Cara Promosi Produk yang Efektif untuk meningkatkan penjualan

cara promosi produk

Selama ini kita tahu bahwa bisnis apapun pasti tidak akan jauh dari bagaimana cara mempromosikan produk agar laku dipasaran. Untuk itu perlu cara promosi produk yang efektif dan tepat sasaran, tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar. Bagi Anda pebisnis pemula tak perlu berkecil hati jika Anda masih belajar cara promosi produk yang baik.

Cara promosi produk yang efektif adalah dengan memakai cara yang simpel dan tepat sasaran, tujuannya tentu saja menaikan penjualan. Berikut ini kita akan bahas secara detail bagaimana cara promosi yang mudah dan efektif.

Tujuan Promosi Produk

Dalam berbisnis hal yang terpenting yang dilakukan setelah memproduksi sebuah produk adalah membuat sebuah strategi untuk pemasaran, lalu memikirkan cara promosi produk yang efektif.

Keduanya penting dilakukan agar ketika Anda sudah siap mempromosikan produk yang dimiliki, konsep strategi pemasaran produk yang dibuatnya telah matang dan memperkecil kerugian yang didapat.

Tips Cara Promosi Produk

Cara promosi produk tidak selamanya harus mengeluarkan modal yang besar. Tetapi bisa dengan menggunakan biaya yang murah dan sesuai dengan budget yang Anda miliki. untuk Anda yang pemula bisa “memainkan” sebuah strategi promosi yang tentunya sudah banyak yang menggunakannya.

Karena itu, sebelum membahas tentang cara promosi produk ada hal-hal yang penting yang harus Anda lakukan dalam melakukan strategi pemasaran produk tersebut, seperti:

1. Membuat Sebuah Perencanaan

Untuk Anda yang bergerak dalam usaha kecil dan menengah sangat memerlukan sebuah perencanaan yang matang dalam mengatur strategi pemasaran produk.

Karena itu ketika Anda membuat sebuah perencanaan harus diperhatikan tentang cara promosi apa saja yang akan digunakan, merinci anggaran keperluan marketing yang dibutuhkan, dan juga memikirkan tentang team yang akan diajak untuk bekerjasama dalam mengembangkan usaha yang Anda miliki.

2. Melakukan Riset Produk

Meriset produk yang sedang digandrungi di pasaran sangatlah diperlukan. Karena hal tersebut bisa berdampak pada penentuan produk yang akan Anda jual. Misalnya saja jika target pasar Anda seorang wanita berhijab maka cari tahu tentang kesenangan warna, model yang digunakan, serta keperluan jilbab itu sendiri lebih menyukai jilbab untuk keperluan sehari-hari atau untuk acara formal. Riset produk ini berlaku juga untuk produk yang lainnya seperti makanan, fashion, alat-alat rumah tangga dan lain sebagainya.

cara promosi produk

3. Menentukan Target Market

Alat promosi apapun nantinya yang akan Anda gunakan, tetap saja akan berujung pada target market yang dibidik. Karena itu, sebelum memasarkan produk alangkah baiknya untuk menentukan terlebih dahulu target marketnya.

Cara menentukan target market ini bisa dimulai dari usia, jenis kelamin, wilayah penjualan dalam atau luar negeri, komunitas, dan lain sebagainya.Hal ini sangat perlu untuk dilakukan agar energi yang Anda miliki tidak digunakan sia-sia ketika harus terjun mempromosikan sebuah produk.

4. Siapkan Segala Kebutuhan Branding Produk

Setelah langkah-langkah di atas sudah Anda lakukan, maka langkah berikutnya adalah menyiapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan branding produk Anda. Hal tersebut bisa dimulai dari pembuatan logo, menentukan tagline yang menarik, menetapkan harga, dan menetapkan produk unggulan yang Anda miliki apabila Anda menjual lebih dari satu produk.

Jika Anda tak mahir membuat logo bisa gunakan jasa pembuatan logo atau bisa pula dengan menggaet rekan Anda yang memang ahli dalam hal tersebut. Untuk menentukan tagline memang tak bisa dianggap main-main dan harus berhati-hati dalam penggunaan kata. Oleh karena itu, Anda bisa konsultasikan kepada para pengusaha senior atau kepada jasa konsultasi bisnis.

5. Buat website untuk Bisnis Anda

Memiliki website untuk para pelaku bisnis di zaman serba canggih ini sangat diperlukan dan wajib untuk dimiliki. Karena hampir 70 % penduduk di seluruh dunia mengakses sebuah informasi melalui internet.Oleh sebab itu, memiliki website untuk para pengusaha sudah menjadi “kewajiban” agar brand produk Anda meningkat dan semua orang bisa mengakses dengan mudah.

Jika belum ada anggaran yang mencukupi, bisa pula dengan menggunakan akun sosial media atau lewat marketplace yang ada di Indonesia.Jika anda ingin membuat website perusahaan, seperti company profile, toko online atau Anda ingin membuat blog seperti blog yang sedang Anda baca ini, Anda bisa menggunakan jasa kami di sini. Kami akan membuatkan website profesional untuk Anda.

cara promosi produk

Bagi Anda pemilik usaha kecil menengah, dalam pemasaran suatu produk, perlu Anda perhatikan cara promosi produk yang efektif dan tepat sasaran.Dengan menggunakan cara dan strategi yang cocok dan tepat, maka akan lebih mudah untuk meraih keberhasilan dalam berbisnis. Selain itu, perlu untuk menentukan pencapaian target penjualan.

