Cara Motivasi Karyawan : Langkah Terbaik dalam Memotivasi!

motivasi karyawan

Apa yang kita lakukan pasti dilandaskan oleh sebuah motivasi. Tidak dipungkiri bahwa dalam bekerja pun kita harus memiliki motivasi agar apa yang kita hasilkan bisa bermanfaat bagi diri sendiri atau perusahaan tempat kita bekerja. Banyak cara sebenarnya untuk memberikan motivasi seperti cara motivasi karyawan.

Perusahaan terkadang melupakan hal ini karena terlalu sibuk memikirkan provit dan pengembangan bisnis. Motivasi karyawan merupakan salah satu hal yg vital yang juga bisa berdampak jangkan panjang pada kemajuan bisnis perusahaan.

Apa saja yang bisa dilakukan pimpinan perusahaan dalam memotivasi karyawannya? Yuk, kita simak bersama penjelasan dan uraiannya!

Ada banyak cara untuk bisa memotivasi para karyawan agar produktivitas dan kinerja yang dihasilkan bisa memberikan keuntungan kepada perusahaan. Para jajaran pemimpin perusahaan diharapkan memiliki kemampuan untuk bisa menjadi salah satu panutan dan role model bagi karyawan. Jika karyawan sudah memiliki role modelnya pastilah mereka memiliki keinginan untuk bisa mencontoh keberhasilan pimpinannya tersebut.

Tidak hanya sebagai panutan seorang pemimpin juga harus memiiki jiwa mengayomi para karyawan. Bentuk perhatian yang jelas, dukungan dan pemberian reward kepada karyawan merupakan salah satu yang bisa membuat karyawan diperusahan memiliki motivasi bekerja yang baik. Jika perusahaan memberikan yang terbaik bagi karyawan, maka karyawan akan bekerja dengan maksimal.

Tips Memotivasi Karyawan

Berikut beberapa yang bisa dilakukan oleh perusahaan dalam memberikam motivasi karyawan!

Cara Motivasi Karyawan dengan Menghargai Karyawan

Setiap manusia memiliki ego untuk dihargai dan didengarkan ide-ide yang di milikinya. Hal tersebut yang juga terkadang dirasakan oleh karyawan. Ide-ide cemerlang bisa datang kapan dan kepada siapa saja. Tidak terkecuali karyawan mu yang berada di jabatan terbawah pun.

Perusahaan yang baik memberi kesempatan bagi karyawan untuk mengembangkan kreativitas melalui ide-ide baru karyawan. Setiap pendapat, pemikiran atau ide adalah hasil dari buah pikiran. Ide-ide yang dimiliki karyawan biasanya out of the box dan terkadang tidak terpikirkan oleh sebagian pimpinan perusahaan. Pimpinan biasanya sudah terlalu disibukkan oleh urusan perusahaan yang besar hingga persoalan kecil kadang tidak tertangani.

Pentingnya menghargai dan mendengarkan ide-ide dan gagasan karyawan akan memberikan kesan jika karyawan di perusahaan mu merupakan bagian dari perubahan yang ada di perusahaan. Dengan begitu karyawan mu akan semakin giat dalam mengembangkan produk-produk yang ada di perusahaan mu.

Pelihara Hubungan Sosial yang Baik

Salah satu yang bisa membuat hubungan sosial perusahaan dengan karyawan dengan baik adalah dengan komunikasi. Komunikasi sangat penting  dalam menciptakan kehangatan dalam suasana bekerja. Suasana kerja yang hangat dan kekeluargaan akan membuat karyawan merasa nyaman dan automatis produktivitas yang dihasilkan akan semakin baik.

Mengunjungi karyawan yang sakit atau menghadiri acara yang dilaksanakan oleh karyawan merupakan salah satu cara untuk bisa lebih dekat dengan karyawan. Jika karyawan merasa dekat dengan atasan atau perusahaan maka karyawan tersebut akan lebih loyal kepada pekerjaan dan perusahaan.

Memberikan nasihat atau sekadar mengobrol di sela-sela jam makan siang juga bisa menjadi salah satu cara perusahaan untuk mendekatkan diri dengan para karyawan.

Memberikan Jenjang Karier Kepada Karyawan

Karyawan biasanya memiliki keinginan untuk memiliki jenjang karier yang meningkat. Sudah menjadi hal yang lumrah jika setiap orang memiliki cita-cita dan keinginan yang akan terus meningkatkan eksistensinya dalam kehidupan. Meningkatnya karier seseorang bisa menjadi salah satu privillage bagi kehidupannya dan perusahaan.

