Cash Equivalent : Pengertian, Jenis, dan Fungsinya

cash equivalent

Pengguna laporan perlu memahami bagaimana entitas menghasilkan dan menggunakan kas dan setara kas (Cash Equivalent). Hal ini bersifat umum dan tidak bergantung pada aktivitas entitas dan apakah kas dapat diperlakukan sebagai produk entitas (seperti halnya lembaga keuangan).

Intinya, meskipun terdapat perbedaan dalam aktivitas yang menghasilkan pendapatan, entitas membutuhkan kas untuk alasan yang sama. Entitas membutuhkan uang tunai untuk menjalankan bisnis, membayar hutang dan membagikan dividen (pendapatan) kepada investor. Kas dan setara kas merupakan komponen yang harus dilaporkan di neraca, sehingga perlu dipahami pengertian kas dan setara kas.

Pengertian Cash Equivalent

cash equivalent

Cash Equivalent (Setara Kas) adalah sekuritas investasi yang digunakan untuk investasi jangka pendek, memiliki kualitas kredit tinggi dan likuiditas yang baik. Setara kas adalah salah satu dari tiga kelas aset utama untuk investasi keuangan seperti saham dan obligasi.

Sekuritas ini memiliki karakteristik risiko rendah dan hasil rendah, termasuk sekuritas, sertifikat deposito bank, akseptasi bank, surat berharga perusahaan, dan instrumen pasar uang lainnya. Secara keseluruhan, berikut rincian dari setara kas:

  1. Setara kas adalah total nilai kas, termasuk item yang mirip dengan kas dan setara kas adalah aset lancar.
  2. Kas atau setara kas konsolidasian perusahaan selalu ditampilkan pada baris pertama neraca karena merupakan aset paling likuid.
  3. Kas dan setara kas bersama dengan saham dan obligasi merupakan tiga kelas aset utama di bidang keuangan.
  4. Sekuritas berisiko rendah ini termasuk akseptasi bank, surat berharga perusahaan dan instrumen pasar uang lainnya.
  5. Kas dan setara kas yang dimiliki terkait dengan kesehatan perusahaan, karena mencerminkan kemampuan perusahaan untuk melunasi hutang jangka pendek.

Setara kas juga merupakan salah satu indikator kesehatan terpenting dari sistem keuangan perusahaan. Seorang analis juga dapat menggunakan kemampuannya untuk menghasilkan kas dan setara kas untuk memperkirakan apakah tepat untuk berinvestasi di perusahaan tertentu, karena hal itu mencerminkan bagaimana perusahaan membayar tagihannya dalam waktu singkat. Perusahaan dengan kas dan setara kas dalam jumlah besar menjadi sasaran utama perusahaan besar yang berencana mengakuisisi perusahaan kecil.

Jenis Cash Equivalent

cash equivalent

Cash Equivalent atau biasa disebut setara kas adalah sekelompok aset perusahaan yang jatuh tempo kurang dari tiga bulan. Setara kas ini akan sangat berguna bila digunakan dalam kondisi ekonomi yang sulit dan tidak stabil. Contoh setara kas tersebut adalah:

Dokumen bisnis (Commercial Papers)

Perusahaan besar menggunakan surat berharga (Commercial Papers) untuk menerima dana untuk membayar hutang jangka pendek, seperti gaji perusahaan. Mereka didukung oleh bank atau perusahaan penerbit, yang berjanji untuk memenuhi dan membayar jumlah nominal pada tanggal jatuh tempo yang ditentukan pada catatan.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Sekuritas (sekuritas yang dapat dipasarkan)

Surat berharga adalah aset dan alat keuangan yang dapat dengan mudah diubah menjadi uang tunai, sehingga memiliki likuiditas yang tinggi. Sekuritas yang dapat dipasarkan bersifat likuid karena seringkali jatuh tempo dalam satu tahun atau kurang, dan tingkat bunga yang dapat diperdagangkan memiliki pengaruh yang kecil terhadap harga.

Dana pasar uang

Reksa dana pasar uang atau reksa dana pasar uang seperti giro, uang yang mereka bayarkan dibayarkan dengan tingkat bunga yang lebih tinggi. Reksa dana pasar uang memberi perusahaan dan organisasi alat yang efektif untuk mengelola dana karena mereka cenderung lebih stabil daripada jenis reksa dana lainnya (seperti reksa dana).

