki perbadaan yang membuat mereka tak serupa meski terlihat sama.

Lingkungan kerja yang ada di perusahaan anda mungkin sudah dipenuhi oleh kebahagiaan, memiliki tingkat keterlibatan karyawan yang tinggi hingga bahkan dipenuhi oleh orang – orang yang mencintai pekerjaannya masing – masing.

Namun sayang seribu sayang, kebahagiaan dan passion tersebut nyatanya tidak mampu meningkatkan produktifitas dari perusahaan itu sendiri.

Pentingnya Menjaga Produktifitas Karyawan

Bahkan di tempat lain, terkadang mereka yang memiliki lingkungan kerja toxic – tanpa moral sedikitpun hingga bahkan tidak ada keaktifan karyawan sama sekali justru memiliki tingkat produktifitas yang tinggi. Seorang pemimpin yang cerdas akan berupaya untuk mendapatkan keseimbangan yang tepat antara meningkatkan lingkungan kerja dengan tetap menjaga produktifitas selalu tinggi.

cara meningkatkan produktivitas karyawan

Seorang pemimpin bisnis yang bercita – cita untuk mengembangkan produktifitas karyawan tidak harus mengiming – imingi pegawai dengan gaji atau bonus yang tinggi, atau memberikan hadiah mahal dan menjanjikan intensif – intensif lainnya. Ada cara yang jauh lebih praktis serta efektif untuk meningkatkan produktifitas karyawan tanpa melulu fokus pada uang.

Langkah sederhana yang dimulai dengan meningkatkan keterlibatan karyawan. Suatu perusahaan yang memiliki keefektifan karyawan yang rendah justru akan terasa seperti menimba dengan menggunakan ember bolong. Buang – buang tenaga tanpa ada hasil yang nyata. Seorang karyawan yang aktif pasti setia dan memiliki semangat untuk meningkatkan produktifitasnya tanpa harus diminta.

Cara Meningkatkan Produktifitas Karyawan

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di Amerika, sebanyak 34% pegawa merasa terikat dengan perusahaan tempat ia bekerja. Dalam studi tersebut juga disebutkan bahwa perusahaan yang mengabaikan kesejahteraan karyawan serta menerapkan budaya kerja yang buruk memiliki pengeluaran yang jauh lebih tinggi daripada perusahaan yang memiliki karyawan sejahtera dan budaya yang baik. Dikatakan pula bahwa dengan adanya karyawan yang tidak aktif perusahaan akan rugi 483 hingga 605 juta dollar Amerika per tahunnya. Jumlah yang tidak sedikit bukan?

Meningkatkan Kesempatan Untuk Belajar

Salah satu strategi yang paling mendasar untuk meningkatkan produktifitas karyawan adalah dengan menyediakan kesempatan bagi karyawan untuk mendapatkan edukasi yang lebih tinggi. Sebuah studi menunjukkan bahwa terdapat kolerasi langsung antara perusahaan yang memberikan akses ke Pendidikan dengan peningkatan produktifitas mereka. Anda bisa melakukan cross training dan pengembangan pekerja sebagai salah satu contoh ‘edukasi’ yang dimaksut. Atau perusahaan juga bisa mengikutkan pegawai dalam kelas – kelas online untuk menambah wawasan dan tentu saja produktifitas karyawan.

Sebagai contoh, seorang pekerja yang memiliki gelas sarjana bisa anda ikutkan ke dalam program magister online untuk mengasah kemampuan yang ia miliki. Atau memberikan sejumlah intentis bagi mereka yang mau mengambil gelar sarjana ketika Pendidikan terakhir yang mereka ikuti hanya SMA. Meski terlihat kurang menguntungkan, pada kenyataannya dengan program tersebut dijamin bisa meningkatkan produktifitas karyawan hingga ke tingkat yang lebih tinggi lagi.

cara meningkatkan produktivitas karyawan

Mengenalkan Karyawan Pada Perkembangan Teknologi

Seorang pegawai yang tidak memiliki alat yang benar untuk pekerjaannya akan menghambat produktifitas serta membuat frustasi. Bahkan bukan tidak mungkin menjadi bottle neck dari siklus produksi suatu perusahaan.