Beri penilaian objektif pada kinerja karyawan tersebut, beri penghargaan, dan tawarkan jenjang karier di atasnya. Bahkan, tidak hanya meningkatkan kinerja, peningkatan karier juga menghindari karyawan merasa bosan dengan jabatannya saat ini, yang berimbas pada penurunan kinerja.

Cara Motivasi Karyawan Merupakan Tujuan Perusahaan

Buat karyawan merasa bahwa mereka adalah yang perusahaan butuhkan. Buatlah karyawan merasakan bahwa tujuan perusahaan adalah tujuan merekan. Dengan kata lain, visi, misi, dan nilai perusahaan adalah milik mereka sehingga mereka berusaha untuk turut serta mewujudkannya.

Mengapresiasi Pekerjaan Karyawan

Mengapresiasi pekerjaan karyawan atas pencapaian pekerjaannya bisa menjadi bumerang penyemat bagi kinerja karyawan. Bentuk apresiasi ini bisa berupa bonus tahunan, insentif bulanan, maupun kenaikan jabatan jika memang kinerjanya sangat bagus.

Satu hal yang perlu diperhatikan bahwa pemberian apresiasi ini jangan sampai menimbulkan rasa iri pada karyawan yang lain.

Pemberian apresiasi ini harus lah berdasarkan asas keadilan. Perusahaan harus melakukan pengamatan dan penilaian yang adil pada semua karyawan.  Pemberian apreasiasi kepada karyawan harus benar-benar disesuaikan kinerja masing-masing karyawan. Dengan begitu, setiap karyawan secara otomatis akan memperbaiki kinerjanya sendiri.

Cara Motivasi Karyawan dengan Membangun Kepercayaan Antara Karyawan dengan Perusahaan

Kepercayaan merupakan salah satu modal utama dalam membangun hubungan baik. Perusahaan perlu memberikan kepercayaan kepada karyawan atas pekerjaan yang akan dilakukannya. Karyawan akan bisa memberikan hasil yang luar biasa jika perusahaan memberikan kebebasan kepercayaan kepada karyawan.

Salah satu cara untuk membina kepercayaan antara perusahaan dan karyawan adalah dengan membina komunikasi yang baik. Komunikasi dua arah menjadi kunci dari berhasilnya menjalin komunikasi.

Cara Motivasi Karyawan dengan Membangun Suasana Nyaman dan Menyenangkan

motivasi karyawan

Lingkungan kerja yang dibangun dengan suasana hangat dan kekeluargaan automatis akan membuat karyawan bekerja lebih semangat. Karyawan mendapat dorongan dari luar diri yang mempengaruhi mereka untuk tetap positif sehingga bisa menyelesaikan pekerjaan dengan baik dan tepat waktu.

Salah satu cara agar suasana perusahaan selalu positif dan menyenangkan adalah memberi rasa nyaman pada diri karyawan. Selalu tanamkan di benak setiap karyawan bahwa segala sesuatu itu pasti ada jalan keluarnya.

Motivasi Karyawan dengan Membuat Acara Bersama Karyawan Kantor

Tidak hanya bonus atau apresiasi yang bisa anda berikan kepada karyawan, namun membuat acara bersama bisa menjadi alternatif selanjutnya. Membuat acara jalan-jalan atau bermain bersama karyawan dan keluarga dapat membangun rasa kekeluargaan diantara karyawan. Karyawan akan merasa bahwa perusahaan merupakan rumah bagi mereka. Dengan begitu mereka akan merasa peduli akan masa depan perusahaan.

Buat acara yang bermakna bagi mereka, tidak hanya acara jalan-jalan ke suatu tempat lalu pulang namun kamu bisa buat acara yang dapat membangun tali persaudaraan diantara karyawan. Bermain outbond, curhat bersama, mencurahkan isi hati, dan menanyakan harapan apa yang diinginkan oleh karyawan terhadap perusahaan.

Motivasi Karyawan dengan Memberikan Perhatian Kepada Karyawan

Perhatian menjadi salah satu kebutuhan setiap manusia, dengan diperhatikan akan membuat diri menjadi lebih berharga. Memberikan perhatian kepada karyawan ketika sedang menghadapi musibah atau menghadiri acara pernikahan menjadi salah satu bentuk perhatian yang kamu berikan kepada karyawanmu.

Memberikan kejutan di hari ulang tahunnya atau menanyakan kabar anggota kabar keluarga karyawan bisa memberikan kesan dekat dengan karyawan. Sebagai pimpinan harus ditanamkan jiwa mengayomi dan perhatian pada setiap hal yang ada di perusahaan. itu merupakan kunci yang bisa membuat perusahaan kamu semakin berkembang dan terus berkembang.