Strategi cara promosi produk

1. Manfaatkan Sarana Media Sosial

Di jaman serba canggih dan serba digital ini media sosial adalah platform wajib yang harus dimiliki para pelaku bisnis termasuk Anda, mulai dari facebook, instagram, twitter dan lain sebagainya.

Untuk itu gunakan cara promosi dengan mengenalkan produk yang akan dipasarkan menggunakan akun media sosial Anda. Dengan menggunakan media sosial, akan terasa lebih personal dalam pendekatan dengan pelanggan atau calon pelanggan Anda.

2. Bergabung dalam kegiatan Event Promosi

Menyelenggarakan event dan menjadi sponsor pada satu event, merupakan salah satu peluang bagi sebuah usaha kecil menengah untuk mendapatkan pelanggan potensial. Dengan menjadi sponsor sebuah event, kesempatan produk usaha untuk dikenal masyarakat sangat besar.

Tinggal bagaimana Anda merencanakan dengan matang dan menerapkan cara promosi produk yang baik dan benar. 

3. Buat Program Bagi-Bagi Produk sampel

Memberikan produk secara langsung kepada pasar atau calon pelanggan potensial, bisa menjadi metode promosi untuk produk Anda. Anda bisa memberikan gratis dengan bentuk yang simpel atau sistem pembelian produk lain yang sama, dan batasan jumlah produk yang Anda bagikan agar tidak mengalami kerugian.

Jangan berfikir metode semacam ini akan merugikan bisnis Anda, anggap saja metode ini sebagai investasi bagi bisnis Anda kedepannya.

4. Buat Database Data Pelanggan

Anda bisa menerapkan pengumpulan data pelanggan ketika mereka membeli suatu produk selama penjualan berlangsung. Dengan mendapatkan data ini, bisa Anda gunakan untuk menerapkan strategi promosi atau rencana kegiatan yang selanjutnya.

5. Berikan Reward Bagi Pelanggan

Cara promosi produk yang efektif bisa juga dengan memberikan Reward bagi setiap pelanggan setia Anda. Wujud dari Reward ini bisa berupa diskon, kupon, uang atau produk yang sedang hangat dipasarkan.

Tidak lupa pula berikan pelayanan terbaik dalam merekomendasikan produk kepada pelanggan. Hal inilah sebagai salah satu wujud cara promosi produk yang baik.

6. Buat jadwal kegiatan Amal

Untuk menerapkan strategi promosi salah satunya adalah dengan menunjukan rasa peduli bagi setiap masyarakat dengan mengadakan kegiatan amal sekaligus bisa menjalankan promosi di dalamnya. Hal ini lebih efektif untuk mendapatkan nama baik bisnis Anda di mata masyarakat.

7. Manfaatkan Produk Promosi

Untuk melakukan cara promosi yang efektif, Anda bisa menggunakan barang promosi yang sudah ada label resminya. Hal inilah yang nanti akan diingat orang tentang produk yang sedang dilihat dan dibelinya sehingga mudah menarik hati masyarakat.

Cara promosi produk tersebut bisa menaikan image produk Anda di tengah konsumen makin dikenal dan mudah diingat.

8. Buat Survey Calon Konsumen

Untuk peningkatan mutu produk dan pelayanan, sebaiknya Anda bisa melaksanakan survei kepada setiap pelanggan setelah menjual produk. Anda bisa melaksanakan langsung di tempat, lewat telepon atau email. Dengan melakukan survei inilah, yang akan memberikan kemudahan untuk penyampaian kritik, saran atau pujian tentang jenis produk yang telah digunakan.

Itulah strategi cara promosi produk yang menarik dan bisa memberikan kesuksesan bagi setiap produk yang sedang dipromosikan. Untuk menjalankan cara promosi ini, Anda harus perhatikan dan pastikan seperti logo, desain label dan brosur yang digunakan di desain, tersusun dengan baik dan benar.

cara promosi produk

Gunakan sistem terbaik untuk promosi bisnis Anda

Agar rencana promosi produk Anda lebih maksimal, tentunya dibutuhkan sistem laporan anggaran yang rapi dan akurat. Karena setiap promosi apapun bentuknya tentu saja membutuhkan anggaran yang harus dikelola dengan baik. Salah satu cara yang efektif dan mudah digunakan adalah memakai software JojoExpense.

JojoExpense adalah aplikasi yang berbasis data, sehingga memudahkan kinerja team promosi Anda untuk membuat planning promosi dan pencatatan anggaran promosi. Hal inilah yang nantinya akan mempengaruhi cara promosi dan strategi yang diterapkan berjalan dengan lancar dan bisa memberikan keuntungan yang besar dan menjanjikan bagi usaha  Anda.

cara promosi produk

JojoExpense
Solusi Manajemen Pengeluaran Perusahaan yang Fleksibel, JojoExpense memudahkan staf keuangan untuk memantau disbursement perusahaan secara real-time dan akurat. Hemat waktu hingga 77% dengan proses pelaporan pengeluaran otomatis!

FITUR POPULER dari JojoExpense

  • Monitor disbursement uang panjar kerja di manapun kapan pun
  • Proses pelaporan dan pengarsipan reimbursement otomatis dan dapat disesuaikan
  • Peraturan budget yang disesuaikan untuk reimbursement dan Cash Advance

Coba Gratis Sekarang