Tips Liburan dengan Caravan, Beserta Destinasi Terbaiknya

perjalanan

Ada banyak cara untuk menjadikan liburan Anda lebih menyenangkan dan menarik. Atau bahkan Anda menginginkan liburan yang unik sekaligus berkesan, sehingga meninggalkan pengalaman yang berharga dan tak terlupakan. Untuk menciptakan liburan seperti itu bukanlah hal yang sulit, karena kini ada liburan bergaya caravan, dan kini gaya liburan ini sangat populer di Indonesia, yang sebelumnya liburan ini telah lama menjadi favorit bagi orang-orang diluar negeri.

Pada artikel kali ini Jojonomic telah merangkum destinasi wisata terbaik menggunakan caravan , kami juga akan memberikan tips untuk Anda yang baru ingin memulai perjalanan liburan caravan ini. So simak terus artikel ini ya!

Apa itu Caravan?

500+ Caravan Pictures | Download Free Images on Unsplash

Dilansir dari wisato.id, Mobil Karavan (Caravan) adalah sebuah mobil yang bisa di Tarik mobil lain, atau tanpa di tarik mobil lain, yang berfungsi sebagai hunian nomaden, atau tempat tinggal yang tidak tetap. Disebut hunian tidak tetap, karena di dalam mobil karavan ini sudah tersedia perlengkapan-perlengkapan yang dibutuhkan, seperti layaknya Anda berada didalam rumah. Misalnya tempat tidur, tempat memasak, bahkan toilet juga ada di dalam Karavan. Karena Karavan ini mobil, makanya bisa berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat yang lain, yang menjadikannya seperti rumah berjalan.

Alasan Wajib Kenapa Anda Harus Mencoba Liburan dengan Caravan

500+ Caravan Pictures | Download Free Images on Unsplash

Bersusmber dari berita.rajamobil.com, berikut adalah beberapa alasan mengapa liburan caravan ini lebih terasa asik dan menyenangkan:

Liburan Menjadi Lebih Fleksibel

Dengan menyewa mobil Caravan, waktu berlibur pun bisa lebih fleksibel, karena waktu dan keberangkatan berlibur bisa ditentukan sesuai keinginan. Selain fleksibilitas waktu dan tempat liburannya, beberapa penyedia jasa mobil ini juga ada yang memperbolehkan wisatawan untuk membawa hewan piaraan dalam kendaraan.

Nyaman Meski Ruangan Terbatas

Untuk kendaraan yang didesain seperti ruangan di rumah, liburan dengan Caravan tetap terasa nyaman. Caravan jenis tur tentu berbeda dengan Caravan jenis statis yang tidak memberikan kebebasan bagi wisatawan untuk berhenti sesuai keinginan di jalan. Caravan tour akan membawa wisatawan berjalan-jalan, bahkan bisa menyusuri gang-gang kecil.

Liburang Terasa Lebih Unik dan Seru

Wisatawan dapat mengunjungi obyek-obyek wisata yang belum pernah dikunjungi sebelumnya. Umumnya, sebelum mengunjungi suatu obyek wisata, seorang wisatawan akan mencari informasi tentang obyek wisata itu. Namun, dengan mobil Caravan, wisatawan tidak perlu lagi mencemaskan jadwal kegiatan liburan. Untuk jenis obyek wisatanya, mobil Caravan cocok untuk wisata pantai atau wisata taman nasional.

Suasana Liburan yang Lebih Sosial

Dengan mobil Caravan, mereka bisa berinteraksi dengan wisatawan lain di taman Caravan. Mereka juga bisa belajar bagaimana berkomunikasi dengan orang dari latar belakang budaya yang  berbeda. Lakukan komunikasi dengan santai dan penuh kekeluargaan.

Momen Wisata yang Lebih Bebas

Wisatawan akan menikmati momen liburan dengan penuh kebebasan. Mereka dapat mengunjungi tempat manapun sesuai keinginannya. Dengan Caravan pula, wisatawan akan bisa melihat keindahan dunia secara lebih dekat. Untuk menyewa mobil ini juga cukup mudah, karena saat ini banyak perusahaan rental mobil yang menyediakan mobil Caravan untuk wisata dengan berbagai jenis sesuai pilihan wisatawan.