Bermartabat tapi tidak kaku

Menjadi bos otoritas adalah tantangan yang menarik, Anda harus menaklukkan. Jika Anda berusaha menjadi atasan yang berwibawa dan bijak untuk membuat keputusan terkait kesejahteraan karyawan, karyawan akan semakin enggan.

Jika Anda selalu menyapa bawahan Anda terlebih dahulu dan berpartisipasi aktif dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh mereka, tidak ada salahnya. Jangan berpikir bahwa jika Anda adalah bos mereka, Anda harus dihormati terlebih dahulu. Selain itu, jangan terlalu kaku saat mengambil keputusan. Dengarkan dan pertimbangkan suara karyawan.

Berikan perhatian

Tentunya setiap karyawan ingin mendapatkan perhatian dari atasannya. Tunjukkan apakah Anda bos yang mengurus karyawan. Bangkitkan perhatian Anda pada karyawan Anda, tetapi pertahankan dalam kisaran yang wajar. Memberikan hak cuti kepada karyawan yang mengalami bencana atau bencana mungkin merupakan bentuk perhatian Anda. Tunjukkan simpati Anda kepada atasan Anda, dia peduli dengan bawahannya.

Contoh yang baik

Selalu berikan contoh yang baik untuk karyawan Anda. Contoh selalu muncul sejak awal. Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan jika Anda datang lebih awal. Selain itu, biasanya Anda mendapatkan ide segar di pagi hari yang tenang. Jangan lihat perubahan hari ini, tapi lihat beberapa minggu atau bulan ke depan. Banyak karyawan akan mencoba menghadiri rapat tepat waktu karena mereka melihat Anda memberi contoh bagi mereka.

Berikan imbalan atau bonus yang adil

Sekalipun uang bukan motivasi terbesar bagi karyawan dalam bekerja, Anda tetap harus memperhatikan uang. Imbalan atau bonus yang adil membuat karyawan percaya bahwa perusahaan memberikan hak karyawan secara profesional. Tentunya hal ini akan berdampak pada peningkatan semangat kerja karyawan. Jika dia berbuat lebih banyak, dia akan mendapatkan lebih banyak. Kedengarannya adil?

Tujuan Motivasi Karyawan

Happy Employees Pictures | Download Free Images on Unsplash

Memotivasi Karyawan memiliki tujuan yang sangat penting bagi pertumbuhan sebuah perusahaan. Berikut tujuan penting dari motivasi karyawan:

Bentuk karyawan yang cerdas

Apakah Anda ingin memulai bisnis atau manajer? Tentunya, Anda ingin memiliki karyawan yang pandai dalam bekerja. Anda tentu ingin karyawan Anda mencapai tujuan kerja mereka. Jika karyawan Anda tidak termotivasi untuk bekerja, Anda tidak akan mendapatkan segalanya. Oleh karena itu, jika Anda ingin karyawan yang cerdas bekerja, Anda harus memperhatikan beberapa keterampilan.

Robbins (2012) dalam Widodo (2017) mengartikan motivasi sebagai proses yang menjelaskan intensitas, arah, dan ketekunan seseorang untuk mencapai tujuan. Oleh karena itu, motivasi dapat diungkapkan sebagai cara untuk memotivasi orang, membuat orang suka bekerja keras dan meningkatkan kinerja karyawan.

Motivasi juga dapat diekspresikan sebagai proses psikologis yang menghasilkan dan memandu perilaku untuk pencapaian tujuan atau perilaku tujuan. Sementara itu, Hasibang (2013) dalam Widodo (2017) mengemukakan bahwa motivasi kerja merupakan motor penggerak untuk memberikan motivasi, yang dapat menggugah semangat seseorang untuk bekerja, membuatnya mau bekerja sama, bekerja secara efektif, dan bersamanya. Semua upaya yang dilakukan untuk mencapai tujuan terintegrasi dan memuaskan.

Menurut Gibson (Gibson, 2008), keberhasilan suatu perusahaan sangat bergantung pada keberhasilan dan efektivitas para pemimpin dan karyawan dari berbagai departemen perusahaan (Widodo, 2017). Pandangan Gibson dapat dijadikan acuan bagi perusahaan untuk lebih memperhatikan aspek-aspek kunci, yang merupakan faktor kunci yang menentukan keberhasilan kinerja karyawan. Oleh karena itu pimpinan harus memperhatikan karyawan agar karyawan dapat mencapai kinerja yang diinginkan perusahaan.

