Cara Ringkas Evaluasi Kinerja Karyawan

Lembaga Jasa Keuangan Non Bank
cara ringkas evaluasi kinerja karyawan
Sumber : business.landsend.com

Cara Ringkas Evaluasi Kinerja Karyawan – Jika karyawan anda bukanlah seorang ‘salesperson’, mungkin akan sedikit sulit untuk mengevaluasi bagaimana kinerja seorang pegawai itu sendiri. Contohnya bagian HR, darimana anda bisa melacak bahwa pegawai – pegawai tersebut telah mengerjakan tanggung jawabnya sebaik mungkin?

Untuk mengetahui bagaimana cara ringkas evaluasi kinerja karyawan dengan cepat, anda bisa menggunakan tahapan – tahapan sebagai berikut :

Lihat Hasil Eksekusinya

Pada akhirnya, sesuatu yang paling dilihat orang adalah hasil terakhir suatu usaha atau kerja. Ketika anda telah berkomitmen untuk melakukan sesuatu, apakah anda bisa menyelesaikannya sesuai dengan waktu yang telah dilakukan? Dan Apakah hasilnya sudah maksimal?

Nah, hal diatas juga bisa anda gunakan untuk menilai apakah seorang karyawan telah menyelesaikan tugas serta tanggung jawabnya dengan benar. Hanya orang – orang terbaik saja yang selalu bisa memenuhi tugas yang diemban selesai tepat waktu. Plus memiliki kualitas yang bukan asal – asalan.

Sebagai seorang pekerja, mereka tentu memiliki banyak cara untuk memaksimalkan antara waktu ayng mereka miliki dengan pekerjaan yang ahrus emreka selesaikan. Seorang pekerja yang baik harus bisa membuat skala prioritas dari berbagai tugas yang mereka emban. Mereka juga harus ammpu berpikir secara kreative dan mengeksekusi berbagai macam tantangan sebaik mungkin hingga selesai. Seseorang yang emncintai pekerjaannya biasanya memiliki performa kerja yang juga luar biasa.

cara ringkas evaluasi kinerja karyawan
sumber : reallylist.chimento.co

Kualitas dari Pekerjaan yang Mereka Kerjakan

Salah satu poin data yang paling penting dari performa kerja karyawan adalah kualitas produk yang mereka hasilkan. Contohnya, ketika anda bekerja di dunia website dan hosting, anda bisa mengukur kinerja karyawan dengan melihat bagaimana cara mereka merespon pelanggan – mendapatkan pelanggan, stabilitas dari produk atau platform yang mereka pegang serta feedback yang diberikan oleh pelanggan.

Seperti yang telah dijelaskan dalam uraian sebelumnya, seornag pekerja bisa dikatakan baik apabila mereka mampu menyelesaikan tugasnya tepat waktu. Namun, seornag pekerja baru bisa dikatakan luar biasa apabila mereka mampu menambah kualitas produk yang mereka hasilkan menjadi lebih baik lagi tanpa melangkahi deadline yang diberikan.

Lihat Dari Tingkat Kreatifitasnya

Banyak yang tidak menyangka bahwa kreatifitas merupakan salah satu tolak ukur paling jos dalam mengevaluasi kinerja karyawan. Anda bisa menanyakan tentang sbeerapa sering pekerja atau pegawai anda menanyakan kembali sebuah asumsi dasar tentang suatu permasalahan dan memecahkan masalah tersebut dengan sebuah cara atau jalan yang baru. Atau, anda juga bisa bertanya – tanya, apakah pegawai atau pekerja anda sudah terbiasa berpikir out of the box dan secara sukses bisa mengambil resiko kemudian menyelesaikan permasalahan yang ada tanpa sedikitpun cela?

Dengan melihat seberapa kreatif pegawai, atau seberapa besar mereka mampu menanggung resiko untuk menyelesaikan suatu masalah, anda akan bisa mengindentifikasi dan memberikan rewards atau hadiah yang tinggi kepada mereka yang memiliki kinerja yang baik. Bahkan menyelesaikan permasalahan – permasalahan tersebut melalui cara yang justru bisa menambah nilai dari perusahaan atau organisasi itu sendiri.

cara ringkas evaluasi kinerja karyawan
sumber : connect2lokal.com

Jumlah Total Peningkatan yang Konsisten

Keinginan dan usaha untuk menjadi orang atau individu yang lebih baik merupakan salah satu kualitas pekerja yang paling dicari oleh para pengusaha. Seorang pekerja atau pegawai yang secara konsisten bertumbuh menjadi lebih baik merupakan faktor yang paling penting dalam penilaian kinerja karyawan.