Saat bottleneck terjadi, bersiap – siaplah untuk kehilangan lebih banyak uang.

Kehilangan lebih banyak uang berarti mengurangi keuntungan. Keuntungan yang berkurang sama dengan rugi.

Menurut survey yang dilakukan oleh Gallup menunjukkan bahwa setengah dari pegawai yang ada di dunia kerja sudah percaya sepenuhnya kepada perusahaan. Mereka percaya bahwa perusahaan telah menyediakan alat paling tepat untuk pekerjaan yang mereka kerjakan saat ini.

Hal inilah yang membuat perusahaan ogah untuk melihat teknologi – tekbologi terbaru. Atau sekedar menengok opsi lain yang nantinya bisa meningkatkan produktifitas karyawan. Padahal, bukan tifak mungkin teknologi baru tersebut bisa jadi sangat ampuh untuk boosting produktifitas di perusahaan anda. Sangat penting untuk memiliki pikiran yang terbuka. Perusahaan bisa hemat banyak hanya dengan memiliki alat yang tepat bagi kinerja karyawan. Jangan hanya terpatok pada jenis satu alat saja.

Meningkatkan Budaya yang Ada di Perusahaan

Budaya yang ada di suatu perusahaan biasanya selalu dipengaruhi oleh lingkungan kerja, visi perusahaan, etnik serta tujuan dari perusahaan itu sendiri. studi yang lain juga menyebutkan bahwa produktifitas karyawan bisa ditingkatkan dengan mengutamakan pembangunan hubungan dan teamwork antar para pekerja itu sendiri. Hal ini bisa dimulai dari awal saat perusahaan merekrut karyawan. Anda bisa mempertimbangkan apakah calon kandidat tersebut akan bersinergi dengan baik bagi karyawan – karyawan lainnya.

Menguatkan Protokol Komunikasi

Sebuah bisnis yang kurang dalam keterbukaan komunikasi antara manager dengan karyawan biasanya memiliki masalah di bagian produktifitasnya. Manager harus mampu berkomunikasi secara aktif dengan bawahannya. Mereka juga harus bisa memenuhi ekspektasi dan tanggung jawab dalam menghandle departemen yang ia pegang. Jenis bisnis management yang satu ini akan membantu anda dalam meningkatkan produktifitas karyawan. Dimana di harap denagn adanya keterbukaan komunikasi tersebut, pekerja akan merasa terhubung dengan organisasi serta mampu menjalankan misi dan tujuan perusahaan. Tujuan utama dari adanya implementasi komunikasi protocol yang aktif adalah mampu meningkatkan efisiensi serta kepuasan dalam pekerjaan.

Mengindentifikasi Serta Mensejajarkan Tujuan Perusahaan Dengan Kinerja Karyawan

Pekerja biasanya akan memiliki produktifitas yang tinggi apabila mereka ditempatkan untuk mencapai tujuan yang rasional. Men – setting target akan membantu karyawan dalam memotifasi dirinya sendiri dan meningkatkan kepercayaan diri dalam emncapai suatu targaet atau kesuksesan. Dengan adanya target, pekerja dapat diarahkan untuk mengikuti sistem analisis kerja yang telah disempurnakan juga mengambil keterlibatan karyawan didalamnya.

Mengatur target yang baik bagi bisnis anda dan produktifitas karyawan akan ikut di belakangnya. Hal ini juga dijamin mampu meningkatkan kolaborasi pekerja dalam sebuah tim. Seorang pemimpin memang sudah seharusnya melakukan check up berkala terkait progress yang telah dijalani oleh karyawan.

Sebab itu akan lebih baik lagi jika anda cobalah fitur-fitur yang tersedia dari Jojonomic untuk meningkatkan produktifitas karyawan. salah satunya adalah dengan menggunakan JojoTimes yang bisa melihat kapan pekerja datang dan keluar kerja. Anda bisa juga mendapatkan percobaan gratis dari JojoTimes di perusahaan Anda. Biarkan karyawan anda mengembangkan kreatifitasnya masing – masing secara lebih terarah dengan menggunakan software diatas. Hal ini pada akhirnya yang akan membuat perusahaan anda berkembang lebih baik lagi kedepannya dan meminimalisir kerugian akibat macet produksi.