Meningkatkan motivasi karyawan

Selain keterampilan kepemimpinan, ternyata budaya yang dianut oleh atasan juga mempengaruhi motivasi kerja karyawan (McShane & Von Glinow, 2010). Biasanya budaya dalam organisasi akan meniru kebiasaan / perilaku pemimpin. Ini disebut tindakan para pendiri dan pemimpin. Oleh karena itu, atasan perlu membekali karyawan dengan tata krama atau panutan yang baik agar terbentuk budaya yang baik di perusahaan.

Untuk meningkatkan moral karyawan, kami juga dapat menggunakan penghargaan yang konsisten secara budaya. Pendekatan ini adalah bagian dari budaya perusahaan dalam memberikan penghargaan yang konsisten kepada karyawan. Cara ini sangat membantu untuk memotivasi karyawan. Mengapa? Dengan adanya reward maka moral karyawan akan meningkat, sehingga mudah untuk mencapai tujuan kerja. Misalnya, perusahaan memasang foto karyawan di depan pintu masuk kantor sehingga para tamu dapat melihat bahwa karyawan tersebut saat ini adalah karyawan terbaik.

Ada beberapa teknik untuk memotivasi karyawan. Pertama, ciptakan suasana kerja yang positif dan menyenangkan. Siapa yang tidak ingin tinggal di lingkungan yang nyaman? Namun, setiap orang dengan latar belakang berbeda menginginkan lingkungan yang nyaman.

Tunggu sebentar, setiap orang memiliki pandangan berbeda tentang lingkungan yang nyaman. Jika ada cukup ruang dan waktu untuk bekerja sendiri, karyawan introvert mungkin akan merasa lebih nyaman. Di sisi lain, bagi karyawan yang ekstrover, tidak bercakap-cakap di ruangan yang tenang bisa membuat frustasi.

Melatih karyawan

Cobalah untuk lebih mengenal karyawan yang bekerja dengan Anda. Ketahui lingkungan kerja seperti apa yang akan membuat mereka lebih nyaman. Memang pekerjaan adalah tanggung jawab karyawan. Jika karyawan membutuhkan uang, maka mereka harus bekerja dan mematuhi peraturan perusahaan. Namun tidak ada salahnya membuat karyawan merasa rileks. Akhirnya perusahaan juga mendapat keuntungan. Karena dalam suasana yang nyaman, Anda telah membantu karyawan bekerja lebih baik.

Selanjutnya adalah motivasi karyawan untuk terus belajar dan berkembang. Dalam pendidikan. Jika Anda sudah lulus, maka Anda bisa dinyatakan lulus studi. Tetapi kenyataannya hidup tidak akan mengatakan “lulus” atau menyelesaikan belajar. Setiap orang harus terus belajar setiap hari untuk membuat kemajuan. Ini berlaku untuk kehidupan dan pekerjaan. Masalahnya, banyak orang yang puas dengan kemampuan mereka saat ini. Akibatnya, dia merasa tidak perlu menjadi lebih baik. Orang-orang hebat itu akan kalah dari mereka yang memiliki kemampuan sedang, tetapi mereka selalu merasa perlu belajar lebih baik.

Kesimpulan

Karyawan perlu dimotivasi agar kinerjanya lebih baik, bekerja lebih profesional, dan merasa seperti di rumah sendiri di perusahaan. Jangan sampai mereka mengundurkan diri karena tidak punya motivasi untuk bekerja. Mengadopsi berbagai metode untuk terus memotivasi karyawan agar mencapai hasil yang maksimal.

Setiap perusahaan tentunya berharap pertumbuhan menjadi perusahaan yang lebih besar kedepannya. Demikian pula, karyawan adalah aset perusahaan yang paling berharga. Dengan cara ini, pertumbuhan perusahaan sangat bergantung pada pertumbuhan karyawan. Mulailah memotivasi karyawan untuk terus belajar dan berkembang. Kembangkan budaya ini agar karyawan tidak mudah puas dengan kemampuan yang ada.

JojoPayrollMemberikan gaji yang sepadan dengan apa yang sudah dikerjakan oleh karyawan juga salah satu yang bisa memotivasi karyawan. Penggajian yang benar dan akurat menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan oleh jajaran pimpinan. Sebagai hal yang sangat penting proses penggajian harus dilakukan dengan tepat dan akurat, Jojonomic bisa menjadi solusi permasalahan perusahaan anda. Aplikasi JojoPayroll pada Jojonomic bisa memberikan solusi atas kesulitan dalam penggajian karyawan.