Tips Liburan Caravan agar Sesuai Harapan

500+ Caravan Pictures | Download Free Images on Unsplash

Gali Informasi yang Dalam

Mampu menyetir jarak jauh bukan satu-satunya syarat untuk bisa memulai wisata campervan. Turis yang belum pernah melakukannya bisa menggali informasi mengenai kegiatan ini dari blogger atau komunitas yang sudah sering melakukannya.

Ada banyak blogger atau komunitas campervan di Indonesia yang tidak pelit ilmu mengenai campervan, beberapa di antaranya bisa ditemui di Instagram, seperti; @indonesiacamperspot, @campervan_id, @campvy, @keluarga.kusmajadi, @roadtripindonesia, @nuvantara, @pukucamper, dan masih banyak lagi.

Memahami Medan dan Cuaca Perjalanan

buat perhitungan mengenai medan dan cuaca di destinasi yang dituju. Jangan sampai lupa membawa perlengkapan hujan karena tak mengira kalau destinasi yang dituju sedang mengalami musim hujan di waktu kedatangan. Perhitungkan juga kapasitas bensin serta air bersih dengan waktu tempuh dari satu tempat ke tempat lain. Bekali diri dengan peta digital dan manual serta alat komunikasi tambahan lainnya yang bisa digunakan untuk keadaan darurat.

Pilihan Caravan yang Sesuai Kebutuhan

Saat menentukan agen untuk sewa campervan, jangan lupa untuk memilih jenis campervan sesuai dengan yang Anda butuhkan. Untuk akomodasi satu ini pun terdapat beberapa jenis yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan.

Seperti Campervan dengan ukuran yang cukup luas, terdapat dapur, kulkas, ruang penyimpanan, tempat tidur, dan toilet. Campervan ini cocok untuk Anda yang ingin pergi dengan membawa serta anak-anak dengan total 4 orang. Untuk Anda yang ingin mobil lebih luas lagi, Anda dapat mencoba motorhome, yang bukan hanya memiliki space yang lebih luas dan fasilitas yang lengkap. Namun juga terdapat fasilitas lainnya berupa sistem daur ulang air (grey water), dan tangki air.

Dengan memilih jenis atau tipe kendaraan yang sesuai dengan kebutuhan, maka akan membuat perjalanan Anda menggunakan campervan ini semakin seru dan berkesan.

Negara Terbaik untuk liburan ala Caravan

500+ Caravan Pictures | Download Free Images on Unsplash

New Zealand

New Zealand atau Selandia Baru masih menjadi destinasi favorit para wisatawan yang ingin menjelajah menggunakan campervan. Negara ini menjadi destinasi yang tepat, untuk Anda yang menyukai pemandangan gunung, dan juga keindahan alam yang tiada dua.

Kanada

Salah satu tempat yang tidak boleh terlewat selama di Kanda adalah Great Lakes yang berkilau. Pegunungan Kanada dengan puncaknya yang bersalju dan bergerigi juga akan menjadi pemandangan indah sepanjang perjalanan. Rute campervan paling populer yakni Alaska Highway yang berliku. Alaska Highway dibangun untuk menghubungkan Amerika Serikat yang berdekatan dengan Alaska di Kanada.

Jepang

Negeri Sakura tak pernah sepi dari animo wisatawan. Dengan campervan, Anda bakal menemukan keistimewaan Jepang dalam perspektif yang berbeda. Mulai dari segi budaya sampai kuil-kuil yang menawan mampu membuat mata tak berkedip. Pemandangan Gunung Fuji dan Danau Ashinoko menjadi nilai tambah saat liburan dengan campervan di Jepang.

JojoExpense, pencatatan pengeluaran perusahaan dalam satu sentuhan

Jojo Expense merupakan sebuah aplikasi yang didesain khusus untuk memudahkan kinerja Anda dalam manajemen keuangan dan pengeluaran. Aplikasi ini efektif dalam meningkatkan efisiensi pekerjaan hingga 76 persen.

Jojo Expense

Selain itu, fitur pendukungnya pun cukup lengkap. Mulai dari Budget Controlling, Cash Advance, Reimbursement Online hingga Transfer Antar Bank secara Real Time. Tak hanya itu, Jojo Expense juga dilengkapi dengan teknologi mutakhir berupa Intelligence OCR dan Realtime Geotagging yang memungkinkan Anda dapat terhindar dari risiko fraud financial. Menarik, bukan?

So, tunggu apa lagi? Yuk, gunakan Jojo Expense dan permudah cara Anda dalam mengelola keuangan perusahaan sekarang juga!