Obligasi pemerintah jangka pendek

Pemerintah memberikan obligasi pemerintah jangka pendek untuk mendanai proyek pemerintah. Itu dikeluarkan dalam mata uang nasional negara tersebut. Investor akan mempertimbangkan risiko politik, risiko suku bunga, dan inflasi saat berinvestasi di obligasi pemerintah.

Untuk apa cash equivalent digunakan?

cash equivalent

Ada banyak alasan mengapa perusahaan menahan modal dalam bentuk setara kas. Pertama, mereka adalah bagian dari modal kerja bersih perusahaan (aset lancar dikurangi kewajiban lancar), yang digunakan untuk membeli persediaan, membayar biaya operasi, dan melakukan pembelian lainnya.

Mereka juga memberikan bantalan bagi perusahaan untuk segera beralih ke uang tunai saat dibutuhkan. Akhirnya, mereka dapat digunakan untuk mengumpulkan dana untuk akuisisi. Biasanya ada dua metode pelaporan setara kas di neraca. Beberapa perusahaan secara langsung mewakili setara kas sebagai item baris terpisah tepat di bawah kas di neraca.

Ini memungkinkan investor dan kreditor untuk melihat konten sebenarnya dari rekening bank perusahaan dan investasi likuid lainnya. Pada saat yang sama, beberapa perusahaan mengklasifikasikan kas dan setara kas di neraca dan menunjukkannya dalam baris rincian.

Pengelompokan ini awalnya memberikan informasi yang lebih sedikit kepada investor dan kreditor tentang perusahaan, tetapi informasi rinci tentang kas dan setara kas biasanya disediakan dalam laporan keuangan atau diskusi manajemen dan laporan analisis.

Memahami Cash Equivalent

uang

Setara kas adalah investasi jangka pendek yang sangat likuid yang dapat dengan cepat diubah menjadi sejumlah uang tunai yang dapat ditentukan, dan ada risiko sedikit perubahan nilai. Memiliki setara kas adalah untuk memenuhi komitmen kas jangka pendek, bukan untuk investasi atau tujuan lain.

Untuk memenuhi kondisi setara kas, investasi harus segera dapat dikonversi menjadi kas dalam jumlah tertentu dan menanggung risiko sedikit perubahan nilai. Oleh karena itu, investasi biasanya hanya memenuhi syarat sebagai setara kas untuk jangka waktu tiga bulan atau kurang sejak tanggal pembelian.

Investasi saham tidak termasuk dalam setara kas, kecuali jika substansi investasi saham adalah setara kas. Misalnya, saham preferen yang dibeli akan segera kedaluwarsa dan tanggal penebusan ditetapkan. Pinjaman bank pada umumnya mencakup aktivitas pembiayaan.

Namun, cerukan bank merupakan bagian integral dari pengelolaan kas fisik. Dalam hal ini, cerukan termasuk kas dan bagian dari setara kas. Karakteristik pengaturan bank ini menyebabkan saldo bank terkadang berubah dari saldo positif menjadi posisi cerukan. Entitas harus mengungkapkan kas dan setara kas, dan menampilkan rekonsiliasi jumlah tersebut dengan item yang sama di laporan posisi keuangan dalam laporan arus kas.

Kesimpulan

Tentunya agar bisnis Anda sukses dan berjalan lancar, Anda juga harus mendapatkan dukungan financial plan yang baik. Melakukan penghitungan, pelaporan, dan analisis keuangan merupakan aktivitas tambahan. JojoExpense merupakan software akuntansi online dengan berbagai fungsi, mulai dari membuat laporan keuangan, menghitung biaya, mengatur persediaan dan mempermudah laporan perpajakan, hingga mempermudah pembukuan.

Meningkatkan efisiensi manajemen pengeluaran perusahaan hingga 76%,
JojoExpense dapat mengumpulkan data secara otomatis kapan saja, di mana saja, meningkatkan produktivitas dan mencegah penipuan keuangan, serta dengan mudah mengontrol anggaran perusahaan sepenuhnya. Lebih cepat, lebih mudah, dan lebih mudah.

Hemat waktu melalui proses otomatis. Fokuskan energi dan waktu berharga Anda pada hal-hal yang benar-benar penting. Kirimkan setiap penarikan tunai dan proses aplikasi pengembalian dana ke JojoExpense agar prosesnya berjalan secara otomatis tanpa kehilangan kendali atas proses persetujuan dan kebijakan khusus. Tidak lagi membuang tenaga dan waktu yang berharga.

Daftarkan perusahaan anda sekarang juga dan nikmati uji coba gratis JojoExpense!