Tidak ada pegawai yang mempunyai kapasitas untuk selalu menjadi yang terbaik dalam berbagai hal. Anda pun juga harus sadar bahwa setiap pegawai tidak akan memenuhi seluruh ekspektasi anda. Tapi, setiap pekerja atau pegawai memiliki kesempatan yang sama untuk bertumbuh atau berkembang dari hari ke hari, dari minggu ke minggu, dari bulan ke bulan dan dari tahun ke tahun.

Sisi inilah yang seharusnya dicari dan dihargai oleh perusahaan. Seorang karyawan yang tidak puas hanya memiliki satu ketrampilan saja, atau selalu berupaya untuk meningkatkan kinerjanya merupakan aspek yang harus diberi pujian oleh organisasi.

Feedback Kostumer dan Teman Kerja atau Kolega

Dikatakan bahwa seorang pekerja yang memiliki feedback kostumer yang baik, meskipun dia sama sekali tidak mampu menjual (apabila dia merupakan seorang sales), bisa diasah dan ditingkatkan kemampuannya.

Namun, seorang pegawai yang menerima feedback negative dari pelanggan sekaligus koleganya hanya akan mengalami penurunan di tempat kerja meskipun awalnya ia terlihat baik – baik saja. Setiap feedback yang diberikan oleh pelanggan atau teman kerja tersebut penting bagi perusahaan atau organisasi untuk me – review bagaimana watak serta karakteristik sebenarnya dari seorang pegawai itu sendiri.

Kemampuan Untuk Menguasai Tugas atau Tanggung Jawabnya

Seorang pekerja yang mampu memimpin atau menguasai tugas yang diberikan serta mampu berpikir bagaimana menyelesaikan berbagai persoalan yang ada merupakan sebuah asset yang patut dijaga. Untuk perusahaan atau bisnis baru yang masih berkembang, seorang karyawan ayng ‘pintar’ akan mampu membuat perusahaan anda bergerak dnegan lebih cepat. Hal ini karna pekerja tersebut akan mampu melewati berbagai rintangan yang ada bahkan menyingkirkan segala halangan yang akan dihadapi oleh perusahaan itu sendiri.

sumber : reallylist.chimento.co

Persentasi Tugas yang Mampu Diselesaikan Per Satuan Waktu

Ketika mengevaluasi suatu performa pegawai. Anda bisa melihat catatan rata – rata waktu yang mereka gunakan untuk menyelesaikan sebuah tugas atau pekerjaan.

Setiap anggota tim harus mampu menjaga daftar tugas yang ada dan selalu di update. Hal ini bisa memudahkan anda untuk memantau bagaimana mereka bekerja serta mengukur kemajuan dari masing – masing pegawai itu sendiri.

Salah satu cara ringkas evaluasi kinerja karyawan terbaik adalah dengan melihat berapa rata – rata waktu. Yang digunakan oleh pegawai dalam menyelesaikan pekerjaannya. Anda juga bisa melihat bagaimana kualitas dari barang atau jasa yang telah mereka selesaikan sebagai salah satu bahan penilaian.

Hal ini digunakan untuk memastikan bahwa apa yang karyawan kerjakan. Akan selalu sebaris dengan pertumbuhan dari perusahaan atau organisasi itu sendiri. Anda juga bisa menggunakan skala budget atau pengeluaran yang digunakan oleh pegawai. Sebagai cara ringkas evaluasi kinerja karyawan itu sendiri.

Tanyakan apakah jumlah biaya yang diajukan oleh sang pekerja memang sudah paling maksimal. Atau masih bisa diminimalisir lagi sehingga tidak menjadi beban bagi perusahaan.

Keuangan dan anggaran yang akan digunakan oleh karyawan merupakan hal yang krusial bagi perusahaan. Demi mendapatkan hasil terbaik dari keuangan tersebut, anda bisa menggunakan perangkat lunak untuk meningkatkan efektifitas performance management.

Jaman sekarang, sudah begitu banyak startup yang menawarkan anda kemudahan. Dalam mendapatkan sebuah aplikasi yang membantu perusahaan dalam menjaga performance terbaiknya. Tapi tidak banyak perusahaan yang menarawarkan kemudahan dengan solusi yang benar-benar anda butuhkan. Hanya JojoTimes dari Jojonomic yang akan benar – benar membantu anda.

JojoTimes

JojoTimes merupakan sebuah aplikasi HR yang dirancang untuk absensi secara digital. Apakah hanya bekerja untuk sistem absensi saja? Tentu saja tidak, dengan menggunakan JojoTimes anda akan diberikan solusi untuk memonitor tim anda secara real time. Jadi tidak akan ada yang terlewat. Ayo gunakan JojoTimes sekarang juga!